10 Gambar Pantai Sembukan Wonogiri, Rute Jalan Menuju Wisata, Letak Lokasi + Penginapan di Sekitar

Posted on
10 Gambar Pantai Sembukan Wonogiri, Rute Jalan Menuju Wisata, Letak Lokasi + Penginapan di Sekitar
Rate this post
Sangat Menawan | Instagram @wildanla
Sangat Menawan | Instagram @wildanla

Lokasi: Dusun Sembukan, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 5.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Jawa Tengah terkenal dengan masyarakatnya yang begitu ramah. Tak heran, banyak wisatawan mancanegara sering melancong ke provinsi ini. Budaya jawa amat kental disini. Sopan santun dan tenggang rasa begitu terasa. Namun bukan hanya itu saja kelebihannya.

Mengagumi Ciptaan-Nya | Instagram @devahandriyan
Mengagumi Ciptaan-Nya | Instagram @devahandriyan

Keindahan alam Jawa Tengah juga patut untuk disyukuri. Banyak tempat wisata alam indah di sini dan salah satunya berada di Wonogiri. Keindahan alam Wonogiri ini salah satunya adalah Pantai Sembukan. Keindahan wisata alam pesisir Jawa Tengah ini tak kalah indah dengan pantai-pantai di daerah lain, seperti Gunung Kidul, Jogja, Pacitan dll. Berikut deskripsi pesonanya.

Lokasi

Alamat Pantai Sembukan Wonogiri terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Nampu. Lokasinya juga dekat dengan masjid puncak Sembukan dan Butik Pantai Sembukan. Jarak menuju tempat ini membutuhkan waktu sekitar 120 menit jika ditempuh dari pusat Kota Wonogiri.

Hangat dan Bikin Nyaman | Instagram @anggiparasit
Hangat dan Bikin Nyaman | Instagram @anggiparasit

Pantai Sembukan berada diantara banyak bukit-bukit, bisa dibilang tempat wisata ini terpencil. Tetapi, akses menuju ke sini cukup mudah karena jalanan sudah teraspal rapi, petunjuk jalan sudah terpampang dipinggir jalan, dan terdapat beberapa toko makanan dan minuman disepanjang jalan menuju lokasi. Sepanjang jalan pantai Sembukan, pengunjung dapat melihat hamparan ombak dan indahnya biru langit pada siang hari.

Rute Pantai Sembukan jika diakses dari Stasiun Balapan Solo

Stasiun Balapan Solo – Grogol – Wonogiri – Pracimantoro – Paranggupito – Pantai Sembukan

Jarak dari Stasiun Balapan Solo menuju ke Pantai Sembukan sekitar 2 jam 24 menit dengan jarak tempuh 89 km. Sebelum memulai perjalanan ke lokasi, pengunjung diharapkan mempersiapkan stamina yang prima dengan istirahat cukup dan membawa beberapa obat pribadi.

BacaJuga:  Alasan Kenapa Klenteng Sam Po Kong Semarang Wajib Dikunjungi? Simak 10 Foto ini
Harus Menuruni Tangga Dulu | Instagram @o_nit___
Harus Menuruni Tangga Dulu | Instagram @o_nit___

Pastikan kendaraan juga dalam kondisi bagus, tanpa ada gangguan apapun. Bekal makanan dibawa untuk sumber energi ketika diperjalanan. Apalagi ketika perjalanan menggunakan sepeda motor, dipastikan bahwa kondisi ban dan bensin terisi penuh untuk menghindari kejadian tidak diinginkan. Bila ingin memulai arah rute jalur  perjalanan yang berbeda dengan gambar, maka dapat mengakses Google Maps maupun peta lainnya saat memulai perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk per orang yaitu Rp. 5.000. Biaya tersebut terjangkau bagi anda yang ingin berwisata di Pantai yang eksotis ini.

Fasilitas di Pantai Sembukan Wonogiri

  1. Pendopo
  2. Kantin
  3. Sanggar

Peraturan di Pantai Sembukan Wonogiri

Sebaiknya tidak berenang, karena ombak yang tinggi dan kencak serta bibir pantai yang didominasi oleh karang – karang kecil yang sangat tajam. Namun anda dapat menaiki bukit dengan ratusa anak tangga. Bukit ini sangat tinggi, sehingga dapat melihat pemandangan laut yang menajubkan. Anda dapat mengabadikan momen diatas bukit ini dengan kekasih, keluarga, maupun teman anda.

Mitos

Tempat wisata ini tidak lepas dengan mitos yang kental di lingkup masyarkat. Dahulu kala, Pantai Sembukan Wonogiri dianggap sebagai akses pintu ke – 13 untuk Nyi Roro Kidul, Ratu Laut Selatan saat menghadiri pertemuan penting dengan raja-raja Kasunana Surakarta. Beberapa pengunjung percaya bahwa pantai ini dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah dan keuntungan dalam hidupnya.

Disambut dengan Ombak | Instagram@aiinmci
Disambut dengan Ombak | Instagram @aiinmci

Tak heran banyak beberapa pengunjung dari dalam maupun luar kota yang datang ke pantai ini untuk bermeditasi atau melakukan ritual – ritual tertentu. Ritual yang sakral dan dilakukan oleh masyarakat sekitar setiap malam 1 Suro yaitu Ritual Larung Ageng. Ritual ini digelar untuk menghargai Nyi Roro Kidul serta sebagai rasa syukur atas hasil bumi yang diperoleh warga sekitar.

Beberapa pemancing mengakui sering melihat penampakan makluk halus di sekitaran pantai Sembukan. Mereka merasa diawasi oleh beberapa orang, namun ketika ditelurusi, tidak ada orang satupun berada disana. Cerita ini membuat beberapa pengunjung takut. Namun, ada beberapa pengunjung yang justru tertantang dan penasaran dengan sosok kehadiran Nyi Roro Kidul.

BacaJuga:  3 Jalur Pendakian Ke Gunung Ungaran, Sepanjang Perjalanan Gak Bakal Bosan Deh!
Termenung | Instagram @mukhlis.anjasmara
Termenung | Instagram @mukhlis.anjasmara

Sehingga terkadang pada saat malam hari, beberapa pengunjung membawa sesajen untuk dipersembahkan ke Nyi Roro Kidul Ratu Laut Selatan. Bila anda merupakan seorang yang memiliki iman kepada Tuhan, maka abaikan saja mitos atau legenda maupun cerita misteri ini, cukup sebagai pengetahuan saja. Intinya adalah bersikap baik dimanapun kita berada. Semua cerita ini berinti pada hal tersebut.

Keindahan Pantai Sembukan Wonogiri

Meskipun cerita mistis Nyi Roro Kidul sangat kental di Pantai ini, namun tidak perlu takut untuk berkunjung kesini, karena Pantai Sembukan Wonogiri memiliki pemandangan yang menanjubkan bila dilihat dari atas bukit. Angin pantai yang sejuk dan hijaunya pepohonan membuat anda betah berada disini. Apalagi ditemani dengan lagu dari alam.

Saya Persembahkan... | Instagram @dhw___
Saya Persembahkan… | Instagram @dhw___

Apalagi, saat bersantai ditemani dengan kelapa muda dan makanan ringan. Cocok sekali bagi anda yang suka dengan berjemur dan ketenangan. Anda dapat mengambil spot foto dibeberapa puncak bukit disekitar pantai. Saat matahari terbenam, seakan mata anda dimanjakan oleh keindahan surga tersebunyi Wonogiri.

Menatap Masa Depan | Instagram @_adi_sumarna
Menatap Masa Depan | Instagram @_adi_sumarna

Bila anda merupakan pasangan yang romantis, anda dapat menikmati senja dengan pasangan anda. Duduk bersantai sampai membakar jagung bakar merupakan momen yang pas. Meskipun anda tidak dapat berenang di pantai ini, tapi keindahan panorama alamnya akan membuat anda takjub akan surga tersembunyi dari Wonogiri.

Bawa Kacamata Biar Tidak Silau | Instagram @inuyashaa_
Bawa Kacamata Biar Tidak Silau | Instagram @inuyashaa_

Jika penasaran dengan pesona pesisir Wonoogori ini, maka cobalah membuka Youtube. Di sana terdapat beberapa video yang menampilkan keindahan pantai ini. Jika tidak memiliki kuota, langsung saja cari tempat yang menyediakan WiFi gratis.

Penginapan Terdekat

Bila anda merupakan pengunjung dari luar kota dan memiliki uang liburan lebih, disarankan untuk memesan beberapa hotel demi kenyamanan anda. Berikut beberapa penginapan terdekat beserta harga dan fasilitas :

1. Novotel Solo – Solo (Surakarta)

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi 272,lokasi berada kurang lebih 97 meter dari Pantai Sembukan

Harga

Harga penginapan per malam adalah Rp 968.000 untuk 2 orang. Harga penginapan per malam hotel ini cukup mahal karena hotel bintang 4 dengan fasilitas yang lengkap

BacaJuga:  Tiket Masuk Taman Lele Semarang, Tarif Hotel + Jam Buka Kampung Wisata

Fasilitas  

– 2 ruang tamu

– Free Wi-Fi dalam ruangan

– Laundry

– Pusat Fitnes

Airport Transfer

Bicycle Rental

Elevator

Kids Club

Valet Parking

Massage

2. Red Planet Solo

Lokasi

Jl. Dr. Soepomo No 49, Surakarta, kurang lebih 398 meter dari Pantai Sembukan Wonogiri

Harga

Harga penginapan per malam yaitu Rp. 453.200 untuk 2 orang. Tarif per malam cukup terjangkau karena hotel bintang 2 dengan fasilitas standar.

Fasilitas

– AC

– LCD TV

– Shower

– Toilet

– Kabel TV

– Meja

– Ruang Keamanan

3. Laksana Inn – Solo

Lokasi

Teratai 2 No.11, Solo. Hotel berada kurang lebuh 450 meter dari Pantai Sembukan Wonogiri

Harga

Harga biaya per malam yaitu Rp 451.000 untuk 2 orang. Hotel cukup terjangkau karena hotel bintang 2 dengan fasilitas standar

Fasilitas

– Wi-Fi

– Parkir mobil

– Laundry

– Koran

– Penyewaan Sepeda

Beberapa review hotel diatas merupakan referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata di Pantai Sembukan secara eksklusif. Jika anda ingin mencari lagi beberapa hotel yang cocok dengan kantong anda dan fasilitas yang anda inginkan.

Begitu Mempesona | Instagram @x_n_dra
Begitu Mempesona | Instagram @x_n_dra

Anda dapat mengakses travelio.com, di web ini anda dapat menentukan kisaran harga, fasilitas dan jarak dengan lokasi wisata yang akan anda kunjungi. Apapun pilihan hotel anda, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan uang anda.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.