Mirip Bali, Ini Keindahan Pantai Ngobaran Jogja Dengan Pura di Dalamnya

Diposting pada
Gambar pantai ngobaran beach wonosari jogja lokasi rute tiket masuk sejarah yogyakarta peta alamat jalan menuju wisata foto letak penginapan gunung kidul dan sekitarnya ngrenehan nguyahan gk daerah istimewa indonesia terletak di diy dari kabupaten harga google map video dekat
gambar by @elsadevi

Lokasi: Desa Kanigoro, Saptosasi, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000
Buka Tutup: 05.00 – Malam

Bila membahas pantai-pantai indah di Yogyakarta, sepertinya tidak akan ada habisnya. Satu lagi wisata pantai di daerah Jogja yang sangat unik. Pantai tersebut ialah Pantai Ngobaran.

Ngobaran Beach, Wonosari, Jogja ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan, bahkan tiket masuk untuk ke Pantai Ngobaran dengan Ngrenehan menjadi satu.

Jarak kedua pantai ini hanya kurang lebih 2 kilometer saja. Jadi, tidak jauh bukan? Sayang rasanya jika tidak mampir untuk ke Pantai Ngobaran ini, ketika Anda sudah sampai di Ngrenehan.

Pantai Ngobaran Wonosari DIY ini memang begitu menarik, karena di Pantai Ngobaran terdapat pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu, sedangkan di dekat pura juga terdapat mushola yang digunakan untuk tempat beribadah umat Islam.

Hal yang unik dari mushola ini ialah, mushola menghadap di arah Selatan, namun para penduduk tetap melakukan ibadah shalat dengan menghadap ke kiblat.

Sebelah juga sering dipergunakan untuk upacara ritual penganut aliran kejawen. Bila kita mengambil kesimpulan, Pantai Ngobaran mempunyai simbol toleransi yang begitu kuat.

Meskipun memiliki perbedaan keyakinan, namun para pemeluk agama di Pantai Ngobaran dapat melakukan ibadah dengan berdampingan dan damai.

Suasananya Seperti di Bali, foto by @ariviathera

Sejarah

Menurut cerita yang berkembang di sekitar masyarakat, nama Pantai Ngobaran ini memiliki kaitan erat dengan Kerajaan Majapahit serta Kerajaan Demak.

Konon, dahulu kala saat Kerajaan Majapahit yang dipimpin Brawijaya V mulai di pojokkan oleh Kerajaan Demak yang dipimpin puteranya yakni Raden Patah, mulai menyerang Majapahit.

Dengan terpaksa, Raja Brawijaya meninggalkan Kerajaan Majapahit bersama dengan puteranya yang memiliki nama Bondan Kejawen setra berjalan ke arah barat.

Raja pun sampai di pesisir pantai yang tenang dan damai. Hingga akhirnya penguasa Majapahit ini memutuskan melakukan Uacaa Muksa atau pembakaran diri.

Alasan dari Raden Brawijaya melakukan upacara ini ialah, karena ia tidak mau berperang melawan anaknya sendiri, sang raja melakukan upacara pembakaran diri dan menimbulkan kobaran api yang begitu besar.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, dari sinilah pantai ini disebut dengan nama Pantai Ngobaran.

Terdapat Pura di Dekatnya, Foto: piknikasik.com

Keunikan

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosasi, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang begitu eksotik, bila air sedang surut, Anda bisa melihat hamparan rumput laut yang sangat cantik, mulai dari warna cokelat hingga hijau.

Hamparan alga yang tumbuh di sela karang juga terlihat seperti sawah yang berada di wilayah padat penduduk. Anda bisa melihat keindahan ini ketika naik di atas bukit.

BacaJuga:  Desa Wisata Tembi Bantul Menjadi Tempat Rekreasi Edukasi Yang Menyenangkan

Puluhan binatang laut juga berada di sela karang, bukan hanya satu dua, namun ada begitu banyak macam binatang laut di sini.

Anda bisa menemukan landak laut, kerang-kerangan dan masih banyak lagi. Jadi, bisa dijamin Anda akan betah menghabiskan waktu seharian di Pantai Ngobaran.

photo by @chaeris99

Memang, ketika tiba di kawasan Pantai Ngobaran ini, Anda akan disambut dengan suasana mistis di pantai. Ada begitu banyak abu menyan serta wewangian yang kadang melintasi hidung.

Hal ini sebenarnya wajar karena di kawasan ini banyak bangunan yang dipergunakan untuk bersemedi, bertirakat hingga bersembahyang.

Saat berjalan di tepi pantai, Anda akan melewati sebuah gapura yang terdiri dari tembok yang melingkar mirip dengan bangunan pura.

Di bagian dalam terdapat patung serta arca yang disusun dengan bentuk formasi. Beberapa arca mungkin tidak asing lagi bagi Anda karena bentuknya sangat mirip dengan arca Syiwa, Ganesha, dan yang lainnya.

Di ujung bangunan, Anda akan menemukan patung Dewa Wisnu sedang menaiki Garuda yang menghadap di arah laut.

Ketika melintasi jalan ini, Anda harus lebih berhati-hati, karena di beberapa sudut terkadang Anda akan menemukan sesaji persembahan bekas dari ritual sembahyang kejawen.

Tebing, Foto: bertemanangin.wordpress.com

Posisi bangunan kejawen yang berada di tepi pantai serta atas tebing memang mengingatkan kita pada Pura Uluwatu yang berada di Bali. Sehingga, kawasan sekitar Pantai Ngobaran sering disebut sebagai Balinya Jogja.

Anda tidak perlu jauh-jauh hingga menyebrang ke seberang untuk menikmati indahnya pantai dengan pura, karena Pantai Ngobaran sudah menyediakannya untuk Anda.

Hampir semua tepi laut di Pantai Ngobaran sudah dibangun pura, walaupun ada beberapa pengerjaan yang belum selesai.

Bukan hanya pura kejawen, ada sebuah bukit karang yang memiliki posisi lebih tinggi. dari atas bukit ini Anda bisa melihat pemandangan di sisi paling tinggi hingga pantai lain yang berada di sekitarnya.

Sebenarnya, puncak bukit ini sebagai tempat bersemedi, sehingga tidak sembarang orang yang bisa memasukinya. Saat menuruni bawah pura kejawen dan menyusuri dinding tebing karang yang tinggi, Anda akan merasakan suasana mistis.

Di ujung jalan terdapat Petilasan Woni Pantai Ngobaran dan dijaga oleh juru kunci. Petilasan ini seperti tanah lapang dengan berukuran 4 X 2 meter serta di bagian tepinya terdapat beberapa sesaji.

image by @hananikmatulula_

Banyaknya sesaji yang ada di sudut Pantai Ngobaran memberikan kita isyarat jika kita sebagai wisatawan atau pengunjung harus berhati-hati di dalam bersikap atau berperilaku karena berada di dekat peribadatan umat yang sakral.

Sesudah puas menelusuri pura yang berada di Pantai Ngobaran, Anda bisa turun dan menikmati keindahan Pantai Ngobaran.

Menelusuri Keindahan

Setelah puas mencari tahu sejarah dari Pantai Ngobaran dan juga sekitarnya, Anda bisa berjalan turun ke Pantai Ngobaran.

BacaJuga:  Main Air Atau Terjun Ke Sungai Dari Tebing? Coba Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Di pantai yang sangat indah ini, ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengambil gambar, foto atau video yang indah dengan view laut dan dataran hijau dari rumput laut.

gambar by @ellenoktt

Jika sampai di Pantai Ngobaran saat siang hari, Anda bisa menikmati segarnya es kelapa muda yang banyak dijual di pinggir Pantai Ngobaran. Harganya cukup terjangkau dan bisa melegakan tenggorokan Anda.

Kegiatan seperti bermain pasir bersama dengan teman dan bermain air bisa Anda lakukan. Meskipun tergolong aman, ketika bermain air di Pantai Ngobaran, Anda harus tetap berhati-hati, karena rumput laut di Pantai Ngobaran sangat licin.

Apabila ingin beristirahat, cukup duduk santai di pinggir pantai dan menikmati kuliner khas Pantai Ngobaran seperti ikan laut, landak laut dan masih banyak lagi.

Jangan cemas, meskipun menu yang dijual adalah menu laut, namun harga yang dibanderol untuk menikmati menu ini tidak terlalu mahal.

foto by @erka_photography

Wisata Kuliner

Ingin membeli sesuatu makanan khas dari Pantai Ngobaran? Jika Anda ingin membeli kuliner atau makanan dari Pantai Ngobaran, Anda bisa mencoba peyek yang sangat renyah dan lezat.

Peyek ikan ini dijual dengan harga Rp 2.000 per bungkus. Apabila Anda sampai di Pantai Ngobaran di pagi hari, Anda akan melihat masyarakat memanen rumput laut.

Biasanya, mereka akan menjual rumput laut ini di tengkulak dengan harga Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per kilo.

Tetapi, bila Anda sampai di Pantai Ngobaran saat sore hari atau malam hari, Anda akan menemukan banyak warga yang sedang mencari landak laut untuk dijadikan sebagai lauk makan alam.

Untuk dapat dimakan, landak laut haris di kepras durinya dan dipecah dengan menggunakan sabit. Setelah di pecah, Anda bisa mencongkel daging yang berada di di bagian dalam landak.

Warga yang mencari landak biasanya hanya berbekal saringan, sabit, ember dan topi agar terhindar dari panas. Landak laut bisa dimasak dengan bumbu cabai dan garam.

Menurut penduduk, landak laut mempunyai rasa yang kenyal dan sangat lezat, namun warna setempat tidak banyak yang menjual makanan unik ini. Bila Anda penasaran dan ingin mencoba, Anda bisa mengunjungi warung dan meminta menu ini.

foto by @sdesianaa

Hasil Laut

Para nelayan memiliki profesi sebagai pengumpul hasil laut Pantai Ngobaran. Mereka seringnya mendapatkan rumput laut atau alga.

Hasil tersebut kemudian diperjual belikan pada wisatawan. Harga yang mereka tawarkan sangat terjangkau dan sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar.

Untuk hasil alga yang diperjual belikan di Pantai Ngobaran ini seperti alga yang digunakan untuk bahan pembuat kerupuk berjenis simbar yang dapat Anda beli dengan harga Rp 3000 hingga Rp 5000.

Ada pula lumut dengan harga Rp 1500 hingga Rp 2000, dan bahan untuk membuat agar-agar berjenis ager dengan harga Rp 1200 hingga Rp 1500. Sangat terjangakau bukan?

BacaJuga:  10 Rental Mobil di Jogja 24 jam, Bisa Sewa Harian Mingguan Atau Bulanan

Fasilitas

Fasilitas tempat wisata Pantai Ngobaran ini sebenarnya sudah cukup lengkap, karena dari pintu masuk saja Anda akan disambut dengan banyaknya oleh-oleh dari Pantai Ngobaran.

Berbagai macam cendera mata hingga makanan khas pun disediakan di sini. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk masalah parkir, Pantai Ngobaran menyediakan tempat parkir yang cukup luas, Anda tidak perlu cemas jika datang ke Pantai Ngobaran menggunakan mobil atau motor.

Masuk ke pantai, Anda akan melihat banyak warung makan di sini. Apalagi warung dengan menu seafood dan makanan kecil lainnya. Anda tidak perlu takut akan kelaparan selama berada di Pantai Ngobaran. Malah, hasrat kuliner Anda akan terpuaskan di sini.

Suasana Senja, gambar by @indrayuszriel

Kamar mandi dan toilet di Pantai Ngobaran disediakan dengan keadaan cukup bersih serta terawat. Sayangnya, di sekitar Pantai Ngobaran belum terdapat fasilitas seperti hotel dan penginapan.

Bila Anda membutuhkan tempat menginap, Anda bisa menginap di dekat Pantai Baron.

Apabila Anda ingin menginap di Pantai Ngobaran seperti camping bersama dengan teman-teman, Anda harus meminta izin terlebih dahulu pada pengelola wisata.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Ngobaran dapat Anda akses menggunakan kendaraan pribadi, karena jalan sudah sangat mulus, Anda tidak akan kesulitan untuk menjangkaunya. Berikut beberapa pilihan rute untuk sampai ke Pantai Ngobaran, antara lain:

  • Rute melewati Jalan Imogiri Timur, bila Anda dari Yogyakarta, Anda bisa ke Jalan Imogiri Timur, lurus hingga di pertigaan Imogiri, Anda mengambil arah kanan. Lurus hingga di arah Selopamioro, dan menemukan jalur lintas selatan. Ikuti saja jalur ini hingga sampai di kanan jalan dan menemukan petunjuk Pantai Ngobaran.
  • Rute melewati jalan Wonosari. Dari Jogja ke arah Wonosari, dan naik di Kota Wonosari, Anda tinggal mengambil arah ke Baron, sampai di pertigaan Baron, segera ambil arah kanan di kiri jalan Anda akan menemukan petunjuk Pantai Ngobaran.

Apabila kesulitan untuk menemukan Pantai Ngobaran, Anda bisa menemukan Pantai Ngobaran ini menggunakan peta atau mengikuti Google Map.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk di area Pantai Ngobaran, Anda tidak perlu membayar mahal. Dengan harga Rp 5.000 per orang, Anda bisa masuk dan menikmati keindahan Pantai Ngobaran yang sangat menawan.

Harga tiket masuk ini tidak termasuk biaya parkir. Untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Mirip Bali, Ini Keindahan Pantai Ngobaran Jogja Dengan Pura di Dalamnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.