10 Gambar Pantai Ngandong Beach Wonosari Jogja: Snorkeling, Sunset + Peta-nya

Diposting pada
10 Gambar Pantai Ngandong Beach Wonosari Jogja: Snorkeling, Sunset + Peta-nya
5 (100%) 1 vote[s]
Pantai ngandong beach wonosari jogja snorkeling gunung kidul kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta indonesia 55881 penginapan yogya gk diy 2019 gunkid wisata gambar sunset ngeden sundak andong sedahan jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi letak peta google map
Pantai Ngandong, Foto: obyekwisataterlengkap.blogspot.co.id

Alamat: Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Map: Klik disini
HTM: Rp10.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0813-2541-4441

Liburan di Jogja tak pernah ada habisnya. Akan selalu ada sudut dari area ini yang belum kita jelajahi dan menunggu untuk disambangi. Parangtritis bukan satu-satunya pantai menarik di Jogja, bahkan, bisa dibilang, bukan merupakan pantai tercantik di daerah istimewa ini. Di Kabupaten Gunungkidul, ada sederet pantai yang bersih, menakjubkan, dan masih alami karena masih belum terlalu banyak dieksplorasi dan dieksploitasi. Gunung Kidul memang seolah surga bagi para pecinta pantai. Ada banyak sekali pantai tersembunyi yang belum ramai wisatawan yang memukau dan wajib dikunjungi. Salah satu dari pantai cantik yang tersembunyi di GK dan sangat layak dikunjungi adalah Pantai Ngandong, pantai berpasir putih dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pantai Ngandong memang tidak  memiliki nama besar setenar Pantai Indrayati, Siung, Sedahan, atau Ngeden. Akan tetapi, pesona dari panoramanya benar-benar akan membuat Anda tersihir. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Tepus, Desa Sidoarjo ini berjarak sekitar dua hingga tiga jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini sendiri terletak tidak jauh dari Pantai Sundak, tepatnya di sebelah baratnya.

Keindahan Pantai NgandongKeindahan Pantai Ngandong, Foto: wisataterbaru.com

Keindahan Pantai Ngandong

Salah satu alasan mengapa pantai ini tidak terlalu dibanjiri pengunjung seperti pantai-pantai lain adalah karena perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapainya tidak bisa dibilang mulus. Jalanan berbatu harus Anda lewati, ditambah dengan pepohonan besar di sebelah kiri dan kanan Anda. Akan tetapi, jalanan yang tidak mudah tersebut akan terbayar ketika Anda sampai di Pantai Ngandong dengan keindahan yang sempurna.

Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih dan lautan biru dengan ombak kecil-kecil tenang yang membuat Anda akan tak sabar untuk segera mencebur dan berenang di dalamnya. Akan tetapi, samudera dan pantai bukan satu-satunya pemandangan ajaib yang memanjakan mata Anda. Di sekeliling pantai ini, terdapat perbukitan batuan karst yang cantik menawan. Bukit-bukit dengan pepohonan hijau berpadu indah dengan putihnya pasir dan birunya samudera. Di lautan lepas, terlihat pemandangan cantik dari batu-batu karang yang dihempas  ombak. Pemandangan tersebut menciptakan kesempurnaan yang menenangkan.

BacaJuga:  15 Rekomendasi Hotel Murah di Malioboro Mulai Dari Rp.150.000
Sunsetnya Cantik, Foto: berbagifun.com

Pantai Ngandong memang tidak memiliki garis pantai yang panjang dan area yang luas seperti Pantai Parangtritis atau lainnya. Akan tetapi, wisatawan yang datang ke pantai ini juga masih belum berombongan dan membuat pantai ini penuh sesak. Karena itulah, Anda bisa bersantai dengan nyaman di sini sembari menikmati hangatnya matahari dan birunya samudera yang terhampar di hadapan.

Perahu Nelayan, Foto: wisataterbaru.com

Letak pantai ini sebenarnya berada di antara dua pantai cantik lain yang mengapitnya, yaitu Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Karena letak yang strategis itulah, banyak dari wisatawan yang menyambangi pantai ini sekalian mampir ke salah satu dari kedua pantai tersebut.

Di Ngandong Beach, Anda bisa menyaksikan keindahan sunset yang amat mempesona. Hal ini dikarenakan lokasinya yang agak menjorok dan langsung berhadapan dengan Laut Selatan sehingga pemandangan itu tidak akan terhalang apa pun. Ketika sang surya mulai kembali ke peraduannya, semburat kuning dan jingga akan melukisi langit. Sinar mentari yang hampir tenggelam itu juga akan terpantul di lautan dan pasir putih yang berkilauan diterpanya. Pemandangan ini akan membuat siapa saja berdecak kagum.

Di Pantai Ngandong atau Andong ini juga terdapat batu-batuan karang yang menyembul indah. Saat laut sedang pasang surut, batuan karang tersebut akan terlihat dengan jelas, menyembul di pantai. Pemandangan indah pada momen ini tak pernah dilewatkan oleh para wisatawan yang akan menjepret foto selfie ria di lantai karang-karang tersebut. Tentu, Anda juga bisa mencoba snorkeling.

Pasirnya Putih, Foto: detik.com

Rute Menuju Pantai Ngandong

Pantai Ngandong berjarak 70 kilometer jauhnya dari kota Yogya. Pada umumnya, ada tiga rute yang bisa ditempuh jika Anda berangkat dari kota Yogyakarta. Dengan panduan Google Map, Anda bisa memilih salah satunya.

Rute pertama dimulai dengan berkendara ke jalan menuju Patuk dan Sambipitu. Dari pertigaan timur lapangan udara TNI Gading, beloklah ke kanan menuju Playen. Lanjutkan perjalanan Anda melewati Saptosari hingga pertigaan sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Baron. Di sini, berbeloklah ke arah timur dan terus ikuti jalan utama beraspal hingga Anda sampai di Pantai Sundak.

BacaJuga:  10 Gambar Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja, Misteri, Harga Tiket Masuk + Rute Jalan Menuju Lokasi

Sedangkan, rute yang kedua melalui Imogiri, Panggang, dan Saptosari. Jika Anda berkendara menggunakan rute ini, Anda nanti juga akan menemui pertigaan sebelum kawasan wisata Pantai Baron.

Pemandangan Pantai dari Atas Bukit, Foto: panduanwisata.id

Rute yang ketiga memiliki awal rute yang sama dengan rute pertama. Akan tetapi, dari lapangan udara TNI Gading, teruskan perjalanan ke Siyono lalu belok kananlah di pertigaan bundaran tugu BPD. Lalu, ikutilah Jalan Kyai legi yang akan membawa Anda terus di jalan Lingkar Selatan hingga sampai ke perempatan menuju Jalan Baron. Di sini, beloklah kanan. Nanti, sebelum masuk Pantai Baron, Anda akan menemukan sebuah pertigaan dan beloklah ke Timur dan lanjutkan perjalanan hingga pintu Pantai Sundak.

Biasanya, para pengunjung akan parkir di area Pantai Sundak. Dari sini, pengunjung harus melakukan perjalanan tanpa kendaraan alias berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Jalanan ini berbatu dan bisa licin saat musim hujan, sehingga para wisatawan harus selalu berhati-hati saat berjalan di sini. Sangat disarankan untuk memakai sandal gunung dengan sol yang memiliki grip kuat atau sepatu outdoor yang juga tidak licin. Perjalanan tersebut bisa dibilang cukup menantang walaupun keringat akan terbayar ketika para pengunjung telah sampai di pantai ini.

Pengunjung Sedang Jalan-Jalan, Foto: rentalmobilyogyakarta.net

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong 2019

Anda hanya perlu membayar Rp10.000 untuk memasuki area pantai ini. Akan tetapi, tiket tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menjelajahi dua pantai Gunkid lain di kawasannya.

Di sekitar Pantai Ngandong akan terlihat beberapa rumah nelayan. Memang, pantai ini merupakan tempat tinggal nelayan setempat yang mencari ikan dan rumput laut di area laut dan pantai sekitarnya. Jika Anda ingin mengerti serunya berlayar dengan perahu-perahu nelayan tersebut, Anda bisa mencoba menyewa perahu dan jasa berlayar di sekitar Pantai Ngandong ini. Biasanya, jika Anda menyewa perahu, nelayan akan menemani Anda untuk mengarungi lautan tepi pantai dengan perahunya. Di tengah laut, para nelayan biasanya akan menunjukkan fenomena-fenomena unik seperti menyemburnya sumber air tawar di dalam lautan yang seolah memberi kesan adanya air mendidih di tengah samudera.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Wates Kulon Progo Harga Murah
Tampak Sejumlah Pengunjung, Foto: tripadvisor.com

Para nelayan dan penduduk sekitar pantai ini juga mendirikan warung yang menjual beragam menu makanan terutama makanan laut untuk para wisatawan. Di sini, Anda juga bisa menemukan penginapan rumah nelayan yang memang disewakan untuk menerima tamu sehingga para wisatawan tak perlu harus repot-repot membawa tenda untuk berkemah jika ingin bermalam di pantai ini.

Penduduk yang tinggal di sekitar pantai juga menyediakan bangku-bangku untuk duduk dan menikmati pemandangan laut serta kursi tidur bagi para pengunjung yang ingin berjemur atau sekedar bersantai. Meskipun pantai ini masih belum begitu tereksplor, warga sekitarnya sudah mulai berusaha meningkatkan fasilitas agar para pengunjung menjadi semakin betah berdatangan dengan dibangunnya warung, penginapan, dan fasilitas tersebut.

Masih Alami, Foto: jogjaempatroda.blogspot.com

Bagi para wisatawan yang beragama muslim, ibadah sholat juga bisa dilakukan tanpa harus menggelar sajadah langsung di pasir pantai. Anda bisa beribadah di masjid terdekat dengan pantai. Masjid yang berada di area sekitar pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena memadukan unsur tradisional. Bangunan masjid ini sendiri terbuat dari kayu, meskipun tidak demikian dengan lantainya. Keseluruhan arsitekturnya bisa dibilang menarik.

Pantai Ngandong pada saat ini memang masih memerlukan lebih banyak perhatian dan pengembangan dari pemerintah DIY agar potensi wisatanya lebih terangkat. Akan tetapi, sarananya sudah cukup baik dan bahkan kondisinya saat ini sudah merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat layak kunjung. Keindahan pantai ini memang tak kalah dengan pantai-pantai besar di seluruh negeri.

Berenang, Foto: garisabu.blogspot.co.id
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “10 Gambar Pantai Ngandong Beach Wonosari Jogja: Snorkeling, Sunset + Peta-nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.