Pantai Ngliyep Malang Selatan Jawa Timur Angker + Sejarah & Rute Peta Lokasi Wisata

Posted on
Pantai ngliyep malang selatan jawa timur angker sejarah rute wisata lokasi map peta letak penginapan pasir panjang review blitar jatim gunung kombang 2017 kedungsalam super indah jarak dari arah surabaya sidoarjo jalan menuju ke alamat misteri gambar foto harga tiket masuk
Pantai Ngliyep yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki keindahan alam yang sangat cantik (foto: pantaimalang.com)

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65167, Indonesia
Koordinat:
Klik Di Sini
Tarif:
Rp 15.000 per orang
Jam Operasional:
08.00 – 18.00 WIB
Nomor Telepon:

Pergi berlibur ke pantai memang sebuah keputusan yang sangat tepat, terlebih tempat wisata yang akan kita kunjungi memiliki panorama yang sangat indah. Ya, salah satunya adalah wisata yang akan kita bahas kali ini yaitu Pantai Ngliyep. Letak Pantai Ngliyep ini berada di Kabupaten Malang, Jatim. Pantai ini berada di ujung selatan jawa sehingga memiliki beberapa cerita tentang misteri ratu pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Semua itu akan kita review bersama di sini.

Terdapat jembatan kayu yang cukup unik dan bisa digunakan untuk mengunjungi tempat wisata lain di Pantai Ngliyep (foto: bagusgowes.wordpress.com)

Memiliki jarak kurang lebih 62 km dari arah kota Malang, Pantai Ngliyep konon katanya berada di tepi samudera Indonesia. Pemandangan yang natural membuat pantai ini sangat disukai oleh pengunjung. Bahkan pengunjung yang datang tak hanya dari wisatawan lokal, banyak yang datang seperti turis asing dari luar negeri. Pantai Ngliyep adalah sebuah perpaduan pantai dengan tebing yang sangat curam dan juga hutan lindung. Akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan saat kamu berkunjung ke sini.

Sejarah dan cerita misteri yang ada di Pantai Ngliyep

Berfoto bersama saat berada di jembatan Pantai Ngliyep. Ada sebuah bangunan kuno yang membuat para pengunjung ingin datang dan penasaran (foto: perjalananku00.blogspots.com)

Pantai Ngliyep juga memiliki sejarah tentang nama yang sekarang menjadi terkenal ini. Arti dari kata Ngliyep sendiri yaitu ngantuk dari bahasa Jawa. Dan ceritanya katanya jika kamu berada di pantai ini maka akan merasa ngantuk karena memiliki udara yang begitu sejuk. Karena masih belum terlalu terkenal seperti pantai lainnya yang ada di Malang, Pantai Ngliyep masih sangat alami dan terlihat bersih. Maka banyak sekali pengunjung yang sangat betah dan nyaman. Karena tidak terlalu banyak orang yang datang maka kamu bisa menghabiskan dan berpuas diri di pantai ini.

Pasir yang ada di Pantai Ngliyep terlihat bersih sehingga wisatawan bisa bermain di pinggir pantai (foto: perjalananku00.blogspots.com)

Yang cukup membuat unik bagi pantai ini yaitu yang didekatnya ada sebuah pulau kecil. Pulai tersebut bernama Gunung Kombang. Nah, kamu bisa datang ke pulau ini tentu saja sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. Berkunjung ke pulau ini kamu hanya perlu melewati jembatan yang ada di Pantai Ngliyep. Tidak cukup jauh, dengan berjalan kaki yang kurang lebih hanya 30 menit kamu bisa merasakan sensari yang berbeda. Konon katanya di Gunung Kombang ini tempat yang pas untuk melihat sunrise dan sunset.

Ombak yang ada di Pantai Ngliyep tidak begitu besar sehingga pengunjung bisa bermain air laut dan mandi. (foto: panduanwisata.id)

Di dalam sebuah pemandangan yang super indah di Pantai Ngliyep ini terdapat sebuah cerita yang katanya angker bagi warga sekitar. Ya, Gunung Kombang yang ada di dekat Pantai Ngliyep ini konon ceritanya tempat favorit Nyi Roro Kidul. Siapa yang tak kenal dengan nama itu, Nyi Roro Kidul ada penguasa pantai selatan di Pulau Jawa. Sebagian masyarakat setempat percaya bahwa di pulau kecil ini Nyi Roro Kidul sering kali melakukan semedi.

Di Pantai Ngliyep juga sering kali dilakukan beberapa tradisi dan upacara yang masyarakat setempat yakini. Tradisi tersebut biasanya dilakukan pada saat bulan Maulud Nabi yang tepat di tanggal 14. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk ucapan rasa syukur dan memanjatkan doa untuk kesejahteraan warga dan juga meminta untuk dijauhkan dari segala macam bahaya.

Di Pantai Ngliyep sering kali dilakukan kegiatan keagamaan dengan tujuan mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan (foto: puramedangkamulan.wordpress.com)

Di dalam upacara itu masyarakat setempat memberikan sesaji seperti kepala hewan yaitu kambing, kerbau dan sapi. Upacara yang sudah menjadi tradisi warga ini juga dilakukan di pulau Gunung Kombang yang dipercaya sebagai tempat semedi ratu pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Upacara ini diberi nama upacara Larungan.

Bagi para pengunjung yang datang dan berkesempatan melihat upacara ini sangat antusias. Upacara ini dengan diiringi oleh musik tradisional dan kesenian yaitu reog. Selain itu mereka juga menggunakan baju adat Jawa dan kemudian berjalan menuju Gunung Kombang yang jaraknya kurang lebih hanya sekitar 300 meter dari bibir Pantai Ngliyep. Upacara ini selain diiringi lantunan musik kesenian juga ditambah dengan deburan suara ombak yang membuat upacara semakin khusyuk.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah memancing di Pantai Ngliyep (foto: wisatamalangku.com)

Ada cerita lain yang didapat dari masyarakat sekitar yang katanya di Pantai Ngliyep dipercaya ada sumber air suci yang tepatnya berada di Sendang Kamulyan. Banyak yang percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Tentu saja ini juga menjadi salah satu daya tarik yang dipunyai oelh Pantai Ngliyep. Jika kamu sudah berada di pantai ini harus mencoba air ini, meski semua kembali pada kepercayaan masing-masing pribadi tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba kan.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pantai Ngliyep

Terlihat dari jauh ada sebuah pura di Pantai Ngliyep, Malang (foto: wisatamalangbatubromo.com)

Selain memiliki keindahan panorama yang begitu eksotis, Pantai Ngliyep juga memiliki pasir panjang yang berwarna putih. Pasir yang terasa masih alami ini menjadi favorit bagi pengunjung untuk bermain-main. Selain itu, ombak di Pantai Ngliyep juga terbilang deras dan tentu saja ini membuat eloknya pemandangan yang diberikan oleh tempat ini. Meski terasa panas saat berada di Pantai Ngliyep, di daerah sekitarnya juga terdapat beberapa tempat untuk berteduh seperti pohon-pohon yang rindang.

Terdapat sebuah tempat untuk berteduh dan merasakan pemandangan di Pantai Ngliyep (foto: beritajatim.com)

Angin yang ada di Pantai Ngliyep ini begitu sepoi-sepoi sehingga membuat para pengunjung sangat betah berada di sini. Banyak sekali pengunjung yang bermain dengan pasir yang ada di Pantai Ngliyep dengan merasakan deburan ombaknya. Tak jarang juga para pengunjung mengabadikan kegiatan ini dengan mengambil gambar atau foto di sekitar Pantai Ngliyep. Banyak sekali spot-spot foto terbaik yang ada di sini sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk kebingungan mendapat foto yang bagus.

Untuk kamu yang sangat betah dan nyaman berada di Pantai Ngliyep dan ingin menginap, maka di sini sudah disediakan fasilitas dan akomodasi penginapan. Beberapa penginapan menawarkan harga yang terbilang sangat murah. Kamu bisa memperoleh harga mulai dari 50 hingga 100 ribu rupiah per malamnya. Tentu saja harga itu terbilang ramah di kantong dengan fasilitas yang diberikan.

Air laut yang ada di Pantai Ngliyep terlihat jernih dan bersih sehingga menjadi warna hijau dan biru (foto: zednet17.blogspots.co.id)

Beberapa fasilitas lain yang bisa kamu nikmati adalah lahan parkir di Pantai Ngliyep terbilang sangat luas sehingga untuk kamu membawa kendaraan pribadi bisa menitipkan dengan tenang karena juga sudah tersedia petugas penjaga. Ada juga pos kesehatan, pendopo untuk beristirahat serta tempat makan yang menjadi favorit para pengunjung. Ada banyak sekali menu makanan yang ditawarkan di Pantai Ngliyep. Salah satunya adalah menu sea food yang banyak sekali dipesan oleh wisatawan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat beberapa video yang ada di youtube tentang Pantai Ngliyep. Sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke Pantai Ngliyep tentunya kamu sudah memiliki angan-angan agar cepat untuk berangkat. Banyak sekali para pengunjung yang mengunggah video mereka saat berada di Pantai Ngliyep. Pemandangan yang begitu indah itu akan membuat mata kamu terasa di manjakan.

Rute dan Jalan Menuju ke Pantai Ngliyep

Banyak sekali pengujung yang mendatangi Pantai Ngileyp yang juga datang ke Pura untuk melihat keindahan laut dari ketinggian (foto: liburankemalang.blogspot.com)

Alamat Pantai Ngliyep ini sangat mudah di kenal yaitu berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Untuk jalan dan rute menuju Pantai Ngliyep ini sebenarnya sangat mudah untuk dilalui. Karena banyak pengunjung yang datang juga dari luar kota seperti Surabaya, Sidoarjo, Jember dan kota lainnya maka yang bisa kamu jadikan patokan adalah kota Malang. Nah, untuk yang lebih mudah lagi bagi kamu datang melewati kota Blitar maka nanti akan melalui jalur dari rute Karangkates. Jika kamu dari arah utara seperti Surabaya maka bisa melewati arah Kepanjen. Mari kita bahas satu per satu.

Upacara adat yang dilakukan oleh warga sekitar di Pantai Ngliyep (foto: tstatic.net)

Untuk kamu yang tidak menggunakan kendaraan pribadi maka satu-satunya cara yaitu naik transportasi umum. Nah, jika kamu dari Karangkates maka harus menaiki angkutan umum yang memiliki warna putih dan kode GN2. Dengan angkutan umum ini kamu hanya perlu memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Sedangkan kalau dari arah Kepanjen maka kamu harus naik angkutan umum yang berwarna oranye yang memiliki kode GN1. Nah, untuk rute ini kamu memerlukan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 2.5 jam.

Bermain ikan yang berenang di pinggi pantai (foto: perjalanandanliburan.blogspot.co.id)

Di dalam perjalanan menuju Pantai Ngliyep ini kamu akan disuguhi pemandangan yang juga tak kalah indah. Ada pegunungan kapur yang sangat menarik dan akan membuat kamu nyaman di perjalanan sehingga membuat tak terasa sudah akan sampai di Pantai Ngliyep. Perjalanan kamu tentu saja tidak akan membosankan karena di sisi kiri dan kanan juga sangat menarik. Alan yang akan lalui memang cukup sempit, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena sopir yang menaiki angkutan umum tersebut tentu saja sudah mahir.

Papan nama Pantai Ngliyep (foto: tripadvisor.com)

Dan bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi maka akan lebih mudah untuk dijangkau. Karena sudah banyak petunjuk yang akan membatu kamu untuk sampai di Pantai Ngliyep dan tidak tersesat. Jika kamu masih merasa kesulitan maka bisa menggunakan titik koordinat yang sudah kami berikan diatas. Kamu hanya perlu meng-klik link itu maka akan secara otomatis tersambung dengan peta online yang ada di hp kamu. Kamu hanya perlu download google map maka secara otomatis akan mengantarkan kamu menuju Pantai Ngliyep tanpa tersesat.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Ngliyep

Pulau kecil yang ada di Pantai Ngliyep bernama Gunung Kombang (foto: jatimland.com)

Jam operasional untuk Pantai Ngliyep sendiri tidak dibuka selama 24 jam tetapi mulai dari jam 8 pagi hingga petang jam 6. Tenang saja, dengan jam operasional ini kamu masih bisa menikmati sunset di pantai Ngliyep ini. Sedangkan untuk tiket masuk di Pantai Ngliyep pada tahun 2017 ini  berkisar antara 15 ribu rupiah per orangnya. Cukup murah bukan? Karena dengan harga tersebut kamu dapat merasakan keindahan yang ditawarkan di Pantai Ngliyep. Banyak sekali fasilitas yang diberikan dengan tarif tiket tersebut.

Jadi sudah ditentukan kapan kamu akan berangkat ke Pantai Ngliyep? Selamat berlibur ya.

One thought on “Pantai Ngliyep Malang Selatan Jawa Timur Angker + Sejarah & Rute Peta Lokasi Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *