10 Gambar Pantai Rancabuaya Beach Garut + Tiket Masuk dan Jalur Menuju Lokasi

Posted on
Pantai rancabuaya beach garut penginapan hotel murah villa fardau jaya sakti indah via ciwidey wisata google map lokasi pangalengan harga dari bandung cianjur video kabupaten jawa barat 44166 perahu kertas jalur tiket masuk ranca buaya jayanti cidaun jalan menuju rute alamat letak peta kota gambar
Pantai Rancabuaya, Foto: schariev.files.wordpress.com

Lokasi: Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut 44166
MapKlikDisini
HTM: Rp. 5.000/orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 22 7273209, 7103605

Pesona Keindahan Pantai Rancabuaya Beach Garut

Buat kalian yang mengaku traveller, belum lengkap rasanya jika kalian masih belum menginjakkan kaki di tanah Pasundan yang dihiasi dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Dan salah satu destinasi wisata yang wajib traveller kunjungi di tanah Pasundan adalah Pantai Rancabuaya Beach Garut. Destinasi wisata yang satu ini menyimpan segudang pesona keindahan alam yang pastinya bakal membuat mata traveller tercengang-cengang akan keindahannya.

Spot Keindahan Pantai Rancabuaya, Foto: javatour15.files.wordpress.com

Hal unik nan indah yang ada di Pantai Rancabuaya adalah sebuah air terjun. Air terjun di Pantai Rancabuaya terbilang unik karena air yang mengalir terjun langsung dari sebuah tebing yang langsung mengalir ke Pantai Rancabuaya. Dan tak hanya itu saja, keindahan Pantai Rancabuaya juga menyajikan pesona keindahan biota laut. Keragaman biota laut yang ada mampu memanjakan mata traveller. Dijamin kalian tidak bakalan menyesal.

Pesisir Pantai Rancabuaya, Foto: kknm.unpad.ac.id

Buat traveller yang ingin menikmati pesona keindahan sunset, tempat ini sangat pas sekali. Spot untuk menikmati keindahan sunset begitu pas ditemani dengan keindahan karang dan ombak laut di sore hari yang begitu tenang semakin menambah kenyaman bersantai. Satu hal yang tak kalah kerennya lagi, di dekat Pantai Rancabuaya berdiri sebuah puncak yang begitu fenomenal dan begitu menarik untuk dijadikan sebagai lokasi spot hunting sunrise yakni di Puncak Guha Garut yang berada tak jauh dari Pantai Rancabuaya. Harga tiket masuk ke Pantai Rancabuaya berkisar Rp 5.000,- saja.

Keindahan Ombak Pantai Rancabuaya, Foto: agusharis.net

Daerah pesisir pantai di Pantai Rancabuaya berupa material pasir halus yang putih nan bersih dengan kemiringan pantai yang datar. Kondisi seperti ini sangatlah tepat digunakan untuk bersantai sambil melepas penat diakhir pekan setelah seminggu lamanya bekerja. Ditambah lagi letaknya yang jauh dari pusat keramaian semakin menambah kenyamanan suasana santai sobat traveller. Panjang tepi pantai berkisar kurang lebih 1000-2000 m dengan lebar sekitar 100-200 m. Flora yang tumbuh rindang seperti pohon kelapa dan juga pohon ketapang menambah suasana kesejukan pantai. Unutk floranya sendiri, di Surga tersembunyi di tanah Pasundan ini menawarkan keunikan biota laut mulai dari rumput laut, terumbu karang, ikan tuna dan ikan karang.

Sumber Air Tawar Pantai Rancabuaya, Foto: magazine.job-like.com

Selain itu juga, di Pantai Rancabuaya terdapat sumber air bersih yang bisa kita gunakan untuk mandi. Sumber air ini berasal dari air sungai Cihideung dan juga sungai Ciharashas. Dan untuk kegiatan wisatanya sendiri, di pantai ini biasanya para wisatawan menggunakannya untuk hiking, sightseeing dan juga trekking. Keren bukan?

Info Lengkap Rute Perjalanan Menuju Pantai Rancabuaya

Surga tersembunyi Pantai Rancabuaya di Jawa Barat ini lokasi tepatnya berada di desa Purbayani, Kecamatan Carigin – Kabupaten Garut 44166, Provinsi Jawa Barat. Ada banyak rute perjalanan yang bisa kalian tempuh. Dan berikut jalur alternatif menuju Pantai Rancabuaya.

  1. Jalur dari Garut – Pamempeuk – Pantai Rancabuaya. Disini kita akan melewati kota Garut yang kemudian kita lanjutkan ke arah Pamempeuk dan setelah itu berakhir di Pantai Rancabuaya.
  2. Jalur dari Bandung – Pangalengan – Pantai Rancabuaya. Kondisi jalan di jalur ini bisa dikatakan sangat baik. Jalanan aspalnya telah di hotmix hampir setengah perjalan. Pasalnya jalur ini baru saja diperbaiki.
  3. Jalur dari Bandung – via Ciwidey – Cidaun – Pantai Rancabuaya. Untuk jalur ini sangat pas buat traveller yang ingin melewati kawasan Bandung Selatan. Hampir seluruh jalur yang akan kita lewati melalui jalan lintas selatan Jawa Barat. Disepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan keindahan Pantai Selatan Jawab Barat.
Pantai Rancabuaya Siang Hari, Foto: 4.bp.blogspot.com

Selain ketiga jalur diatas, ada juga jalur alternatif lainnya yang bisa dipilih buat kalian para backpacker :

  1. Untuk kalian traveller backpacker sejati bisa memilih rute dengan menggunakan kendaraan umum mobil Elf menuju Garut – Pameungpeuk dengan tarif Rp 35.000,- turun di daerah Pasar Pameungpeuk dan dilanjutkan lagi dengan naik mobil Pick Up yang menuju Pantai Shayangheulang dengan tarif berkisar Rp 15.000,-. Disana nantinya kita melanjutkan perjalanan dengan menyewa kendaraan bermotor dengan tujuan Pantai Rancabuaya. Mengapa kita harus menyewa kendaraan bermotor? Pasalnya di lokasi tersebut tidak ada fasilitas transportasi angkutan umum menuju Pantai Rancabuaya.
  2. Rute backpacker berikutnya yang bisa kalian pilih ialah rute normal yang melalui kota Garut menuju Cikajang dan diteruskan lagi menuju Cikelet dan Pameungpeuk. Kalian bisa menggunakan transportasi umum di terminal Cicahem (dengan Bus) atau bisa juga menggunakan transportasi umum di terminal Leuwipanjang Bandung (dengan mobil Elf) dengan tarif berkisar Rp 35.000,-. Lamanya perjalanan yang akan kita tempuh berkisar 4 – 5 jam. Setelah sampai di Pantai Pantai Sayangheulang, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Rancabuaya dengan jarak tempuh sekitar 25 km.
  3. Rute via Ciwidey – ke Cisewu – dilanjutkan lagi ke Bungbulang – Pameungpeuk – menuju Pantai Sayang Heulang – menuju Pantai Santolo – dan berakhir di Pantai Rancabuaya.
  4. Perjalan Cidaun – Bandung via Ciwidey. Rute ini saat dianjurkan buat kalian traveller backpacker yang mungkin masih ingin singgah dibeberapa lokasi wisata lain seperti misalnya Pantai Jayanti. Disini kita bisa melewati tiga jalur berbeda. Yang pertama bisa melalui Pandalarangan menuju Cianjur Kota. Kedua kita bisa melalui Pangalengan jalan menuju Cisewu Garut. Dan yang ketiga melalui Garut dengan rute via Ciwidey – ke Rancabali – menuju Balegede – dilanjutkan ke Naringgul – dan terakhir di rute menuju Cidaun. Berikut alamat letak rute Jalur via Ciwidey penampakan via Google Map.

Peta kota Gambar rute via Ciwidey diatas sengaja kita ambil untuk membantu kalian lebih memahami jalur yang akan dilewati.

Fasilitas Penginapanan di Pantai Rancabuaya

Pesisir Pantai Ranca Buaya yang Sejuk dan Rindang, Foto: i1297.photobucket.com

Nah, buat sobat traveller yang masih bentah di Pantai Rancabuaya dan ingin bermalam disana tidak perlu cemas. Disana telah tersedia fasilitas-fasilitas penginapan yang siap memanjakan kalian. Dan salah satu tempat penginapan yang rekomended ialah Villa Fardau Jaya Sakti Indah. Disana terdapat sekitar 50 lebih room dengan tipe dan harga yang beragam. Dan yang pasti, harga yang ditawarkan sangat terjangkau dengan fasilitas yang memuaskan. Selain villa, ada juga penginapan hotel murah lain yang juga bisa kalian pilih.

Pesisir Pantai Rancabuaya, Foto: purizt.files.wordpress.com

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Pantai Rancabuaya? Tunggu apalagi, jangan mengaku traveller jika kalian belum mencoba menginjakkan kaki di pantai ini. Dan sedikit tambahan informasi lagi, berikut telah kami siapkan khusus buat sobat traveller beberapa gambar penampakan indahnya Surga yang tersembunyi di tanah Pasundan yang satu ini.

Panorama Keindahan Pantai Rancabuaya, Foto: pantaimalang.com

Buat sobat yang penasaran seperti apa keindahan Pantai Rancabuaya, so langsung cek video keindahan Pantai Rancahbuaya di Youtube. Ada banyak yang ngeshare videonya disana. Sampai disini sobat traveller. Semoga bisa menjadi sumber refrensi perjalanan kalian berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *