10 Gambar Pantai Semeti Beach Lombok Tengah + Letak Peta Rute Lokasi

Posted on
Pantai semeti beach lombok tengah lokasi ntb lokasi peta rute letak gambar tlawas are guling tanjung ringgit mawi teluk mekaki central regency west nusa tenggara barat kabupaten selatan jalan menuju harga tiket masuk alamat akses google map foto denah wisata sejarah misteri mitos jalur ke
Pantai Semeti, Foto: duniawisata.com

Alamat: Jalan Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83572
Map: Klik disini
HTM: Rp5.000
Buka/Tutup: 24 jam

Lombok memang memiliki deretan pantai-pantai menakjubkan yang akan membuat siapa pun terpesona, sebut saja Pantai Pink, Gili Trawangan, Gili Kondo, Selong Belanak, Are  Guling, Tanjung Ringgit, Teluk Mekaki, dan lain-lain. Salah satu pantai yang harus dikunjungi ketika berwisata ke Lombok Tengah, NTB adalah Pantai Semeti. Pantai berpasir putih bersih ini memiliki lokasi  di dekat jajaran pantai-pantai indah lain di kawasan Selong Belanak, seperti Pantai Mawi, Pantai Ruwuk, Pantai Tlawas, dan Pantai Mawun. Deretan pantai-pantai ini memiliki ciri panorama alam serupa, dengan perbukitan hijau, laut biru jernih dengan ombak yang cukup riang.

Batuan dengan Akuarium Alam di Pantai Semeti, Foto: wisatadilombok.com

Berbeda dengan Pantai Mawi yang terletak dekat hanya berbataskan bukit, Pantai Semeti tidak dipenuhi oleh para peselancar dari manca negara yang mengadu kepiawaian mereka dalam mengendarai ombak. Sebaliknya, Pantai Semeti hening dan tenang, cocok bagi Anda yang mengidamkan kedamaian sembari membenamkan diri dalam keindahan alam, terlepas dari mitos dan legenda angker yang kadang berhembus.

Dulunya, sejarah pantai ini adalah semacam secret beach tersendiri bagi pecinta alam di pulau ini karena memang lokasinya yang tersembunyi dan penuh kesabaran dan tekad untuk mengaksesnya. Jalanan persawahan yang harus dilalui untuk menuju pantai ini penuh lubang dan bahkan belum diaspal, beruasana penuh misteri. Ketika musim hujan tiba, kondisi jalan akan menjadi becek dan licin.

Pantai Semeti Lombok Selatan, Foto: lombokbulanmadu.com

Keindahan Pantai Semeti

Pantai Semeti  tersembunyi di balik perbukitan eksotis Selong Belanak, sehingga aksesnya cukup merupakan sebuah petualangan dengan jalanan rusak parah. Seperti Pantai Kuta Lombok yang sangat terkenal, pantai ini memiliki pasir putih terhampar yang halus dan indah. Akan tetapi, berbeda dengan Pantai Kuta, pantai ini memiliki batuan karang eksotik yang menambah pesonanya.

Indahnya Bebatuan di Pantai Semeti, Foto: wisatadilombok.com

Pantai Semeti memiliki deretan tebing-tebing kokoh yang menjulang indah dan gagah. Panorama alam yang luar biasa cantik tersimpan di balik kokoh tebing-tebing tersebut. Pantai Semeti terkenal karena akuarium-akuarium alamnya yang membuat takjub. Bukannya terbuat dari kaca, akuarium ini terjadi secara alami karena adanya cekungan pada batan.

Akurium-akuarium alam tersebut berada di atas karang-karang pantai tempat habitat kumpulan terumbu alam warna-warni dan ikan-ikan cantik yang berenang ke sana ke mari. Jernih airnya membuat keindahan tersebut jelas teramati. Ketika ada ombak besar menghantam, cekungan-cekungan akuarium tersebut akan dibanjiri dengan air laut. Kemudian, buih putih ombak laut tersebut akan menyelip keluar dari celah-celah karang kembali mundur ke samudera. Begitu buih-buih putih air laut tersebut menghilang, kejernihan panorama  akuarium alam Pantai Semeti akan kembali bersama tenangnya air.

Pemandangan Indah Pantai Semeti, Foto: lombokbulanmadu.com

Akuarium-akuarium tersebut akan terlihat berwarna-warni dari kejauhan karena terumbu karang hidup yang mendiaminya. Biota laut yang kaya dan sehat adalah anugerah alam yang bisa dengan bebas kita nikmati dan foto di pantai ini.

Keindahan Pantai Semeti ini bahkan kadangkala disejajarkan dengan nama-nama pantai terkenal di dunia. Bahkan, dalam daftar sepuluh pantai tercantik Lonely Planet, nama pantai ini pernah bersanding dengan pantai-pantai lain di Kepulauan Bahama, Hawaii, dan Karibia. Tak heran sebenarnya, karena Pulau Lombok sendiri telah termasuk dalam lima pulau paling baik sebagai destinasi wisata di Asia. Karena itu, kekayaan pesona alamnya jelas bisa disejajarkan dengan titik-titik wisata legendaris lainnya di dunia.

Surga Alam Indah dari Lombok, Foto: sanjayayasin.blogspot.com

Rute Jalan dan Akses Menuju Pantai Semeti

Pantai Semeti terletak di Central Regency of Lombok, West Nusa Tenggara. Untuk mencapai pantai ini, Anda harus mengalokasikan waktu sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Mataram. Perjalanan yang Anda tempuh akan agak berat karena di akhir dari rute menuju pantai, Anda harus melalui jalanan tanah yang masih belum layak tempuh.

Taman Laut di Atas Akuarium Alam, Foto: caderabdul.wordpress.com

Dari Mataram, lajukan kendaraan Anda ke Jalan Aneka Raya dan carilah jalan menuju Jalan Raya Mataram-Labuan Lombok dengan mengikuti peta, Google Map, atau denah. Kemudian, putar balik dan menujulah Jalan Gajah Mada, lanjutkan perjalanan hingga sampai bundaran dan ambil jalan keluar kedua. Tetaplah berada di sebelah kanan dan setelah mendapati bundaran lagi, lajukan kendaraan menuju Jalan Bypass Bandara International Lombok. Lanjutkan perjalanan di jalan ini hingga sekitar 17 kilometer, lalu ambil belokan kiri menuju Jalan Raya Mandalika. Kemudian, berbeloklah ke kanan menuju Jalan Selong Belanak dan teruskan perjalanan Anda di jalan ini hingga sejauh 18 kilometer.

Batu di Semeti, Foto: caderabdul.wordpress.com

Lalu, belok kananlah kembali ke Jalan Selong Belanak-Kuta kemudian kembali berbelok kanan lagi untuk sampai di Jalan Pantai Mawi. Dari sini, perjalanan Anda sudah dekat, hanya tinggal bagian terberat. Pantai ini terletak 10 menit jauhnya dari Pantai Selong Belanak. Ikuti jalur ke kanan pada plang ke Pantai Mawi dan setelah satu kilometer jalanan berbatu, beloklah kiri menuju pantai Semeti.

Perjalanan Anda tidak akan sia-sia ketika Anda tiba di pantai ini. Keheningan dan suasana alami akan menyambut Anda, di area pantai yang bahkan sepi dari jamahan manusia dikarenakan tidak adanya pemukiman warga. Anda akan merasa bagaikan berada di serpihan surga tersembunyi yang jauh dari hiruk-pikuknya kehidupan kota dan segala kerumitannya.

Pesona Sunset di Pantai Semeti, Foto: wisatadilombok.com

Harga Tiket Masuk Pantai Semeti

Untuk menikmati keindahan akuarium-akuarium alami Pantai Semeti, hamparan pasir putih, dan batu-batu karangnya, pengunjung hanya ditarik Rp5.000 saja. Para pengunjung yang tidak membawa cukup bekal makanan dan minuman tidak perlu khawatir karena meskipun hening, di daerah pantai ini telah terdapat penjual yang menawarkan minuman dingin dan santapan untuk mengganjal perut.

Serasa di Planet Lain, Foto: indolah.com

Di pantai ini, Anda yang hobi memancing akan bisa menyalurkan hobi karena kayanya lautnya dengan biota termasuk ikan-ikan yang bisa dikonsumsi. Para pecinta memancing lokal di area ini juga menjadikan pantai ini spot pemancingan favorit. Akan tetapi, jangan lupa untuk membawa alat pancing sendiri karena Anda tidak akan menemukan persewaan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *