10 Foto Pantai Plengkung G Land Beach Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur + Lokasi Wisata

Posted on
Pantai plengkung g land beach alas purwo banyuwangi jawa timur lokasi wisata hotel mahkota bali malang jalan menuju rute harga tiket masuk alamat letak peta google map youtube kabupaten indonesia misteri artikel foto gambar ombak watu jatim
Pantai Plengkung (foto: banyuwangibagus.com)

Lokasi: Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jatim
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
12.00 – 17.00 WIB
Nomer Telepon: –

Mungkin jika dikenal tempat wisata di Jawa Timur, orang akan langsung menyebut Kota Malang. Padahal masih ada tempat lain yang memiliki segudang temapt wisata, yaitu Kabupaten Banyuwangi. Letak kabupaten ini berada di ujung timur pulau Jawa. Sebutan lain dari Banyuwangi adalah adalah kota Gandrung, dimana Banyuwangi sendiri memiliki luas daerah yang sangat besar. Maka dari itu tempat wisatanya juga cukup banyak.

Warna biru di laut Plengkung (foto: pasirpantai.com)

Perkembangan pembangunan kota sendiri cukup baik semenjak Bupati Anas menjabat. Beberapa tempat wisata itu seperti Watu Dodol, Pulau Merah, Pantai Plengkung dan masih banyak yang lainnya. Nah kali ini kami dari tim Jejakpiknik.com akan membahas tentang keindahan dari salah satu tempat tersebut yaitu Pantai Plengkung. Pantai Plengkung sudah cukup diakui di dunia. Banyak sekali turis asing dari berbagai negara datang ke Kabupaten Banyuwangi yang ingin berlibur serta belajar tentang adat yang ada di Banyuwangi.

Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan wisata bahari (foto: boombastis.com)

Pantai Plengkung sendiri berlokasi di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia pantai ini sangat digemari oleh wisatawan. Bahkan tak jarang yang datang adalah turis asing yang ingin merasakan selancar di Pantai Plengkung. Sebenarnya Pantai Plengkung memiliki nama lain yaitu G-Land Beach. Asal usul nama G-Land sendiri bervariasi. Yang pertama G berarti Grajagan atau Teluk Grajagan. Kemudian ada pula yang mengartikan G adalah karena pantainya melengkung jika diambil foto dari atas seperti huruf G.

Suasana dari pinggir Pantai Plengkung (foto: indonesiaexplorer.net)

Jika kamu masih belum puas berwisata di Pantai Plengkung dalan satu hari, maka kamu harus menginap. Tenang saja, disekitar pantai ini sudah disediakan beberapa penginapan atau hotel. Banyak sekali yang akan menawarkan kamu tempat menginap sehingga kamu bisa merasakan sensai pantai ini malam hari hingga keesokan harinya. Bahkan ada pula tempat makan yang menawarkan banyak sekali hidnagan khas Banyuwangi serta olahan ikan laut. Seperti Rumah Makan Mahkota misalnya yang berada dekat sekali dengan Pantai Plengkung.

Keindahan dan Potensi di Pantai Plengkung

Ombak yang ada di Pantai Plengkung cukup besar sehingga membuat pantai ini terkenal dengan tempat berselancar. Banyak yang mempercayai bahwa ombak di Pantai Plengkung ini salah satu surga dunia bagi para pecinta olahraga selancar. Bahkan sudah di akui di mancanegara baha Pantai Plengkung merupakan salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Maka setiap tahunnya juga diadakan lomba surfing oleh pemerintah daerah setempat di tingkat Internasional. Kamu bisa melihat beberapa cuplikan event surfing ini melalui youtube.

Berselancar di Pantai Plengkung (foto: indonesiaexplorer.net)

Ombak yang ada di Pantai ini konon katanya memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama setinggi 8 meter untuk peselancar tingkat profesional, 6 meter untuk pemain sedang dan 4 meter untuk para pemula. Yang paling ramai pantai ini yaitu di bulan April dan September dimana angin akan datang yang mengakibatkan ombak paling besar di pantai ini. Maka di bulan September itu lah di Kabupaten diadakan lomba surfing yang selalu diikuti oleh beberapa atlit selancar nasional dan turis asing dari berbagai mancanegara. Tak hanya kelas profesional, bagi kamu yang pemula dan ingin mengikuti event ini tentu saja diperbolehkan ikut.

Turis asing akan berselancar di Pantai Plengkung (foto: wisatakebromo.com)

Pantai Plengkung atau G-Land berbeda dengan tempat surfing-surfing lainnya yang ada ditempat lain. Pantai ini dinilai masih alami dan sangat bersih. Bagaimana tidak, pantai ini masih dikelilingi dengan hutan. Hutan tersebut juga sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Jika kamu ke Pantai Plengkung dengan jalur darat maka kamu akan melewati hutan ini. Meski banyak yang menceritakan kawasan ini tentang misterinya, terlepas dari itu kawasan ini sangat indah dan sejuk. Terbilang masih terpencil dan tentu saja bebas polusi.

Kombinasi tiga warna di PAntai Plengkung (foto: tempatwisatamu.com)

Keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Plengkung adalah kombinasi warna yang ada. Yaitu warna putih, warna biru dan hijau. Tentu saja ini adalah pemandangan yang sangat eksotis yang dimiliki Indonesia. Tiga warna ini akan lebih nampak jika dilihat dari atas. Menggunakan drone atau kamera terbang, kamu bisa mengambil gambar Pantai Plengkung ata G-Land dengan ketinggian maka akan nampak warna tersebut. Bahkan pernyataan ini juga sering kali dimuat dibeberapa artikel luar negeri tentang keindahan dan eksotisnya Pantai Plengkung dari ketinggian.

Taman Nasional Alas Purwo (foto: initempatwisata.com)

Keunikan lain yang ada di Pantai Plengkung atau G-Land ini ada sebuah Goa yang cukup terkenal. Jika kamu melalui dengan jalan darat dan melewati hutan Alas Purwo maka akan menemukan goa yang bernama Goa Instana. Warga sekitar mempercayai bahwa didalan Goa tersebut adalah sebuah mata air yang memiliki khasiat. Jika kamu membasuh muka menggunakan air dari goa ini maka dipercaya akan selalu awet muda dan memilki wajah yang bersih. Tetapi semua kembali pada kepercayaan diri kita masing-masing.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Plengkung

Pantai Plengkung ini tepat berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Taman yang terkenal dengan cerita misteri. Meski demikan tidak membuat wisatawan terus berdatangan kesini. Sangat mudah rute atau jalan yang dilauli menuju tempat ini. Bisa dilalui dari jalur darat atau pun laut. Jika kamu berangkat memalui jalur darat bisa dengan bus dari Banyuwangi menuju Kalipahit, mungkin jaraknya kurang lebih sekitar 60 km. nah setelah dari Kalipahit kamu bisa naik ojek yang ada di sana kemudian menuju arah Pasar Anyar dan Pos Pancur. Nah sesampainya di Pos Pancur ini kamu melanjutkannya dengan jalan kaki.

Hamparan pasir putih di Pantai Plengkung (foto: pasirpantai.com)

Banyak yang bilang rute menuju pantai ini memang cukup menantang. Setelah kamu melewati jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor, kamu harus berjalan kaki karena menuju pantai ini tidak diijinkan membawa motor atau mobil. Berjalan kaki melewati hutan yang banyak orang bilang Alas Purwo. Kamu akan berjalan kaki menghabiskan waktu kurang lebih 1.5 jam.

Pemandangan sunset di Pantai Plengkung (foto: yukpiknik.com)

Sedangkan jika kamu akan melalui jalur laut, maka rute yang harus dilalui yaitu dengan menggunakan speed boat atau perahu nelayan. Jarak yang ditempuh dengan perahu ini sekitar 1 jam dan kamu akan langsung sampai ke Pantai Plengkung. Bahkan jalur ini juga bisa dilalui langsung dari Bali menggunakan speedboat. Tetapi jika kamu masih merasa kesulitan menemukan alamat pantai ini, kami sudah menyiapkan peta yang bisa kamu akses langsung melalui koordinat yang langsung terhubung dengan google map.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Plengkung

Harga tiket masuk di tempat wisata ini sangat murah. Bahkan dengan satu kali bayar kamu bisa menikmati beberapa wisata yang ada. Karena berada dalam kawasan Taman Nasional Ala Purwo maka kamu hanya perlu membayar dari tempat itu, hanya dengan 5 ribu rupiah kamu bisa masuk. Tetapi biaya lain sebenarnya ada saat kamu ingin menyeberang menggunakan jalur laut. Kamu perlu menyewa perahu nelayan dengan harga 35 ribu rupiah. Nah, tentu saja harga tersebut terbilang murah karena kita bisa menikmati indahnya pantai G-Land yang di Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *