10 Foto Pantai Sayang Heulang Beach Garut, Lokasi Pameungpeuk Jawa Barat

Posted on
Pantai sayang heulang beach garut, lokasi pameungpeuk jawa barat penginapan kabupaten 44175 dari bandung jakarta sejarah foto alamat wisata tiket masuk jalan menuju rute harga letak peta google map selatan regency west java indonesia hotel camping dusun bambu dimana
Pantai Sayang Heulang (foto: inilahgarut.com)

Lokasi: Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, 44177
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
Nomer Telepon: –

Di salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat tepatnya Kabupaten Garut memiliki tempat wisata bahari yang harus didatangi saat kamu mengunjunginya. Ya, Pantai Sayang Heulang namanya. Kabupaten Garut sendiri berbatasan dengan beberapa Kabupaten lainnya, seperti di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sumedang yang terkenal dengan tahu yang enak, di sebelah timur ada Tasikmalaya, di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan di bagian barat dengan Kabupaten Bandung dan Cianjur. Jika kamu melihat dari peta maka letak Kabupaten Garut ini ada di bagian bawah atau daerah selatan.

Ombak di Pantai Sayang Heulang (foto: panduanwisata.id)

Alamat Pantai Sayang Heulang ini tepat berada di Desa Mancagahar dan Kecamatan Pameungpeuk. Meski tempat ini bersebelahan dengan pantai lain yaitu Pantai Santolo, tidak membuat para pengunjung berminat datang kesini. Tak jarang wisatawan yang datang dari beberapa kota di luar Garut seperti Bandung dan Jakarta. Para pengunjung datang ingin sekali menghilangkan penat dan letih setelah bekerja dan berlibur ke pantai.

Batu karang di tepi pantai (foto: kompasiana.com)

Tempat ini juga sering diadakan beberapa lomba seperti Motor Cross karena memiliki pasir yang begitu cocok untuk dijadikan balapan. Dari cerita masyarakat setempat, pantai ini memiliki sejarah yang unik, karena letaknya berada di pantai selatan konon katanya ada beberapa kejadian yang aneh, dimana warga sekitar ketika nelayan saat air surut mereka melihat ada seekor kuda yang berpenumpang berjalan diatas air. Meski  demikian cerita tersebut tidak membuat wisatawan sepi dan tetap berwisata ke Pantai Sayang Heulang.

Keindahan dan Potensi di Pantai Sayang Heulang

Keindahan salah satu pantai yang ada di Indonesia ini sangat luar biasa dan membuat Pantai Sayang Heulang tak pernah sepi pengunjung. Letaknya juga sangat dekat dengan pusat kota. Jika kamu menggunakan perjalanan darat hanya perlu waktu sekitar 2 jam atau kurang lebih 90 km. Keeksotisan pantai ini sungguh sangat mengagumkan. Pemandangan yang begitu bagus ini juga sangat cocok jika kamu mengambil foto. Bakcground laut akan menjadi komposisi yang pas untuk gambar yang akan kamu ambil nantinya.

Pemandangan sunset di Pantai Sayang Heulang (foto: tripadvisor.com:

Pemandangan indah lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah ketika saat matahari terbenam. Pada saat ini lah saat yang pas untuk dilakukan pengambilan foto. Banyak sekali para wisatawan yang menunggu hingga sore hari demi mendapatkan sunset yang indah. Keistimewaan lain yang ada di Pantai Sayang Heulang adalah ombak yang sangat stabil. Dan juga di tempat ini juga memiliki dua tipe pantai yang banyak orang bilang, yaitu tipe pantai berkarang dan tidak berkarang. Ombaknya yang tidak begitu besar tentu saja bisa kamu nimati dengan bermain air atau berenang.

Uniknya lagi pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Jika kamu beruntung dan datang disaat laut sedang surut, maka kamu bisa bermain dengan ikan-ikan laut yang ada di sela-sela karang di bibir laut. Karena Pantai Sayang Heulang termasuk tempat wisata yang juga dikelola oleh pemerintah daerah setempat maka terdapat juga beberapa fasilitas yang bisa digunakan ketika kamu berkunjung ke sini.

Para wisatawan menikmati suasana pantai (foto: yukpiknik.com)

Pantai Sayang Heulang ini memiliki panjang yang kurang lebih sekitar 2 km dan lebar di tepi pantai sekitar 50 meter. Memiliki pasir yang berwarna putih kecokelatan membuat para pengunjung senang bermain di tepi pantai. Air lautnya juga jernih sehingga beberapa karang yang berada di tepi pantai nampak dan begitu cantik. Selain itu tak jarang juga para wisatawan bermain olahraga di pinggir pantai. Seperti voly pantai atau sepak bola. Angin yang cukup kencang juga sangat mendukung bagi kamu yang ingin bermain layang-layang di pantai.

Camping di area pantai (foto: nuraliyah.wordpress.com)

Beberapa kelebihan yang ada di Pantai Sayang Heulang ini adalah camping di pinggir pantai. Memang sudah disediakan hotel yang ada disekitar pantai. Tetapi jika kamu ingin merasakan sensasi yang berbeda dan seru maka kamu harus mencoba rasanya camping di pantai. Bahkan di sekitar pantai memang sudah resmi dijadikan sebagai Bumi Perkemahan atau Camping Area. Tak jarang para pelajar, mahasiswa atau beberapa kelompok dan komunitas sering datang dimana mereka juga berkemah disini.

Salah satu penginapan di Pantai Sayang Heulang (foto: villapriangan.com)

Jika kamu ingin menghabiskan malam di pantai ini, kamu bisa menginap di beberapa penginapan atau hotel yang ada disekitar Pantai Sayang Heulang. Salah satu penginapan yang direkomendasikan adalah Penginapan Bambu yang letaknya didekat dengan pantai dan beberapa kamarnya memiliki view langsung ke arah pantai. Penginapan ini berkonsep seperti di Dusun Bambu yang ada di Bandung. Selain itu ada juga yang cukup terkenal yaitu Sayangheulang beach and resto in West Java yang memiliki harga sekitar 100 ribu hingga 200 ribu rupiah per malamnya. Tetapi jika kamu ingin memesan di hotel ini harus jauh-jauh hari karena penginapan ini sangat ramai dan banyak disukai wisatawan.

Jembatan di Pantai Sayang Heulang (foto: telusurindonesia.com)

Karena pantai ini berdekatan dengan Pantai Santolo yang juga sangat terkenal itu, maka kamu juga bisa langsung mengunjunginya. Terdapat sebuah jembatan penyeberangan yang mengakses langsung ke Pantai Santolo. Dari jembatan kamu bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Melihat beberapa fauna seperti gerombolan monyet dan burung-burung. Bahkan kamu bisa bermain dengan monyet-monyet tersebut dan memberi makan. Tenang saja jika kamu tak mengganggu mereka, maka monyet-monyet tersebut juga pasti tidak akan mengganggu perjalanan kamu menuju Pantai Santolo.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Sayang Heulang

Jalan masuk ke Kota Garut (foto: panoramio.com)

Untuk dapat sampai di lokasi wisata Pantai Sayang Heulang ini tentu saja kamu dari tim Jejakpiknik.com juga akan memberikan rekomendasi agar kamu dan rombongan mudah untuk sampai. Ada beberapa rute yang bisa kamu lalui, dan juga akses jalan sudah sangat bagus karena pemerintah daerah setempat sangat mendukung Pantai Sayang Heulang dijadikan salah satu tempat wisata favoti di Kabupaten Garut. Ika kamu datang dari Bandung, maka kamu harus melalui Pangalengan, kemudian Rancabuaya dan selanjutnya kamu akan menemukan lokasi wisata. Sedangkan jika kamu datang dari kota di Garut, maka harus melalui Cikajang kemudian Pameungpeuk. Meski ada beberapa jalan kecil yang bergelombang tetapi masih bisa dilalui dengan baik.

Selanjutnya jika kamu ke Pantai Sayang Heulang menggunakan angkutan umum, maka disarankan menggunakan Elf dari Garut menuju terminal Guntur dan Pameungpeuk kemudian dilanutkan dengan angkutan desa yang melewati pantai. Jika kamu masih bingung, kami sudah menyiapkan koordinat atau peta online yang langsung terhubung dengan google map.

Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

Jembatan penghubung ke Pantai Santolo (foto: kelanakecil.wordpress.com)

Harga tiket masuk untuk ke Pantai Sayang Heulang ini terbilang sangat ramah di kantong. Kamu hanya cukup membayar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Harga tersebut juga tidak akan berubah di hari biasa atau hari libur. Tetapi untuk parkir kendaraan bermotor tentu berbeda, untuk motor kamu hanya perlu membayar parkir 3 ribu rupiah dan mobil sebesar 5 ribu rupiah. Dengan restribusi biaya tersebut tentu saja kamu sudah ikut andil dalam pembangunan pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *