Rute Pantai Sendang Biru Malang Selatan Jawa Timur + 10 Gambar & Tiket Masuk Lokasi

Posted on
Rute pantai sendang biru malang selatan jawa timur gambar wisata 3 tiga warna dan pulau sempu penginapan hotel dekat lokasi foto peta alamat harga tiket masuk letak dimana 2017 jalan menuju sejarah bajul mati
Pantai Sendang Biru yang berada di Kabupaten Malang memiliki pesona yang begitu indah (foto: listyareina.wordpress.com)

Lokasi: Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjang Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur 65176, Indonesia
Koordinat:
Klik Di Sini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam
Nomor Telepon: ­

Keindahan yang dimiliki oleh kota Malang memang tidak ada habisnya. Apalagi jika membicarakan tentang wisata alamnya. Nah, kali ini tim jejakpiknik.com akan membahas tentang salah satu tempat wisata di arah selatan Kota Malang yaitu Pantai Sendang Biru. Tempat wisata ini adalah salah satu kebanggan yang dimiliki warga Malang selain Pantai Goa Cina, Pulau Sempu dan lainnya.

Memiliki pasir yang berwarna putih serta bersih membuat para pengunjung merasa betah dan senang bermain di pinggir pantai (foto: kladionica24h.blogspot.com)

Alamat lengkap Pantai Sendang Biru  ini berada di Desa Tambakrejo, Sumbermanjang Wetan. Pantai ini menuju arah selatan Kabupaten Malang. Pemandangan yang diberikan juga sangat indah dan eksotis. Maka tak heran jika banyak sekali yang datang ke sini tak hanya dari pengunjung lokal. Banyak juga wisatawan yang datang berasal dari luar daerah seperti Surabaya, Bandung, Jakarta dan Jember. Tentu saja pantai ini tidak kalah keren dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia. Apa saja keindahan yang di miliki Pantai Sendang Biru mari kita bahas bersama ya.

Sejarah dan Asal Usul dari Pantai Sendang Biru

Banyak sekali para pengunjung yang datang ke Pantai Sendang Biru. Ada beberapa anak kecil yang bahkan mandi di pinggir laut (foto: jejakskandal.com)

Sama juga dengan tempat wisata lainnya yang ada, Pantai Sendang Biru juga memiliki cerita dan asal usul mulanya nama tentang Pantai Sendang Biru. Uniknya pantai ini berhadapan langsung dengan pantai lain yaitu Sempu. Memang wisatawan yang datang ke Sendang Biru selalu melanjutkan ke Pantai Sempu. Pantai ini hanya dipisahkan dengan selat yang terbilang kecil dan sempit, biasanya digunakan untuk berolahraga lau.

Pantai Sendang Biru berada di daerah selatan Kota Malang yang terkenal dengan mitos dan cerita misterinya. Meski tak kental dengan daerah yang angker atau lainnya di Pantai Sendang Biru masih sering dilakukan kegiatan-kegiatan keagaman. Setiap hari Syawal yaitu antara tanggal 7 atau 8 banyak sekali para nelayan yang datang ke Pantai Sendang Biru untuk melakukan ritual tertentu.

Terlihat batu karang yang begitu besar berada di pinggir pantai. Bantu ini biasanya digunakan sebagai objek foto oleh pengunjung yang datang ke Pantai Sendang Biru (foto: telusurindonesia.com)

Para nelayan atau bahkan warga sekitar mengambil air di daerah sekitar Pantai Sendang Biru. Pantai Sendang Biru juga memiliki sumber mata air tawar yang dinilai memiliki manfaat yang dapat digunakan. Warga sekitar percaya bahwa air yang ada di sumber mata air tersebut bisa untuk menyembuhkan sakit yang diderita. Meski demikian semua kembali pada diri masing-masing untuk percaya atau tidak.

Nama dari Sendang Biru memiliki arti yang cukup unik dari bahasa Jawa yaitu sumber mata air yang memiliki warna biru. Air yang ada di Pantai Sendang Biru juga terlihat masih alami dan sangat jernih. Warna biru dipercaya berasal dari pantulan langit sehingga air laut nampak jelas.

Bermain-main dengan perahu nelayan yang sedang di parkir di pinggir pantai adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anak-anak yang datang ke sini (foto: zona1000.com)

Jika kamu datang di bulan Syawal yaitu sekitar September maka bisa menemui berbagai macam kegiatan tradisional yang sering dilakukan seperti orkes, wayang kulit dan dangdut. Ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur nelayan dan warga setempat atas nikmat yang sudah diberikan. Selain bisa menikmati pesta adat yang dilakukan ini kamu bisa berkenalan dengan warga setempat dan tentunya akan menambah pengalaman yang lebih seru.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pantai Sendang Biru

Sebagian besar mata pencaharian masayarakat yang ada di Pantai Sendang Biru adalah sebagai nelayan (foto: okilukito.wordpress.com)

Pasir yang ada di Pantai Sendang Biru dikenal dengan pasir yang bersih dan berwarna putih. Air lautnya juga sangat bersih dan jernih membuat para pengunjung merasa betah dan nyaman. Selain itu pemandangan yang ada juga sangat indah. Tentu saja ini sangat pas untuk dijadikan pengalaman yang sangat mengasikan. Tentu saja jangan lupa untuk mengabadikan moment ini dengan mengambil gambar atau agar bisa kamu buat sebagai kenang-kenangan.

Banyak sekali spot foto yang bisa kamu ambil di Pantai Sendang Biru, jadi jangan khawatir jika foto yang kamu ambil tidak bagus. Moment lain yang sangat pas adalah saat kamu mengambil foto ketika sunset datang. Apalagi yang kita tunggu saat berlibur ke sebuah pantai jika tidak moment matahari tenggelam. Pemandangan eksotis ini tentu saja sangat disukai oleh semua pengunjung pecinta laut.

Salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh para nelayan di Pantai Sendang Biru adalah upacara adat seperti petik laut yang ada di foto ini dilakukan setiap tanggal 27 september (foto: klimg.com)

Pantai Sendang Biru juga merupakan salah satu tempat untuk mencari ikan. Banyak sekali warga setempat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Semua ini dibuktikan dengan pemandangan yang ada yaitu berjejer perahu nelayan yang nampak indah. Uniknya perahu-perahu nelayan ini dihias dengan warna-warni yang indah sehingga membuat para pengunjung ingin melihat dan berfoto di sekitar perahu tersebut.

Di bagian sudut lain terdapat tempat yang begitu indah dengan ombak yang begitu tenang. Kamu bisa berenang di Pantai Sendang Biru dengan sangat puas (foto: panduanwisata.id)

Selain dijadikan sebagai sarana mencari ikan, perahu-perahu tersebut juga bisa kamu sewa. Jika kamu ingin berkeliling Pantai Sendang Biru maka bisa menyewa perahu nelayan ini. Tarif yang diberikan untuk menyewa perahu ini cukup murah. Ada beberapa pilihan seperti perahu motor atau menggunakan dayung. Untuk perahu motor kamu bisa menyewa dengan harga berkisar 100 sampai 150 ribu rupiah, sedangkan perahu dayung yaitu sekitar 50 sampai 75 ribu rupiah. Harga tersebut akan membuat kamu berkeliling pantai hingga pantai tetangga yaitu Pantai Sempu.

Terlihat beberapa armada perahu nelayan yang berada di dermaga pantai. Perahu-perahu ini siap untuk berlayar mencari ikan di tengah laut. (foto: doubletrackers.com)

Salah satu yang membuat Pantai Sendang Biru juga ramai dikunjungi yaitu adanya tempat pelelangan ikan atau TPI. Para nelayan selalu menjual kembali di sini sehingga saat kamu pergi ke Pantai Sendang Biru bisa langsung membeli berbagai macam jenis ikan laut dengan harga yang relatif murah daripada di pasaran. Banyak sekali jenis ikan laut yang bisa kamu temui yaitu cumi-cumi, lobster, tuna, tenggiri, kaka warna putih dan masih banyak yang lainnya. Bahkan ikan-ikan di Pantai Sendang Biru juga sudah terkenal hingga sampai di export ke luar negeri.

Pemandangan yang begitu indah ini tentu saja wajib kamu rasakan. Deburan ombak serta udara yang sejuk bisa kamu rasakan di Pantai Sendang Biru (foto: wisatatiga.com)

Fasilitas lain yang ada di Pantai Sendang Biru adalah disediakannya penginapan atau hotel. Pantai ini dikelola oleh perusahan yang bernama Forestay maka fasilitas penginapan sudah sangat tersedia. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu gunakan seperti Guest House yang ada di sekitar pantai. Harganya juga relatif murah yaitu sekitar 75 hingga 100 ribu rupiah per malamnya.

Duduk-duduk di pinggir pantai dengan bermain pasir putih adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan (foto: djarumbeasiswaplus.org)

Saking terkenalnya Pantai Sendang Biru juga bisa kamu lihat videonya di medial sosial seperti youtube. Banyak sekali pengunjung yang sudah ke Pantai Sendang Biru meng-upload video keseruan saat berada di Pantai Sendang Biru. Sebelum pergi berlibur, ada baiknya kamu melihat video-video tersebut agar mengetahui terlebih dahulu betapa indahnya pemandangan yang ada di Pantai Sendang Biru. Maka akan membuat kamu semakin penasaran dan ingin segera peri ke Pantai Sendang Biru.

Rute dan Jalan Menuju Pantai Sendang Biru

Moment sunset yang ada di Pantai Sendang Biru adalah salah satu yang paling di nanti oleh setiap pengunjung yang datang (foto: unique-www.blogspot.com)

Menuju Pantai Sendang Biru itu sangat mudah di lalui, kami akan memberikan penjelasan tentang rute yang harus kamu lewati baik menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Sebenarnya selain kamu bisa datang ke Pantai Sendang Biru, ada juga tempat wisata lain yang dirasa masih dalam satu jalur. Sebut saja Bajul Mati, Balekambang, Pantai 3 Warna dan Pantai Sempu. Seperti peribahasa yang menyebutkan setali 3 uang jadi sekali jalan kamu dapat mengunjungi berbagai tempat wisata. Letak dari banyaknya pantai tersebut memang sangat dekat.

Pasar ikan yang ada di Pantai Sendang Biru (foto: wisatanusa32.blogspot.com)

Jika kamu berangkat dari luar kota seperti Surabaya maka harus turun di Kota Malang. Dari Kota Malang sendiri untuk menuju ke Pantai Sendang Biru kamu memerlukan waktu sekitar 2 jam menggunakan angkutan kota. Untuk harganya saat ini berkisar 4 ribu rupiah. Atau juga bisa menggunakan bus kecil jurusan ke arah Turen. Untuk bus ini kamu perlu membayar sekitar 15 ribu rupiah. Setelah kamu harus kembali menggunakan transportasi lain seperti ojek agar sampai ke Pantai Sendang Biru.

Nah, untuk kali ini kami akan menjelaskan untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk ini lebih mudah daripada dengan angkutan umum. Kamu juga bisa menggunakan titik koordinat yang kami berikan dan langsung terhubung dengan peta online di google map. Kamu bisa download aplikasinya di hp. Biaya yang kamu keluarkan juga lebih mudah serta waktunya juga lebih efisien dan cepat.

Dari kota Malang kamu harus melewati daerah Gadang, nah setelah itu jalan saja lurus kemudian belok ke kiri. Setelah itu kamu akan menemui sebuah pabrik yaitu Gula Krebet. Di sana kamu akan melihat papan petunjuk jalan ke arah Pantai Sendang Biru. Setelah itu kamu akan melewati Pabrik Pindad lalu teruskan dengan belok ke kiri dan jalan yang cukup menikung. Setelah keluar dari jalan menikung kamu akan mulai masuk ke pedesaan. Dari situ sekitar 15 km lagi akan sampai di Pantai Sendang Biru.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Sendang Biru

Perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan (foto: dickyberbagicerita.wordpress.com)

Untuk jam buka di Pantai Sendang Biru sendiri dibuka selama 24 jam penuh. Karena kamu juga bisa menginap di beberapa penginapan yang sudah disediakan. Untuk penginapan kita sudah bahas diatas maka kamu bisa memilih dari segi harga atau fasilitas yang diberikan. Tentu saja semua yang diberikan akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung wisata Pantai Sendang Biru.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya di tahun 2017 dimana kamu hanya perlu membayar sebesar 5 ribu rupiah per orangnya. Sangat murah bukan, harga yang sangat murah dengan pemandangan yang sangat indah di Pantai Sendang Biru. Berlibur dengan biaya yang sangat murah ini tentu saja akan membuat hati riang dan gembira. Jadi sudah kamu tentukan kapan akan pergi ke Pantai Sendang Biru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *