10 Gambar Pantai Mustika Banyuwangi, Calon Primadona Jawa Timur

Posted on
Pantai Mustika yang dikenal dengan pasir putih dan halus ini berlokasi di Kabupaten Banyuwangi bagian selatan (foto: tripadvisor.com)

Lokasi: Desa Sumberagung,Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon: –

sudah bukan menjadi sebuah rahasia bahwa Kabupaten Banyuwangi memiliki segudang tempat wisata pantai yang cukup banyak. Kabupaten yang berada di kawasan ujung timur Pulau Jawa ini membuat Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

di sini terdapat beberapa perahu yang digunakan nelayan untuk mencari ikan. Karena salah satu mata pencaharian utama masyarakat sekitar adalah nelayan (foto: catatannobi.com)

Kali ini kami dari tim jejakpiknik.com akan membahas sebuah tempat wisata pantai yang terbilang masih perawan yaitu Pantai Mustika. Mengapa disebut perawan karena jarang sekali di jajah oleh pengunjung yang datang ke sini.

Artikel kali ini tentu saja akan menyajikan informasi yang lengkap tentang Pantai Mustika. Secara administrasi pantai ini berada di Desa Sumberagung Kecamatan Pasanggrahan. Kawasan ini berada di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pantai Mustika Banyuwangi

Selain pemandangannya bagus di pantai ini juga tidak panas, banyak sekali pohon kelapa yang mengakibatkan udara di pinggir pantai juga sejuk dan rindang (foto: banyuwangibagus.com)

Kabupaten yang dikenal dengan julukan dengan Bumi Blambangan ini memang banyak sekali daftar destinasi pantai dengan keindahan sertapesonaalam yang tak perlu diragukan lagi. Ada Pulau Merah, Pulau Tabuhan, Teluk Ijo dan masih banyak lainnya.

Salah satunya adalah tempat yang akan kita bahas kali ini yaitu Pantai Mustika. Masyarakat setempat masih mengenal loaksi dengan yaitu sebagai Mustaka atau Kepala dari kawasan Teluk Pancer. Ya nama Mustaka sendiri memiliki arti yaitu Kepala.

Tempat wisata ini masih dibilang satu garis dengan Pulau Merah karena letaknya hanya sekitar 3 kilometer saja. Meski demikian lokasi ini tentu saja memiliki pemandangan yang berbeda. Setiap tempatnya menawaran keindahan masing-masing dengan cirri khasnya.

Perahu-perahu nelayan yang sedang parkir di pinggir pantai sering kali digunakan sebagai objek foto bagi para pengunjung (foto: antaranews.com)

Jika kamu berlibur ke Pulau Merah maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi juga Pantai <ustika yang letaknya sangat dekat. Selain dikenal dengan pesona yang indah di sini juga terkenal dengan beberapa mitos yang diceritakan oleh masyarakat setempat.

BacaJuga:  10 Gambar Air Terjun Pengantin Ngawi, Harga Tiket Masuk, Jalan Menuju ke Lokasi Curug + Jam Buka Tutup

Masyarakat di sekitar pantai ini percaya bahwa di sini ada kaitannya dengan kisah ratu kidul yang memang lekat sekali dengan pantai selatan. Konon ceritanya ratu kidul pernah singgah ke sini. Dan saat akan meninggalkan lokasi ini ada yang tertinggal yaitu mustika dan ada seseorang menemukannya.

Pantai Mustika ini berada di Desa Pancer dengan jarak sekitar 45 km dari pusat kota (foto: tripadvisor.com)

Maka dari itu orang tersebut melempar kembali mustika tersebut ke tengah laut dengan alas an agar kembali kepada sang pemilik yaitu nyi roro kidul. Nah,ini adalah sedikit cerita tentang mengapa pantai ini memiliki nama Pantai Mustika.

Keindahan yang diberikan oleh tempat ini bukan hanya tentang pemandangan alam indahnya tetapi juga dalam laut. Makhluk hidup dibawah laut ini sungguh begitu indah. Maka dari itu di sini juga bisa dilakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving.

Warna air laut yang biru membuat mata kita seakan dimanjakan dengan pesona indah ciptaan Tuhan (foto: bagusharisunoto.wordpress.com)

Terumbu karang dibawah laut juga Nampak sekali. Kamu bisa melihat semua dengan mata telanjang. Banyak sekali ragam ikan yang hidup di sini. Terumbu karang juga sering kali dijadikan sebagai tempat berkumpulnya habitat dari ular laut.

Tetapi jangan khawatir, ular laut ini sangat aman. Tidak pernah ada kejadian ulat tersebut menggigit pengunjung yang berenang. Maka dari itu kamu juga lebih baik menjaga semua binatang yang ada. Maka mereka juga tidak akan mengganggumu.

Berfoto bersama dengan teman-teman saat datang ke Pantai Mustika (foto: guruhhandoyo.wordpress.com)

Saat datang kesini kamu jangan lupa membawa kamera yak arena pesona dan pemandangan yang diberikan juga sangat indah. Maka saying jika dilewatkan. Banyak sekali pengunjung datang ke sini mengambil foto atau gambar dengan latar belakang laut yang luas.

Selain karena ingin berwisata, para pengunjung datang ke sini memang untuk berniat berfoto. Banyak sekali seperti komunitas pecinta fotografi datang ke sini. Mereka mengambil dari setiap sudut di pantai Mustika.

BacaJuga:  10 Gambar Pagora Kediri, Harga Tiket Masuk, Sejarah, Lokasi Alamat, Kolam Renang + Waterpark Wisata
Mustika Beach (foto: wisatalengkap.com)

Setelah banyak sekali mengambil foto mereka lalu mengupload ke social media pribadi sebagai salah satu bentuk promosi wisata daerah. Ini juga bisa membantu para turis asing datang untuk meramaikan Pantai Mustika.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Mustika Banyuwangi

Fasilitas tempat duduk payung (foto: tribuntravel.com)

Secara administrasi, Pantai Mustaka adalah berada di dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.  Kalau dihitung jika dari kota kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan darat.

Letak dari pantai ini juga cukup mudah untuk dilalui jika kamu masih kesulitan bisa menggunakan GPS dengan menghubungkan titik koordinat yang ada di diatas kemudian kamu akan mendapatkan petunjuk jalan secara otomatis.

Terdapat juga tanaman di sekitar pantai (foto: news.lewatmana.com)

Pastikan hp kamu terhubung dengan internet yang lancer ya agar petunjuk jalan bisa kamu dapatkan dengan mudah tetapi kamu juga bisa bertanya pada masyarakat setempat dimana lokasi tepat Pantai Mustika, tentu saja mereka sudah mengetahui dan akan memberikan petunjuk untuk kamu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Mustika Banyuwangi

 

Untuk jam buka di Pantai Mustika sebetulnya tidak ada ketentuan ditutup jam berapa. Hanya saja banyak sekali pengunjung yang meninggalkan lokasi wisata saat malam hari. Bisanya pengunjung datang saat pagi hari hingga sore.

Pengunjung biasanya meninggalkan pantai ini setelah melihat matahari terbenam. Karena di sini sanggat tepat jika kamu menunggu moment sunset. Pemandangan sunset di sini sangat indah maka wisatawan tak pernah melewatkan moment ini.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya juga sangat murah. Di sini tidak dihitung per orang tetapi per rombongan. Kamu bisa membayar tiket sebesar 20 ribu rupiah setiap 15 orang. Cukup murah bukan. Jadi jika kamu datang tidak lebih dari 15 orang maka akan gratis.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.