10 Gambar Pantai Ngrenehan Beach Jogja Wonosari + Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Pantai ngrenehan beach jogja wonosari lokasi yogyakarta gunkid kanigoro saptosari daerah istimewa indonesia ngobaran nguyahan gunung kidul gunungkidul jogjakarta diy komentar jalan menuju rute harga tiket masuk alamat letak peta google map dekat sekitar kabupaten foto gambar wisata
Pantai Ngrenehan, Foto: aysarrentcar.com

Lokasi: Desa Kanogoro, Saptosari, Kabupaten Gunkid, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Map: Klik disini
HTM: Rp 3.000/orang
Buka/Tutup: 05.00-malam
Nomor Telepon:

Saat diberi tebakan pantai yang berada di Jogja, mungkin Anda akan langsung menyebutkan Pantai Parangtritis atau Paris. Pantai ini mungkin menjadi pantai pertama yang muncul di benak Anda. Namun, taukah Anda bila berada di Selatan Jogja, daerah Gunungkidul tersembunyi pantai pasir putih yang keindahannya tidak kalah dengan Pantai Parangtritis. Pantai Ngrenehan, Pantai ini berada di sebelah Barat Gunung Kidul tepatnya di Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

Nelayan Yang Beraktifitas, Foto: ragamtempatwisata.com

Saptosari, daerah Gunung Kidul memang begitu identik dengan pegunungan kapur. Tidak banyak yang mengetahui bila di kawasan ini terdapat pantai yang memikat. Ngrenehan Beach menawarkan sebuah wisata alam yang begitu indah. Bila Anda berharap untuk melakukan wisata di pantai yang mempunyai wisata kuliner super lezat, pantai ini merupakan pilihan yang paling baik untuk Anda. Anda dapat melihat aktifitas nelayan mencari ikan, menikmati sajian ikan segar sembari merasakan hembusan air laut.

Deretan Perahu di Pantai, Foto: agussas.wordpress.com

Pantai klasik dengan nuansa minimalis

Saat Anda berada di Pantai Ngrenehan, Anda akan seperti menikmati suasan klasik. Keindahan alam yang sangat luar biasa dimulai dari pasir putih dengan hiasan tebing tinggi di tiap sisinya, ada pula perahu nelayan dengan warna beragam berjejer sangat rapi di tepi pantai, bahkan warna pepohonan serta laut biru yang tidak kalah bertautan, menjadi tempat yang elok untuk mengambil foto bersama dengan orang tersayang. Pasir putih yang lembut seperti sudah siap untuk dipijak, berjalan hingga berlari menuju kolam renang terbuka tepat di pinggir pantai. Pantai Ngrenehan adalah pantai yang cukup landai sehingga ombaknya juga tidak terlalu besar.

Pemandangan Pantai dari Jauh, Foto: jogja.co

Hal yang menarik di area pantai adalah kita bisa melihat jelas indahnya gugusan batu karang yang berada di sebuah pantai dengan bentuk menyerupai teluk. Bukit karang juga menghiasi sebelah utara Pantai Ngrenehan. Ada beberapa hal menarik di Pantai Ngrenehan ini, Anda akan menemukan begitu banyak cangkang kecil yang berserakan, jika dari jauh bentuknya menyerupai koral laut.

Bermain Air, Foto: djogjatravel.com

Indahnya Pantai Ngrenehan

Lokasi pantai lain yang berada di dekat Pantai Ngrenehan adalah Pantai Ngobaran yang menyodorkan keunikan pasir putih. Selain berada di sekitar Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan ini juga dekat dengan Pantai Nguyahan. Di sini Anda akan sangat terpesona melihat kebiasaan nelayan yang pergi melaut, sehingga Pantai Ngrenehan bisa dijadikan sebagai gambar wisata budaya di daerah istimewa ini.

Pura di Pinggir Pantai, Foto: omahsemar.com

Waktu yang tepat ke Pantai Ngrenehan

Agar Anda bisa memperoleh sensasi lebih saat berwisata di Pantai Ngrenehan, sangat disarankan memilih waktu yang paling tepat, contohnya saja Anda berkunjung ke Pantai Ngrenehan saat menjelang bulan purnama agar dapat melihat salah satu warisan budaya yang sering dilakukan di Ngobaran. Di sana sering dilakukan upacara melasti ketika bulan purnama khususnya di hari raya Nyepi, karena jarak dua pantai ini hanya kurang lebih 1 kilometer saja, sehingga Anda bisa menyempatkan diri untuk melihat tradisi tersebut.

Sejarah Pantai Ngrenehan

Menurut sejarah yang berkembang, nama Pantai Ngrenehan adalah pemberian Raden Fatah yang pada waktu itu memiliki pangkat sebagai Raja Demak. Pada suatu hari Raden Fatah datang ke tempat ini untuk mencari sang ayah yang melarikan diri bersama dengan istrinya karena menolak menjadi seorang muslim. Perjuangan putra raja tersebut bisa dikatakan nihil karena mereka tidak dijetemukan, akhirnya beliau mengajak para petinggi untuk bermusyawarah mengenai masalah ini. Dari peristiwa tersebut muncul istilah ajakan yang berasal dari kata “reneh” yang memiliki arti “sini” kemudian masyarakat menyebutnya Ngrenehan untuk mengabadikan kedatangan raja. Kata renah diberi tambahan awalan dan akhiran sehingga menunjuk pada sebuah tampat yakni Pantai Ngrenehan.

Dikelilingi Bukit Karang, Foto: agussas.wordpress.com

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Di Pantai Ngrenehan, Anda dapat menikmati kuliner laut. Salah satu menu yang harus Anda coba adalah ikan goreng bumbu sambal hijau. Makanan ini patut untuk Anda coba. Rasa bumbu yang lezat dan gurihnya ikan segar akan menggoyang lidah Anda. Selain menu tersebut, ada berbagai macam menu lain yang disediakan seperti kepiting serta nasi goreng. Di Pantai Ngrenehan, makanan seafood menjadi idola, apalagi dengan harganya yang tidak menguras kantong Anda. Bisa membayangkan bukan makan di temani ombak yang cantik, dengan warung menghadap laut dan melihat sunset sembari menunggu menu siap disajikan.

Jika ingin melakukan pembelian oleh-oleh seperti ikan segar, Anda bisa membeli oleh-oleh ini di TPI kecil atau Tempat Pelelangan Ikan. Di Pantai Ngrenehan terdapat TPI. Bila ingin segera menyantapnya, Anda bisa langsung memasaknya di sini, tidak perlu cemas dengan harga yang ditawarkan di TPI karena harganya bisa dipastikan murah meriah.

Selain itu ada pula fasilitas lain mulai dari kamar mandi untuk membilas badan setelah lelah bermain ombak, ada pula toilet, musholla hingga parkiran yang cukup luas.

Rute menuju Pantai Ngrenehan

Sayangnya, untuk menuju pantai yang mempesona ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak terdapat kendaraan umum ke Pantai Ngrenehan. Bila Anda berasal dari luar daerah DIY, Anda tidak perlu cemas karena Anda bisa menyewa mobil atau motor yang banyak tersedia di tempat penyewaan Jogja.

Jalan Menuju Pantai, Foto: agussas.wordpress.com

Jalan menuju ke Pantai Ngrenehan, bila Anda dari arah Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur ke arah Wonosari dan mengikuti jalur tersebut hingga sampai di Pasar Trowono. Setelah sampai, segera ambil jalan ke arah selatan sehingga sampai di Kelurahan Kanigoro Saptosari. Ketika Anda menemukan pertigaan di sana (Jalur Wonosari-Imogiri) segera ambil kiri dan lokasi pantai pun sudah mulai terlihat.

Rute ke Pantai, Foto: agussas.wordpress.com

Selain rute tersebut, Anda bisa mengambil rute yang lain dari Jogjakarta menuju ke Gading. Setelah sampai segera ambil jalan menuju ke Playen dan ikuti jalur hingga menuju ke Pasar Trowono. Ambil jalan arah selatan kembali hingga ke Kanigoro, Pantai Ngrenehan pun akan mulai terlihat. Letak Pantai Ngrenehan juga bisa Anda temukan dalam Google map.

Harga tiket masuk

Untuk masuk ke Pantai Ngrenehan, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 3000 per orang. Bila membawa motor, biaya parkir sebesar Rp 3000, sedangkan untuk mobil sebesar Rp 5000 dan bis sebesar Rp 15000.

Apabila Anda menggunakan toilet atau kamar mandi umum, rata-rata biaya yang mereka patok sebesar Rp 2000. Harga makanan di Pantai Ngrenehan juga termasuk murah, karena untuk ikan-ikanan segar Anda hanya perlu membeli dengan harga Rp 15000 untuk satu porsi.

Fasilitasnya Lengkap, Foto: qodra.blogspot.co.id

Bagaimana? Menyenangkan bukan membayangkan berwisata di pantai yang indah dan eksotik. Apalagi untuk menjangkaunya Anda tidak memerlukan biaya yang besar, banyak yang memberikan komentar jika aksesnya juga tidak terlalu sulit karena begitu banyak petunjuk arah di sepanjang jalan menuju ke Pantai Ngrenehan. Jalan ke Pantai Ngrenehan juga sudah mulus sehingga Anda akan merasa nyaman sepanjang perjalanan. Pantai Ngrenehan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai yang indah, berenang di air tenang dan menikmati seafood yang lezat dan murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *