10 Gambar Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah + Rute Dari Purwokerto, Gombong & Cilacap

Posted on
Wisata foto penginapan peta fotografi share ayah jalur jalan menuju lokasi gambar pantai menganti kebumen jawa tengah rute dari purwokerto gombong cilacap laut beach alamat letak daerah kecelakaan dimana part 2 karangduwur kabupaten indonesia 2017 harga tiket masuk akses google map denah sejarah misteri mitos kaskus
Pantai Menganti di Kebumen, Jawa Tengah (foto: upload.wikimedia.org)

Lokasi: Jalan Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam
Nomer Telepon:
0856 4109 7606

Di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah memiliki sebuah destinasi wisata yang tak kalah wajib dikunjungi. Tepatnya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Jika dari Kecamatan Gombong memiliki sekitar jarak 40 km. Pantai Menganti namanya. Menurut denah yang ada, Pantai Menganti berada di bagian selatan Pulau Jawa yang termasuk juga dari pantai selatan. Pantai selatan yang di nilai memiliki cerita misteri dan mitos yang ada.

Pemandangan indah air laut Pantai Menganti (foto: tempatwisataseru.com)

Pantai Menganti termasuk salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Maka dari itu pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Menganti juga merupakan tempat wisata yang masih belum banyak terjamah oleh banyak pengunjung. Meski demikian tak membuat Pantai Menganti menjadi objet wisata saat liburan akhir pekan datang. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain air laut hingga permainan lainnya di pinggir pantai.

Baca Juga: 40 Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah Yang Belum Banyak Diketahui

Sejarah dan nasal usul dari Pantai Menganti

Seorang wisatawan menikmati udara di Pantai Menganti (foto: newshub.id)

Dibalik keindahan yang ada di Pantai Menganti ini ada sebuah cerita sejarah dan asal usulnya. Kisah ini kami dapat dari warga sekitar dan para sesepuh Desa Karangduwur. Dulunya ada seorang panglima dari sebuah kerajaan yang melarikan diri ke laut selatan Pulau Jawa.

Sepasang kekasih ini berjanji untuk melakukan pertemuan di Samudera Selatan Pulau Jawa. Panglima itu menanti berhari – hari untuk kedatangan kekasihnya tetapi tragis sekali nasib sang panglima, ternyata kekasih yang ditunggu itu tidak hadir padahal panglima sudah menanti sepanjang hari. Dari situlah nama pantai Menganti ini muncul. Menganti sendiri yang artinya menanti.

Tidak hanya itu, ada juga mitos yang beredar jika datang ke Pantai Menganti ini tidak boleh menggunakan baju yang memiliki warna hijau. Mitos ini ada kaitannya dengan Nyi Roro Kidul yaitu sang Ratu Selatan.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pantai Menganti

Pemandangan dari atas Pantai Menanti (foto: kesiniaja.com)

Meski terdapat cerita dibalik kisah Pantai Menganti yang sedikit berbau misteri tersebut, pantai ini memiliki banyak sekali keindahan yang wajib kamu rasakan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih halus ditambah lagi dengan air laut yang berwarna biru karena pantulan awan langit yang begitu cerah. Keunikan lain dari pantai ini adalah disekeliling pantai banyak sekali bukit-bukit yang begitu asri dan berwarna hijau. Hal ini tentunya tidak akan bisa kamu temukan di pantai lain.

Menikmati Gulungan Ombak: Indahnya Obyek Baru Pantai Petanahan yang Mempesona di Kebumen

Tidak hanya itu saja, bukit-bukit yang tinggi dan besar itu bisa kamu daki. Ketika sampai diatas bukit kamu akan melihat pemandangan yang lebih indah yaitu hamparan laut yang begitu luas dari Pantai Menganti. Kamu juga bisa melihat ombak-ombak yang menggulung ke tepian pantai begitu indah.

Seorang wisatawan mendaki bukit di pinggir Pantai Menganti (foto: destinasipada.blogspot.com)

Uniknya lagi diatas bukit kamu bisa naik lagi menuju Tanjung Karangbata. Sesampai di Tanjung Karangbata ini kamu akan disuguhkan dengan Samudera Hindia yang begitu luas. Bahkan kamu bisa melihat ada sebuah pelua karang dari atas bukit Tanjung Karangbata. Disini, kamu juga bisa duduk-duduk disebuah gubuk yang tersedia khusus bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Menganti.

BacaJuga:  30 Restoran Tempat Makan di Solo Yang Enak Bagus Romantis Instagramable Asyik Nyaman Baru Masih Buka
Di atas bukit Pantai Menganti (foto: piknikdong.com)

Satu lagi, jika kamu datang pada saat musim hujan ke Pantai Menganti, bisa menemui beberapa air terjun yang akan muncul di sebuah titik dengan ketinggian sekitar 30 meter. Ditambah bukit yang ada disekeliling pantai akan nampak hijau subur ditambah dengan percikan air hujan yang membasahi pohon-pohon dibukit akan menambah pesona yang luar biasa indah di Pantai Menganti.

Wisata Kekinian: Pesona Tersembunyi Pantai Bopong di Puring Kebumen

Keindahan – keindahan yang diberikan oleh Pantai Menganti ini sangat sempurna untuk fotografi share. Banyak sekali fotografer yang menjadikan Pantai Menganti sebagai objek foto untuk pengambilan gambar. Hamparan pasir di bibir pantai berwarna putih dan dan ombaknya yang cukup besar.

Pasir yang berwarna putih di Pantai Menganti (foto: androzmeda.com)

Pantai Menganti bukan hanya keindahan dalam foto, semua pecinta laut pasti tau dimana ada pantai maka disitu ada sunset. Ya, Pantai Menganti juga sangat tepat dijadikan tempat untuk melihat pemandangan yang eksotis ini. Kamu bisa mendirikan tenda untuk menikmati malam di pantai ini. Selain sunset, sunrise di Pantai Menganti juga wajib untuk di nanti.

Serasa Milik Sendiri: Pantai Lampon Kebumen, Surga Tersembunyi di Balik Perbukitan Kars yang Indah dan Romantis

Selain itu, panorama yang ditawarkan dari Pantai Menganti ini juga terdapat perbukitan hijau dengan tebing yang cukup tinggi. Tebing itu dihiasi dengan jalan-jalan yang berliku dan sedikit curam. Pantai Menganti juga dikelilingi pegunungan yang sangat elok serta pemandangan laut yang sangat luas selama dalam perjalanan di bukit.

Perahu-perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai (foto: brobali.com)

Tebing yang menjulang tinggi dan kokoh ini menjulang di bagian Barat lokasi Pantai Menganti. Tebing ini diberi nama Tebing Bidadari oleh warga sekitar karena kemolekannya. Terlihat pula pohon kelapa yang berjejer di sepanjang bibir pantai dari atas tebing ini. Batu karang di Pantai Menganti juga sangat banyak, jejeran batu karang tersebut menambah keindahan pemandangan yang ada.

Uniknya lagi, pada saat musim hujan datang, tebing yang di bagian barat ini akan dihiasi oleh 4 buah air terjun yang memiliki ketinggian mencapai sekitar 30 meter. Kamu bahkan bisa bermain di air terjun ini jika saat hujan tiba. Tetapi kamu juga perlu berhati-hati karena jalanan yang masih terbuat dari tanah ini masih licin.

Ada sebuah Tempat Pelelangan Ikan di Pantai Menganti (foto: sgimage.detik.net.id)

Yang menjadi keunggulan sendiri bagi Pantai Menganti ini adalah meski terdapat beberapa mitos masih menjadi tempat favorit para pecinta laut. Banyak sekali pengunjung yang datang ke Pantai Menganti berasal dari luar kota Kebumen. Meski pada saat tertentu tak jarang juga penduduk local juga menghabiskan liburan dan akhir minggu mereka di pantai ini.

Jalan-jalan Seru: Pantai Suwuk Kebumen, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Konon katanya ombak yang ada di Pantai Menganti bisa digunakan olahraga air yaitu surfing. Meski tak bisa melakukan disetiap saat, terkadang terlihat beberapa orang bermain selancar. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada bulan-bulan tertentu saat ombak sedang bersahabat. Meski ombak di Pantai Menganti dirasa besar dan memang cocok untuk dilakukan selancar. Untuk kelas yang diperbolehkan bermain selancar di pantai ini adalah yang professional. Jadi jika kamu amsih ingin belajar, sebaiknya tidak bermain surfing di Pantai Menganti.

Bukit di tepian pantai (foto: reviensmedia.com)

Ada hal lain yang menjadi nilai jual di Pantai Menganti, Kebumen ini, yaitu Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. TPI disini sudah sangat digandrungi oleh warga sekitar dan para wisatawan yang berkunjung. Banyak warga disekitar Pantai Menganti yang berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan para nelayan ini mereka jual di TPI Pantai Menganti yang dirasa pemasarannya sangat cepat. Bahkan disekitar Pantai Menganti terdapat beberapa kedai dan tempat pembakaran ikan untuk para pengunjung. Jadi wisatawan yang baru saja membeli ikan dari nelayan tersebut bisa langsung menyantapnya.

BacaJuga:  25 Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah Yang Baru Murah 2017 dan Daerah Sekitarnya

Tak Boleh Dilewatkan: Pantai Logending atau Pantai Ayah, Wisata Bahari dengan Perpaduan Hutan yang Asri

Banyak sekali yang membicarakan tentang keindahan Pantai Menganti ini. Salah satunya di forum media social seperti kaskus. Review yang diberikan sangat bagus sehingga kalian para pecinta laut wajib mengunjungi pantai ini jika pergi ke Kabupaten Kebumen. Selain itu tak jarang banyak wisatawan yang mengabadikan moment di Pantai Menganti dengan video yang kemudian diunggah di Youtube dengan berbagai bagian, mulai dari part 1, 2 dan 3. Sebelum kamu pergi, lebih baik melihat dulu pemandangan indah Pantai Menganti  melalui video – video yang ada.

Sunset di Pantai Menganti (foto: twitter.com)

Meski di Pantai Menganti menawarkan banyak keindahan, disana juga sering kali terjadi kecelakaan yang mengorbankan banyak nyawa. Pada tahun 2015 silam terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa seorang mahasiswa STAINU Kebumen. Korban terjatuh dan langsung terbawa oleh ombak. Petugas setempat selalu menghimbau kepada para pengunjung agar selalu berhati-hati saat bermain di pinggir pantai.

Penginapan di sekitar Pantai Menganti

Untuk kamu yang ingin menginap di Pantai Menganti, ada beberapa penginapan yang belum lama dibuka. Pasalnya dari dulu belum ada penginapan yang disediakan disini. Biayanya untuk kamar per malamnya juga sangat murah di kantong. Sekitar 100 hingga 200 ribuan kamu bisa menyewa kamar disekitar Pantai Menganti. Pas sekali untuk kamu yang hobby backpacker. Karena di sekitar pantai ini juga belum tersedia hotel atau penginapan yang berkelas dan berbintang.

Andalan Kebumen: Menyusuri Keindahan Pantai Karang Bolong

Para Pengunjung berjalan menuju bukit (foto: reviensmedia.com)

Penginapan yang ada di sekitar Pantai Menganti masih milik perorangan, bukan dari pemerintahdsaerah setempat. Pemilik penginapan ini ternyata bekerja sama dengan Perhutani untuk menyewa lahan serta sebagai penjaga keamanan di penginapan, pemilik meminta bantuan dari Karangtaruna Desa Karangduwur.

Penginapan – penginapan ini dibangun secara tidak permanen. Dinding dan lantainya terbuat dari kayu. Tetapi desainnya masih terlihat modern, kamu akan sangat merasa nyaman jika beristirahat disana. Fasilitas yang ditawarkna di penginapan ini juga terbilang cukup lengkap seperti kamar mandi bersih, lemari es, almari dan televisi. Bahkan ditawarkan dengan view beach dari kamar juga ada.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Menganti

Karena Pantai Menganti termasuk pantai perawan yang belum banyak dijamah oleh pengunjung, maka fasilitas jalan untuk menuju pantai ini juga masih belum sempurna. Alamat Pantai Menganti tepatnya berada di Jalan Pantai Menganti , kami menyarankan jika menuju pantai ini lebih baik menggunakan kendaraan roda 2. Jangan menggunakan kendaraan roda empat atau pun bus. Roda 2 yang kamu naiki juga harus dengan keadaan yang prima. Ini semua dikarenakan jalan yang dilalui masih sulit dengan bebatuan.

Gulungan Ombak di Pantai Menganti (foto: sgimage.detik.net.id)

Ada 2 rute ditawarkan kepada para pengunjung jika kamu berangkat dari Kabupaten Gombong. Yang pertama kamu harus mengambil arah ke Puring, kemudian ambil belokan kanan maka akan menuju Pantai Suwuk. Setelah itu kamu bisa lurus saja maka akan menemukan Pantai Menganti dan menemui jalan yang cukup menantang adrenalin. Banyak sekali tikungan tajam dan beberapa tanjakan yang curam disini. Rute ini akan memakan waktu kurang lebih 1 jam.

BacaJuga:  10 Gambar Kopeng Treetop Adventure Park + Harga Tiket Masuk Sky Resto Wisata Salatiga

Untuk jalur yang kedua, agak sedikit lebih jauh yaitu sekitar 45 km dan waktu tempuh selama 2 jam. Dari Gembong kamu bisa langsung mengambil arah ke barat yaitu arah menuju Pantai Loegending kemudian harus memilij jalur yang menuju arah Pantai Mengantai. Jika kamu masih merasa kebingungan, kami juga sudah memberikan bantuan titik koordinat yang bisa kamu akses di peta online melalui google map.

Jika kamu berangkat dari Kota Purwokerto maka kamu membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam. Kamu akan melewati beberapa rute seperti Portka kemudian teluk, wiradadi lalu sikaraja. Setelah itu kamu perlu mengikuti jalan besar menuju Banyumas, maka tak lama kamu akan sampai di Sumpiah dan tambak yang selanjutnya adalah Gombong.

Nah, ada jalur lain jika kamu berangkat dari Kota Wonosobo. Ada dua jalur. Jalur yang pertama kamu bisa lewat Banjarnegara setelah itu akan sampai di Mandiraja. Kemudian kamu harus mengambil arah kiri hingga sampai di Gombong. Setelah sampai di Gombong kamu harus ambil jalur yang menuju arah Pantai Menganti. Untuk jalur yang satu lagi, kamu akan melewati Wadaslintang, jadi jika berangkat dari Wonosobo harus mengambil arah Sawangan lalu ke Kaliwiro kemudian akan sampai ke Prembun. Lalu akan bertemu dengan pertigaan jalan besar, kemudian kamu harus belok kea rah kanan dan akan menemui petunjuk jalan ke Pantai Menganti.

Nah, jika kamu berangkat dari arah barat bisa melalui Cilacap. Kamu hanya perlu mengambil arah menuju Kebumen bagian selatan. Rute dari jalur ini cukup mudah, kamu bisa langsung bertemu dengan Gombong yang kemudian langsung ke Pantai Menganti.

Tetapi dari perjalanan yang cukup sulit itu, semua akan terbayar dengan suasana yang sangat mengagumkan di Pantai Menganti. Pemandangannya sangat indah karena hamparan pasir yang berwarna putih dan sangat halus ditambah dengan air laut yang berwarna biru. Disekeliling laut juga ada bukit – bukit yang asri serta berwarna hijau, dan juga tebing alam yang sangat tinggi. Kamu akan sangat takjub dengan pemandangan yang ditawarkan di Pantai Menganti.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Menganti

Harga tiket terbaru di tahun 2017 yang diberikan di Pantai Menganti ini cukup murah yaitu sekitar 10 ribu rupiah per orangnya. Dengan harga itu kamu bisa menikmati fasilitas yang ada di sana. Seperti mobil angkutan gratis, gazebo di pinggir pantai, kamar mandi bilas untuk kamu yang dari mandi di laut serta tempat parkir yang cukup luas. Terdapat juga beberapa tempat makan di Pantai Menganti, banyak sekali menu makanan yang ditawarkan. Mulai dari makanan khas daerah hingga menu seafood disini. Harga makanan cukup bervariasi dan bersahabat di kantong. Letak tempat makan ini tentu saja tidak jauh dari Pantai Menganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *