10 Foto Pantai Suluban Blue Point Beach Bali Uluwatu, Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Foto pantai suluban blue point beach bali uluwatu tiket masuk jalan menuju lokasi indonesia map villas alamat letak gambar tentang wisata pecatu jimbaran 699 kabupaten badung rute harga tiket masuk peta google map murah
Pantai Suluban Blue Point, Foto: pergipedia.com

Lokasi: Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Google Maps:
Klik disini
HTM:
Gratis
Buka/Tutup:

Telepon:

Sudah menjadi rahasia umum jika Bali merupakan salah satu pulau yang mampu menarik wisawatan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan Pulau Bali sampai disebut sebagai surganya dunia.

Tentu tak berlebihan jika menilik panorama yang disuguhkan Pulau Dewata tersebut. Diberkahi alam yang indah dan ditunjang dengan kearifan lokal serta budaya dan adat istiadat tak heran jika Bali menjadi tujuan utama destinasi wisata di Indonesia.

Air Laut Jernih, Foto: marischkaprudence.blogspot.com

Sejarah Tentang Asal Mula Nama Pantai Suluban Bali yang Mempesona

Sayangnya masih banyak orang yang beranggapan bahwa Bali hanyalah Pantai Kuta semata. Padahal Pantai Kuta hanyalah sebagian kecil obyek wisata yang ada di Bali. Masih banyak lokasi wisata lainnya yang tak kalah menarik dan indah. Salah satunya ialah Pantai Suluban. Meski pantai ini belum lah setenar Pantai Kuta, tapi keindahannya tak kalah menawan.

Pantai Suluban menawarkan hamparan pasir putih yang berpadu apik dengan bebatuan karang besar. Ombaknya sangat besar cocok bagi wisawatan yang menyukai watersport khususnya surfing. Namun, pantai ini kurang cocok bagi wisatawan yang baru belajar surfing. Sebaiknya pilih pantai dengan ombak yang lebih kecil untuk meminimalisir kejadian yang tak diinginkan.

Tebing Mengelilingi Pantai, Foto: tripadvisor.com

Di balik pesonanya, ternyata pantai ini memiliki sejarah penamaan. Di mana kata Suluban berasal dari bahasa Bali, mesulub yang artinya berjalan di bawah sesuatu. Pemberian nama tersebut mengacu pada terowongan batu karang yang ada di sekitar pantai. Lorong itulah yang harus anda lewati sebelum mencapai bibir pantai. Terlihat tak biasa bukan?

Awalnya mungkin anda akan merasa hal tersebut merepotkan dan melelahkan karena memang pengunjung harus melewati anak-anak tangga yang cukup curam lebih dulu untuk sampai di bibir pantai. Namun, percayalah anda akan takjub dengan deretan tebing-tebing nan menjulang tinggi yang keberadaanya seakan menutupi keindahan pantai. Tak heran bila pantai ini kemudian dijuluki surga yang tersembunyi.

Tebing Karang, Foto: youtube.com

Para turis asing sangat menyukai bersantai di bawah dinding batu bahkan lokasi ini kerap digunakan sebagai tempat untuk berkemah. Karena posisinya berada di bawah karang, di saat sinar mentari sedang terik-teriknya akan ada bias cahaya yang masuk melalui celah-celah dinding batu karang. Sangat indah. Tak ayal pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan tersebut dan mengabadikannya menjadi sebuah gambar yang tak lekang oleh waktu.

Uniknya, di Pantai Suluban ini saat air sedang surut anda dapat menikmati keindahan cekungan kecil seperti kolam dengan warna air yang sangat jernih. Biasanya cekungan tersebut digunakan untuk berenang. Namun, cekungan ini akan tenggelam saat air sedang naik. Meski indah, tapi anda harus tetap berhati-hati agar tak mengenai batu karang yang sangat tajam.

Surga di Balik Karang Terjal, Foto: restroomrevelations.blogspot.com

Puas berjalan-jalan di bawah batu karang saatnya anda keluar dari terowongan tersebut dan menikmati hamparan pasir putih serta debur ombak yang bergulung. Di bawah terik matahari air laut yang kebiruan telihat berkilauan. Jika anda takut kulit terbakar sinar matahari nikmati saja keindahan pantai dari jauh, tepatnya dari dalam goa.

Di hari yang cerah, suasana pantai ini terasa lebih ramai karena disamping banyaknya wisawatan asing yang bermain surfing, ada beberapa warga yang hilir mudik menawarkan jasa pijat. Tak sedikit wisawatan yang memilih untuk bersantai dengan berjemur di atas hamparan pasir sambil menikmati pijatan. Mereka seolah tak peduli dengan sinar matahari yang terasa cukup menyengat di kulit.

Masih Alami, Foto: tripadvisor.com

Di sore hari, banyak para pecinta fotografi yang datang ke Pantai Suluban ini hanya untuk mengambil gambar saat matahari kembali ke peraduannya. Momen tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. Birunya air laut berpadu dengan pasir nan putih dan karang bebatuan, perpaduan warna tersebut semakin indah saat bias sinar merah keemasan berpendar. Suasana terasa hangat dan sangat romantis.

Tak jauh berbeda dengan sunset, saat sunrise pemandangan di sekitar anda yang mulanya tertutupi kabut lambat laun terlihat terang. Udara yang lembab berganti dengan kesejukan khas pagi hari. Suasananya begitu tenang, hanya diiringi deburan ombak yang terpecah di batu karang. Sesekali suara burung berkicau melengkapi keindahan pagi di Pantai Suluban.

Jalur ke Pantai. Foto: keziakainina.wordpress.com

Di pantai ini banyak deretan café di atas tebing yang bisa anda sambangi jika merasa lapar. Harganya bervariasi dan terbilang cukup murah. Dari ketinggian anda bisa melihat pemandangan Pantai Suluban yang membentang luas sambil menikmati kudapan. Semilir angin yang bertiup cukup kencang membuat rasa panas sirna seketika. Tak hanya café dan kios disini juga ada penyewaan alat surfing dengan harga terjangkau.

Ngomong-ngomong, dibanding dengan nama Pantai Suluban para wisawatan asing justru lebih familiar dengan nama Blue Point Beach. Usut punya usut ternyata nama tersebut diambil dari sebuah villa yang berada dekat dengan lokasi yakni Blue Point Bay Villas and Spa. Sebutan itu juga dirasa lebih mudah diucapkan oleh para wisatawan asing ketimbang Pantai Suluban.

Pengunjung Pantai, Foto: keziakainina.wordpress.com

Rute Peta Jalan Menuju Lokasi

Destinasi wisata ini terletak di Jalan Pantai Suluban, desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tak begitu jauh bila anda berkendara dari kawasan wisata Kuta atau pun Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Adapun beberapa rute yang bisa anda coba diantaranya sebagai berikut:
Rute dari Bandara Ngurah Rai: Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.
Rute dari Pantai Jimbaran: Jalan Pemelisan Agung – Jalan Pantai Jimbaran – Jalan Raya Uluwatu – Bundaran ambil jalur kedua (tetap di Jalan Raya Uluwatu) – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.
Rute dari Pantai Kuta: Jalan Pantai Kuta – Jalan Melasti – Jalan Sriwijaya ambil arah kiri – Jalan Patih Jelantik ambil arah kanan – Jalan Majapahit – Jalan Blambangan – Jalan Kendedes – Jalan By Pass Ngurah Rai – Putar Balik – Ambil arah kiri (tetap di Jalan By Pass Ngurah Rai) – Jalan Uluwatu II – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.
Rute dari kota Denpasar: Jalan Pulau Seram – Jalan Teuku Umar – Jalan Pulau Bantata – Jalan Taman Pancing – Jalan Sunset Road – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantaiu Suluban – Pantai Suluban.
Rute dari Pelabuhan Gilimanuk: Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk – Perempatan ketiga ambil kanan – Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk – Jalan Kalayang Sudimara – Jalan By Pass Tanah Lot – Jalan Raya Canggu – Jalan Raya Kerobokan – Jalan Sunse Road – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Uluwatu II – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.
Rute dari Gianyar: Jalan Mangku Giweng – Jalan Prof. Ida Bagus Mantra – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.
Rute dari Nusa Dua Beach: Jalan Nusa Dua Selatan – Jalan Alas Arum – Jalan Bali Cliff – Jalan Toya Ning II – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.

Menikmati Pantai dari Celah Gua, Foto: marischkaprudence.blogspot.com

Pastikan smartphone anda sudah terinstal aplikasi map untuk memudahkan pencarian alamat Pantai Suluban. Maklum ada banyak rute yang dapat anda gunakan tergantung di mana lokasi anda berada. Siapkan juga peta gambar Bali untuk berjaga-jaga.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati pesona Pantai Suluban 699 ini anda tak harus mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Sayangnya Pantai Suluban ini kurang cocok bagi anak-anak karena ombaknya yang besar. Kendati demikian anda tak akan menyesal telah singgah ke pantai yang pernah dijadikan lokasi syuting film Eat, Pray, Love Julia Roberts ini. Nah, sudah berada di Pantai Suluban tak lengkap rasanya bila anda tidak sekalian mengunjungi tempat-tempat yang masuk ke dalam objek wisata Pecatu seperti Pantai Dreamland dan juga Desa Adat Pecatu.

Panorama Pantai dari Tebing, Foto: tripadvisor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *