10 Foto Pantai Pasir Kadilangu Jogja, Tiket Masuk Lokasi + Rute Alamat Wisata

Posted on
Pantai pasir kadilangu jogja tiket masuk lokasi rute alamat wisata putih hutan mangrove jangkaran kabupaten kulon progo daerah istimewa yogyakarta
Pantai Pasir Kadilangu, Foto: aroundguides.com

Lokasi: Jangkaran, Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 3.000
Buka/Tutup: 06.00-18.00 WIB
Telepon:

Pantai, merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banyak di buru oleh banyak orang. Baik generasi muda maupun generasi terdahulu, bersama pasangan maupun sahabat, pantai memang menjadi tempat yang asyik untuk di kunjungi. Selain tiket masuknya yang biasanya murah-meriah, panorama yang di sajikan pun tentu menjadi daya tarik bagi kawasan wisata yang satu ini.

Akses Menuju Pantai Pasir Kadilangu, Foto: dakatour.com

Dalam hal ini, Indonesia sebagai negara dengan bentuk geografis kepulauan, tentunya memiliki banyak pilihan pantai dengan hamparan pasir yang luas & bisa anda nikmati. Beberapa diantaranya yang telah terkenal baik di dalam negeri maupun hingga ke mancanegara selain pantai-pantai di Bali ialah, Raja Ampat, Bunaken, Labuan Bajo, Derawan, Gili, hingga pulau Moyo.

Alamat Pantai Kadilangu, Foto: dakatour.com

Sayangnya biaya yang anda butuhkan untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut tidaklah sedikit, namun anda tidak perlu berkecil hati! Karena di Daerah Istimewa Yogyakarta anda bisa menemukan beberapa pantai yang memiliki panorama yang tak kalah indahnya. Beberapa di antaranya seperti Parangtritis, Ngrenehan, Indrayanti, pantai nglambor & masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya sampai disitu, ternyata jogja masih memiliki pantai lainnya yang tengah hits & menjadi spot wisata terbaru yakni Pantai Pasir Kadilangu yang ber alamat di desa Jangkaran, Kabupaten Kulon progo.

Hutan Mangrove Kadilangu, Foto: dakatour.com

Ekosistem sekitar & Keindahan Pantai pasir kadilangu

Sebelum membicarakan Pantai yang satu ini lebih lanjut, tahukah anda seberapa penting keberadaan ekosistem mangrove bagi makhluk hidup? Pepohonan Mangrove ini, sejatinya merupakan tanaman yang memiliki banyak fungsi penting bagi ekosistem di sekitarnya. Tak hanya menarik untuk di kunjungi & menjadi sarana penelitian, tanaman ini nyatanya dapat dijadikan penahan abrasi & juga penyaring air laut, sehingga garis pantai akan tetap stabil dan kelangkaan air tawar di sekitar pantai dapat di minimalisir.

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu, Foto: dakatour.com

Selain menjadi tempat berkembang biak bagi banyak satwa, ternyata mangrove juga memiliki peran untuk menyaring limbah yang akan menuju ke lautan serta menyerap banyak karbon dioksida. Selain itu kayunya pun dapat dimanfaatkan, baik untuk membuat kertas maupun beragam furniture. Naah, meski di lokasi pantai pasir kadilangu ini pengunjung tidak mendapati hamparan pasir putih seperti kebanyakan pantai di daerah Gunung kidul, namun sebagai gantinya para pengunjung pantai pasir kadilangu akan di manjakan dengan hijaunya hamparan hutan mangrove.

Mangrove Kadilangu, Foto: dakatour.com

Vegetasi yang ditanam oleh masyarakat sekitar ini menjadikan pantai ini tengah di gandrungi oleh banyak orang ini, pantai ini sendiri masih di kelola secara pribadi oleh beberapa masyarakat setempat. Meski demikian, bukan berarti hal tersebut menghambat perkembangan tempat wisata ini, karena nyatanya meski belum di sokong oleh pemerintah, pantai ini tetap memiliki kontribusi yang tinggi bagi desa tersebut. Pengelola pun berharap pemerintah melalui PerDes, dapat membantu memberi payung hukum serta memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Ayunan Kepompong, Foto: reresepan.com

Spot – Spot menarik & fasilitas di Pantai pasir kadilangu

Tak hanya dihiasi dengan rimbunan hutan Mangrove, pantai pasir kadilangu ini juga memiliki beberapa spot kece yang telah di sediakan untuk berfoto. Hal ini lah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, khususnya kalangan muda untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Spot-spot unik ini, dibangun menggunakan material bambu dengan bentuk yang beragam.

Jalan Setapak Mangrove Kadilangu, Foto: jogja.space

Beberapa di antaranya seperti jembatan yang mirip-mirip Queensboro bridge di New York yang bernama Jembatan api-api atau tol japin atas, kemudian ada juga jembatan tempo dulu, kerang-kerangan raksasa, rumah pohon, hingga gardu pandang yang dapat dinaiki dengan bentuk Menara Eiffel yang mungkin lebih mirip bila di sebut dengan Tokyo tower, hahaha.

Selain itu beberapa spot yang tengah hits seperti susunan bambu yang dibuat berbentuk love di ujung jembatan dengan bendera merah putih yang berkibar ditengahnya atau biasa di sebut jembatan cinta, ada juga kawasan cinta pertama dengan icon rangkaian bunga yang juga membentuk love, hingga spot berfoto dengan papan yang bertuliskan lupakan mantan & bahagia disini.

Spot lainnya seperti ayunan yang memiliki bentuk sangkar juga tak luput dari kamera pengunjung untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke tempat yang satu ini, namun jangan memaksakan untuk naik berdua! Bukannya mendapat foto yang bagus, salah-salah sangkar yang dikhususkan untuk 1 orang ini malah akan rusak & membahayakan anda sendiri nantinya.

Tempatnya Unik, Foto: wiskp.blogspot.com

Selain asyik untuk berfoto, anda juga bisa menyusuri hutan mangrove yang asri ini dengan melalui jalur yang telah dibuat oleh warga menggunakan kayu & bambu. Selain itu, warga sekitar pun tak sungkan-sungkan untuk menjelaskan kepada anda yang ingin mengetahui lebih jauh manfaat dari hutan mangrove ini, sementara bagi anda yang ingin berkeliling menyusuri perairannya dapat juga menyewa beberapa perahu yang telah tersedia milik warga sekitar.

Bagi anda yang kebetulan tidak membawa perbekalan pun, tak perlu khawatir untuk membeli makanan di tempat ini. Sebab momok mahalnya makanan di tempat wisata, sepertinya tak berlaku untuk pantai pasir kadilangu. Beberapa warung makanan yang ada, selain menawarkan makanan laut dengan menu yang lezat-lezat ternyata juga memiliki harga yang masih tergolong murah salah satunya yang menjadi favorit para pengunjung yakni ikan dengan olahan bumbu asam manis pedas.

Harga tiket masuk

Untuk berwisata di Pantai pasir kadilangu ini, anda cukup membayar tiket masuk seharga 3.000 rupiah saja perorangnya. Sementara untuk hari libur biayanya cukup 4.000 rupiah, untuk parkir kendaraan sendiri, biayanya sama dengan kebanyakan tempat wisata lainnya yakni 2.000 untuk sepeda motor & 5.000 rupiah untuk anda yang menggunakan mobil.

Keindahan Hutan Mangrove, Foto: asitajogja.com

Rute menuju Pantai pasir kadilangu

Bagi anda yang ingin berkunjung, dapat melalui rute Jl. Wates bagi anda yang berada di kota Yogyakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 49 Km atau 1 setengah jam perjalanan. Untuk mudahnya cukup telusuri jalur yang ada hingga sampai di perbatasan antara Yogyakarta dengan purworejo, nantinya anda akan menemui arah untuk menuju ke pangkalan TNI sebelum tiba di perbatasan. Dari situ tinggal perhatikan patokan yakni rm. Candisari, kemudian belok ke kiri lagi & ikuti arah hingga tiba di tujuan.

Sementara bagi anda yang mengarah dari bantul, dapat mengikuti rute menuju pantai glagah selepas melalui jembatan srandakan & mengikuti rute yang sama seperti via wates. Jadi? Tunggu apalagi? Siap menikmati sunset di tengah-tengah rimbunan mangrove? Yuk kunjungi pantai yang instagramable banget ini sebelum keduluan teman-temanmu! Yuk visit jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *