Pantai Modangan Malang, Rute Letak Lokasi + 10 Gambar-nya

Posted on
Lokasi rute letak kabupaten maps jawa timur wikimapia pantai modangan malang selatan misteri peta jalan menuju nglurung jonggring dari kec. Donomulyo kedung celeng 65167 paralayang nglegok blitar alamat harga tiket masuk akses google map foto gambar denah wisata sejarah mitos
Pantai Modangan, Foto: pantai-modangan.blogspot.com

Alamat: Desa Sumberejo, RT.41 / RW.10, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur 65167
Map: Klik disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0813-3318-3380

Bagi para wisatawan yang tidak bertempat tinggal di Kabupaten Malang, mungkin fakta bahwa Malang memiliki puluhan pantai-pantai indah yang menunggu untuk dijelajahi adalah hal yang baru. Beberapa tahun terakhir ini, pariwisata pantai di Malang memang sedang populer-populernya. Jika dulu hanya Pantai Balekambang atau Ngliyep yang menjadi destinasi favorit para wisatawan, kini ada banyak lagi pantai yang mulai menarik hati para pelancong dan menjadi tempat alternatif untuk menghabiskan akhir pekan maupun liburan. Adalah Pantai Modangan yang merupakan salah satunya. Pantai yang terletak di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo ini jaraknya sekitar 65 kilometer ke arah barat daya dari pusat kota Malang. Meski masih agak asing, Modangan merupakan sebuah tempat wisata apik yang wajib disambangi.

Hidden Paradise Pantai Modangan, Foto: ilhamridhwan.blogspot.com

Pantai Modangan terletak di dekat perbatasan antara Malang dengan Blitar. Pantai selatan ini secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Donomulyo,  Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto dan merupakan pantai paling barat selatan di ujung Kabupaten Malang.  Pantai ini adalah tempat bermuaranya Sungai Modangan, batas pemisah antara kedua kabupaten di Jawa Timur tersebut. Di salah satu titik tepi Sungai Modangan terdapatkah tugu yang didirikan untuk menandai batas antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Pantai Modangan sangat dekat dengan Pantai Jolosutro yang lebih terkenal, juga tak jauh dari Nglegok, Pantai Nglurung, Kedung Celeng, dan Jonggring Saloko.

Pemandangan Pantai, Foto: wisataterindah.net

Keindahan Pantai Modangan

Meski tak seterkenal pantai tetangganya, Pantai Modangan juga memiliki hamparan pasir putih bersih yang indah dan belum terkontaminasi oleh sampah-sampah pengunjung. Pemandangan tebing karang yang berdiri kokoh dihantam ombak juga semakin membuatnya tampak semakin indah menakjubkan.

Pasir Putih Yang Eksotis, Foto: panduanwisata.id

Ombak Pantai Modangan juga terkenal besar dan mendebur menakjubkan menghantam karang dan bergulung-gulung di bersihnya pasir. Di sekitar pantai ini, para pengunjung bisa menyaksikan keunikan batuan-batuan andesit yang terbentuk oleh sejarah semburan lahar gunung berapi yang akhirnya mendingin dan membeku. Bebatuan ini menghiasi garis Pantai Modangan yang melengkung panjang. Di pantai ini juga akan Anda temukan sedikit pasir hitam yang juga timbul karena letusan gunung berapi. Pantai eksotik ini kadang juga dijuluki Hawaii-nya Malang saking indahnya.

Pesona Pantai Modangan, Foto: wisataterindah.net

Rute Menuju Pantai Modangan

Pantai Modngan tidak terlalu sukar ditemukan, apalagi jika sambil dipandu peta Google Maps atau denah dari Wikimapia. Akan tetapi, bisa dibilang akses untuk menuju pantai ini cukup jauh dan sukar. Untuk sampai di Pantai Modangan, para wisatawan bahkan harus melewati kebun-kebun warga dan bahkan juga menyeberangi sungai.

Indahnya Pantai Modangan, Foto: pasirpantai.com

Jika Anda berangkat dari Blitar, Anda tinggal menuju ke Kecamatan Wates. Dari perempatan Pasar Binangun, ambil arah ke kanan dan lanjutkan perjalanan mengikuti jalan hingga sampai di Pasar Wates. Di perempatan pasar ini, berbeloklah ke arah kanan hingga menjumpai pertigaan di ujung jalan di desa Tugu Rejo. Lalu, beloklah kiri, dan beloklah ke kanan lagi setelah sampai di pertigaan yang tak terlalu jauh. Ikuti terus jalan ini untuk sampai ke Pantai Modangan.

Bersihnya Pantai, Foto: wisataterindah.net

Jika Anda berangkat dari pusat kota Malang, lajukan kendaraan Anda menuju arah Kepanjen. Sesampainya Anda di Kepanjen, lanjutkan perjalanan menuju arah Bendungan Sengguruh hingga sampai pertigaan pagak. Setelah itu, carilah arah menuju ke Donomulyo dan dari sini lanjutkan perjalanan Anda ke Wates yang telah merupakan wilayah Kabupaten Blitar. Perjalanan Anda masih akan melalui aspal mulus sampai sini, tapi setelah kilometer kedua, sebelum memasuki Desa Sumberoto, berhati-hatilah karena jalanan mulai banyak lubang.

Tak terlalu jauh dari gerbang masuk yang menyambut Anda di Desa Sumberoto, akan ada sebuah pertigaan yang disebut pertigaan pasar Ngelih. Lajukan kendaraan Anda ke arah kiri dan ikutilah jalan desa. Jalanan di sini bisa dibilang masih agak rusak sehingga Anda harus berhari-hati. Ketika sampai di perempatan, teruslah berkendara lurus. Anda juga bisa berbelok ke kanan yang jalanannya sudah lebih mulus.

Jalur Menuju Pantai, Foto: ilhamridhwan.blogspot.com

Satu kilometer kemudian, jalan ini akan mengantarkan Anda pada pos penjagaan Perhutani. Di area ini juga ada sebuah jembatan yang disebut dengan Jembatan Miri. Dari jembatan ini, jarak untuk menuju ke Pantai Modangan sudah cukup dekat, hanya tak sampai satu kilometer lagi. Untuk menuju ke Pantai Modangan, ambil jalan ke kiri yang menurun.  Berhati-hatilah karena turunan ini cukup curam dan bisa licin kalau musim hujam tiba. Setelah melewati persimpangan yang sama-sama menuju arah Pantai Modangan, perjalanan Anda akan segera berakhir.

Usahakan Anda berangkat dalam kondisi yang sehat dan prima, karena perjalanan yang akan Anda lalui akan cukup melelahkan. Selain keprimaan tubuh, pastikan juga bahwa kendaraan yang Anda tumpangi juga dalam kondisi maksimal. Pasalnya, Anda akan melalui jalan berbatu yang bisa berbahaya jika kendaraan tidak benar-benar prim.

Hawai dari Malang, Foto: esokharinanti.com

Harga Tiket Masuk Pantai Modangan

Pantai Modangan adalah pantai yang belum terlalu banyak dieksplorasi. Anda bisa sering-sering mengunjungi pantai ini bersama teman-teman tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi kantong karena wisatawan yang berkunjung di sini tidak ditarik tiket masuk. Hal ini kemungkinan dikarenakan belum terlalu populernya pantai ini sehingga belum dibangun pos penjagaan untuk menarik tiket. Selain itu, ada juga mitos angker penuh misteri.

Tidak terlalu banyaknya pengunjung tentu memberi keuntungan sendiri, terutama bagi Anda yang tidak terlalu menyenangi tempat wisata mainstream dengan terlalu banyak wisatawan yang memenuhi area pantai. Seringkali, pantai ini akan sepi pengunjung sehingga Anda bisa bebas menikmainya bersama teman-teman Anda seolah ini pantai pribadi. Bagi Anda yang hobi menyepi, pantai ini akan menyuguhkan pemandangan dan suasana sempurna yang akan sangat indah jika diabadikan di foto. Pantai ini juga merupakan surganya paralayang, jadi jika Anda hobi olahraga menantang satu ini, Anda bisa mencobanya di sini.

Surganya Paralayang, Foto: jawapos.com

Akan tetapi, masih sepinya pengunjung juga membawa beberapa kekurangan. Salah satunya adalah minimnya fasilitas, terutama warung yang menjajakan makanan untuk mengisi perut. Di sini, Anda tak akan bisa menemukan warung. Jadi, sebelum berangkat ke pantai ini, pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup terutama air tawar untuk mengisi kembali cairan tubuh yang terpampang terik matahari pantai. Lengkapi juga logistik Anda karena selain warung, di pantai ini juga tidak ditemukan fasilitas-fasilitas lain seperti mushola, kamar ganti, toilet, dan penginapan.

Kesimpulannya, Pantai Modangan masih benar-benar alami dan belum banyak terjamah manusia. Karena itu, ini adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda yang menggemari petualangan ke tempat-tempat sepi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *