Surga Tersembunyi Pantai Taman Manalusu Garut Selatan Jawa Barat, Penginapan + Spot Mancing

Diposting pada
Pantai taman manalusu di garut selatan kabupaten jawa barat laut penginapan manasulu regency spot mancing
Pantai Taman Manalusu, Foto: digarut.com

Lokasi: Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat, 44153
Map: Klik Disini
Htm:
Buka/Tutup:
Telepon: –

Tentang Pantai Taman Manalusu

Berwisata menjadi hal penting bagi siapapun. Saat ini liburan telah menjadi kegiatan tak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Bagaimana tidak, jutaan keindahan alam tak henti-hentinya memanjakan mata wisatawan, termasuk pesona wisata di Kabupaten Garut.

Airnya Sangat Jernih, Foto: hoteldigarut.net

Selain populer dengan wisata kuliner dodol dan wisata curug atau air terjun, ternyata salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat ini juga sangat dikenal pengunjung karena keindahan wisata pantai dan taman laut.

Salah satu pantai paling menarik perhatian wisatawan akhir-akhir ini adalah Pantai Taman Manalusu, berlokasi di Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Manalusu diambil dari nama seorang pria yang berjasa mengenalkan dan mengembangkan area wisata ini. Dia adalah Karl Manalusu.

Memiliki Pesona Pantai Yang Cukup Indah, Foto: jajang,net

Sebelumnya Pantai Taman Manalusu  pernah dikelola oleh pemerintah daerah Garut. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sisa-sisa bangunan yang sudah tidak terpakai. Entah mengapa kini keadaannya terlantar, seperti tak ada lagi tanggungjawab dan keberlanjutan pengelolaan kawasan wisata ini.

Tempat ini belum sepenuhnya terekspose. Walaupun menarik dan menyajikan keindahan alam laut dan pantai, informasi yang didapat oleh wisatawan sangat minim. Pantai ini masih kalah populer bila dibandingkan dengan Pantai Sentolo yang lokasinya juga berdekatan, sekitar 15 kilo meter ke arah barat.

Menelusuri Surga Tersembunyi Pantai Taman Manalusu, Foto: adrasablog.com

Pantai Taman Manalusu lumayan bersih. Pasir putih membentang luas, memanjakan mata siapa saja saat berkunjung untuk berlibur. Di sepanjang pesisir juga berserakan cangkang-cangkang kerang dari ukuran paling kecil sampai yang besar. Lalu taman laut tidak kalah indahnya dengan hiasan terumbu karang yang bertumbuh dengan baik. Ini bisa disaksikan dengan jelas oleh mata para pengunjung dari atas permukaan laut biru nan jernih. Di sana adalah surga bagi 150 jenis ikan dan 400 jenis tanaman dasar laut. Keong tanduk, keong mata sapi, lobster, dan teripang sangat mudah dijumpai di area wisata ini.

Mudah Dijangkau, Foto: wisatalengkap.com

Pesonanya luar biasa. Perahu-perahu nelayan bersandar di bibir pantai, kesibukan ara pemancing, aktivitas para nelayan lokal, menambah kesan eksotisme area pantai ini. Kemudian di sekitarnya berjejer pula warung-warung yang menjual makanan, termasuk lemu, yang wajib dicicipi para pengunjung.

Beragam aktifitas bisa dilakukan oleh pengunjung di area wisata ini, misalnya bermain bola, berjalan, berjemur, berenang, memancing, atau aktifitas lain seperti menekuni hobi fotografi. Di pantai ini banyak spot untuk foto, pemandangan laut, air laut jernih, pasir putih, karang, dan keramaian bisa menjadi aternatif latar belakang foto Anda.

Pantai di Garut Selatan, Foto: wisatakuliner09.blogspot.com

Hingga saat ini Pantai Taman Manalusu masih dianggap sepi pengunjung karena minimnya informasi dan promosi. Area wisata ini seperti surga yang masih tersembunyi dari pandangan turis.  Tempatnya sunyi, sangat jauh dari hiruk-pikuk dan kesibukan kota.

Sampai sekarang, untuk bisa masuk dan berwisata ke Pantai Taman Manalusu, wisatawan tidak perlu membeli tiket alias gratis. Walaupun tanpa bayar tiket bukan berarti tidak ada sisi keindahan yang memanjakan mata. Banyak hal bisa dinikmati di sini. Potensinya besar jika serius dikembangkan lagi oleh pemerintah daerah setempat.

Pantai Favorit, Foto: wisatalengkap.com

Transportasi dan Rute

Dari kota Garut menuju Pantai Taman Manalusu jaraknya 141 kilo meter. Apabila menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maka Anda akan menghabiskan waktu tempuh 4 jam. Jika mengendarai sepeda motor maka waktu temmpuh biasanya satu jam lebih cepat. Namun, kalau Anda naik kendaraan umum, seperti bis, perjalanan bisa sedikit lebih lama. Sebagian besar wisatawan berangkat dari Garut dan menempuh jalur Garut – Pameungpeuk atau Bandung – Pameungpeuk.

Sebenarnya setelah sampai Garut ada beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui seperti Jalan Raya Garut – Cikajang, Garut – Cikajang –Pantai Cijayana, dan melalui jalur Garut – Tasikmalaya. Akan tetapi, untuk mempercepat perjalanan Anda kami sarankan agar menggunakan rute Jalan Raya Garut – Cikajang. Selain kondisi jalanya lebih baik, Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan.

Pemandangan Dari Jauh, Foto: jejak-arah.blogspot.com

Spot Memancing

Tidak hanya olahraga, memancing atau kegiatan menangkap ikan dengan kail dan senar merupakan hobi dan sangat digemari banyak orang, termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Taman Manalusu. Kegiatan memancing bisa dilakukan di area wisata yang terkenal kaya akan biota laut tersebut.

 Selain pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan taman laut nan indah dan kaya akan biotanya, Pantai Taman Manalusu juga menjadi tempat favorit bagi para pemancing atau wisatawan yang hobi memancing. Kekayaan biota laut, termasuk beragam jenis ikan membuat area wisata ini sangat cocok dijadikan spot memancing.

Di Pantai Taman Manalusu pengunjung tentu dibolehkan untuk memancing.  Biasanya di bagian laut yang agak tenang dan dekat muara. Atau juga di dekat karang. Banyak jenis ikan yang siap menggoyangkan mata pancing.

Bagi Anda para wisatawan yang punya hobi merasakan sensasi gigitan ikan pada mata pancing dan senar maka jangan lupa untuk membawa serta perlengkapan memancing. Jika tidak membawa maka Anda harus menyewa alat pancing di sekitar area wisata Pantai Taman Manalusu.

Taman Laut Pantai Manalusu Di Garut, Foto: wisata-tanahair.com

Penginapan terdekat

Bagi wisatawan yang ingin menginap di hotel atau penginapan lain dan kira-kira lokasinya lebih dekat dengan area wisata Pantai Taman Manalusu, di sini kami sarankan beberapa penginapan nyaman untuk Anda.

  1. Penginapan Citra Agung

Lokasi penginapan ini ada di Jalan Pantai Santolo, Cikelet, Garut. Lokasinya strategis, persis di depan jalan raya. Jarak menuju Manalusu juga tidak terlalu jauh, sekitar 20 menit waktu tempuh. Di sini tersedia area parkir, ada restoran khas Sunda, dan fasilitas lain yang nyaman. Harga sewa inap mulai dari Rp. 75.000 – Rp. 300.000, sesuai tipe kamar yang dipesan. Pengunjung dijamin keamanan dan kenyamanan di tempat ini.

  1. Pondok Karang Asri

Lokasi penginapan ini ada di Jalan Raya Pemengpeuk Km 12 Nomor 10. Dari sini menuju Pantai Taman Manalusu jaraknya juga tidak terlalu jauh. Jenis hotel melati ini masih melayani pemesanan secara manual. Ada 10 kamar yang bisa dipesan pengunjung dengan harga terjangkau. Fasilitas di penginapan ini cukup nyaman. Kamar mandi yang bersih, TV, dan lain-lain tentu buat pengunjung merasa nyaman.

  1. Penginapan Barokah

Lokasi penginapan ini berada di jalan Raya Cilauteureun. Jarak menuju Pantai taman Manalusu tidak begitu jauh, paling lama satu jam perjalanan. Di penginapan ini disediakan fasilitas yang nyaman, termasuk 7 kamar standar dengan tarif murah dan terjangkau. Untuk pemesanan bisa langsung menuju lokasi.

Taman Laut Pantai Manalusu Garut, Foto: zonalibur.com
  1. Nuansa Bahari Guest House

Selain dekat dengan Pantai Santolo dan Sayangheulang, penginapan ini juga tidak jauh dari area wisata Pantai Taman Manalusu. Banyak fasilitas yang ditawarkan mulai dari kamar yang nyaman, kamar mandi pribadi, wi-fi, area parkir, dan fasilitas lain yang tentu membuat pengunjung nyaman. Harga sewa inap juga terjangkau oleh semua kalangan.

Demikian artikel informatif mengenai surga tersembunyi di Pantai Taman Manalusu, spot memancing dan penginapan yang bisa kami berikan kepada Anda sebagai tambahan informasi dan pengetahuan berwisata. Informasi-informasi di atas tentu akan membantu Anda dalam merencanakan liburan bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.