10 Gambar Pantai Mutun Beach + Pulau Tangkil di Bandar Lampung Selatan Serta Lokasi Alamat-nya

Posted on
Foto gambar pantai mutun beach pulau tangkil di bandar lampung selatan lokasi alamat penginapan ditutup ada buaya pesawaran indonesia sejarah misteri objek wisata 2017 letak paket wahana pemilik jalan menuju rute harga tiket masuk peta google map
Pantai Mutun, Foto: baltyra.com

Alamat: Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pasawaran, Bandar Lampung Selatan.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional: Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 813 6971 9817
HTM: Rp. 5.000 – Rp. 10.000 (Dapat berubah sewaktu-waktu)

Membicarakan tentang objek wisata di Bandar Lampung tahun 2017 ini ternyata sudah banyak digalakan dan dipromosikan, terutama oleh pemerintah daerah setempat. Letaknya yang berada di bagian paling selatan Pulau Sumatera membuat wilayahnya mudah diakses dari kota-kota besar lainnya di sekitar Kota Lampung. Bandar Lampung juga terkenal akan tempat wisata berupa pantai dan laut berhubung berdekatan langsung dengan pesisir laut sebelah selatan Pulau Sumatera. Maka dari itu, pantai-pantai yang berjejer ada disini sangat terkenal dengan keindahan alam dan kecantikan pemandangannya. Salah satu pantai alami yang sangat populer di Kota Bandar Lampung adalah Pantai Mutun.

Pantai dari Atas, Foto: tribunnews.com

Pantai Mutun terkenal dengan wisata air alami dan salah satunya juga adalah Pulau Tangkil yang terletak tidak terlalu jauh dari pesisir pantai. Wisatawan yang datang kesini akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang cantik dan sangat cocok untuk menjadi lokasi mengambil foto atau gambar selfie. Pantai Mutun sendiri sempat dikenal memiliki misteri dan sejarah pernah ditutup oleh beberapa pemilik penginapan di sekitarnya karena dikabarkan ada buaya yang beredar. Namun saat ini pastinya sudah dibuka kembali karena sudah aman, bahkan kini banyak tour and travel yang menawarkan paket wisata ke Pantai Mutun sebagai alternatifnya.

Penyewaan Kapal, Foto: indonesiawow.com

Pantai Mutun sendiri dikelola oleh Tangkil Resort dimana objek wisata ini ditujukan bagi seluruh kalangan masyarakat untuk berwisata murah meriah, dengan harga terjangkau. Pantai Mutun sendiri menghadap ke Teluk Lampung dengan aliran gelombang ombak laut yang tenang sehingga wisatawan dapat melakukan aktifitas berenang, snorkeling, diving, berselancar, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan selama liburan ke Pantai Mutun ini, maka dari itu, berikut ini merupakan informasi lengkap tentang Pantai Mutun dan sekitarnya.

Bermain Air, Foto: pariwisatalampung.com

Fasilitas dan Akomodasi

Pantai Mutun menyediakan wahana olahraga air yang menantang dan menyenangkan, objek wisata yang satu ini juga dilengkapi fasilitas yang lumayan komplit. Bagi pengunjung yang ingin berenang atau bermain air, tersedia penyewaan banana boat, jetski, perahu, dan wahana menyenangkan lain sebagainya. Pelancong yang ingin menuju Pulau Tangkil pun dapat menyewa perahu atau kano dengan harga kisaran yang berbeda untuk satu kali perjalanan. Beberapa pondok atau saung-saung juga didirikan di area pantai bagi para pengunjung beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai. Tak hanya itu, di kawasan pantai dan Pulau Tangkil pun tersedia wahana taman bermain outbound yang menambah keseruan berwisata disini.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Teluk Kiluan Bandar Lampung, Letak Peta + Biaya Ke Lokasi
Fasilitas Bermain Air, Foto: pariwisatalampung.com

Perihal penginapan sendiri disini tidak perlu dipermasalahkan, pengunjung dapat memilih ingin menginap di hotel, resort, villa, atau guest house yang banyak tersedia, tetapi sayangnya tidak dekat di kawasan pantai. Karena pihak pengelola memfokuskan area ini sendiri sebagai andalan pariwisata di Kota Lampung, atau pengunjung dapat menginap di Pulau Tangkil yang terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Mutun. Bahkan bila pengunjung ingin bermalam di Pulau Tangkil sambil menikmati pemandangan alamnya yang eksotis, hal tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan. Kisaran harga penginapan pun tersedia dari harga paling murah, yakni Rp. 100.000 dengan fasilitas seadanya atau hingga yang paling mahal yakni Rp. 1.000.000 di hotel berbintang.

Kayaking, Foto: telusurindonesia.com

Walaupun tak banyak fasilitas yang menawarkan penginapan di dekat sini, tetapi para backpacker bisa mendirikan tenda dan berkemah di malam hari. Area camping sendiri dekat dengan lokasi outbound atau bahkan berada di dalam Pulau Tangkil juga sehingga pengunjung perlu melintas ke pulau ini terlebih dahulu. Sedangkan untuk wisata kuliner di area pantai ini sendiri tersaji beberapa tempat makan dari yang murah meriah hingga yang paling mahal sekalipun. Makanan yang disajikan biasanya tidak jauh-jauh dari kuliner berbahan dasar seafood atau santapan khas Indonesia dan Bandar Lampung. Salah satu makanan khas Lampung yang wajib dicoba adalah Seruit, merupakan makanan berbahan dasar ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi.

Bermain Banana Boat, Foto: telusurindonesia.com

Harga Tiket Masuk

Pada dasarnya, liburan ke Pantai Mutun sangat murah meriah karena harga tiket yang diberlakukan sebagai biaya retribusi disini hanya dikenakan Rp. 5.000 perorangnya. Namun harga tersebut merupakan harga di hari biasa, ada kemungkinan di hari libur lainnya akan melonjak naik. Bagi pengunjung yang menggunakan motor pun dikenakan biaya parkir perkendaraan hanya sebesar Rp. 5.000, sedangkan pengguna kendaraan roda empat dikenakan harga parkir sebesar Rp. 10.000 perkendaraan. Pengunjung dapat juga menyewa pondokan atau semacam saung kecil untuk duduk-duduk dan beristirahat seharian. Pondokan ini disewakan seharga Rp. 30.000 seharian dan dapat digunakan sepuasnya, harga tersebut untuk pondokan kecil, sedangkan untuk pondokan yang cukup besar disewa dengan harga Rp. 50.000 perharinya. Ada juga tempat khusus penyewaan kano, sebuah perahu kayu kecil untuk bermain di atas air laut, perahu tersebut disewakan sebesar Rp. 15.000 untuk satu kali pemakaian bermain.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Pasir Putih Lampung Selatan, Harga Tiket Masuk + Alamat Lokasi Wisata
Pemandangan Pantai dari Jauh, Foto: pariwisatalampung.com

Letak dan Lokasi

Turis mancanegara banyak juga yang datang ke Indonesia untuk menuju Mutun Beach ini biasanya banyak ditemukan di area kawasan wisata pantai beserta Pulau Tangkil. Karena jika dilihat dari peta Google, rutenya akan lebih jelas beserta letak dan lokasi keberadaan Pantai Mutun ini sendiri. Secara administratif, lokasi Pantai Mutun ini berada di Desa Sukajaya, Kelurahan Lempasing, dan Kecamatan Padang Cermin. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai tempat ini menggunakan kendaraan pribadi apabila menempuhnya dari pusat Kota Telukbetung. Sedangkan dari Kota Bandar Lampung sendiri berjarak sekitar 25 KM dan membutuhkan waktu 40 menit perjalanan saja apabila menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini sendiri juga dekat dengan Kabupaten Pesawaran sehingga dari kabupaten tersebut sudah dekat jaraknya untuk menuju Pantai Mutun. Jalan untuk menuju pantai ini pun sudah cukup baik, mulus, dan halus, sehingga dapat dilewati oleh mobil maupun motor sekalipun.

Rute Menuju Pantai Mutun

Pantai Mutun menjadi salah satu destinasi terbaik bagi wisatawan lokal dan bahkan turis mancanegara karena aksesnya yang mudah dicapai. Letaknya berada tepat di sisi jalan lintas Sumatera, sehingga mudah sekali ditemukan dan mudah terlihat juga dari jalan raya tersebut. Namun bila menuju pantai ini pada saat musim liburan atau hari libur biasa, maka jalanan akan sangat padat dan macet. Ini dikarenakan banyaknya pengunjung bahkan dari luar kota sekalipun yang menuju ke arah Pantai Mutun. Untuk menuju ke Pantai Mutun, pertama-tama mengikuti jalur lintas Sumatera menuju Teluk Betung, tidak perlu khawatir akan tersasar karena sepanjang jalan akan ada papan petunjuk yang cukup berguna. Selain itu, para warga daerah Lampung dan sekitarnya sudah sangat mengenal dimana letak Pantai Mutun berada, terutama warga sekitar Teluk Betung dan Lempasing.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Tanjung Setia Beach Krui Lampung Barat + Lokasi Peta Wisata
Restoran di Pinggir Pantai, Foto: triptrus.com

Setelah melewati wilayah Teluk Betung, pengunjung juga nantinya pun akan memasuki daerah Lempasing dimana pemandangan disini sangat cantik. Di sekitar kiri dan kanan jalan akan ada bukit bebatuan tinggi dengan tekstur yang sangat artistik walaupun dibuat oleh alam itu sendiri. Setelah melewati beberapa kawasan hotel dan penginapan, selanjutnya perjalanan akan melewati daerah kompleks pemakaman khas Tionghoa. Seusai melewati kompleks pemakaman ini nantinya akan ada tanjakan dan jalanan menurun, usahakan untuk memelankan mobil karena di turunan inilah ada pintu masuk ke gerbang menuju Pantai Mutun. Karena dari kompleks pemakaman tadi yang menghadap ke laut sudah dekat dengan kawasan pantai tersebut.

Jalan ke Pantai Mutun, Foto: tribunnews.com

Memasuki ke area gerbang pintu masuk menuju Pantai Mutun, jalanan akan sedikit tidak rata dan menyempit. Jalan ini berkisar 1 hingga 2 KM jauhnya sebelum kendaraan benar-benar akan mencapai dimana letak Pantai Mutun berada. Perjalanan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit dan bahkan wisatawan pun tidak akan mudaj tersesat terutama bila menggunakan peta online. Beberapa dari informasi tersebut yang sudah dijabarkan juga dapat menjadi panduan bagi para pelancong untuk berwisata ke Pantai Mutun. Entah itu untuk backpacker, liburan, atau sekedar berkunjung guna menikmati pemandangannya saja.

2 thoughts on “10 Gambar Pantai Mutun Beach + Pulau Tangkil di Bandar Lampung Selatan Serta Lokasi Alamat-nya

  1. 1 juli 2017 sy bersama keluarga ke pantai mutun, ternyata Ada perubahan harga tiket masuk (Rp.100rb/mobil) harusnya 30rb.
    Gazebo kecil 50rb harusnya 30rb

    Kalo gazebo mungkin kenaikannya masih masuk logika 20rb.
    Tp kenaikan tarif masuk naik sampe 70rb sy pikir terlalu berlebihan. Sy rasa itu bisa2 oknum tukang karcis.
    Mhn ditertibkn hal sperti diatas.
    Trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *