Rute Pantai Mrutu, 10 Foto Keindahan + Harga Tiket Masuk

Posted on
Rute harga tiket masuk pantai mrutu malang jawa timur 2017 terbaru rawa indah wediawu pandan kidang pesarean gunung kawi taman ayu jelangkung kondang bandung jalan menuju alamat lokasi letak akses peta google map foto gambar denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Mrutu, Foto: akcayatour.com

Alamat:  Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur
Map: Klik disini
HTM: Rp5.000
Buka/Tutup: 24 jam

Kabupaten Malang, tepatnya area Malang Selatan, memiliki sejumlah pantai-pantai menarik yang masing-masing menawarkan pesona keunikan, sejarah serta keindahannya sendiri-sendiri. Meski demikian, salah satu yang sama di antara pantai-pantai tersebut adalah ombaknya yang cukup besar. Karena memang berada di garis pantai selatan, tak heran ombak pantai-pantai tersebut menjadi cukup dahsyat, sehingga menimbulkan berbagai mitos dan cerita mistis yang mengaitkan bahayanya dengan berbagai legenda lokal.

Akan tetapi, di antara pantai-pantai tersebut ada satu pantai yang memiliki ombak lembut dan tidak berbahaya, kontras dengan ciri khas pantai-pantai Samudera Indonesia seperti Pantai Rawa Indah, Pantai Wediawu, Pantai Kidang, Pantai Taman Ayu, Pantai Jelangkung, dan Pantai Kondang Bandung. Pantai berombak tenang tersebut bernama Pantai Mrutu dan termasuk salah satu pantai indah yang belum sering terjamah.

Keindahan Pantai Mrutu Malang, Foto: majulancargemilang.wordpress.com

Keindahan Pantai Mrutu

Pantai Mrutu berasal dari bahasa Jawa mrutu yang merupakan seekor  hewan kecil seperti kutu atau nyamuk yang jika menggigit akan menimbulkan sensasi gatal. Dinamai demikian memang bukan tanpa alasan, karena pantai ini bisa dibilang cukup mini. Pasirnya hanya menghampar seluas sekitar 200 meter saja. Tetapi, jangan salah, meskipun luas pasirnya tak seberapa, pantai ini menjadi destinasi favorit baru karena keindahan dan keeksotikannya. Keindahan panoramanya jelas bisa bersanding dengan nama-nama pantai besar dan terkenal yang telah lebih banyak dikunjungi di Malang. Pantai Mrutu juga mendapatkan nama demikian karena di area ini banyak terdapat hewan mrutu ini.

Pantai Mrutu Malang Selatan Yang Eksotis, Foto: pantaimalang.com

Salah satu kelebihan pantai Mrutu i juga terletak pada ombaknya yang tenang. Tak adanya gelombang besar membuat para pengunjung pantai ini bisa bersantai sambil berendam atau berenang di pantai. Meski tetap harus waspada dan menjaga batas agar tidak sampai terlalu berenang di tengah, Anda jadi tak perlu terlalu ketar-ketir ketika ingin berendam di segarnya laut pantai mungil ini.

Ombaknya Tenang, Foto: ganteng.id

Pantai ini adalah area yang sangat cocok untuk dipakai bersantai karena gelombangnya pun tidak berdebur berisik seperti di beberapa pantai lain. Gelombang tenang ini disebabkan oleh adanya tebing yang seperti melindungi pantai sehingga gulungan ombak tidak langsung menghantam bibir pantai, tetapi dipecah dulu oleh tebing karang.

Pantai Yang Indah di Malang, Foto: pantaimalang.com

Apalagi, pemandangan Pantai Mrutu benar-benar menawan dan masih alami. Pasir halus dan bersih berwarna putih akan menyambut Anda setibanya Anda di sini. Sinar matahari tak akan membakar terik kulit Anda karena jika Anda tak tahan, Anda bisa berlindung di bawah teduhnya pohon-pohon dan angin lembut yang menghembus tanaman pandan besar-besar di pantai ini.  Anda juga bisa berpuas-puas mengambil gambar atau foto menarik dari pantai ini.

Alunan Ombak Cantik, Foto: lihat.co.id

Rute Menuju Pantai Mrutu

Pantai Mrutu terletak di Kecamatan Donomulyo, Desa Sumberoto. Dari pusat kota Malang, jarak ke pantai ini adalah sekitar 72 kilometer. Jika Anda berangkat dari pusat kota, maka lama perjalanan yang Anda butuhkan untuk mengakses pantai ini adalah 2,5 jam. Dari pusat kota Malang, lajukan kendaraan Anda menuju ke arah selatan dan lewatilah daerah Gadang. Teruslah berkendara menuju Kepanjen dengan mengikuti papan penunjuk arah atau petunjuk di peta. Di Kepanjen, Anda akan menemui dua rute yang sama-sama akan membawa Anda ke pantai ini: yaitu jalur Pagak dan jalur Karangkates.

Pemandangan Pantai Mrutu Yang Indah, Foto: lihat.co.id

Rute Pagak akan membawa Anda langsung ke Jalan Raya Sumbermanjing Kulon dan ke Jalan Raya Donomulyo. Dari sana, Anda tinggal berbelok kiri ke Jalan Trisula dan melanjutkan perjalanan sejauh empat kilometer, lalu mengikuti jalan hingga ujun dan belok kiri hingga sampai ke Desa Sumberoto. Jika Anda kesulitan mencari arah ini, gunakan peta, maps, atau denah yang telah Anda sebelumnya persiapkan.

Sedangkan, jika Anda mengambil rute Karangkates, Anda harus berkendara dari Kepanjen ke arah barat dari Karangkates untuk menuju Kalipare. Setelah sampai Kalipare, lanjutkan perjalanan Anda menuju Donomulyo dan ikuti rute yang sama hingga Desa Sumberoto tempat lokasi Pantai Mrutu. Jalan yang akan Anda lalui di rute ini sudah teraspal bagus akan tetapi memiliki rute yang naik turun dengan banyak belokan. Anda juga akan melewati hutan-hutan, gunung, dan perbukitan kapur dengan pemandangan yang akan memanjakan mata. Meskipun perjalanan ini agak berat, tetapi Anda akan merasa puas begitu sampai di pantai ini.

Jernihnya Air Laut, Foto: seputarmalang.com

Harga Tiket Masuk Pantai Mrutu Terbaru 2017

Untuk bisa menikmati keindahan pantai yang masih sepi ini, Anda hanya perlu membayar ongkos masuk sebesar Rp5.000. Sedangkan, ongkos parkir yang ditetapkan untuk setiap kendaraan juga Rp5.000. Saking belum maraknya wisatawan, terkadang Anda akan berasa menyewa sebuah pantai pribadi dengan harga terjangkau.

Pantai Tersembunyi di Malang, Foto: syaifudinmuharto.blogspot.com

Pantai ini akan sangat menarik untuk dijadikan tempat berkemah. Tetapi, karena pantai ini lokasinya tersembunyi dan jauh dari perkampungan warga, sangat disarankan untuk terlebih dahulu memberitahu warga jika ada rencana camping, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Apalagi karena sejarah pantai ini yang penuh misteri, sama seperti pantai-pantai lain di Laut Selatan. Ada beberapa orang yang dengan tujuan ziarah menyambangi pantai-pantai selatan sehabis melakukan kegiatan spiritual di Pesarean Gunung Kawi.

Pantai Alami Yang Bersih, Foto: whiempy.blogspot.com

Jangan lupa untuk melengkapi segala keperluan Anda di rumah atau di dalam perjalanan sebelum mencapai pantai. Fasilitas pantai ini masih belum dilengkapi sehingga para wisatawan bahkan tidak akan bisa menemukan warung makan di sini, apalagi toko keperluan bahan sehari-hari dan penginapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *