10 Foto Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta, Mau Camping Atau Ngecamp?

Posted on
Jogja pantai ngrumput gunung kidul yogyakarta bukit kosakora watu bolong peta pengilon camping denah ngecamp
Pantai Ngrumput, Foto: aishasnews.wordpress.com

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten GunungKidul, Yogyakarta 55881
Map: KlikDisini
HTM:
Rp.10.000
Buka/Tutup:
24 jam

Berbicara soal destinasi wisata alam yang terdapat di daerah Gunung Kidul memang tidak ada habisnya. Terlebih soal keindahan pantainya yang tiada duanya. Terdapat banyak tempat wisata di kawasan ini yang terbilang masih alami dan belum banyak orang ketahui. Salah satunya adalah obyek wisata Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput Yogyakarta, Foto: twitter.com

Pantai Ngrumput merupakan salah satu tempat wisata alam di jogja yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Drini. Letaknya yang tersembunyi membuat siapa saja tidak akan menyangka bahwa di balik barisan tebing tersimpan pantai yang begitu indah. Pantai ini juga merupakan lokasi dimana Puncak Kosakora berada.

Pantai yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, kabupaten GunungKidul, Yogyakarta ini hanya berjarak kurang lebih 500 meter sampai 700 meter dari Pantai Drini, melangkahkan kaki sekitar 5 menit meninggalkan Pantai Drini kalian akan langsung bisa melihat papan petunjuk yang bertuliskan arah menuju Pantai Ngrumput.

Pemandangan Dari Atas Bukit, Foto: bocah.org

Rute menuju Pantai Ngrumput

Untuk kalian yang ingin datang di Pantai Ngrumput yang berlokasikan satu wilayah dengan Pantai Drini ini terdapat dua jalur atau rute perjalanan yang bisa kalian lewati. Jalur yang pertama yaitu jika kalian dari Kota Jogja, sesampainya di Daerah istimewa Yogyakarta kalian bisa menuju Piyungan, setelah itu menuju Gading, dari sini kalian ke arah Wonosari menuju Jalan Baron Kukup lalu ikuti sepanjang jalan sampai bertemu Pantai Drini.

Rute kedua juga dari Kota jogja namun dari jalur yang berbeda. Pertama dari kota ini kalian menuju Piyungan setelah itu ke arah Gading, dan dari sini kalian bisa mengambil arah menuju Wonosari, sesampainya di Wonosari ikuti jalan yang mengarah ke Tipus, ikuti sepanjang jalan sampai ke daerah Indrayanti, lalu ke Sundak menuju Krakal, barulah kalian akan sampai di Pantai Drini.

Pesona Keindahan Surga Tersembunyi Wisata Pantai Asri Alami, Foto: tempatwisatamenarikdikunjungi.blogspot.com

Untuk bisa menjangkau Pantai Ngrumput kalian tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi melainkan harus berjalan kaki terlebih dahulu dari Pantai Drini. Dari Pantai Drini kalian bisa berjalan menyusuri garis pantai ke arah timur sekitar 20 menit. Namun kalian juga harus memperhatikan kondisi pasang surutnya air laut. Hal ini di karenakan ketika air laut sedang pasang ketinggian air laut bisa mencapai pinggang orang dewasa, di sisi lain hempasan ombak yang cukup besar serta terumbu karang yang tajam akan menambah resiko ketika kalian menuju Pantai Ngrumput.

Untuk menghindari resiko ketika air laut sedang pasang, kalian juga bisa menuju Pantai Ngrumput dengan melewati jalur perbukitan, namun jika melalui jalur ini kalian harus rela memakan waktu yang sedikit lebih lama yaitu sekitar 45 menit perjalanan. Meskipun memakan waktu yang lebih lama namun jalur ini jauh lebih aman di bandingkan ketika kalian melewati jalur pantai.

Camping di Pantai, Foto: twitter.com

Jika kalian masih belum jelas dengan penjelasan rute di atas, kalian bisa bertanya dengan masyarakat sekitar ketika sudah sampai di Kota Yogyakarta. Warga jogja yang terkenal keramahanya akan siap menjelaskan kepada kalian rute jalan menuju Pantai Drini.

Pesona Pantai Ngrumput

Tidak seperti namanya, Pantai Ngrumput bukanlah Pantai yang di tumbuhi oleh banyak rumput hijau di sekitarnya, namun merupakan pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa dan pasir putih yang berpadu cantik dengan bebatuan karang yang tersebar hampir di seluruh kawasan pantai.

Di pantai ini terdapat beberapa tebing yang cukup tinggi, dan di sisi lainya terdapat juga lorong-lorong goa yang mempesona. Selain itu di Pantai Ngrumput juga memiliki ciri khas karang bolong atau berlubang yang tidak di miliki oleh pantai-pantai yang ada di Daerah GunungKidul. Karang bolong ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung di tempat wisata Pantai Ngrumput.

Pengunjung Menikmati Pantai, Foto: twitter.com

Karang bolong ini terbentuk karena adanya proses alam, yaitu terjangan ombak yang terus-menerus dengan perlahan-lahan mengikis karang. Proses pengikisan yang di sebabkan hempasan ombak inilah yang akhirnya membentuk batu bolong, batu yang saat ini menjadi ciri khas dari Pantai Ngrumput.

Selain keunikan ketika terjangan ombak menerobos karang bolong, keindahan sunrise dan sunset yang di tawarkan Pantai Ngrumput juga sayang jika kalian lewatkan. Pasalnya kawasan ini memiliki spot yang ciamik untuk kalian menikmati pemandangan ketika sinar matahari muncul dari persembunyiannya dan kembalinya cahaya matahari ke peraduan.

Rute menuju Pantai Ngrumput, Foto: twitter.com

Fasilitas dan Kegiatan Pantai Ngrumput

Fasilitas di Pantai Ngrumput ini bisa di bilang kurang memadai karena belum begitu di kelola dengan baik. Di kawasan ini hanya terdapat beberapa toilet dan kamar ganti kecil untuk para wisawatan. Jadi untuk kalian yang ingin berganti baju setelah bermain di air pantai harus rela berantri terlebih dulu.

Sedangkan untuk umat muslim akan sedikit kesulitan ketika ingin melakukan ibadah sholat, pasalnya jarak musholla dari Pantai Ngrumput terbilang cukup jauh, yaitu sekitar 10 menit yang harus di tempuh dengan berjalan kaki.

Bermain Air, Foto: pinterest.com

Selain toilet umum dan musholla di sekitar pantai juga terdapat beberapa penjual makanan. Meskipun tidak banyak namun dengan adanya penjual ini cukup membantu para wisatawan yang tidak membawa bekal makanan sendiri. Harga makanan yang di jual oleh para pedagangpun terbilang cukup murah, jadi untuk soal makanan kalian tidak perlu lagi mengkhawatirkanya.

Camping

Untuk kalian yang ingin Camping bersama teman-teman atau keluarga, kalian bisa mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih Pantai Ngrumput, atau jika kalian ingin merasakan sensasi dan nuansa yang berbeda, kalian juga bisa berkemah di atas bukit kosakora, dari atas bukit ini kalian akan bisa melihat dengan jelas keseluruhan pemandangan Pantai Ngrumput.

Ketika mendirikan tenda di kawasan Pantai ngrumput kalian akan di sediakan tong oleh warga setempat. Tong ini bisa kalian gunakan sebagai tempat menyalakan api ketika malam hari dan setelah pagi datang kalian bisa memanfaatkan tong ini sebagai tempat sampah.

Pantai Ngrumput Ini Terletak Di Wilayah Yang Sama Dengan Pantai Drini, Foto: jogjawisatanews.blogspot.com

Hal terpenting yang harus kalian ketahui ketika ingin berkemah di Pantai Ngrumput yaitu tidak adanya persewaan tenda di sekitar area, itu artinya jika kalian ingin ngecamp di kawasan ini kalian harus menyiapkan perlengkapan dan membawa tenda kalian sendiri.

Suara deburan ombak, hembusan angin laut menuju pantai, sunset, sunrise dan jutaan bintang yang bertaburan di langit malam akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan untuk kalian ketika berkemah di kawasan obyek wisata Pantai Ngrumput.

Hunting Foto

Kegiatan yang satu ini seolah telah menjadi kegiatan wajib bagi muda mudi di era digital yaitu hunting foto. Bagi kalian yang suka berburu foto dengan bertemakan alam, Pantai Ngrumput adalah salah satu tempat yang pas dan cocok untuk kalian menyalurkan hobi di bidang fotografi.

Cocok Untuk Keluarga, Foto: rentmotorjogja.com

Di kawasan ini kalian bisa mengabadikan moment ketika matahari terbit maupun tenggelam. sedangkan di malam hari kalian bisa mengambil gambar air laut yang memantulkan cahaya bulan dan bintang. Di sisi lain pemandangan indah yang terdapat pada Pantai Ngrumput akan menjadi latar belakang yang cantik untuk tiap-tiap hasil jepretan kalian bersama dengan orang terdekat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke obyek wisata Pantai Ngrumput yaitu sebesar Rp.10.000 per orang, harga ini sudah termasuk bebas masuk ke delapan pantai yang berada di sekitar kawasan seperti Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti dan lain-lain.

Sedangkan untuk kalian yang berniat mendirikan tenda atau camping di sekitar kawasan Pantai Ngrumput akan di kenakan biaya sebesar Rp.15.000. uang ini akan di gunakan penduduk sebagai uang kebersihan di sekitar pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *