Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja, Berapa Biaya Snorkeling Disini?

Diposting pada
Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja, Berapa Biaya Snorkeling Disini?
5 (100%) 2 vote[s]
Gambar pantai sadranan wonosari jogja tiket masuk biaya snorkeling rute lokasi harga penginapan hotel alamat peta gunung kidul longsor runtuh 2019 tradisi dari solo tragedi korban jalan menuju letak google map daerah istimewa yogyakarta foto jarak arah
Deskripsi, foto by @firdalaila__

Alamat: Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55881
Map: Klik Disini
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp.10.000

Deskripsi Pantai Sadranan

Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal tidak hanya sebagai ‘Kota Pendidikan’ yang berbudaya, tetapi juga kota yang kaya akan potensi pariwisata alam maupun wisata buatannya.

Bila berkunjung ke Yogyakarta, wisatawan biasanya akan terpukau dengan kebudayaannya yang unik, menarik, serta didukung dengan keramahan masyarakatnya.

Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri yang membedakannya dengan kota di Jawa Tengah lainnya, seperti Solo, dimana para turis tidak akan disuguhkan tradisi dan kebudayaannya tetapi juga keadaan alamnya yang indah, sejuk, dan asri.

Coba menuju ke arah Kabupaten Gunung Kidul yang menyimpan berbagai macam wisata pantai alami karena letaknya berdekatan dengan laut sebelah selatan Jawa.

Baca Juga: 55 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Biaya Snorkeling, Foto: lihat.co.id

Walaupun sempat ada tragedi tanah longsor dari beberapa tebing yang runtuh di ruas jalan Gunung Kidul sendiri hingga memakan korban, tetapi tak kurang wisatawan yang tetap berkunjung ke tempat wisata disini.

Karena pesona wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul, Jogja ini masih banyak yang perlu dieksplor dan dijelajahi.

Salah satu wisata alam yang memiliki potensi untuk menarik pengunjung maupun turis mancanegara adalah wisata alam pantainya yang indah dan memukau.

Pantai selatan Jawa memang terkenal akan mitos dan legenda yang beragam, namun disamping itu dari segi keindahan pun tak kalah menakjubkan.

Bagi yang berhobi snorkeling, salah satu pantai terindah yang juga cocok untuk diving atau menyelam adalah Pantai Sadranan di dekat Wonosari.

Surfing, Gambar: piknikasik.com

Tahun 2019 ini, Jogja pun masih menjadi destinasi wisata paling menarik, termasuk lokasi wisata alam Pantai Sadranan. Pantai ini merupakan tipe pantai dengan pasir melandai, sehingga menambah pemandangan alam yang cukup menarik dan memanjakan mata.

Paduan air laut yang bening dan jernih dengan warna biru kehijauan akan serasa memanggil pelancong untuk menyelam dan menjelajahi wisata alamnya.

Selain didominasi oleh pasir putih yang sangat halus layaknya tepung, Pantai Sadranan juga mempunyai onggokan batu karang besar yang ditumbuhi tanaman dan bahkan pohon lebat. Tidak kalah dengan pemandangan pantai di Sulawesi, Bali, atau Papua.

Spot Foto di Yogyakarta yang Lagi Hits: Pantai Watulawang Gunungkidul Bersih, Keren dan Eksotik

Berbagai macam aktifitas dan kegiatan menarik dapat dilakukan disini selain snorkeling, karena ada beberapa fasilitas yang sudah disiapkan.

Untuk lebih mudahnya, berikut informasi lengkap mengenai fasilitas yang ada di Pantai Sadranan ini, termasuk penginapan, hotel, tempat makan, koordinat dari peta Google, rute dan cara menuju pantai tersebut, jarak tempuh, hingga gambar, foto pemandangan dan lain sebagainya.

BacaJuga:  Menghabiskan Waktu Weekend di Kota Gudeg Yogyakarta Ala Backpacker, Simak 10 Tips Berikut Ini!
Bermain Air, Foto: stepforwalk.wordpress.com

Fasilitas dan Akomodasi

Pantai Sadranan memiliki batu karang yang sangat sedikit sekali dibandingkan pantai-pantai lainnya yang berada di pesisir selatan Gunung Kidul.

Maka dari itu tempat ini menjadi spot terfavorit untuk snorkeling atau diving karena penyelam tidak perlu khawatir akan terlukai oleh batu karang tersebut.

Ditambah lagi dengan banyaknya pasir putih yang lebih mendominasi pantai, cocok juga digunakan untuk bersantai atau berjalan-jalan sambil menikmati keindahan pemandangannya.

Pantai Sadranan terbilang sangat sepi dan tenang, karena letaknya berada di tengah pantai populer, yakni Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti.

Pantai ini juga tidak seterkenal kedua pantai tersebut sehingga wisatawan masih sedikit yang mengetahui dan berkunjung ke surga terpencil ini.

Pengen Snorkeling di Yogyakarta??? Ke Pantai Nglambor, Indahnya Aquarium Bawah Laut yang Dijaga Sepasang Kura Kura Raksasa

Adanya gazebo dan saung kecil yang tersebar di area sekitar pantai menambah potensi untuk dikunjungi oleh rombongan pelancong.

Pengunjung yang ada disana pun dapat menyewa fasilitas gazebo dan saung tersebut untuk beristirahat atau makan. Harga penyewaan saung dan gazebo tersebut beragam, tergantung berapa orang yang menyewanya, kisarannya antara Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 saja.

Fasilitas lainnya adalah penyewaan peralatan snorkeling dimana pengunjung hanya perlu merogoh biaya sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 saja.

Jadwal menyelam disini pun ada yang sudah ditentukan, seperti jam 06.00 – 08.00 pagi untuk mendapatkan pemandangan biota bawah laut terbaik.

Atau jam 16.00 – 18.000 sore yang juga tidak kalah menarik karena pelancong pun dapat melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Saung Tempat Bersantai, Foto: dheni-yulistianto.blogspot.com

Tak perlu khawatir kelaparan karena di pantai ini sendiri tersedia beberapa tempat makan atau angkringan yang menyediakan berbagai masakan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Wisatawan dapat membawa makanan sendiri asalkan diusahakan untuk menjaga kebersihan tempat wisata selalu. Warung makan yang ada disini selain menyediakan kuliner khas Indonesia juga ada cafe dan restoran dengan konsep unik dan menyajikan makanan luar negeri juga.

Sedangkan bagi mereka yang ingin memesan santapan dengan bahan dasar seafood juga tersedia disini, makanannya pun segar karena langsung dari hasil tangkapan nelayan sekitar.

Tal hanya itu, para nelayan pun ada yang menyewakan perahunya ke beberapa wisatawan yang berada di sekitar pantai untuk keperluan memancing atau menyelam.

Kecil Tapi Mempesona: Pantai Slili, Pantai Mungil nan Indah Diantara Dua Bukit

Untuk yang sudah berenang dan ingin membilas diri bisa menggunakan kamar mandi dan toilet umum yang sudah disediakan disini untuk fasilitas tambahan.

Sedangkan bagi yang ingin menginap ada juga beberapa penginapan dekat pantai berupa hotel, resort, homestay, dan bahkan guest house dengan harga murah perkamarnya.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Krakal Beach Jogja Wonosari, Lokasi + Sejarah-nya

Yang menjadi ciri khas bagi penginapan sekitar sini adalah bentuknya yang eksotis layaknya sebuah pondok dengan atap dari bambu asli.

Jarak penginapan dari wilayah pantai biasanya berkisar 10 KM atau lebih, ada juga yang terletak di atas perbukitan sehingga menyajikan landscape pemandangan pantai dan bukit yang cantik.

Deskripsi, gambar by @firdalaila__

Harga Tiket Masuk

Memasuki lokasi Pantai Sadranan, pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 10.000 perorang, cukup murah untuk wisata keluarga disana.

Namun harga tersebut masih dapat berubah sewaktu-waktu, selain itu, harga tersebut juga khusus untuk hari biasa saja. Kemungkinan bila hari libur, tarif untuk biaya retribusinya akan naik.

Harga tersebut juga tidak akan membuat pengunjung rugi karena harga tiket masuk tersebut sudah termasuk dengan tiket terusan untuk menuju pantai-pantai di pesisir selatan Gunung Kidul lainnya.

Untuk fasilitas parkir pun tersedia dengan aman dan tarif parkir sendiri hanya berkisar Rp. 4.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Ada juga tarif penyewaan jetski dimana wahana air untuk menjelajahi pantai ini dapat digunakan sepuasnya seharian. Biaya penyewaan jetski berkisar Rp. 250.000 saja perorangnya, sedangkan untuk menyewa tikar juga tersedia dengan harga Rp. 20.000.

Penginapan, photo by sadranantour.blogspot.com

Letak Lokasi

Secara administratif, letak Pantai Sadranan sendiri berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

Jika dilihat dari map atau peta Google, lokasi persisnya berada diantara Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti, jalan menuju tempat ini pun tidaj terlalu sulit dan terpencil.

Walaupun untuk jalurnya sendiri masih agak rusak, namun keseluruhan fasilitas pantai sudah dipenuhi dengan baik sebagai tempat wisata.

Pantai Sadranan juga berlokasi di kompleks yang sama dengan pantai-pantai di sekitar Gunung Kidul atau pesisir selatan Jogjakarta.

Pantai Sadranan ini juga terletak di sebelah barat Pantai Sundak dan Pantai Ngandong, yakni sebuah tempat wisata pantai yang berada di komplek pantai Gunung Kidul.

Pantai Sadranan sendiri ada di sebelah timur dari Pantai Krakal, dimana pantai ini hanya dibatasi dengan beberapa bebatuan karang yang kecil-kecil.

Bisa dikatakan bahwa hampir keseluruhan pantai di pesisir selatan Gunung Kidul ini bertipe landai dengan bebatuan karang yang tersebar tidak merata besarnya.

Saung Yang Bisa Disewa, Foto: piknikasik.com

Rute Menuju Lokasi

Tidak perlu khawatir akan tersesat bila melewati jalur menuju Pantai Sadranan ini, karena arah jalan yang menuju kawasan pantai-pantai di Gunung Kidul sudah tertata dengan baik beserta rambu-rambu dan papan petunjuknya.

Sedangkan titik awal menuju Pantai Sadranan tersebut bisa ditempuh dari Solo, Jogjakarta, dan Klaten menggunakan kendaraan pribadi. Memang disarankan untuk memakai kendaraan pribadi mengingat kendaraan umum disana masih jarang dan terbatas.

BacaJuga:  15 Villa Terbaik di Yogyakarta yang Cocok Ditempati Ramai Ramai Saat Musim Liburan, Harga Paling Murah Rp.600.000

Rute dari Solo sendiri bila ingin melewati Jogjakarta, maka harus melewati jalan raya penghubung Solo dan Klaten, yakni Jl. Solo-Jogja. Namun rute melalui Jogjakarta ini akan cukup jauh dan berliku, cocok bagi pelancong yang ingin mampir terlebih dahulu di sekitaran Jogjakarta.

Kurang lebih rutenya dari Klaten sendiri adalah sebagai berikut; Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Wonosari – Jl. Baron – Tanjungsari.

Langka di Indonesia: Pantai Jogan, Kolaborasi Terindah Air Terjun dan Laut di Selatan Yogyakarta

Rute ke Lokasi, Foto: pecintaalam.org

Dari Tanjungsari sudah sangat dekat, pengunjung akan menemukan sebuah pos yang menagihkan tiket masuk menuju kawasan wisata Pantai Gunung Kidul.

Memasuki pos pertama kali akan disambut dengan Pantai Krakal, jika ditelusuri terus, pelancong akan sampai di Pantai Sadranan.

Sebenarnya dari arah Klaten sendiri bisa menggunakan jalur alternatif yang lebih sedikit dan cepat, namun tidak melewati Kota Jogjakarta.

Hal ini khusus untuk wisatawan yang tidak ingin mampir dahulu di Jogja dan langsung menuju Pantai Sadranan. Kurang lebih rutenya adalah sebagai berikut; Cawas – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari.

Dari Tanjungsari, wisatawan akan langsung menemukan kompleks pantai-pantai pesisir selatan Gunung Kidul dengan mudah.

Sedangkan untuk alternatif lainnya adalah dengan melewati Sukoharjo tanpa harus berputar-putar lebih lama di Kota Jogjakarta.

Untuk rute tersebut adalah; Solo – Sukoharjo – Tawangsari – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari. Dan dari Tanjungsari akan langsung terlihat pos penagihan tiket masuk.

Surga Tersembunyi yang Menantang Nyali: Pantai Pok Tunggal, Hanya Satu satunya Pantai Berpohon Duras di Yogyakarta

Ayunan, Foto: brobali.com

Hampir seluruh pelancong yang sudah pernah menginjakkan kakinya di kawasan pantai daerah Gunung Kidul akan terpukau dengan Pantai Sadranan.

Pasalnya selain sepi, pengunjung masih dapat menemukan kecantikan batu karang alami yang indah dan bahkan langka. Bebatuan karang tersebut juga menjadi salah satu habitat ikan-ikan kecil yang juga langka untuk berkembang biak.

Pantai Sadranan sendiri masih kurang begitu populer dengan pantai-pantai lainnya yang mendominasi kawasan laut selatan Jawa.

Namun selain Pantai Sadranan sendiri sebenarnya masih ada nama-nama pantai atau tempat wisata lainnya yang memiliki pemandangan menarik namun tersembunyi dan kurang terkenal.

Terutama di wilayah Gunung Kidul, karena kabupaten ini sendiri masih terkenal dengan budayanya yang kental dan keadaan alamnya yang masih sangat terjaga.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.