10 Foto Pantai Pangandaran, Misteri, Harga Tiket Masuk 2017 + Lokasi Wisata

Posted on
Foto pantai pangandaran misteri harga tiket masuk 2017 lokasi wisata gambar penginapan hotel dekat timur jawa barat tsunami indah green canyon terletak di ciamis keadaan sekarang karapyak letak cerita sejarah mitos berita hari ini poto bandung objek pasir putih resort pinggir alamat peta dimana pananjung cilacap pemandangan video hiu kondisi rute photo murah sekitar tercemar terletak provinsi tasikmalaya legenda selatan sunset murah terbaru suasana tentang pinggir situasi kecamatan peta bandung sekitar depan sari jaya obyek tarif batu karas madasari
Pantai Pangandaran, Foto: detik.com

Lokasi: Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat
Map: Klik disini
HTM: Rp 6000
Buka/Tutup: 05.00 –  malam
Nomor Telepon:

Nama Pantai Pangandaran mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para traveler. Pantai Pangandaran sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik hingga asing, bahkan di banyak berita juga membahas pantai ini. Mungkin diantara Anda belum pernah mengunjungi Pantai Pangandaran, atau masih berencana pergi ke Pantai Pangandaran. Agar semakin yakin mengunjungi Pantai Pangandaran, berikut ulasan mengenai Pantai Pangandaran yang baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terbaik di Pulau Jawa 2017.

Lokasi Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran memiliki jarak kurang lebih 91 km jika ditempuh dari Kabupaten Ciamis serta 212 km dari Bandung, Anda juga bisa sampai di Pantai Pangandaran dari Tasikmalaya. Pantai Pangandaran menjadi obyek wisata andalan Pangandaran yang sejak tahun 2012 lalu berpisah dari Kabupaten Ciamis. Pantai Pangandaran yang telah ditemukan dari tahun 1918 ini mempunyai berbagai macam kelebihan yang membuat Pantai Pangandaran pantas menyandang gelar sebagai pantai terbaik di Jawa. Pantai Pangandaran memiliki letak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Perahu Disewakan, Foto: mytrip123.com

Keunggulan Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran  tidak kalah dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Batu Hiu, Pantai Madu Sari hingga Pantai Batu Karas. Pantai Pangandaran mempunyai pasir yang bersih dan putih, selain itu air lautnya juga jernih, sehingga akan menggoda Anda untuk menceburkan diri bermain kedalam. Walaupun Pantai Pangandaran adalah pantai selatan yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, namun masih relatif aman untuk bermain air maupun berenang di laut, karena jarak pasang naik serta pasang surutnya terlampau lama, Anda tidak perlu cemas akan terkena tsunami atau gelombang besar. Itu pun dengan catatan jika spot yang Anda pilih dinyatakan aman tim penyelamat yang berjaga-jaga di pantai.

Menyaksikan panorama matahari terbit dan matahari tenggelam di tempat yang sama bukan hal yang mudah di pantai mana pun. Tetapi, kondisi geografis pantai pangandaran bisa membuat Anda bisa menyaksikan dua momen yang spektakuler di tempat dan hari yang sama. Selain berenang, serta menikmati semilir angin maupun romantisnya sunset dan sunrise. Di sini, Anda dapat mencoba berbagai macam jenis olahraga seperti jet ski, para seling, maupun perahu pesiar sembari memancing di tengah laut. Pengalaman-pengalaman ini tidak akan bisa Anda coba di pantai mana pun.

Panorama Pantai, Foto: anekatempatwisata.com

Jika Anda merupakan seseorang yang mencintai festival dan budaya, Pantai Pangandaran juga sering menggelar berbagai acara yang memiliki sifat kultural seperti hajat laut yang sering digelar satu tahun sekali. Hajat laut merupakan salah satu bentuk pengucapan terima kasih pada karunia Tuhan dengan melepas sesaji ke laut lepas atau melarung. Upacara ini biasanya dilaksanakan di bulan Muharam, bertempat di pantai timur Pangandaran.

Bukan hanya hajat laut, namun ada pula even yang memiliki taraf internasional dan digelar di Pantai Pangandaran yakni Festival Layang Layang Internasional. Biasanya, festival ini digelar di bulan Mei, Juni, Juli setiap tahun. Karena memiliki taraf internasional, sudah pasti peserta yang hadir juga ada yang berasal dari mancanegara. Semua peserta datang beramai-ramai di Pantai Pangandaran dan saling bersaing kreativitas masing-masing bukan hanya untuk memeriahkan acara, namun juga untuk mendapatkan penghargaan bergengsi. Selain itu event ini juga menjadi event yang difavoritkan banyak pecinta fotografi.

Senja, Foto: mytrip123.com

Spot Pantai Pangandaran

Tiap tempat wisata lebih-lebih pantai tentu saja mempunyai tempat yang digunakan untuk melihat pemandangan paling bagus dari tempat tersebut, Pantai Pangandaran mempunyai 3 sot yang begitu banyak dikunjungi para wisatawan, berikut beberapa spotnya, antara lain:

  • Pantai Pananjung

Pantai Pananjung Pangandaran berada di barat pantai dengan ombak yang tidak terlampau besar, spot ini cocok untuk Anda yang gemar mengambil gambar foto menggunakan kamera. Selain itu di pantai ini terdapat kawasan perlindungan satwa sehingga Anda bisa melihat beberapa hewan terlindungi pemerintah mulai dari rusa, monyet dan masih banyak lagi. Di sini, juga terdapat gua alami serta buatan. Untuk gua buatan, dibuat di masa penjajahan Jepang ketika perang dunia ke II, serta digunakan sebagai bunker untuk berbagai macam tujuan. Di sini merupakan lokasi yang tepat untuk Anda berlibur bersama dengan keluarga. Ombak yang tenang, bisa berenang dengan bebas dan masih banyak lagi keunggulannya. Anda bisa meminta nelayan yang sedang mangkal untuk mengantar Anda memancing di tengah laut dan pergi ke lokasi taman laut yang super cantik untuk snorkeling ria. Biasanya tarif sewa perahu bergantung dari kesepakatan yang sudah Anda buat dengan nelayan.

Bukan hanya itu, di tempat ini juga terdapat salah satu destinasi yang lebih memukau, yakni air terjun yang berada dekat dengan Pantai Pangandaran. Memang tidak jauh dari pantai, tetapi Anda harus mendaki bukit. Setelah itu Anda bisa melihat dari gunung, pemandangan air terjun yang begitu indah serta memukau mata. Tidak jarang banyak wisatawan yang melakukan camping di tempat ini.

Pengunjung, Foto: king-adventure.com
  • Pantai Timur

Pantai Timur terkenal dengan sajian kulinernya yang begitu lengkap, sudah pasti menu yang disediakan  adalah hidangan laut yang memiliki rasa lezat. Di spot ini para wisatawan bisa menikmati serangkaian hidangan laut yang dilengkapi dengan pemandangan laut begitu indah.  Di Pantai Timur Pangandaran ini, juga begitu terkenal dengan pasar ikan. Di sini ada begitu banyak jual beli hewan ikan laut, lebih-lebih dari tangkapan nelayan di sekitarnya. Jadi, semua ikan sudah pasti segar dan dengan harga lebih murah.

  • Tempat untuk berburu souvenir

Sepertinya akan kurang lengkap jika Anda berlibur di salah satu tempat wisata namun tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Di Pantai Pangandaran, Anda bukan hanya menemukan spot mengambil foto, namun terdapat salah satu tempat untuk berbelanja souvenir murah yang luas dan banyak diburu wisatawan. Pemerintah membuat area ini untuk mencari rezeki serta meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Selain pernak-pernik di tempat ini, ada juga oleh-oleh makanan khas dari Pantai Pangandaran seperti Jambal roti serta ikan asin.

Air Lautnya Bersih, Foto: okezone.com

Mitos Pantai Pangandaran

Dibalik keindahan yang disajikan di Pantai Pangandaran ternyata terdapat sebuah legenda yang berada di kalangan masyarakat Jawa Barat. Pantai Pangandaran begitu erat dengan keberadaan penguasa Pantai Selatan yakni Ratu Nyi Roro Kidul. Sesepuh Pantai Pangandaran biasanya mewanti-wanti orang Bandung yang ingin mandi di Pantai Pangandaran, menurut mitos yang beredar, jika orang Bandung mandi di sekitar pantai ia akan terkena musibah seperti tenggelam dan terbawa ombak.

Berdasarkan cerita sejarah yang berkembang, yang melatarbelakangi hal tersebut ialah, di zaman dahulu raja dari Padjadjaran memperistri wanita cantik. Tetapi wanita tersebut hanya dijadikan sebagai istri simpanan. Suatu ketika, saat perempuan tersebut berbadan dua, di tengah kebahagiaan akan dikaruniai anak, istri simpanan mengabarkan berita bahagia tersebut pada raja. Bukan senang yang di dapatkan namun Raja malah marah dan membenci wanita tersebut.

Beragam Aktifitas Pengunjung, Foto: pegipegi.com

Raja pun marah dan mengutus pengawalnya untuk membuang wanita tersebut di hutan belantara. Tentunya istri simpanan raja sangat kecewa, hingga para akhirnya sang wanita terus berjalan tanpa arah. Tanpa sadar, istri simpanan raja sampai di pesisir pantai Selatan Laut Jawa. Menghadapi sebuah pantai di lautan lepas, wanita tersebut merasa sudah tidak ada jalan dan berniat untuk mengakhiri kehidupannya.

Pada akhirnya, ia berniat bunuh diri dengan cara menghanyutkan diri ke lautan hingga sampai di bawa arus agar kepedihannya bisa berakhir. Tetapi, di dalam hati wanita tersebut masih menyimpan dendam pada raja. Saat istri simpanan Raja Padjajaran akan mengakhiri hidupnya, ia diselamatkan oleh penguasa laut kidul yang mengutus pengawalnya menyelamatkan wanita tersebut. Akhirnya wanita itu diangkat menjadi anak Ratu Laut Kidul dan diberi nama Roro Kidul, sekarang lebih dikenal dengan Ratu Nyi Roro Kidul.

Sunrise di Pangandaran, Foto: irhamfaridh.com

Istri simpanan raja diajari berbagai macam ilmu kanuragan sehingga menjadi begitu sakti. Sesudah menjadi wanita sakti, Roro Kidul diberi daerah kekuasaan di pesisir laut selatan. Menurut mitos yang sekarang ini berkembang, dendam wanita tersebut pada Raja Padjajaran tidak akan pernah padam hingga sekarang dan menyimpan dendam pada keturunannya pula, sehingga sekarang ini jika ada orang bandung yang datang ke Pantai Pangandaran dianggap diambil Ratu Nyi Roro Kidul.

Hal yang bisa dilakukan di Pangandaran

Di Pantai Pangandaran, Anda bisa mengambil photo atau video bersama dengan teman-teman dan keluarga Anda. Anda bisa menikmati kesejukan semilir angin yang menenangkan, sembari menikmati santapan kuliner yang super lezat. Ingin bersepeda? Anda bisa menikmati angin semilir dengan bersepeda yang telah disewakan di sekitar pantai sembari menikmati air laut yang begitu segar dan belum tercemar. Uniknya banyak penginapan atau hotel yang berada dekat dengan Pantai Pangandaran. Resort atau penginapan ini berada di pinggir pantai. Penginapan ini begitu sederhana namun mempunyai bangunan yang modern dan keindahan pantai yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Anda juga akan diantar oleh becak khas Pangandaran yang akan mengantar Anda hingga ke penginapan menuju ke beberapa tempat pantai ini.

Namun jangan salah, bukan hanya itu saja yang bisa Anda lakukan di Pangandaran. Pangandaran mempunyai objek wisata lain yakni Green Canyon. Green Canyon memberikan penawaran wisata alam body rafting. Di sana pengunjung akan merasakan petualangan rafting yang begitu berkesan. Walaupun body rafting merupakan salah satu olahraga yang ekstrem, tetapi pihak pengelola sudah menyiapkan berbagai macam perlengkapan keamanan seperti live jacket, helm hingga peralatan P3K. Sesudah melakukan body rafting di tengah arus, Anda bisa menikmati kesegaran es kelapa muda agar bisa melepas dahaga. Kelapa muda di sana biasanya diambil dari pohon. Jadi, semakin menambah kesegaran.

Selain green canyon ada pula Santirah River Tubing. Di sini, Anda bisa merasakan keseruan berarung jeram namun tidak menggunakan perahu, tetapi hanya menggunakan ban besar. Pantai Pangandaran sangat familiar karena ada berbagai macam objek wisata lainnya di sini, jadi saat sedang musim liburan, Anda tidak perlu cemas karena ada berbagai tempat keren di sekitar Pangandaran yang bisa Anda kunjungi. Jadi, sekali menempuh perjalanan panjang, berbagai macam wisata di Pangandaran bisa Anda kunjungi dalam beberapa hari.

Papan Nama, Foto: ljitechnologies.com

Cara menuju ke Pantai Pangandaran

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Pantai Pangandaran sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti jalur yang menjadi jalur angkutan umum. Bila tidak ingin direpotkan dengan mengemudi, Anda bisa menggunakan jasa bus maupun travel yang begitu banyak bertebaran di Bandung. Biasanya mereka menawarkan paket tour ke Pantai Pangandaran, dengan berbagai macam pilihan tarif. Biasanya lengkap dengan harga tiket dan makanan.

Ingin berpergian ke Pantai Pangandaran seperti backpacker? Tidak masalah jika ingin berpergian seperti backpacker di Pantai Pangandaran. Anda tinggal menaiki bus antar kota dalam provinsi, kemudian turun di Kabupaten Ciamis, selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan bus maupun mobil elf di arah Pantai Pangandaran. Tidak perlu khawatir karena bus ini ada sepanjang hari hingga pukul 10.00 di malam hari, jadi Anda tidak akan kehabisan kendaraan selama berangkat siang hari. Tarif untuk menaiki bus ini sangat terjangkau.

Objek wisata Pantai Pangandaran  berada di sekitar Pantai Sari dan Jaya jadi, di sepanjang jalan sudah terdapat plankan yang menunjukkan arah jalan untuk menuju ke Pantai Pangandaran, sehingga Anda tidak perlu cemas akan tersesat.  Kondisi keadaan jalan ke Pantai Pangandaran sangat mulus, alamatnya juga tercetak jelas. Jika masih bingung, Anda bisa mengandalkan peta atau Google Map untuk mencari lokasi dari Pantai Pangandaran. Di sana, Anda tinggal mengikuti rute jalan, bahkan terdapat waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Pantai Pangandaran.

Dengan keadaan jalan dan kondisi rute di Pantai Pangandaran, bila Anda dari Jakarta, memerlukan waktu selama 7 jam, atau dari Bandara Bandung ke Bandara Pangandaran dan kemudian melanjutkan perjalanan.

Festival Layang-Layang di Pantai, Foto: pegipegi.com

Harga tiket masuk ke Pantai Pangandaran

Objek wisata Pantai Pangandaran dengan suasana yang begitu tenang ini memiliki tarif yang terjangkau. Berikut harga tiket masuk terbaru di Pantai Pangandaran:

  • Pejalan kaki, Rp 6000
  • Sepeda Motor Rp 12.500
  • Kendaraan sedan Rp 32.000
  • Kendaraan berjenis Carry Rp 62.000
  • Kendaraan penumpang besar Rp 89.000
  • Bus kecil Rp 118.000
  • Bus sedang Rp 181.000
  • Bus besar Rp 293.000

Dengan berbagai macam fasilitas yang super lengkap mulai dari kamar mandi, WC atau toilet, ruang ganti pakaian, warung-warung kecil yang berjejeran, dan situasi yang nyaman harga tiket masuk di Pantai Pangandaran sebenarnya cukup murah. Apalagi jika kita pergi ke Pantai Pangandaran bersama dengan rombongan besar, pasti akan semakin terasa murah. Jadi, tunggu apa lagi, lebih baik Anda langsung menambahkan Pantai Pangandaran dalam list destinasi favorit liburan Anda untuk tahun ini. Tidak perlu menunggu lagi. Hari ini, segera pesan tiket untuk menuju ke Pantai Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *