Pantai Purwahamba Indah Tegal: Murah, Ekonomis dan Letaknya Strategis

Posted on
Pantai Purwahamba Indah Tegal: Murah, Ekonomis dan Letaknya Strategis
3.5 (70%) 16 votes

Lokasi: Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jateng
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 2.500 – Rp.3.500
Buka/Tutup:
Telepon: ( 0283 ) 3335711

foto by instagram.com/wonderful.tegal/

Salah satu objek wisata di Tegal yang menyita perhatian para wisatawan adalah Pantai Purwahamba Indah atau populer juga dnegan nama Purin.

Pantai ini sangat cocok untuk tamasya bersama keluarga atau pasangan. Jalan-jalan sore melihat sunset, menikmati keindahan laut dengan air birunya yang jernih, dan banyak aktivitas lainnya yang akan Anda dapatkan disini.

Penasaran seperti apa suasana, fasilitas, harga tiket masuk, rute jalan kesana dan sebagainya, simak informasi dibawah ini.

Daya Tarik Pantai Purwahamba Indah

foto by instagram.com/aamiir_4/

Pantai Purin atau Purwahamba Indah adalah bagian dari pantura (pantai utara) sehingga ombaknya tidak begitu besar. Berbeda dengan ciri-ciri pantai selatan yang memiliki ombak besar, pantai ini tergolong ombaknya sedang.

Jika musim angin kencang, ombaknya cukup besar namun masih terhitung biasa saja jika keadaan musimnya tenang, ombaknya juga tenang.

Tidak hanya populer dengan sebutan Pantai Purin, tempat ini juga disebut dengan Pantai Sosro oleh sebagian orang. Nama sosro disematkan disini karena sponsor utama dari tempat ini adalah teh botol sosro. Tak heran jika sebagian masyarakat menyebutnya demikian.

foto by instagram.com/ita.asri/

Tidak hanya warga Tegal saja yang bertamasya kesini karena warga luar Tegal juga banyak yang datang kesini. Ini memang salah satu obyek wisata yang diunggulkan di kota Tegal karena keindahan alam yang ditawarkannya.

Pasir disini tidak putih meskipun demikian suasana dan panorama alamnya sangat indah. Para pengunjung dapat emnikmati panorama keindahan alam sebelah utara Pulau Jawa dengan terpaan angin sepoi-sepoi.

BacaJuga:  5 Tempat Sewa Kamera Klaten, Rental Harga Murah Mulai Rp.15.000
foto by instagram.com/iyan_hn17/

Selain itu terdapat deretan penjaja makanan sehingga tak usah khawatir jika merasa lapar atau haus.

Jika ingin mendapatkan hasil photos dengan background terbaik, datanglah menjelang senja karena sunset disini sangat indah sekali. Namun, jika sore hari pengunjung yang datang memang sangat ramai terutama di hari libur atau weekend.

foto by instagram.com/bona__12/

Pantai Purwahamba Indah juga populer akan kelembutan pasirnya bahkan menjadi lokasi pasir pantai terlembut se Tegal.

Meskipun warna pasirnya hitam, namun disini lumayan bersih karena memang dikelola dengan baik oleh pemda maupun masyarakat setempat. Pohon-pohon yang ridang membuat suasana segar dan terasa sejuk sehingga betah berlama-lama dan bersantai disini.

Selain suasana dan view yang indah, ada banyak fasilitas didalam satu area tempat wisata ini antara lain: toilet, gazebo, dermaga, kolam renang berstandar internasional, pesawat terbang (film dokumenter), shelter, cafe, dan meeting room.

foto by instagram.com/lovetegal/

Anak-anak Anda akan merasa senang karena disini juga disediakan kereta mini, taman ria, waterboom, sepeda air, kebun binatang mini, dan lainnya. Ini merupakan paket komplit wisata tidak hanya untuk dewasa namun anak-anak juga.

Terdapat pesawat tipe Boeing 737 yang letaknya ada di belakang loket pintu masuk Purin. Pesawat telah ada sejak bulan April 2015. Keberadaannya semakin meningkatkan antusiasme pengunjung datang kesini.

Selain itu kini telah hadir Kapal pesiar laut Pertiwi I dan Pertiwi II wujud dari kepedulian pemkab Tegal untuk kemajuan pariwisata khusunya disini. Jadi para pengunjung akan diajak berkeliling dengan kapal hingga ke tengah laut.

foto by instagram.com/citra_kenichi/

Saat hari libur Kapal pesiar laut Pertiwi I dan Pertiwi II bahkan hingga 20-25 beroperasi melayani para pengunjung yang antusias ingin menaikinya. Harga tiket naik kapal juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp3 ribu saja.

BacaJuga:  55 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah 2018 Murah Romantis Yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur Ketep Pass

Alamat & Rute Jalan

foto by instagram.com/devinurul_al/

Anda tertarik ingin berkunjung kesini, rute jalannya sangat mudah diakses. Letak lokasinya ada di Jl Raya Tegal – Pemalang Km 04 kota Tegal, tepat dipinggir jalur pantura sehingga dapat diakses dari mana saja eperti Semarang, Brebes, Pekalongan, dsb

Jarak tempuh dari kota Tegal sekitar 10 sampai 15 kilometer tergantung seberapa jauh lokais Anda berada. Jika dari terminal sekitar 14 kilometer jarak tempuhnya ke arah timur menuju kota Semarang atau klik saja peta/ tulisan map diatas.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/nenymirzanaafief/

Harga tiket yang dikenakan untuk dapat memasuki area pantai sangat terjangkau yaitu dewasa Rp. 3.000 dan anak-anak : Rp. 2.500. Jika di hari libur dan weekend sebesar Rp. 3.500 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak.

Bagi yang datang dengan rombongan akan dapat diskon 10% untuk 25-50 orang, 15% untuk 50-100 Orang dan untuk 100 orang lebih sebesar 20%.

Sejarah

foto by instagram.com/fita_fajriyani/

Asal usul berdirinya adalah ide dan gagasan dari Gubernur Jawa Tengah tahun 1979 Bapak H.M. Ismail. Ide pembuatan wisata pantai ini adalah hasil dari plesiranya ke Jakarta dan tercetuslah ide membuat rest area.

Pak gubernur meminta Bupati Tegal yang menjabat saat itu untuk merealisasikan ide beliau dan hingga kini menjadi tempat wisata yang amat diminati.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  10 Gambar Kebun Raya Baturaden Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.