10 Foto Sunset Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur + Jalan Menuju Lokasi Alamat Beach

Diposting pada
Pantai srau di pacitan jawa timur lokasi alamat beach jatim kabupaten 63552 indonesia sunset 2019 gunung kidul pokok kecamatan pringkuku jatiroto jalan menuju google map rute foto sunset peta harga tiket masuk letak jalur dari solo jogja wonogiri ponorogo surabaya penginapan
Pantai Srau, Foto: faroha.com

Lokasi: Candi, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia 63552
Map: Klik disini
HTM: Rp 5000
Buka/Tutup:  24 jam
Nomor Telepon: 082-1141-7080

Pantai Srau adalah salah satu dari begitu pantai yang berada di Pacitan. Ketika berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur, sepertinya akan kurang lengkap jika tidak mengunjungi pantai yang elok satu ini. mungkin nama Pantai Srau tidak setenar Pantai Klayar. Tetapi, bukan berarti Pantai Srau tidak menarik untuk kita singgahi. Bahkan, akhir-akhir ini Pantai Srau sedang naik daun di kalangan traveler karena kemunculannya di berbagai media sosial sehingga menarik mata. Hal ini sebenarnya tidak berlebihan karena indahnya panorama yang ditawarkan Pantai Srau tidak membohongi. Keindahannya begitu mempesona. Apakah Anda telah siap melihat pesona yang diberikan Pantai Srau?

Keindahan Pantai Srau dengan Pasir Putihnya, Foto: dolandolen.com

Lokasi Srau Beach ini berada di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkulu, Kab Pacitan, Jatim. Anda memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor untuk dapat sampai Pantai Srau. Lokasi Pantai Srau ini cukup tersembunyi sehingga belum banyak dipenuhi oleh para pengunjung. Inilah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Pantai Srau. Jika Anda sedang ingin menenangkan pikiran di tempat yang jauh dari keramaian, Pantai Srau ini bisa Anda pilih. untuk soal keindahan, Pantai Srau tidak kalah indah dengan jejeran pantai di Gunung Kidul.

Batu Karang, Foto: danisetiawanku.com

Jernihnya air Pantai Srau

Dari jauh, Anda akan mendengar deburan ombak yang seperti mengucapkan salam selamat datang pada Anda. Saat sampai di Pantai Srau, Anda bisa melihat lembutnya pasir putih yang mengundang jemari tangan dan kaki untuk memainkannya. Sambutan ini seperti sambutan yang dihadirkan oleh pantai nan indah ini. Pantai Srau memang dikenal dengan ombak yang cukup besar. Ombak di Pantai Srau ini membuatnya pas digunakan untuk surfing. Jangan salah, bukan hanya wisatawan lokal saja yang sudah sampai di Pantai Srau ini, banyak wisatawan mancanegara yang sudah mencoba ombak Pantai Srau. Anda bisa berselancar dan menikmati udara pesisir pantai yang menenangkan dan alami.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Jumiang Madura, Harga Tiket Masuk, Rute Menuju Wisata, Lokasi Alamat + Jam Buka
Airnya Jernih, Foto: dolandolen.com

Nyamannya di Pantai Srau

Saat berlibur di Pantai Srau, Anda akan merasakan seperti berada di pulau pribadi yang aman dari berbagai gangguan luar. Apalagi jika Anda pergi ke Pantai Srau saat hari kerja. Pantai Srau tergolong pantai yang sepi jika dibandingkan dengan pantai lain di Pacitan. Namun hal ini yang menjadi keistimewaan Pantai Srau. Anda akan dibuat seperti sendirian di pulau pribadi. Pasir putih yang luas dan birunya laut seperti berpadu menjadi sebuah kesatuan yang sangat mengesankan. Selain ombak pantai yang sangat besar dan pasir putih yang begitu lembut, daya tarik lain di Pantai Srau adalah bukit karang yang semakin membuat indah pemandangan pantai. Karena masih sepi, jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk mengambil foto. Anda akan menyesal bila tidak sempat mengabadikan momen yang indah selama di Pantai Srau.

Suasananya Nyaman, Foto: triptrus.com

Berkemah di Pantai Srau

Jika Anda ingin menikmati keindahan dari Pantai Srau dengan waktu yang lama, atau menikmati indahnya sunset di Pantai Srau. Sebenarnya, di sekitar Pantai Srau belum terdapat penginapan resmi. Sehingga, bila ingin bermalam, Anda bisa menumpang di rumah warga sekitar, atau  bila ingin mencoba hal yang baru, coba berkemah di Pantai Srau. Pasti kegiatan berkemah Anda akan sangat seru dan bisa memberi pengalaman baru untuk Anda. Pantai Srau merupakan tempat yang paling asyik untuk menghabiskan malam bersama dengan teman. Anda akan dibuat sangat betah berlama-lama di Pantai Srau. Jadi, sudah yakin bukan jika berkemah tidak harus pergi ke gunung?

Sunrise di Pantai, Foto: dolandolen.com

Kuliner khas Pantai Srau

Berkunjung ke sebuah tempat yang pertama kali dikunjungi memang kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi kuliner dari daerah tersebut. Begitu pun saat Anda ke Pantai Srau ini. Ada beberapa makanan khas di Pantai Srau seperti Ikan Panjo. Ikan Panjo mirip dengan ikan cucut, tetapi ia memiliki warna tulang yang hijau dan sedikit kebiru-biruan. Daging ikan panjo gurih dan lembut. Di sekitar Pantai Srau terdapat para ibu yang menjual hidangan dari ikan ini. tetapi bila Anda ingin lebih nikmat menikmatinya, Anda bisa membeli dan membakarnya sendiri. Tinggal mencari ranting pohon di sekitar pantai kemudian membuat api unggun kecil untuk pembakaran. Ikan Panjo sangat nikmati di santap malam hari.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Sukamade Meru Betiri National Park + Penginapan Homestay di Banyuwangi
Pemandangan Pantai dari Jauh, Foto: newsmedia.co.id

Bukan hanya Ikan Panjo. Ada juga nasi thiwul. Thiwul sebenarnya kuliner wajib yang harus dicoba ketika berkunjung ke Pacitan. Thiwul adalah makanan khas di Gunung Kidul, Wonogiri hingga Pacitan. Makanan pokok pengganti nasi ini mempunyai rasa yang lezat, thiwul terbuat dari ketela pohon yang sudah dikeringkan. Thiwul mempunyai kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi. Makanan ini cocok disantap dengan sambel terasi lengkap dengan lalapannya.

Hasil Laut, Foto: dolandolen.com

Bukit karang Pantai Srau

Keberadaan bukit karang yang berada di Pantai Srau membuat pantai ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian timur adalah lokasi yang pas dijadikan sebagai tempat menikmati matahari terbit, jika Anda ingin mengabadikan matahari terbit tahun 2019 ini, Anda bisa memilih bagian ini. Pada bagian tengah, bagian ini terhampar pasir dengan pemandangan laut lepas dan lengkap beserta karangnya yang sering digunakan untuk bermain air.

Berkemah di Pinggir Pantai, Foto: yukpiknik.com

Bagian yang paling istimewa adalah bagian barat. Bagian ini menyimpan sumber air tawar. Letaknya lebih bersembunyi dan jarang ditemukan oleh pengunjung lain yakni 800 meter dari loket masuk serta melewati rumah penduduk. Konon, sumber air ini mempunyai cerita mistis. Cerita ini dimulai dari dibangunnya villa orang asing di sekitar sumber air, tetapi pemilik hanya sebentar menempatinya. Menurut penuturan warga, pemilik rumah meninggalkan villanya karena ketakutan sering diganggu makhluk astral yang ada di sekitar sumber air. Hingga sekarang ini villa tersebut hanya dibiarkan kosong.

Rute menuju Pantai Srau

Jalan menuju Pantai Srau bisa dikatakan cukup menantang. Untuk melewatinya, Anda harus berhati-hati serta mempersiapkan kendaraan dengan aman dan baik. Bila menggunakan transportasi darat, dari Jogja dan Solo bisa langsung menuju Pacitan. Namun, bila Anda menggunakan transportasi udara, Anda bisa mendarat di Bandara Yogyakarta dan lanjutkan perjalanan dengan menyewa kendaraan ke Pacitan. Dari Pacitan Anda bisa mengikuti jalan arah barat dengan mengikuti petunjuk jalan yang disediakan. Jika Anda ingin mengambil jalan dari arah Surabaya atau Ponorogo, Anda bisa melewati Mojokerto kemudian sampai di Pacitan. Sesudah sampai di Pacitan, ikuti jalan menuju ke WR.Supratman dan melewati Pantai Telengria, Anda akan sampai di pertigaan Tumpang Rinjing, belok kiri tinggal ikuti papan petunjuk arah. Bila merasa tersesat, Anda bisa menggunakan Google Map.

BacaJuga:  6 Tempat Nongkrong di Ponorogo Ini Wajib Masuk Bucket Listmu
Surfing, Foto: rentalmobiljogjamurah.com

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk di Pantai Srau hanya Rp 5000 per orang. Untuk biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10000 untuk mobil.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “10 Foto Sunset Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur + Jalan Menuju Lokasi Alamat Beach

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.