10 Foto Pantai Sukamade Meru Betiri National Park + Penginapan Homestay di Banyuwangi

Posted on
Ini Sunset Atau Sunrise | foto: wisatatempatku.com
Ini Sunset Atau Sunrise | foto: wisatatempatku.com

Alamat: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Map: KlikDisini
HTM:  Rp. 10.000,- – Rp. 25.000,-
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0812-3893-6042

Indonesia adalah negara agraris, namun perlu diketahui juga Indonesia adalah negara dengan bentuk kepulauan. Sehingga Indonesia juga memiliki wilayah perairan. Berbicara tentang perairan, ini berkaitan dengan laut dan juga pesisir pantai.

Kali ini kita membahas keindahan wisata bahari di Pulau Jawa, khususnya Banyuwangi. Bwi (Banyuwangi) memiliki wisata dengan julukan Triangle Diamond (segitiga berlian) yaitu tiga wisata utama di Banyuwangi.

Pantai Sukamade adalah salah satunya. Tempat wisata alam pesisir ini berada di Meru Betiri National Park dikenal dengan surganya penyu bertelur. Sehingga belum ke Pantai Sukamade namanya kalau belum melihat penyu bertelur ataupun pelepasan tukik (anak penyu).

Deskripsi dan Sejarah Pantai Sukamade

Pantai Sukamade terletak di kawasan hutan lindung. Letak dari taman ini sendiri masih di dalam Taman Meru Betiri. Pantai ini menjadi kawasan hijau dengan bagian dalamnya ada perkebunan kopi, karet dan coklat.

Awal mulanya, pantai Sukamade ini ditemukan oleh kolonial Belanda pada tahun 1927. Dahulu penyu di wilayah pesisir ini menjadi perburuan masyarakat. Untuk menanggulangi masalah tersebut dibentuklah kawasan lindung sejak 1972.

Namun hingga tahun 1979 masih terdapat perburuan telur penyu. Karenanya pengumpulan telur, pemindahan anakkan dan penangkapan penyu dilarang keras untuk melindungi penyu hijau yang ada di pantai ini.

Keren Abis | foto: pacebuk.blogspot.co.id
Keren Abis | foto: pacebuk.blogspot.co.id

Pada tahun 2010, dibentuklah UPKP (Unit Pengelolaan Konservasi Penyu). Ini merupakan unit khusus untuk melakukan pengelolaan penyu di Resort Sukamade. Kegiatan dari unit ini berkaitan dengan penyu, mulai dari peneluran hingga pelepasan tukik. Selain itu juga memonitoring dan perbaikan habitat bagi peneluran penyu.

Akses Menuju Pantai Sukamade

Lokasi objek wisata alam pesiri Banyuwangi ini sangat jauh dari Banyuwangi kota, jaraknya sekitar 100 km. Waktu yang ditempuh selama perjalanan sekitar 5 jam, cukup melelahkan bagi yang tidak terbiasa perjalanan jauh. Namun, rasa penat akan terbayarkan setelah sampai ditempat tujuan dan disambut oleh hembusan angin dari laut.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Blimbingsari Banyuwangi Rogojampi, Berapa Harga Ikan Bakar-nya?
Papan Peringatan | foto: infobanyuwangi.com
Papan Peringatan | foto: infobanyuwangi.com

Akses menuju pantai Sukamade tidak hanya dari Banyuwangi (rute timur) saja, melainkan juga dapat diakses dari jalur arah Jember (rute barat). Rute dari arah Banyuwangi meliputi Banyuwangi kota – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade. Apabila dari arah Jember yaitu rute berawal dari Jember – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade.

Menyusuri Sungai | foto: tripadvisor.com
Menyusuri Sungai | foto: tripadvisor.com

Akses menuju wisata pesisir terkenal di bwi ini memang tidak mudah, karena jalannya berliku dan menanjak. Selain itu ada beberapa titik dengan jalan rusak dan penuh lumpur. Karenanya, disarankan untuk menggunakan kendaraan model offroad seperti mobil jeep dan motor cross. Ini akan menjadi sebuah perjalanan yang memacu adrenalin.

Jalan berkelok menuju wisata pesisir ini sekitar 30 km mendekati Sukamade. Jalan paling menegangkan ialah di 10 km dari Sukamade karena kita akan melewati sungai dengan kedalaman 40 cm.

Pengalaman Bersama Penyu

Kegiatan yang paling populer di pantai Sukamade ini adalah pengunjung dapat melihat penyu bertelur. Untuk melihatnya, pengunjung harus menginap di mess atau wisma karena waktu penyu bertelur adalah pada malam hari. Terdapat banyak penginapan disekitar pantai, jadi tidak perlu bingung untuk mencarinya.

Untuk melihat langsung penyu bertelur, pengunjung bisa mengikuti tur yang dimulai malam hari sekitar pukul 19.30 dan penyu akan kembali ke laut sekitar pukul 24.00. Perjalanan pencarian penyu yang bertelur dipantai dilakukan tanpa menggunakan senter. Dilarang menyalakan senter di area pantai karena dapat mengganggu penyu ketika bertelur.

Bersama Kesayangan | foto: banyuwangiwisata.com
Bersama Kesayangan | foto: banyuwangiwisata.com

Perlu kesabaran dan ketelitian dalam menunggu adanya penyu yang akan bertelur. Kesunyian dan kegelapan menjadi hal yang menjemukan karena tidak ada kepastian untuk menunggu berapa lama lagi sampai penyu datang untuk bertelur. Hiburan yang didapat  hanya keindahan bintang – bintang yang menghiasi langit pantai Sukamade.

BacaJuga:  Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang, Tiket Masuk, Sejarah + Jam Buka

Apabila ada penyu yang telah naik ke pantai maka petugas secara langsung mendekati penyu secara diam – diam. Penyu menggunakan siripnya untuk berjalan diatas pasir, kemudian penyu membuat lubang pada daerah tertentu menggunakan siripnya sebagai tempat meletakkan telurnya. Sekali bertelur, penyu dapat mengeluarkan telur sebanyak 100 butir.

Ke Laut Lepas Dulu Ya | foto: asliindonesia.net
Ke Laut Lepas Dulu Ya | foto: asliindonesia.net

Setelah selesai, telur akan ditutupi dengan pasir. Uniknya penyu akan membuat lubang galian lagi sebagai kamuflase untuk mengelabuhi predatornya. Penyu akan selalu kembali ke pantai yang sama untuk bertelur, maka dari itu kita perlu menjaga pantai tempat penyu bertelur.

Hunting Foto Bersama Tukik

Setelah penyu selesai bertelur, petugas akan mengumpulkan telur-telur penyu untuk dibawa ke tempat penetasan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penetasan telur dan meningkatkan rasio kehidupan tukik. Penetasan telur memerlukan waktu sekitar 60 sampai 75 hari. Tukik yang sudah berusia 2 minggu kemudian dilepas ke pantai.

Banyak Banget Tukiknya | foto: osingdeles.com
Banyak Banget Tukiknya | foto: osingdeles.com

Banyak wisatawan yang ikut melepaskan tukik di pantai Sukamade ini. Ada juga pengunjung yang mengabadikan momen dengan mengambil berbagai foto atau gambar bersama tukik. Melihat tukik yang berusaha menuju ke lepas pantai dengan menggunakan sirip kecilnya.

Homestay Sekitar Pantai dan Penginapan Lainnya

Selamat Datang | foto: tripadvisor.com
Selamat Datang | foto: tripadvisor.com

Di wisata pesisir Sukamade ini terdapat homestay atau penginapan yang dapat digunakan untuk istirahat para pengunjung. Selain itu juga diperlukan sebaga tempat menunggu ketika melihat penyu bertelur di malam hari.

Terdapat banyak jasa yang menawarkan penginapan yang berada disekitar pesisir maupun yang berjarak lebih dari 5 km dari pantai. Fasilitasnya cukup lengkap dengan kamar tidur, toilet, ruang tamu dan juga disediakan sarapan dan makan malam.

Salah Satu Homestay | foto: tripadvisor.com
Salah Satu Homestay | foto: tripadvisor.com

Homestay terdekat yaitu penginapan milik PT. Sukamade Baru, perusahaan kopi dan cokelat milik PT. Ladekombo yang cukup terjaga kebersihan dan kenyamanannya Bagi penyuka petualangan maka dapat menggunakan fasilitas camping ground di pantai Sukamade ini.

BacaJuga:  10 Gambar Omah Kayu Batu Malang, Rute Alamat, Harga Sewa + Tiket Masuk Lokasi Wisata

Harga Tiket Masuk dan Lainnya

Bagi pengunjung domestik maupun mancanegara yang ingin berlibur ke kawasan ini dikenakan tarif tiket masuk. Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 untuk tiap orangnya.

Pada pagi hari, di pantai ini biasanya diadakan pelepasan tukik menuju pantai. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti kegiatan pelepasan tukik akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000 untuk tiap rombongan.

Tips Berkunjung ke Pantai Sukamade

Bagi anda yang akan berkunjung ke pantai Sukamade, terdapat beberapa tips agar perjalanan dan kegiatan di pantai berjalan lancar. Untuk menuju ke lokasi, disarankan menggunakan kendaraan offroad dengan kondisi prima.

Pakai Beginian | foto: colouringindonesia.com
Pakai Beginian | foto: colouringindonesia.com

Bawalah perlengkapan obat – obatan yang dibutuhkan, disarankan membawa obat nyamuk atau obat serangga karena banyak nyamuk dan serangga kecil di sekitar pantai ataupun membawa lotion anti nyamuk.

Bawalah senter atau penerangan lainnya, namun jangan digunakan pada saat menunggu penyu bertelur. Selain itu disarankan membawa bekal makanan atau cemilan dan minuman untuk menghemat pengeluaran.

Perjalanan yang jauh juga membutuhkan stamina prima. Oleh karena itu, pastikan sebelum ke tempat wisata alam ini tubuh sedang dalam kondisi kesehatan prima. Untuk memperoleh kondisi tubuh tersebut tentu diperlukan asupan nutrisi berimbang dan dilengkapi dengan olahraga ringan dan teratur.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *