Pantai Pok Tunggal Jogja

Diposting pada
3.3
03
Pantai pok tunggal beach wonosari jogja 2019 penginapan jogjakarta yogyakarta lokasi alamat rute peta jalan menuju dari solo klaten malioboro sukoharjo wonogiri sunset camping youtube gambar gunungkidul jarak fasilitas harga tiket masuk letak google map
Pantai Pok Tunggal, Foto: ranselhitam.wordpress.com

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Koordinat Map: Klik Disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp. 3.000 – Rp. 15.000 (harga masih dapat berubah sewaktu-waktu)

Berwisata di pantai memang menjadi salah satu alternatif hiburan yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan di pantai yang memiliki pemandangan cukup indah. Di Indonesia sendiri masih banyak potensi wisata pantai yang bisa dikunjungi dengan keindahan alam yang masih terjaga. Pantai-pantai di Pulau Jawa sendiri masih banyak yang dijuluki sebagai The Hidden Paradise of Beach atau Pantai Surga Tersembunyi. Karena banyaknya pantai yang masih belum dikenal oleh para wisatawan namun menyimpan kecantikan alam yang menakjubkan. Sebut saja beberapa kawasan wisata pantai di daerah pesisir Jawa Tengah dan Jogjakarta, salah satu daerah tersebut terletak di sebelah selatan yakni Kabupaten Gunungkidul.

Daerah Gunung Kidul memang terkenal akan kawasan wisata pantainya yang unik, indah, dan menarik, sehingga memang terkenal di kalangan wisatawan lokal, warga sekitar, bahkan turis mancanegara. Gunung Kidul juga kini populer dengan kompleks wisaya alam pantai yang terdiri dari beberapa pantai-pantai wisata seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, dan yang baru-baru ini mulai terkenal adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini memang tidak seterkenal pantai di kawasan pesisir selatan Gunung Kidul lainnya karena itu tempat ini terkadang masih sepi. Tetapi para wisatawan yang mengunjungi Pantai Pok Tunggal akan merasa betah berwisata disana karena keadaannya yang sunyi dan tidak terlalu ramai oleh kerumunan orang.

Keindahan Pantai Pok Tunggal, Foto: lookjogja.blogspot.co.id

Layaknya sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa pada umumnya, pantai ini memiliki pasir yang putih, bersih, dan sangat halus. Bukan hanya itu saja yang membuatnya menarik, di Pantai Pok Tunggal ini memiliki tebing perbukitan karst yang menambah kecantikan pemandangan pantai. Sedangkan pada bagian sebelah timur dan barat pantai terdapat tebing-tebing dari batu karang yang ditumbuhi tanaman dan pepohonan lebat. Tentunya hal inilah yang membuat beberapa pengunjung lebih betah berlama-lama wisata ke Pantai Pok Tunggal dengan nama yang juga unik ini. Sedangkan untuk nama Pantai Pok Tunggal sendiri diambil dari sebuah pohon langka dan tua yang bahkan masih berdiri kokoh di pinggir pantai ini. Pohon Pok Tunggal atau yang juga dinamakan Pohon Duras ini menjadi spot pengambilan gambar atau foto yang cukup menarik.

Baca Juga: 55 Tempat Wisata di Jogja

Dari Jalur Bukit, Foto: tempatwisatamu.com

Ada salah satu hal lagi yang membuat Pantai Pok Tunggal ini sangat unik, yakni keberadaan aliran sungai bawah tanah yang merupakan mata air tawar dan sebagai sumber air bagi penduduk yang berada disekitarnya. Selain itu, terdapat beberapa monyet-monyet kecil yang berlompatan di pepohonan sekitar dan menambah keunikan pantai tersebut. Tidak perlu khawatir karena primata ini sudah jinak sehingga pengunjung sekitar dapat memberi makan monyet-monyet tersebut dengan aman. Masih banyak lagi hal yang bisa ditemukan di Pantai Pok Tunggal beserta kegiatan dan aktifitas yang dapat dilakukan disini. Berikut keterangan lengkap mengenai informasi fasilitas, penginapan, tarif masuk, lokasi dan rute lengkap menuju Pantai Pok Tunggal.

BacaJuga:  Main Air Atau Terjun Ke Sungai Dari Tebing? Coba Air Terjun Sri Gethuk Jogja
Sunset, Foto: lookjogja.blogspot.co.id

Fasilitas dan Akomodasi

Selain menikmati pemandangan pantai yang super indah, pengunjung juga bisa berenang di sepanjang perairan Pantai Pok Tunggal yang dangkal. Pantai-pantai di pesisir selatan Jawa terkenal dengan aliran ombaknya yang besar, namun berbeda dengan Pantai Pok Tunggal ini. Pengunjung tidak perlu khawatir akan terseret arus yang kencang karena sekitar pantai, air lautnya lumayan tenang dan ombaknya tidak terlalu besar. Beberapa wisatawan juga dapat melakukan snorkeling, diving, atau menyelam karena air lautnya yang cukup tenang dan bening. Tetapi pengunjung harus membawa peralatan snorkeling atau diving sendiri karena disini tidak ada pihak yang menyediakan fasilitas tersebut. Perlu diketahui bahwa di Pantai Pok Tunggal tidak memiliki tempat penyewaan permainan dan wahana air seperti banana boat, jetski, dan juga perahu bagi yang ingin menjelajah lautan.

Jalan ke Pantai, Foto: balikpapanbiker.blogspot.com

Namun tidak perlu khawatir karena pengunjung tetap tidak akan kebosanan karena suguhan pemandangan Pantai Pok Tunggal yang sangat cantik, terutama saat sunset atau matahari terbenam. Bersamaan dengan ini juga, pihak setempat juga menyediakan fasilitas tambahan seperti payung pantai yang dapat disewa. Beberapa spot terdapat payung pantai dimana wisatawan dapat berteduh di bawahnya untuk duduk-duduk, menikmati pemandangan, piknik, atau bahkan makan-makan. Fasilitas payung pantai ini dapat disewa dengan harga sebesar Rp 20.000 untuk pemakaian seharian sepuasnya. Bila ingin yang lebih luas, ada fasilitas tenda yang juga menyerupai gazebo atau saung dengan harga sewa Rp. 60.000 bagi pelancong yang berkunjung membawa rombongan.  Fasilitas tambahan lainnya yang dapat dinikmati adalah toilet umum dengan tarif pemakaian Rp. 2.000 hingga Rp. 3.000, lalu ada juga tempat parkir kendaraan dengan kisaran harga parkir Rp. 3.000 hingga Rp. 15.000 tergantung jenis kendaraannya.

Papan Nama, Foto: lihat.co.id

Membicarakan fasilitas tidak akan terlepas dari tempat-tempat makan disini, beberapa warung makan tradisional seperti angkringan tersedia dengan menu makanan beragam. Rumah makan disini kebanyakan menyediakan santapan yang terbuat dari bahan dasar ikan karena olahan laut ini sendiri langsung di dapatkan dari nelayan yang memancing di sekitar pantai. Sehingga makanan yang disediakan pun masih segar dan sehat, namun ada beberapa tempat makan yang juga menyajikan makanan khas luar negeri. Selanjutnya adalah fasilitas penginapan yang terdapat disini, banyak sekali jenis hotel, resort, gust house, homestay, hingga villa yang letaknya berada di luar area pantai namun dekat dari lokasi. Kebanyakan dari penginapan disini akan menyajikan kamar dengan pemandangan menuju laut yang sangat eksotis. Tak hanya itu, di dalam pantainya sendiri terdapat area camping bagi yang ingin merasakan sensasi menginap dekat pantai.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Trisik Kulon Progo Yogyakarta, Rute Map, Konservasi Penyu, Sejarah dan Fasilitas-nya

Harga Tiket Masuk

Berlibur ke Pantai Pok Tunggal sebenarnya tidaklah mahal, karena tiket masuknya sendiri sudah merangkap biaya parkir untuk masuk ke dalam area pantai. Biaya parkir sendiri dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal, yakni untuk pengguna sepeda motor hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 3.000 saja. Sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 5.000 dan minibus sebesar Rp. 15.000, namun semua harga ini sudah meliputi fasilitas parkir yang sangat aman. Untuk memasuki area camping yang sudah disediakan pun memiliki biaya retribusi tersendiri, tetapi tidak perlu kuatir karena harga tiket masuknya cukup murah. Camping di wilayah perkemahan Pantai Pok Tunggal dikenakan biaya Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 untuk permalam, tidak termasuk peralatan tenda dan berkemah lainnya. Sedangkan untuk peralatan camping diharapkan wisatawan dapat membawanya sendiri karena penyewaan alat-alat camping disini masih terbatas.

Dari Kejauhan, Foto: wisataterbaru.com

Letak dan Lokasi

Pantai Pok Tunggal merupakan wilayah pantai yang masuk ke dalam Kabupaten Gunung Kidul, dan merupakan kawasan populer dari salah satu pantai-pantai di pesisir selatan Jogja. Secara administratif, untuk lokasi lebih tepatnya di Desa Tepus dengan nama kecamatan yang sama dengan desa ini. Sedangkan secara geografis, bila dilihat dari peta Google, letak pantai ini berada di tengah Pantai Pulang Syawal atau Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Pantai-pantai ini termasuk dalam kawasan pantai wisata alam di Gunung Kidul, disinilah letak daya tarik dari Pantai Pok Tunggal. Karena pantai ini memiliki beberapa barisan tebing bebatuan yang cukup besar, dimana tebing-tebing ini terbuat dari batu karang setinggi hampir mencapai 50an meter. Tak jarang tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk memanjat tebing walaupun fasilitas tersebut masih belum tersedia dengan lengkap. Tahun 2019 saat ini kemungkinan akan ditambah fasilitas olahraga menantang seperti memanjat tebing sekitar Pantai Pok Tunggal tersebut. Jarak antara tebing-tebing menuju pantai sebenarnya juga tidak terlalu jauh karena mereka layaknya benteng yang melindungi pantai.

Ngecamp di Pantai Pok Tunggal, Foto: boeztanoel21.blogspot.com

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

BacaJuga:  10 Foto Pantai Sadeng Wonosari + Map Rute Jalan Menuju Lokasi

Jalan menuju Pantai Pok Tunggal sebenarnya tidak terlalu sulit, karena mudah ditempuh dari dari pusat kota Yogyakarta dan dari luar kota lainnya seperti Malioboro, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, atau Solo. Jaraknya kurang lebih hanya berkisar 70 KM saja dan arahnya dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa rental mobil dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Bila dari luar kota, pastikan untuk memilih jalur menuju Sambipitu untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Arah Hutan Bunder. Jika dijabarkan, rute terdekat menuju Pantai Pok Tunggal sendiri adalah sebagai berikut; Hutan Bunder à Gading à Logandeng à Siyono à Bundaran Tugu BPD à Jl. Kyai Legi à Jl. Lingkar Selatan Yogyakarta à Jl. KRT Djojodiningrat à Jl. Girisubo à Wonosari à Jl. Saptosari à Tepus à Pantai Pok Tunggal. Untuk jalur ini biasanya juga sama dengan arah menuju kawasan pantai wisata alam di pesisir selatan Kabupaten Gunung Kidul.

Pengunjung Pantai, Foto: nativeindonesia.com

Sedangkan perjalanan menggunakan transportasi umum masih belum tersedia secara lengkap, hal ini karena beberapa bus dan angkot hanya menuju Wonosari saja paling jauh. Menggunakan transportasi umum pertama-tama dapat ditempuh dari Teminal Giwangan di Yogyakarta dengan menaiki kendaraan umum menuju Terminal Wonosari. Dari Wonosari bisa menggunakan jasa ojek menuju Jl. Saptosari dan melanjutkan perjalanan ke arah Desa Tepus. Dari desa ini sendiri sudah bisa dikatakan dekat, arahnya hampir sama saat menuju ke arah Pantai Baron namun saat menemukan pertigaan, pastikan belok ke arah kiri, jika lurus terus adalah jalur menuju Pantai Baron. Arah kiri ini merupakan jalur menuju Pantai Indrayanti namun saat menemukan pertigaan kembali, pilihlah arah kiri untuk sampai menuju Pantai Pok Tunggal.

Berwisata pantai cukup mudah dan murah kan? Terutama di kawasan Yogyakarta, kota ini tidak hanya terkenal dengan pariwisata lainnya seperti Tugu Jogja, Malioboro, hingga Candi Perambanan. Tetapi wisata pantainya pun sangat menarik, bahkan saking indahnya pemandangan di pantai-pantai ini banyak diabadikan dalam video YouTube. Tak hanya mengenalkan keindahan wisata alam pantai kepada masyarakat luas, tetapi juga mempromosikan pariwisata Indonesia untuk kalangan orang luar negeri dan turis asing. Masih banyak lagi pantai-pantai wisata lainnya yang perlu diekspos dan dieksplor, Pantai Pok Tunggal hanya satu dari sekian pantai cantik dan tersembunyi di pesisir laut Yogyakarta.

Pohon Duras di Pantai, Foto: initempatwisata.com
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.