10 Foto Pantai Soge Pacitan Jawa Timur, Jembatan, Rute Dari Solo + Lokasi Letak Alamat

Posted on
Foto pantai soge pacitan jawa timur rute dari solo ponorogo lokasi letak alamat lirik lagu download mp3 jembatan gambar trenggalek banyu tibo taman pidakan kunir kabupaten 63573 lorok ploso kecamatan peta 2017 youtube denah penginapan sejatah jalan menuju harga tiket masuk google maps
Pantai Soge, Foto: aditairwaves.blogspot.com

Lokasi: Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, 63515.
Google Maps:
Klik disini
HTM:
2000 rupiah
Buka/Tutup:

Telepon:

Berbicara mengenai Pacitan tentu anda akan teringat dengan Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono yang dibesarkan di Ploso, kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam yang terkenal indah. Tak hanya Goa saja, tapi juga pantai-pantai cantik yang keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di daerah lain.

Pantai Soge Terlihat Dari Jalan Raya, Foto: yukpiknik.com

Salah satu pantai yang paling terkenal di Kabupaten Pacitan adalah Pantai Soge. Lokasinya ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Keindahan pantai ini dapat dilihat bahkan sebelum wisatawan masuk area pantai. Yakni ketika anda masih dalam perjalanan menuju lokasi. Maklum saja pantai ini dekat dengan jalan raya.

Pantai Soge, Kecantikannya Tiada Tara

Pemerintah Daerah awalnya memiliki rencana agar Pacitan menjadi Kota Pariwisata. Kala itu Pacitan sudah dikenal dengan wisata Goa-nya bahkan julukan Kota Seribu Goa pun melekat kuat. Sejak itulah pemerintah daerah mulai mempopulerkan wisata lainnya seperti Wisata Pegunungan, Wisata Pantai, Wisata Pemandian Alam hingga Wisata Sejarah di samping terus menggenjot wisata Goa.

Seiring dengan perkembangan zaman wisata pantai pun kian diminati, berawal dari beberapa komunitas yang selalu mengadakan touring melalui jalur lintas selatan. Kegiatan tersebut tak sengaja membuat mereka melihat keindahan alam yang begitu memikat, Pantai Soge. Lambat laun, wisata pantai semakin diminati dan Pantai Soge pun semakin dikenal luas meski memang wisata Goa tetap menjadi primadona di Kabupaten Pacitan ini.

Pantai Soge memiliki pemandangan laut yang luar biasa indah. Hamparan pasir lembut berwarna putih terbentang luas. Debur ombak biru kehijauan yang berpadu dengan birunya langit merupakan kombinasi pemandangan alam yang menakjubkan.

Jembatan Biru di Pantai Soge, Foto: wisata-indonesiana.blogspot.com

Sekalipun Pantai Soge begitu cantik dan menarik, masih belum banyak wisatawan yang datang meski memang setiap tahunnya jumlah pengunjung mengalami kenaikan. Lantaran hal tersebut Pantai Soge ini relatif tenang dan menciptakan suasana yang nyaman. Tak heran jika pengendara yang melintas sengaja menepi untuk menikmati panorama yang disajikan di hadapan mata.

Kendati bisa dinikmati melalui pinggir jalan, tak lengkap rasanya bila anda tak benar-benar menikmati Pantai Soge. Berjalanlah sejenak, rasakan betapa pasir putihnya begitu lembut dan hangat lantaran diterpa cahaya matahari. Desau angin yang berhembus membuat pikiran anda rileks. Cobalah untuk bermain air atau berlarian di sepanjang bibir pantai.

Keindahan Pantai Soge, Foto: wisata-indonesiana.blogspot.com

Keunikan Pantai Soge Pacitan

Di pantai ini ada sebuah kubangan air yang kalau dilihat-lihat mirip sebuah danau. Konon muara tersebut terbentuk karena ada gundukan pasir. Gundukan pasir itulah yang menutup akses jalannya air sehingga menyebabkan air pasang tidak dapat kembali ke laut seperti halnya ombak.

Suasana di Pantai Soge terbilang asri karena banyak sekali berjajar pohon-pohon kelapa nan menjulang tinggi. Benar-benar alami dan kesan pantainya sangat terasa. Itu belum ditambah dengan pemandangan perahu nelayan yang tertambat di bibir pantai.

Cantiknya Pantai Soge, Foto: yukpiknik.com

Selama berada di pantai ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain kejar-kejaran, duduk sambil menikmati pemandangan ataupun mengelilingi pantai dengan perahu sewaan. Ya, di pantai ini para wisatawan bisa menyewa speed boat atau perahu kecil dari nelayan setempat. Tarifnya ramah kantong, hanya sekitar 15 ribu rupiah saja.

Kebanyakan wisatawan takjub dengan kubangan air yang ada bahkan mereka sengaja datang ke Pantai Soge untuk melihat keunikan tersebut secara langsung. Di lokasi ini juga wisatawan kerap mengambil gambar foto baik sendiri maupun ramai-ramai.

Melewati Jembatan, Foto: satujam.com

Sayangnya, di Pantai Soge ini belum banyak pedagang yang bisa dijumpai sehingga akan lebih baik jika anda membawa bekal makan dan minum, tapi ingat jangan membuang sampah sembarangan agar keasrian pantai ini tetap terjaga.

Rute Peta Jalan Menuju Lokasi

Sepanjang jalan menuju Pantai Soge anda akan terpukau dengan keindahan panoramanya. Di kanan dan kiri jalan berjajar tebing-tebing tinggi bebatuan yang dihiasi dengan pepohonan rindang. Anda pun harus berhati-hati karena banyak tikungan tajam, turunan dan tanjakan yang curam.

Jika anda berkendara melalui jalur selatan maka anda akan melewati sebuah jembatan unik yang menjadi ikon kabupaten Pacitan, Jembatan Soge. Jembatan ini adalah penghubung jalur lingkar selatan yang melalui Pacitan.

Puing Kapal Karam, Foto: kompas.com

Uniknya, jembatan yang katanya mirip dengan Sidney Harbour Bridge ini memiliki ciri khas rangka baja melengkung dengan warna biru yang tampak kontras dengan pemandangan sekitar. Berdiri dengan kokoh, jembatan ini menyajikan pemandangan Pantai Soge yang indah. Konon jembatan ini juga dilalui oleh air yang berasal dari muara sungai Soge.

Jembatan ini juga memudahkan warga yang hendak beraktivitas. Pun juga dengan para wisatawan yang ingin mencicipi keindahan alam di kabupaten Pacitan khususnya melalui jalur lingkar selatan.

Pemandangan Yang Bagus dari Jalan Raya, Foto: aroyad.wordpress.com

Adapun rute yang dapat anda gunakan untuk mencapai Pantai Soge antara lain sebagai berikut:
Rute dari Kota Pacitan: Jalan Brigjend Katamso – Jalan Dr. Sutomo – Jalan Basuki Rahmat – Jalan Raya Pacitan-Ponorogo – Jalan Kh. Maghribi – Jalan Pacitan-Lorok – Jalan Raya Pentung Jetak – Arah Sidomulyo – Tujuan.
Terminal Bus Pacitan:Jalan Letjend Soeprapto – Jalan Kedawung – Jalan Kh. Maghribi – Jalan Pacitan-Lorok – Jalan Raya Pentung Jetak – Jalan Pentung-Lorok – Sidomulyo – Tujuan.

Bagi anda yang berasal dari luar kota ada 2 cara yang dapat ditempuh yaitu menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika kendaraan umum maka anda cukup menaiki bus jurusan Pacitan dari terminal kota anda. Barulah setelah sampai di terminal bus Pacitan anda mengikuti rute di atas. Akan lebih baik jika anda menyewa sepeda motor atau jika pun tidak gunakan saja jasa ojek.

Eksotisme Pantai Soge, Foto: wisata-indonesiana.blogspot.com

Sementara bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi ada beberapa rute yang dapat anda coba, diantaranya:
Rute dari kota Surabaya: Jalan Kusuma Bangsa – Jalan Raya Malang-Surabaya – Jalan Raya Madiun-Surabaya – Jalan Mager Sari-Ngares Kidul – Jalan Raya Gedek-Ploso – Jalan Nasional III – Jalan Gandusari-durenan – Jalan Gandusari-Kedunglurah Trenggalek – Ambil arah Jalan Raya Dongko-Kampak – Jalan Panggul-Dongko – Jalan Lorok-Pacitan – Jalan Hadiwarno-Sidomul – Sidomulyo – Tujuan.
Rute dari Ponorogo: Jalan KBP. Duryat – Jalan banda – Jalan Diponegoro – Jalan Raya Pacitan-Ponorogo – Jalan Mrayan- Jalan Ngrayun-Mrayan – Jalan Wonokarto-Ponorogo – Jalan Lorok-Pacitan – Jalan Hadiwarno-Sidomul – Sidomulyo – Tujuan.
Rute dari kota Semarang: Jalan dokter Wahidin – Jalan Semarang-Surakarta – Jalan Tol Tembalang-Ungaran – Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Lingkar Selatan Salatiga –Jalan Semarang-Surakarta arah Jalan Kates Boyolali – Jalan Raya Jatinom-Boyolali – Jalan Penggung-Jatinom – Jalan Jogja-Solo – Jalan Mlese-Cawas – Jalan Raya Trucuk – Jalan Tembus Barepan – Jalan Weru-Cawas – Jalan Pracimantoro-Wonogiri – Jalan Nasional III arah Pacitan – Jalan Kh. Maghribi – Jalan Pacitan-Lorok- jalan Raya Pentung Jetak – Sidomulyo – Tujuan.
Rute dari kota Solo: Jalan DR. Radjiman – Jalan Baki-Solo – Jalan Taya Solo-Wonogiri – Jalan Wonogiri-Ngadirojo – Jalan Wonogiri-Pacitan – Jalan Raya Solo-Pacitan –Jalan Pacitan-Lorok – Jalan Raya Pentung Jetak – Sidomulyo – Tujuan.
Rute dari kota Yogya: Jalan Kenari – Jalan Kusumanegara – Jalan Gedong Kuning – Jalan Wonosari – Jalan Nasional III – Jalan Jend. Sudirman Pacitan – Jalan Kh. Maghribi – Jalan Pacitan-Lorok – Jalan Raya Pentung Jetak – Sidomulyo – Tujuan.

Selalu siapkan peta, denah atau download aplikasi peta online di ponsel agar perjalanan anda bebas tanpa hambatan yang berarti.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Pantai Soge anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 2000 rupiah saja.

Mumpung anda berada di Pacitan alangkah baiknya jika anda juga mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang tak kalah bagus seperti Pantai Taman dan Pantai Banyu Tibo. Pantai Banyu Tibo terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorejo. Agak berbeda dengan pantai lainnya, Pantai banyu Tibo memiliki air terjun yang asalnya dari tebing dan bersumber dari air bawah tanah.

Jika malas berpergian terlalu jauh anda bisa mampir ke Pantai Pidakan yang jaraknya hanya sekitar 7 kilometer saja dari Pantai Soge. Pantai ini terkenal dengan batu kerikilnya. Pantainya cantik dan sangat indah saat sunset tiba.

Akses Jalannya Sudah Bagus, Foto: iklantravel.com

Ada juga Pantai Kunir yang letaknya agak jauh dari Pantai Soge, tapi tetap berada di garis yang sama. Pantai ini selain dikenal dengan ombaknya yang begitu jernih juga adanya tanah lapang berumput yang luas. Keunikan tersebut membuat wisatawan berbondong-bondong datang. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu dengan mendirikan tenda dan bermalam di pantai ditemani dengan dendangan mp3 atau nyanyian diiringi petikan gitar dengan lirik yang indah.

Pantai lain yang tak kalah sayang jika dilewatkan adalah Pantai Daki. Letaknya lebih jauh sedikit dari lokasi Pantai kunir, tepatnya di Sukoharjo, Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur 63573. Pantai ini cocok sekali untuk para pecinta fotografi yang mencari spot bagus. Sunsetnya sangat indah, tempatnya pun tergolong sepi. Konon dari pantai ini anda dapat melihat PLTU Sudimoro yang diketahui sebagai penyuplai listri di Jawa dan Bali.

Jika anda masih bingung memilih destinasi wisata mana yang hendak menjadi tujuan anda coba untuk mencari kompilasi video wisata 2017 di youtube.

One thought on “10 Foto Pantai Soge Pacitan Jawa Timur, Jembatan, Rute Dari Solo + Lokasi Letak Alamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *