10 Gambar Pantai Santolo di Garut 2017, Mitos, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Gambar pantai santolo di garut 2017 mitos harga tiket masuk jalan menuju lokasi jawa barat selatan pameungpeuk penginapan hotel peta paket tempat wisata map kabupaten foto murah misteri keindahan sejarah alamat dekat rute dari bandung cianjur sayang heulang sekarang pamalayan
Pantai Santolo, Foto: moers.blogspot.com

Lokasi: Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat
Map: Klik disini
HTM: Rp 3000
Buka/Tutup: 05.00 – malam hari
Nomor Telepon:

Jika Anda pernah ke Garut, mungkin Anda pernah mengunjungi objek wisata pantai ini. Salah satunya ialah Pantai Santolo. Pantai Santolo ada di Garut bagian Selatan. Di sana terdapat keunikan tersendiri yang dapat Anda jumpai. Pantai Santolo adalah sebuah pantai yang memiliki pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Di Pantai Santolo terdapat pulau kecil yang memiliki nama sama dengan pantai yakni Santolo. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan cara menyewa perahu nelayan. Sebetulnya terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau, tetapi kondisinya telah rusak dan berbahaya jika Anda tetap menyeberanginya.

Pantai Santolo adalah hilir dari Sunga Cilauteureun. Hal yang unik di Pantai Santolo ketika pasang air laut ialah, air akan mengalir menuju ke sungai bukan sebaliknya. Memang, fenomena unik yang berada di Pantai Santolo ini banyak menjadi penasaran dan terdengar seperti melanggar hukum alam. Sebenarnya fenomena demikian terjadi karena posisi hilir sungai cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bibir pantai. Lokasi dari Pantai Santolo berada dekat dengan stasiun peluncuran roket yang dimiliki oleh LAPAN. Tidak jauh berbeda dengan berbagai macam pantai lain yang berada di Indonesia, Pantai Santolo Pamaengpeuk memiliki pemandangan yang sangat indah tidak kalah dengan Sayang Heulang yang mungkin juga pernah Anda dengar.

Sekarang ini pengunjung Pantai Santolo saat musim liburan meningkat begitu drastis, tetapi tidak perlu cemas karena Anda masih bisa melihat ketenangan di pantai ini, lebih-lebih jika Anda bermalam di sekitar pantai dan mengunjungi pantai saat pagi hari, benar-benar pemandangan yang tidak akan bisa Anda lupakan. Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Pengunjung Pantai Santolo, Foto: yukpiknik.com

Sebenanrya, hal apa yang bisa ditemukan di Pantai Santolo?

Pantai Santolo cukup terkenal di Kab Garut, serta merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Garut. Kawasan Pantai Santolo adalah tempat berkumpulnya nelayan tradisional yang sengaja dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang begitu menarik dan indah. Pantai Santolo juga menjadi daerah untuk kegiatan nelayan seperti dermaga kapal ikan atau pun perahu yang berada di Pameungpeuk.

Hingga saat ini, Pantai Santolo adalah pantai yang tidak terlalu ramai, kumpulan batu besar dan laut yang berwarna biru menjadi pemandangan yang sangat mempesona. Anda dapat menikmati pantai serta biota laut. Ini adalah aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan. Tersedia pula penyewaan perahu yang melayani para wisatawan untuk menikmati ombak pantai yang menantang.

Jembatan di Pantai, Foto: nativeindonesia.com

Bukan hanya bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar serta sajian makanan yang sederhana. Fasilitas yang diperlukan wisawatan cukup lengkap seperti kios untuk membeli oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau, losmen penginapan. Untuk Anda yang ingin bermalam di sekitar Pantai Santolo, sudah banyak penginapan di sini dengan harga weekday Rp 75 ribuan dan untuk weekend Rp 100.000. Tempat menginapnya sangat nyaman dengan kamar mandi yang berada di dalam. Tak perlu cemas akan kehilangan view pantai karena kebanyakan penginapan akan menghadap ke arah pantai. Untuk kenyamanan, Anda akan tidur dengan menggunakan spring bed.

Pantai Santolo mempunyai keindahan yang tidak kalah mempesona dengan berbagai macam pantai yang berada di Indonesia, di Pantai Santolo Anda bisa dengan benar mengambil gambar, berfoto atau membuat video kebersamaan dengan keluarga. Ingin menikmati waktu bersama keluarga? Cukup duduk di pinggir pantai, menikmati sajian kuliner di Pantai Santolo sembari melihat kilauan  ombak laut yang menyerupai cahaya permata. Deretan terumbu karang yang indah dan menawan pun seperti menjadi rumah untuk biota laut yang begitu alami. Selain itu Anda dapat menikmati sunrise dan sunset yang menjadi moment fenomena paling ditunggu semua orang yang mengunjungi Pantai Santolo.

Jembatan Gantung, Foto: hoteldigarut.net

kelezatan ikan di Pantai Santolo

Di Pantai Santolo juga ada begitu banyak penjual ikan laut yang memililki harga sangat terjangkau. harga ikan laut yang dijual di Pantai Santolo ini kurang lebih Rp 20.000 per ekornya. Jangan salah, ikan-ikan yang dijual di Pantai Santolo ini memiliki ukuran yang besar. Di Pantai Santolo, Anda bisa segera menyantap ikan atau membakar sendiri di pinggir pantai.

Memang, sedikit masalah yang ada di Pantai Santolo adalah sulitnya mencari tempat makan yang mempunyai harga murah, sehingga lebih baik Anda bertanya terlebih dahulu atau meneliti harga makanan jika tidak ingin terkena harga mahal. Di sini, kepiting jarang, jika menyediakan kepiting, pasti harganya begitu mahal, kadang-kadang berada dalam kondisi yang kurang segar. Komoditi laut yang lebih banyak di Pantai Santolo ialah layur, cumi dan tongkol. Bila ingin memberi ikan laut dengan kondisi yang segar, pada pagi hari Anda bisa langsung menuju ke TPI atau tempat pelelangan ikan, dan bertanya mengenai harga ikan yang ingin Anda beli.

Pantai Santolo berada dekat dengan kampung nelayan, sehingga daratan yang berada di Pantai Santolo sangat khas dengan pemukiman nelayan, tetapi kondisi pantai yang berpasir putih kecoklatan tetap bersih. Anda bisa dengan bebas bermain-main ketepian.

Gerbang Masuk, digarut.com

Pulau Santolo

Pantai Santolo adalah pulau kecil yang berada di daerah pantai. Pulau ini hanya dipisahkan sungai kecil yang menjadi pelabuhan Cilaut Eureun dan Muara serta dipisahkan dengan jembatan gantung.

Jika ingin menyebrangi pulau ini, Anda dapat menggunakan jasa perahu yang memiliki tarif Rp 4 ribuan pulang pergi. Di sini, Anda akan menemukan pulau yang tidak kalah cantik dengan Pantai Santolo. Pantai Sayang Heulang adalah pantai berkarang yang dapat Anda temukan di salah satu sisi dari Pulau Santolo.

Sore Hari, Foto: jalanjalanyuk.com

Lokasi Pantai Santolo

Seperti yang sudah dipaparkan Pantai Santolo ini berada di Kecamatan Cikelet tetapi lebih dekat di Pameungpeuk. Jika Anda dari Garut, jarak yang harus Anda tempuh untuk sampai di Pantai Santolo kurang lebih 88 KM. Sarana jalan untuk menuju Pantai Santolo cukup bagus, hanya ada beberapa jalan yang bergelombang, bahkan saat sampai di Cikelet, jalan sudah mulus dan cukup lebar. Tetapi, Anda harus tetap berhati-hati karena jalanan di sini khas seperti daerah pegunungan dan terus berkelok-kelok di sepanjang perjalanan. Dari Bandung, Pantai Santolo harus Anda tempuh 150 KM.

Bila memilih menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki mobil Elf jurusan Garut – Pameungpeuk dengan harga Rp 20.000, serta turun tepat di Pameungpeuk, dilanjutkan dengan naik Pick Up untuk menuju ke Sayang Heula dengan tarif Rp 5.000. Dari pantai, dilanjutkan dengan menggunakan perahu untuk bisa sampai di Pantai Santolo.

Pantainya Berbatu, Foto: penginapankaranglaut.com

Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil, seperti:

  • Bila memilih rute yang normal, Anda bisa melalui Garut, kemudian menuju ke Cikajang, ke Cikelet serta Pameungpeuk. Rute ini dapat Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan umum dari Cicaheul maupun terminal Leuwipanjang dengan menggunakan kendaraan ELF Anda harus membayar Rp 35.000 dan memerlukan waktu 4 hingga 5 jam perjalanan Anda sudah sampai di Pantai Santolo. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, Anda memerlukan bensin kurang lebih Rp 100.000, dan motor Rp 30.000 saja,
  • Rute lain yang bisa diambil dari Ciwidey, ke Cisewu dan menuju ke Bungbulang. Jarak tempuh ini memang lumayan jauh dan belum terdapat kendaraan umum yang bisa mengangkut Anda. bila Anda memilih rute ini, pemandangan yang bisa Anda nikmati jauh lebih bagus, namun jarak tempuh saat melewati rute ini hingga 7 jam perjalanan,
  • Bila Anda dari Bandung, Anda bisa menggunakan jalur Ranca Bali, kemudian menuju ke Naringgul, Cidaun dan akhirnya sampai di Pantai Santolo, atau menggunakan jalur alternatif dan melewati Pangalengan.

Bila Anda sedikit kebingungan dengan jalur yang harus Anda lalui untuk menuju ke Pantai Santolo, Anda tidak perlu cemas, karena setelah sampai di Garut, Anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar Garut, selain itu Anda juga bisa menggunakan Google map untuk menuju ke Pantai Santolo.

Pantainya Bersih, Foto: wikimedia.org

Tiket masuk ke Pantai Santolo

Seperti harga tiket di tempat wisata pantai atau lokasi lain, harga tiket masuk yang berada di Pantai Santolo ini sangat terjangkau. Untuk masuk Anda hanya diharuskan membayar Rp 3.000 untuk per orang, sedangkan untuk menyeberang laut ke pulau kecil menggunakan perahu, Anda cukup menyewanya dengan Rp 2.000 saja untuk satu kali penyeberangan. Sangat murah bukan? Bila Anda ingin melakukan permainan yang terkesan ekstrim, di Pantai Santolo juga disediakan banana boat yang dapat memacu adrenalin Anda.

Jika ingin mencoba menaiki banana boat, Anda cukup membayar Rp 25.000 per orang untuk sekali naik, Anda bisa menaiki permainan tersebut.

Kapal Nelayan, Foto: digarut.com

Fasilitas Pantai Santolo

Bukan hanya harga murah yang bisa Anda nikmati, untuk menunjang kenyamanan Anda, Pantai Santolo memberikan berbagai macam fasilitas. Terdapat warung makan yang akan memanjakan hasrat kuliner Anda selama berada di Pantai Santolo, seperti yang sudah di paparkan, berbagai macam menu laut seperti ikan laut dan cumi-cumi bisa Anda pesan di sini. Bukan hanya itu saja, Pantai Santolo juga menyediakan kamar mandi, kamar kecil dan tempat parkir yang bisa dikatakan cukup luas. Jadi, Anda tidak perlu cemas saat ingin mengunjungi Pantai Santolo.

Bermain Air, Foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com

Tips mengunjungi Pantai Santolo

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika Anda ingin mengunjungi Pantai Santolo, berikut beberapa tips tersebut:

  • Pesan penginapan terlebih dahulu. Seperti tempat wisata yang lainnya, Pantai Santolo juga ramai ketika weekend atau libur panjang, sehingga saat Anda akan mengunjungi Pantai Santolo ketika musim liburan dan berencana untuk menginap di hotel sekitar pantai, lebih baik Anda memesan penginapan terlebih dahulu, selain meminimalisir kehabisan kamar, harga yang lebih murah juga akan Anda dapatkan,
  • Siapkan akomodasi. Bila Anda berasal dari luar kota Garut, lebih baik Anda menyiapkan akomodasi Anda dengan tepat, lebih-lebih jika Anda akan menggunakan kendaraan pribadi. Siapkan kendaraan pribadi untuk menempuh medan yang cukup jauh,
  • Bawa uang yang cukup. Di dekat Pantai Santolo tidak terdapat mesin ATM, sehingga siapkan uang Anda dengan cukup agar Anda tidak kebingungan saat sudah sampai di Pantai Santolo nantinya,
  • Membeli paket wisata. Jika Anda ingin wisata Anda di Pantai Santolo lebih terjamin dan lebih praktis, Anda bisa membeli paket wisata yang banyak ditawarkan di Garut. Paket wisata ini biasanya dibanderol dengan cukup terjangkau, selain itu bukan hanya Pantai Santolo yang akan Anda kunjungi, namun berbagai macam tempat wisata lain di Garut juga akan Anda singgahi. Dari sisi keuangan dan kepraktisan, menggunakan paket wisata memang lebih menguntungkan,
  • Bawa kamera. Rekam dan ambil gambar seluruh keindahan Pantai Santolo, jangan lupa membawa kamera yang akan menghasilkan gambar berkualitas.

One thought on “10 Gambar Pantai Santolo di Garut 2017, Mitos, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi

  1. Mampir gan ke tempat kami……
    Penginapan karanglaut Santolo dan sayangheulang Pameungpeuk Garut Jawa barat
    Hp. 082129705000-082214538055-082115248989
    Kang Dani -teh erni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *