10 Gambar Pantai Sanggar Tulungagung Jatim + Rute Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Klenteng agung alam indah jawa timur pantai sanggar tulungagung jatim rute ke jalan menuju lokasi dua dunia blitar jengglungharjo kabupaten dari kediri my trip my adventure ngalur sine patuk gebang coro sioro harga tiket masuk alamat letak akses peta google map foto gambar denah wisata sejarah misteri mitos
Keindahan pantai Sanggar. Foto: danonye.com

Lokasi: Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Sukarela
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 355 5237600

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai garis pantai yang tersebar di beberapa pulau. Salah satunya adalah Pulau Jawa. Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur terdapat berbagai pantai yang berhubungan langsung dengan samudra. Tentu saja hal ini membuat Indonesia memiliki banyak pantai yang indah nan menawan yang menjadi incaran para wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Hal ini membuat pemasukan di dunia pariwisata Indonesia.

Salah satu kota di Jatim atau Jawa Timur yaitu Tulungagung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak unsur potensial di dunia pariwisata. Pasalnya di sini terdapat pantai yang bersinggungan langsung dengan samudra Hindia. Tentu saja sangat pas untuk dikembangkan menjadi salah satu kawasan wisata alam yang siap memanjakan para wisatawan dan mendukung devisa.

Tebing di pantai Sanggar. Foto: editzian. blogspot.com

Lokasi Pantai Sanggar

Salah satu kawasan wisata pantai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Sanggar yang berada di Desa atau Dusun Jengglungharjo Kecamatan Tanggung Gunung Kabupaten Tulung Agung Propinsi Jawa Timur. Lokasi dari pantai Sanggar ini berjarak sekitar 30 km yang akan menempuh waktu sekitar 1 jam 45 menit hingga 2 jika berangkat dari pusat kota Tulung Agung. Pantai Sanggar yang disebut juga sebagai The Dreamland of Tulungagung.

Pantai Sanggar menjadi salah satu pantai unggulan selain pantai Sine, Pantai Coro, Ngalur, Patuk Gebang dan Sioro serta kawasan wisata budaya Klenteng Agung. Pantai Sanggar ini hanya berjarak sekitar 3 km dari pantai Sine yang menjadi incaran terbaru para wisatawan di tahun 2017 ini. Pantai Sine berada di sebelah timur dari pantai Sanggar. Sementara di bagian baratnya terdapat pantai Pathok Gebang.

Tebing di pantai Sanggar. Foto: harianpost.com

Pantai Pathok Gebang sendiri memiliki karakteristik yang unik ketika air laut pasang para wisatawan bisa melihat ombak yg menjulang tinggi mencapai 15 – 20 meter ketika menabrak karang. Tidak jauh dari pantai Sanggar terdapat Pantai Ngalur yang memiliki jarak lebih dekat ke pantai Sine dengan jarak sekitar 2,5 km saja. Kawasan wisata pantai ini menyajikan panorama dan juga pemandangan yang siap memanjakan para wisatawan.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Batu Bengkung, Lokasi Wisata Dimana? Keeksotisan Dari Tebing
Pasir pantai di Sanggar. Foto: danonye.com

Rute menuju pantai Sanggar

Jika ingin menuju ke pantai Sanggar, jalurnya tidak berbeda dengan pantai Sine yang menuju ke arah kecamatan Tanggunggunung. Jika bergerak dari pusat kota Tulungagung, perjalanan dilanjutkan menuju ke kecamatan Campurdarat. Setelah menemui pertigaan pasar Campurdarat ambil arah ke kiri yang mengarah ke pantai Popoh. Setelah itu bertemu dengan pertigaan SMAN 1 Campurdarat yang berjarak kurang lebih 3 km dari pasar Campurdarat. Di pertigaan ini ambil arah ke kiri yang menuju ke daerahTtanggunggunung. Bagi yang ingin ke pantai Sanggar bisa mengikuti jalan utama hingga bertemu dengan pasar Tanggunggunung.

Setelah itu dilanjutkan menuju ke SMPN 1 Tanggunggunung. Di depan SMPN 1 terdapat pertigaan dimana arah ke kanan menuju ke pantai Sanggar. Dari pertigaan ini para wisatawan terus mengikuti jalur utama hingga bertemu dengan gapura yang menandakan tulisan pantai Sanggar. Dari gapura, para wisatawan bisa menemukan mushola yang berada di sebelah kanan jalan. Jalan atau gang menuju ke pantai Sanggar berada persis di sebelah kanan mushola.

Ombak di pantai Sanggar. Foto: inspiro-zein. blogspot.com

Sayangnya hanya sepeda motor yang bisa memasuki jalan ini. Bagi yang membawa mobil bisa diparkirkan di sebelah musholla dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Akan tetapi jalur ini tidak bisa dilalui pengunjung ketika hujan. Pasalnya jalurnya cukup terjal dan sulit dan akan penuh lumpur. Hanya motor trail yang bisa memasuki area jalan ini. Sementara di musim panas, sepeda motor bisa memasuki jalur ini. Akan tetapi harus diperhatikan kondisi motor. Jalur yang dilalui cukup terjal dan berbahaya. Jalan menuju ke pantai Sanggar ini bisa diakses dari Surabaya, Blitar dan juga Malang. Ditambah lagi sekarang sudah ada Google Map yang sudah siap memudahkan para wisatawan dalam mengakses peta atau denah menuju ke pantai Sanggar.

BacaJuga:  Alamat Surabaya Town Square Sutos, Ada Apa Saja: Hotel Dekat Lokasi, Restaurant, Inul Vizta, Bioskop XXI, Starbucks, Gold Gym Dll
Laut dan pasir di Sanggar. Foto: wisataterbaru.com

Keunikan Pantai Sanggar

Perjalanan yang lelah dan juga penuh perjuangan ini akan terbayarkan dengan keindahan dan pesona dari pantai Sanggar. Pantai sanggar memiliki karakteristik pantai yang memiliki pasir putih yang halus dan juga bersih. Sedangkan air lautnya sendiri masih biru dan juga jernih serta segar. Yang menarik lagi adalah di sini para wisatawan bisa melihat langsung biota laut yang memenuhi area bawah laut pantai Sanggar. Para pengunjung bisa melihat ikan-ikan hias yang kecil dan juga terumbu karang serta bulu babi yang hidup di sekitar bebatuan karang di pantai ini.

Bagi yang menggemari dunia fotografi, pantai Sanggar ini bisa menjadi salah satu tempat yang pas untuk berfoto, selfie dan juga mengambil gambar atau video. Hal ini disebabkan pantai Sanggar ini menyajikan keindahan karang-karang yang tentu saja sangat pas untuk tempat berfoto dan juga latar belakang yang indah. Ditambah lagi dengan tambahan ombak yang besar di sekitar pantai.

Pantai Sanggar yang disebut sebagai The Dreamland of Tulungagung ini memang memiliki sejarah dan kisah mitos serta misteri tersendiri. Letaknya yang berada di gugusan selatan dari pulau Jawa memang tidak lepas dari kisah-kisah mistis. Oleh sebab itu para pengunjung harap berhati-hati ketika berenang dan bermain air. Selain faktor mistis, kontur dari laut di pantai Sanggar ini memang cukup terjal.

Eksotisme pantai Sanggar. Foto: segalainfo.com

Fasilitas Pantai Sanggar

Pantai Sanggar ini belum terjamah oleh pemerintah setempat. Oleh sebab itu para penduduk sekitar pantai yang mengelola pantai ini. Praktis membuat fasilitas di pantai ini belum memadai. Bahkan untuk loket tiket sendiri belum tersedia. Harga tiket masuk untuk berkunjung ke pantai ini bersifat sukarela. Jika beruntung para pengunjung bisa memasuki kawasan wisata alam ini dengan gratis jika tidak ada para penduduk yang menjaga area masuk pantai.

Fasilitas kamar mandi atau kamar bilas juga tidak tersedia di sekitar pantai. Praktis jika para wisatawan hendak berenang atau bermain air harus berganti hanya ditutup handuk atau di tempat yang sepi dari pengunjung. Warung makan juga tidak tersedia di pantai ini. Tentu saja para pengunjung harus membawa sendiri makanan dan minuman agar tidak terlalu repot.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Papuma di Jember 2017 Tiket Masuk Jalan Menuju Lokasi Wisata
Panorama Indah di Sanggar. Foto: segalainfo.com

Berkemah di Pantai Sanggar

Bagi para backpacker dan juga petualang, berkemah menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di tepi pantai yang pernah menjadi tempat syuting my trip my adventure ini. Apalagi pantai yang belum terjamah ini masih cukup bersih dan juga tidak terlalu ramai. Dan area semak-semak di sekitar pantai juga cukup bersih. Hal ini disebabkan selalu dirawat oleh penduduk setempat. Para wisatawan bisa membangun tenda di sekitar tepi pantai. Sembari bersantai dan menunggu waktu senja, berkemah di Pantai Sanggar menjadi salah satu kegiatan yang menarik.

Berenang di Sanggar. Foto: telusurindonesia.com

Tips menuju pantai Sanggar

Untuk menuju ke pantai Sanggar ini para wisatawan disarankan menggunakan sepeda motor. Pasalnya jika menggunakan mobil, para wisatawan akan kesulitan untuk memarkir. Area parkir yang cukup dekat adalah di area parkir Pantai Sine yang berjarak 3 km. Tentu saja perjalanan menjadi lebih jauh. Sementara jalur ke atas bisa diakses. Sayangnya perjalanan akan lebih jauh.

Ombak di Pantai Sanggar. Foto: telusurindonesia.com

Ketika musim hujan, disarankan menggunakan sepatu yang biasa dipakai di outdoor atau sandal gunung. Pasalnya jalur menuju ke pantai ini akan penuh dengan lumpur dan licin. Sehingga sepatu outdoor atau sandal gunung bisa meminimalisir licin.

Ketika melewati perkebunan warga, disarankan jangan memetik atau merusak tanaman. Meski bertindak sebagai tamu, tetap harus menjaga sopan santun dan juga perilaku yang tidak merusak sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *