10 Foto Pantai Sedahan Gunung Kidul 2019 Letak Lokasi Akses Camping Greweng Tanjung

Diposting pada
Rate this post
Foto pantai sedahan gunung kidul 2019 letak lokasi akses greweng tanjung sepi di gunungkidul yang cocok untuk camping pakundon dadapan busung ngusalan ngungap yogyakarta jalan ke rute menuju harga tiket masuk alamat peta google map jalur ngecamp
Pantai Sedahan, Foto: jogjaphotography20016.blogspot.com

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Map: Klik disini
HTM: Rp5.000/orang
Buka/Tutup: 24 jam

Gunungkidul adalah sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki pantai-pantai yang indah bagaikan surga dunia. Karena berbatasan dengan Samudera Indonesia, kawasan pesisir Gunung Kidul memiliki banyak pantai dengan segala pesona yang unik seperti Pantai Pakundon, Ngungap, Busung, dan Dadapan. Salah satu dari pantai terindah di sini adalah Pantai Sedahan. Walaupun bukan pantai paling kenamaan, namun Pantai Sedahan adalah tempat kunjungan wajib bagi Anda yang anti pantai ramai dan lebih memilih tempat wisata yang masih alamiah  yang cocok untuk camping.

Pantai Sedahan terletak di Kecamatan Girisubo tepatnya di Desa Jepitu. Dari Kota Yogyakarta, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini adalah sekitar 75 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Bisa Camping, Foto: koranyogya.com

Keindahan Pantai Sedahan

Pantai Sedahan memiliki garis pantai yang cukup panjang dan cukup luas untuk diadikan arena bermain. Di kedua sisinya, ada tebing karang yang mengapit pantai ini dan menjorok ke tengah laut. Ada jalan setapak untuk menaiki puncak tebing tersebut dan menyaksikan indah pemandangan dari sana. Menikmati sore hari sembari menunggu matahari terbenam dari sini adalah aktivitas favorit mereka yang ngecamp di pantai ini.

Pantai Sedahan memiliki deburan ombak khas Laut Selatan dan hamparan pasir putih dengan butiran-butiran yang halus. Pantai ini memiliki bentuk yang sangat istimewa karena diapit oleh perbukitan hijau yang elok. Air biru keijauan yang bening, segar dan berkilauan tertimpa cahaya matahari akan menghipnotis siapa pun untuk menceburkan diri dan bermain-main di dalamnya.  Namun, perlu diingat, bahwa karena pantai-pantai selatan selalu berarus dan ombak kuat, maka para wisatawan tidak disarankan untuk berenang terlalu jauh dari daratan.

BacaJuga:  Jalur Menantang Menuju Wisata Alam Kalibiru
Pemandangan Pantai dari Tebing, Foto: jogjaempatroda.com

Rute Menuju Pantai Sedahan

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh pengunjung dari Yogyakarta, sepert yang akan terlihat di peta atau Google Map.

Rute pertama adalah dengan melewati kota Wonosari. Untuk menuju Pantai Sedahan dengan menggunakan rute ini, pertama-tama Anda harus berkendara dari Yogyakarta menuju Patuk dan lapangan terbang Gading lalu Siono hingga sampai di Wonasari kota. Lanjutkan perjalanan Anda di Jalan Baron hingga sampai daerah Mulo. Dari sini, berbeloklah ke kiri menuju arah ke Tepus. Sesampainya Anda di Tepus, Anda akan bisa menjumpai sebuah pertigaan. Belokan ke arah kanan akan mengantarkan Anda menuju Pantai Indrayanti sedangkan belokan ke kiri akan mengantarkan Anda ke Wediombo dan Pantai Siung. Berbeloklah ke kiri pada jalur ke Wediombo. Lanjutkan perjalanan Anda ke Ndakbong hingga Purwodadi. Di sini, kembali Anda akan menjumpai sebuah pertigaan. Belok kanan akan mengantarkan Anda ke beberapa pantai termasuk Pantai Siung, Njogan dan Nglambor sedangkan jika Anda melanjutkan perjalanan Anda akan berada ke jalur Pantai Wediombo. Berkendaralah lurus hingga sampai ke Balong dan pertigaan Jepitu. Di pertigaan ini, beloklah kanan. Ini adalah jalan ke berbagai pantai termasuk Pantai Wediombo, Watu Lumbung, Jungwok, dan pantai Sedahan. Pantai Sedahan berada setelah TPR dan sebelum pintu masuk pantai Wediombo. Berbeloklah ke kiri dan Anda akan sampai di Pantai Sedahan.

Pantainya Indah, Foto: denubay.blogspot.com

Sedangkan rute kedua ditempuh dengan mengawali perjalanan yang dimulai dari Parangtritis dan menelusuri jalan menuju Sedahan. Dari Yogyakarta, berkendaralah menuju Bantul dan Parangtritis. Dari sini, lanjutkanlah perjalanan hingga melewati Panggang dan Saptosari. Setelah sampai di Baron, lanjutkan perjalanan Anda ke Tepus melewati Kukup dan Indrayanti. Dari sini, rute yang harus ditempuh wisatawan sama dengan rute pertama. Di rute kedua ini, Anda menyusuri tepian-tepian daerah pantai sehingga akan terasa lebih menantang dan seru. Jika Anda ingin pengalaman yang berbeda, Anda boleh mencoba rute ini.

BacaJuga:  7 Paket Wisata Murah Kalibiru Mulai Dari 140 Ribuan
Pengunjung Asik Menikmati Pantai, Foto: yukpiknik.com

Pantai Sedahan juga bisa ditempuh dari Kota Solo. Dari kota ini, jarak yang dibutuhkan adalah 90 km dengan lama perjalanan sekitar dua setengah jam. Dari Surakarta, lanjutkan perjalanan ke Grogol lalu teruslah berkendara hingga Anda sampai di Jalan Wonosari-Praci. Dari sini, lanjutkan perjalanan hingga sampai Ngrancah. Di depan Puskesmas Ngrancah, ambillah belok ke kanan hingga sampai di Pertigaan Jepitu. Dari sini, Anda tinggal berkendara ke arah kiri menuju deretan pantai Wediombo dan mengikuti instruksi di atas hingga sampai ke Pantai Sedahan.

Menikmati Pemandangan Pantai, Foto: tripadvisor.com

Jika Anda tidak memiliki akses kendaraan pribadi, jangan khawatir. Anda juga bisa menggunakan transportasi publik untuk bisa menikmati keindahan pantai ini. Dari Terminal Giwangan di Yogyakarta, naikilah bus dengan tujuan Wonosari. Sesampainya di terminal Wonosari, carilah bus yang menuju arah Jepitu. Biaya yang harus Anda dapatkan untuk bus ke jurusan ini adalah sekitar Rp10.000. Dari Jepitu, ada pangkalan ojek yang siap membantu Anda hingga sampai tujuan. Sebelum berkendara, tawarlah ojek terlebih dahulu hingga mencapai kesepakatan harga.

Jejak di Pantai, Foto: paulusrisang.wordpress.com

Lokasi parkir dimana Anda harus meletakkan kendaraan Anda sebenarnya adalah lokasi parkir untuk tiga pantai yang berjajar berdampingan sekaligus yaitu Pantai Greweng, Pantai Jungwok dan pantai Sedahan. Dari lokasi parkir ini, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanannya agak jauh tapi menyenangkan bagi pecinta alam, traveler dan Anda yang berjiwa petualang. Pemandangan sawah, gunung, dan pepohonan hijau serta aktivitas petani akan menemani kita sepanjang perjalanan.

Rute ke Pantai Sedahan, Foto: noyvesto.net

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan

Tiket masuk yang harus Anda bayar hanyalah ketika Anda memasuki kawasan pantai Wediombo saja, yaitu Rp5.000. Dengan tiket masuk ini, Anda bisa menjelajah beberapa pantai sekaligus.

BacaJuga:  Pesona Puncak Becici Dlingo Bantul Yogyakarta

Pantai Sedahan  masih belum memiliki fasilitas-fasilitas penunjang seperti kamar ganti atau penginapan. Akan tetapi, memang itulah keistimewaannya. Ini adalah pantai favorit pelancong anti-mainstream yang hobi camping. Wisata di pantai yang masih alami ini dijamin seru dan membuat gembira. Apalagi, sembari bersantai, para wisatawan juga bisa memancing ikan sepuasnya sambil menikmati pemandangan mempesona yang tersuguh di depan mata. Bahkan, banyak juga yang mendatangi pantai ini dari jauh hanya untuk memuaskan hobi memancingnya di sini.

Panorama Pantai, Foto: jogjadventuretrip.wordpress.com

Selain akhir pekan dan liburan panjang, pantai ini tergolong masih sepi. Anda bisa menikmati pantai ini sepuasnya seperti pantai pribadi. Bahkan, Anda juga bisa mencoba memuaskan hasrat petualangan dengan melakukan susur pantai menjelajahi Pantai Sedahan hingga Pantai Jungwok, melewati Pantai Sinden, Pantai Greweng, dan Pantai Ngusalan. Selain dihibur dengan debur ombak dan langit biru membentang yang menyegarkan matamu, pemandangan perbukitan, sumber air tawar, batuan kapur indah, goa alami, dan burung-burung yang bertebangan akan membuat perjalanan ini sama sekali tak terasa. Bahkan, hanya bahagia dan syukur yang akan ada dalam hati Anda.

Pengunjung Sedang Bermain Air, Foto: denubay.blogspot.com
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.