10 Gambar Pantai Payangan Teluk Love Jember, Jalan Menuju Lokasi Wisata + Harga Tiket Masuk

Posted on
Pantai payangan teluk love cinta jember jalan menuju lokasi wisata beach ambulu ubud bali mitos harga tiket masuk kabupaten jawa timur jatim 68172 malang sejarah watu ulo goa jepang peta rute ke pesona gambar misteri asal usul alamat letak akses google map foto denah
Pantai Payangan di Jember (foto: asliindonesia.net)

Lokasi: Desa Suberreo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172, Indonesia
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
07.00 – 23.00 WIB
Nomor Telepon:
0812 4245 7344

Jawa Timur memang tidak ada habisnya jika kita membahas tentang wisata alam pantai yang dimiliki. Selain Pacitan dan Malang, di bagian timur Pulau Jawa ini tentu saja juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Jember, adalah salah satu Kabupaten yang memiliki tempat wisata yang indah. Kabupaten ini bersebelahan dengan Kabupaten Banyuwangi yang juga memiliki cerita unik tentang beberapa wisata pantainya.

Pemandnagan dari atas bukit di Pantai Payangan (foto: telusurindonesia.com)

Kali ini kita akan membahas Payangan Beach atau Pantai Payangan di Kabupaten Jember Jatim. Pantai ini memiliki keunikan yang cukup membuat para pengunjung tertarik untuk datang. Biasanya kita menemui wisata alam pantai hanya dengan sebuah objek wisata pantai saja, seperti yang sering kita lihat di Pantai Kuta Bali atau di Ubud Bali. Berbeda dengan yang lainnya, di Pantai Payangan kamu akan menemukan 4 pantai 3 bukit dan 1 pulau. Sangat menarik buka? Hal ini yang menyebabkan pantai ini selalu ramai pengunjung.

Pemandangan langit yang indah (foto: brobali.com)

Pantai Payangan ini menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Jember bersama dengan Pantai Watu Ulo, Papuma dan Goa Jepang. Letak tempat wisata ini berada di Desa Ambulu, Kecamatan Jember Jatim. Pantai Payangan ini juga menjadi salah satu pantai yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan cerita misteri dan beberapa mitos yang ada. Serta Pantai Payangan ini juga memiliki sejarah yang cukup unik sehingga terdapat pantai Payangan.

Ombak yang tenang di Pantai Payangan (foto: islahagus.blogspot.com)

Pantai Payangan masih terbilang destinasi wisata yang baru sehingga belum terlalu terjamah oleh banyak orang. Jadi kamu bisa sepuasnya menikmati pemandangan yang bisa dibilang masih perawan. Tentu kamu juga tetap harus menjaga kebersihan pantai agar tidak tercemar dengan sampah disekitarnya.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pantai Payangan

Wisatawan yang datang ke Pantai Payangan (foto: ahmadsholehudin.blogspot.com)

Pantai Payangan ini tentu saja memiliki keindahan tersendiri yang berbeda dari pantai lainnya di Kabupaten Jember. Disini kamu bisa menemukan pasir yang berwarna cokelat dan tidak putih seperti pantai lainnya. Meskipun begitu, air laut yang ada di Pantai Payangan ini sangat jernih. Ombak yang ada juga relatif sedang, tidak begitu besar seperti halnya Pantai Watu Ulo yang menjadi tetangganya. Selain pemandangan yang luar biasa indah ini kamu juga dapat melihat deretan perahu-perahu nelayan yang sedang parkir di pinggir pantai. Karena sebagian besar warga sekitar memiliki profesi sebagai nelayan.

Nampak teluk yang berbentuk love (foto: brobali.com)

Keunikan lain yang dimiliki Pantai Payangan ini adalah kamu bisa menaiki bukit disana. Sekitar 40 menit perjalanan naik bukit, jalanan cukup mudah dilalui. Tetapi kamu juga perlu berhati-hati karena jalanan masih terbuat dari tanah dan licin. Sesampai diatas bukit ini kamu akan menikmati keindahan alam pantai yang begitu indah. Di sebelah kiri kamu juga akan menemukan pulau yang berbentuk love, itu asal – usul kenapa Pantai Payangan juga sering di bilang teluk cinta atau telok love.

Suasana matahari tenggelam di Pantai Payangan (foto: liputan6.static6.com)

Sebelumnya pantai ini tidak terlalu dikenal oleh pengunjung. Pantai ini merupakan satu dari beberapa pantai belum dirawat sebelumnya, tetapi sekarang pantai ini sudah berubah menjadi lebih terawat karena banyak pengunjung yang datang. Tempat parkir yang tadinya belum ada, kini sudah tersedia bahkan terdapat juga petugas keamanan yang menjaga.

Pemandangan yang terlihat di Pantai Payangan (foto: kesiniaja.com)

Pantai Payangan juga menjadi salah satu lokasi favorit bagi para pecinta fotografi. Pantai Payangan memiliki pesona yang indah dan banyak sekali spot untuk pengambilan gambar atau foto yang begitu bagus. Dari atas bukit tak jarang juga para pengunjung rela menunggu agar dapat melihat matahari terbenam yang sangat indah.

Terlihat batu karang yang ada di tengah laut (foto: youtube.com)

Di Pantai Payangan ini juga biasanya diadakan upacara adat. Biasanya upacara ini dilakukan pada bulan suro. Karena sebagian warga setempat adalah berprofesi nelayan, maka upacara ini mereka lakukan sebagai bentuk rasa syukur dari rezeki yang selama ini mereka terima. Selain itu para nelayan akan mengadakan pertunjukkan wayang kulit di malam harinya untuk hiburan bagi warga sekitar.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Payangan

Perahu yang berjejer di pinggir Pantai Payangan (foto: kompasiana.com)

Rute dan jalan untuk menuju Pantai Payangan ini cukup mudah di lalui, sama halnya jalur ketika pergi ke Watu Ulo. Alamat Pantai Payangan ini tepatnya berada di Jember bagian selatan yaitu kecamatan Ambulu. Nah, sesampai kamu di perempatan Ambulu, tetap saja lurus ke arah selatan. Banyak sekali papan petunjuk jalan sehingga akan memudahkan kamu. Ambil ke arah selatan hingga menemukan pintu masuk Pantai Payangan. Kami juga membantu kamu dengan memberikan titik koordinat yang bisa di akses ke hp dengan denah atau peta online di google map.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Payangan

Untuk tiket masuk di Pantai Payangan ini saat ini tidak ada alias gratis. Kamu hanya perlu membayar karcis parkir kendaraan kamu dengan harga yang cukup murah. Untuk kendaraan roda dua, hanya perlu membayar sebesar 2 ribu rupiah, sedangkan kendaraan roda 4 kamu hanya membayar sebesar 5 ribu rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *