10 Foto Pantai Sanglen Gunungkidul Wonosari Jogja, Fasilitas Camping + Rute Menuju Lokasi

Posted on
Pantai sanglen gunungkidul wonosari jogja fasilitas camping rute jalan menuju lokasi kemadang kabupaten gk gunung kidul daerah istimewa yogyakarta indonesia fasilitas camping rute menuju harga tiket masuk alamat lokasi letak peta google map
Pantai Sanglen, Foto: jogja86tour.com

Lokasi: Kabupaten Kemadang, Kecamatan Tunjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Map: Klik disini
HTM: Rp 10.000
Buka/ Tutup: 24 jam
Telepon: N/ A

Pantai yang berada dekat dengan pantai Gunungkidul ini ternyata belum lama ini masih ditutupi dengan semak-semak karena belum banyak orang yang mendatanginya, bahkan seakan-akan tak terurus dan tersembunyi dari masyarakat luas. Pantai ini bernama pantai Sanglen.

Pasir Pantai Putih dan Bersih, Foto: maripiknik.com

Baru-baru ini, pantai Sanglen menjadi buah bibir bagi masyarakat Indonesia karena pemandangan yang tersimpan di dalamnya yang sangat cantik dan masih kental dengan kesan alaminya karena memang belum terjamah banyak orang. Kamu bisa mengunjungi pantai ini dengan alamat di kabupaten Kemadang, Kecamatan Tunjungsari, Gunung Kidul. Sebagian besar orang memilih untuk berkunjung ke pantai Drini, pantai Watukodok dan pantai Sepanjang yang mempunyai fasilitas lebih lengkap, tidak heran jika kemudian pantai Sanglen masih cenderung sepi dibanding pantai yang lainnya. Ditambah lokasi parkir yang tidak begitu dekat dengan pantai sehingga kita masih harus berjalan kaki untuk sampai ke pantai, meskipun jaraknya juga tidak jauh.

Jalan-Jalan di Pantai Yang Indah, Foto: catatannobi.com

Kesan pertama yang akan kamu dapatkan setelah menapakkan kaki di pantai ini adalah pemandangan yang begitu luar biasa, asri nan alami. Adanya tanaman pohon cemara di tepi pantai membuat kita dapat berteduh dengan nyaman di bawah pohon tersebut. Pemerintah membiarkan tanaman ini tumbuh di tepi pantai untuk memberikan keteduhan bagi siapa saja yang ingin beristirahat di tepi pantai sambil melihat pemandangan yang begitu indah. Tidak hanya itu, untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai dengan membuat larangan bagi masyarakat sekitar agar tidak membuat bangunan di lokasi pantai. Untuk itu, kamu akan mengalami kesulitan saat ingin mencari warung karena di sana hanya ada satu warung dan itu pun tidak dekat dengan tepi pantai. Oleh karena itu, fasilitas pantai di rasa masih kurang untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang berlibur di sana.

BacaJuga:  10 Foto Jogja Bay Waterpark Pirates, Harga Tiket Masuk Lokasi + Alamat Wisata Yogyakarta
Pemandangan Pantai dari Jauh, Foto: twitter.com

Rute yang Mudah untuk Berkunjung ke Pantai Sanglen

Gunung Kidul memang terkenal sejak dulu sebagai daerah yang memiliki banyak Pantai. Pada umumnya, pantai tersebut berada dalam satu garis sehingga jalan menuju pantainya hampir sama dan terasa mudah. Pantai Sanglen memiliki letak dalam satu pintu masuk dan blok dengan pantai-pantai gk lainnya yang sudah terkenal, seperti kukup, drini, sepanjang, baron, dan lain sebagainya. Apabila kamu memulai perjalanan dari Yogyakarta maka berjalankan menuju jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang – Patuk – Rest Area Bunder Hutan Wanagama – Kota Wonosari – Alun-alun – Lampu lalu lintas Pertigaan Pos Polisi kemudian belok ke arah kanan ke jalan Baron – setelah ini kamu akan melihat papan petunjuk jalan menuju pantai maka ikutilah tanda tersebut hingga sampai di Tempat Penarikan Retribusi (TPR). Jika kamu sudah melewati tempat ini maka lanjutkan ke arah Pantai Kukup – melalui Pantai Kukup hingga melihat petunjuk jalan ke Pantai Watukodok. Ambil jalan cor-coran Watukodok dan kemudian kami akan bertemu dengan pertigaan kecil lalu belok ke kanan untuk menuju Pantai Sanglen.

Bukit Karang, Foto: rentalmobilyogyakarta.net

Selain itu, ada rute alternatif yang bisa dipilih dari daerah istimewa Yogyakarta, yakni dengan menuju Piyungan terlebih dulu baru menuju Bukit Bintang – Sambipitu – Gading – Siono (belok ke kanan setelah melihat bunderan) – perempatan Karangrejek ambil kanan – Pertigaan mulo luruh terus menuju Baron – Kemiri – Kemadang – TRP – Baron – kukup – Sepajang – Watukodok – Pantai Sanglen. Jika kamu masih merasa ragu atau kebingungan maka jangan sungkan untuk bertanya jalan pada orang sekitar karena mereka akan menjawabnya dengan senang hati. Cara yang lebih modern dapat kamu lakukan dengan menggunakan peta dari Google Map di ponsel pintar mu. Perjalanan dari Yogyakarta ini dapat ditempuh dengan waktu 2 jam dengan kendaraan pribadi.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Ngetun Wonosari Tepus Gunung Kidul 2017, Camping, Rute Jalan Menuju Lokasi + Alamat Peta
Pohon Cemara Udang di Pantai Sanglen, Foto: maripiknik.com

Jika kita lihat maka tampilan pantai ini hampir sama dengan pantai di Gunung Kidul lainnya yang di apit oleh dua bukit. Bukit sebelah Timur memisahkan Pantai Sanglen dengan Pantai Watukodok, sedangkan untuk segelah baratnya, bukit memisahkan Pantai Sanglen dengan Pantai Sepanjang. Meskipun tampilannya tidak jauh berbeda tapi tetap saja Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan pantai yang lain, yakni keberadaan berbagai pohon cemara udang atau cemara laut yang cukup rapat sehingga memberikan keteduhan pengunjung yang berada di bawahnya. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menjadikan pantai ini sebagai tempat camping.

Rute ke Pantai Melewati Perkebunan, Foto: detik.com

Fasilitas Camping di Pantai Sanglen

Pantai yang masih sepi pengunjung ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga membuat kita lebih aman saat ingin bermain air di pantai. Selain itu, pasirnya yang terlihat bersih membuat kesan tersendiri saat kita menginjak pasir-pasir di pantai. Keindangan pemandangan, ombak dan pasir membuat orang-orang betah untuk tinggal di pantai tersebut. Tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk mendirikan tenda di tepi pantai untuk camping. Bagi beberapa orang yang belum pernah mendirikan tenda di pantai ini, mungkin akan tergiur untuk mendirikannya di tepi pantai yang ditutupi dengan rindangnya pohon. Ternyata pantai ini sudah menyediakan tempat tersendiri bagi kita yang ingin mendirikan tenda untuk camping seperti camping ground. Tanah yang datar dan pepohonan yang teduh membuat tenda kita akan terasa nyaman. Namun, sebelum Anda menempati titik tertentu di camping ground tersebut maka lebih baik tanyakan pada petugas yang sedang jaga karena bisa jadi tempat yang ingin kamu gunakan sudah dibooking sebelumnya. Jadi, kita tidak bisa sembarangan mendirikan tenda. Jika perlu, minta tolonglah kepada petugas untuk mencarikan tempat yang memang belum di booking dan memiliki kenyamanan yang sama.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Samas Bantul Jogja + Peta Jalan Menuju Lokasi Srigading
Berkemah di Pantai, Foto: eksotisjogja.com

Beberapa orang tidak hanya mendirikan tenda, melainkan juga memasang hammock yang sedang menjadi tren zaman sekarang. Hammock adalah cara yang tepat untuk kita menikmati indahnya pemandangan pantai sambil bersantai dan tiduran. Untuk masalah konsumsi mungkin kamu harus lebih mempersiapkannya sendiri karena di pantai ini jarang dijumpai warung. Untuk itu, bawa sendiri bekal dari rumah yang praktis dan mudah di makan saat berpergian. Tapi, jika kamu membawa kompor dan panci maka memasak mie adalah pilihan yang tepat. Dengan angin pantai, suasana sunyi, suara ombak dipadukan dengan nikmatnya rasa mie maka sempurnalah hari mu saat itu.

Gerbang Masuk, Foto: lagilibur.com

Pantai Sanglen sangat disarankan bagi kamu yang ingin mengadakan camping karena fasilitas di camping ground yang cukup lengkap, seperti warung makan, toilet dan bahkan sudah ada listrik jadi kamu tidak perlu takut untuk masalah penerangan di sekitar pantai. Selain itu, penjaga camping ground juga akan menyediakan mie instan, air panas dan lain sebagainya. Cukup sisihkan dana sebesar Rp 10.000/orang sebagai tiket masuk untuk mendirikan tenda di pantai Sanglen.

Istirahat di Pinggir Pantai, Foto: jogjaempatroda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *