10 Gambar Pantai Pasir Panjang Malang + Rute dan Harga Tiket Masuk

Posted on
Pantai pasir panjang malang selatan beach kupang tual maluku tenggara 2 singkawang misteri pontianak ngliyep kalimantan barat kalbar balik pulau bengkulu penang perak langkawi malaysia hotel near singapore gambar foto serang ambon east java jawa timur jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi letak akses peta google map denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Pasir Panjang, Foto: malangkab.go.id

Alamat: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia 65167
Map: Klik disini
HTM: Rp10.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 813-3318-3380

Menikmati wisata ke pantai akan paling seru jika pantai yang kita kunjungi memiliki garis yang panjang dengan pasir bersih terhampar melegakan. Jika ini adalah pantai yang Anda cari di Malang, maka Anda harus berwisata ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan, East Java. Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan pesona pasir bersih yang terhampar hingga sepanjang 700 meter pada satu area.

Pantai Pasir Panjang Malang Selatan Yang Eksotis, Foto: pantaimalang.com

Ini memang bukan satu-satunya pantai di Indonesia yang dinamai Pantai Pasir Panjang. Ada juga pantai bernama sama di Kupang, di Tual Maluku Tenggara, di Singkawang, dekat Kalimantan Barat atau Kalbar yang beribukotakan di Pontianak, di Bengkulu, di Pulau Betong, Penang Malaysia, di Perak Malaysia, di Langkawi, Kedah Malaysia, di Serang, di Ambon, dan di near Singapore. Pantai-pantai tersebut rata-rata memang memiliki garis pantai panjang.

Pemandangan Pantai Pasir Panjang, Foto: indoturs.com

Berdasar sejarah, Pantai Pasir Panjang Malang memang telah cukup lama dibuka sebagai tempat wisata. Akan tetapi, pantai ini masih tergolong jarang dikunjungi. Padahal, letaknya yang telah mudah diakses di balik Ngliyep dan pesonanya sangat menarik hati para wisatawan. Pantai Pasir Panjang terkenal memiliki butiran pasir yang bersih, putih, dan halus seperti butiran-butiran merica. Tak hanya itu, pantai ini juga terletak di kawasan hutan lindung sehingga memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Pantainya Bersih dan Tidak Ada Sampah, Foto: flickr.com

Pantai Pasir Panjang terletak satu garis dengan pantai Ngliyep yang sudah lebih dulu menjadi destinasi wisata utama di Malang. Lokasi tepatnya adalah di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan. Dari pusat kota Malang, jarak yang harus ditempuh wisatawan untuk sampai di pantai ini adalah sekitar 65 kilometer.

Pasir Pantai Yang Putih, Foto: makarimstage.blogspot.com

Rute Menuju Pantai Pasir Panjang

Karena Pantai Pasir Panjang masih terletak di garis pantai yang sama dengan  Ngliyep Beach, maka perjalanan menuju pantai ini pun tidak akan terlalu susah dengan adanya petunjuk arah dari arah malang kota menuju Ngliyep. Anda bisa melakukannya baik dengan kendaraan roda 2 maupun 4. Pertama-tama, jika Anda berangkat dari pusat kota Malang, berkendaralah menuju ke arah selatan. Gunakan peta atau denah untuk lebih pastinya. Lewati Gadang dan daerah Kendal Payak dan teruslah saja mengikuti jalan hingga sampai ke daerah Kepanjen. Di Kepanjen, Anda akan menemui banyak papan penunjuk arah yang menuju Donomulyo atau Pagak. Dari sini, tinggal ikuti petunjuk arah menuju Pantai Ngliyep. Pantai Pasir Panjang berada di area yang sama, hanya dibatasi bukit kecil yang bisa dengan mudah diakses dari sana.

Tempat Liburan Yang Bagus, Foto: wisatakuwisatamu.blogspot.com

Jarak tersebut akan bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar dua jam jika tanpa ada halangan atau kemacetan di jalanan. Jangan khawatir dengan jalan yang Anda lalui karena aspal dan kondisi jalan yang cukup baik akan membuat perjalanan Anda tidak terlalu berat.

Panorama Pantai Yang Indah, Foto: panoramio.com

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Panjang

Untuk menikmati bersihnya pasir putih dan indahnya lautan Pantai Pasir Panjang, Anda hanya harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10.000. Dengan tiket masuk ini, Anda akan bisa menikmati keindahan pantai yang menawan ini sepuasnya. Segala rasa lelah Anda selama perjalanan akan terbayar begitu Anda tiba di kawasan pantai ini.

Pantai Pasir Panjang merupakan sebuah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Selain memiliki pemandangan menarik, pantai ini juga memiliki ombak laut yang tidak terlalu besar, walaupun berada di garis pantai selatan. Karena itu, banyak yang bermain air di pantai ini untuk menikmati kesegarannya. Meski demikian, Anda masih harus tetap berhati-hati karena gelombang yang tenang tersebut bisa terkadang berubah menjadi ombak cukup besar dan kuat.

Pengunjung Sedang Menikmati Pemandangan, Foto: panoramio.com

Anda pun bisa berlama-lama menikmati keindahan pantai ini bersama orang-orang yang Anda sayangi karena di sini terdapat berbagai fasilitas lengkap. Untuk Anda yang ingin bermalam di pantai ini, warga yang bermukim di sekitarnya telah mendirikan atau membuka hotel atau penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan membayar sekitar Rp100.000 untuk tiap kamar yang bisa diisi dua hingga tiga orang saja, Anda sudah bisa menginap di Pantai Pasir Panjang. Jika Anda tidak menyukai menginap di kamar ketika berwisata di alam, Anda bisa juga membawa tenda sendiri dan berkemah di area pantai ini. Beberapa pengunjung berkemah untuk bisa menyaksikan bukan hanya pemandangan matahari terbenam, tetapi juga matahari terbit. Pemandangan tersebut akan sangat indah diabadikan di foto.

Gerbang Pantai, Foto: fine-malang.blogspot.com

Selain penginapan dan area berkemah, ada juga berbagai fasilitas penting lain seperti toilet umum dan musholla. Lahan parkirnya pun tergolong luas dan aman sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkan kendaraan Anda. Pantai Pasir Panjang juga memilki beberapa warung makanan sehingga Anda bisa menikmati santapan maupun minuman menyegarkan selagi berwisata di pantai ini. Makanan laut adalah salah satu menu andalan warung-warung di sini. Tak heran, karena lautan pantai ini memberikan hasil tangkapan ikan yang cukup banyak kepada para nelayan.

Bahkan, di pantai ini juga ada area memancing yang menarik banyak wisatawan. Selain itu, ada juga fasilitas taman bermain anak-anak di pantai yang luas total areanya sekitar 10 hektar ini.

Suasana Masih Alami, Foto: makarimstage.blogspot.com

Di salah satu sisi, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Teluk Putri yang sangat indah dari bukit rendah di dekatnya. Teluk ini bernama demikian karena berlapis pasir putih lembut dan halus seperti kulit para puteri bangsawan. Terdapat pula sebuah muara dengan air tawar yang jernih. Konon, air yang bermuara di sini bersumberkan mata air Sendang Kemulyan yang penuh mitos. Bukan hanya misteri Sendang Kemulyan saja unsur misteri pantai ini, terdpat pula sebuah makam yang dikeramatkan di bukit kecil yang dinamai Gunung Kumbang. Makam ini sering dikunjungi peziarah pada berbagai hari besar keagamaan. Area pantai ini sendiri sering djadikan tempat melarung sesaji dan acara kesenian tari jaranan pada hari-hari tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *