10 Gambar Pantai Tanah Lot Bali, Mitos Ular Suci, Tiket Masuk Lokasi Wisata + Sejarah Pura

Posted on
Gambar pantai tanah lot bali mitos ular suci tiket masuk lokasi wisata sejarah pura deskripsi natya hotel foto sunset objek dalam bahasa inggris adalah contoh karya tulis letak asal usul alamat legenda tempat dekat sekitar luhur misteri tari kecak dan sekitarnya 2017 bedugul tabanan pengertian tentang singkat cerita wikipedia keindahan malang agung jarak dari kuta ke hotel dewi sinta lukisan makalah batu bolong makan di keistimewaan peta denpasar ke pemandangan artikel letak geografis fasilitas keunikan latar belakang description daya tarik asal mula bedugul ke adalah penjelasan apa itu kisah definisi wikipedia temple bahasa indonesia untuk dijual tabanan dimana near restaurants lengkap jalan menuju rute harga alamat letak peta google map jogja
Pantai tanah Lot, Foto: finandyagy10.blogspot.com

Lokasi: Desa Legian, Kuta, Badung, Bali, 80001
Google Maps:
Klik disini
HTM:
20000 rupiah (dewasa), 15000 rupiah (anak-anak)
Buka/Tutup:

Telepon:

Keindahan Bali sudah menjadi rahasia umum. Banyak sekali objek wisata yang dapat anda jelajahi selama berlibur di Pulau Dewata. Satu yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Tanah Lot.

Pantai ini beralamat di desa Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tak seperti pantai lainnya, Pantai Tanah Lot dapat dikatakan unik sebab di lokasi wisata ini terdapat dua buah pura yang berdiri kokoh di atas batu besar.

Sunset Tanah Lot Bali, Foto: rentalmobilbali.net

Sejarah Asal Usul Pura di Pantai Tanah Lot dan Mitos Ular Suci

Pantai ini memiliki keunikannya tersendiri .Tak hanya cantik pantai ini juga menyimpan sejarah mengenai asal mula terbentuknya Tanah Lot yang berkaitan erat dengan perjalanan seorang pendeta suci penyebar agama Hindu.

Menurut legenda yang ditutunkan secara turun temurun, pada masa zaman kerajaan Majapahit masih berkuasa, Dang Hyang Dwijendra atau Dang Hyang Nirarta yang merupakan seorang Bhagawan bertandang ke Bali untuk melaksanakan tugasnya dalam menyebarkan agama. Kala itu Bali dipimpin oleh Raja Dalem Waturenggong.

Pura Tanah Lot, Foto: anekatempatwisata.com

Dikisahkan bahwa kedatangan Dang Hyang Dwijendra, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Dharma Yatra disambut baik oleh Raja. Singkat cerita Dharma Yatra memulai misinya hingga suatu ketika saat ia singgah di pelosok pulau Bali ia melihat sinar suci yang asalnya dari arah tenggara. Dharma Yatra pun mengikuti sinar tersebut. Sesampainya, Dharma Yatra semakin dibuat takjub setelah menemukan sebuah sumber mata air dan batu karang yang disebut Gili Beo.

Bendesa Beraban Sakti murka karena menganggap ajaran yang dibawanya tak sesuai dengan ajaran monotheisme dari para leluhur yang dianut penduduk desa Beraban. Meski begitu banyak warga yang menjadi pengikut ajaran Dharma Yatra. Hal ini memicu kemarahan Bendesa Beraban Sakti.

Pantai Dengan Pesona Magis, Foto: anekatempatwisata.com

Demi melindungi para pengikut ajarannya Dharma Yatra kemudian memindahkan Gili Beo, tempatnya bermeditasi ke tengah lautan. Tak hanya itu ia juga menciptakan banyak ular suci untuk menjaga dan melindungi tempat yang kini dikenal sebagai Tanah Lot yang artinya Tanah di tengah Laut.

Jika merujuk pada Wikipedia, ular suci yang dimaksud adalah penjelmaan dari selendang yang digunakan oleh Dharma Yatra. Menurut penjelasan secara ilmiah ular suci termasuk ke dalam jenis ular laut. Warnanya hitam dengan belang kuning dan berbentuk pipih layaknya ikan.

Suasana Sakral Tetap Terjaga, Foto: wisataku.id

Hingga kini keberadaan ular suci dipercaya sebagai penjaga pura yang terletak persis di seberangnya. Jadi anggapan bahwa ular suci hanyalah mitos belaka tak terbukti kebenarannya. Anda bisa melihatnya secara langsung, tapi ingat berhati-hatilah karena konon ular suci ini bisanya lebih mematikan 3 kali lipat dari ular kobra.

Keindahan Pantai Tanah Lot yang Tak Tertandingi

Pantai tanah lot menawarkan keindahan alami dengan latar belakang pura yang megah dan berdiri kokoh di tengah lautan. Fenomena yang sangat unik sebab pura tersebut baru dapat dikunjungi saat air surut. Jika air naik pengunjung hanya bisa menikmatinya dari kejauhan.

Ada juga pura lain yang letaknya di sisi utara di atas batu karang yang menjorok ke laut. Lokasi ini sangat terkenal sebagai spot menikmati pemandangan sunset yang seindah lukisan. Tak heran bila perpaduan tersebut menjadi daya tarik utama Pantai Tanah Lot ini. Momen ini biasanya diabadikan dalam sebuah foto.

Menawarkan Keindahan Alam Pantai Dengan Suguhan Keindahan Matahari Terbenam, Foto: ragamindowisata.blogspot.com

Misteri Tari Kecak

Di sore hari anda bisa menikmati sajian khusus tari Bali yang dikenal penuh misteri dan mistis yakni tari Kecak. Cukup dengan merogoh uang sebesar 50 ribu rupiah anda bisa melihat bagaimana ritual ibadah  yang dilakukan oleh masyarakat Bali.

Tarian yang dibentuk oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies, seorang pelukis Jerman di tahun 193 ini bercerita tentang cara berkomunikasi pada Tuhan atau roh para leluhur. Tujuannya adalah untuk menolak bala sehingga diberikan kebaikan dan kedamaian. Dimana dalam tarian ini juga terselip kisah Ramayana dan Dewi Sinta.

Keindahan Tanah Lot di Pulau Bali, Foto: katalogwisata.com

Tarian ini sejak lama sudah dipopulerkan oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies ke negara-negara Eropa. Bahkan tarian ini pernah ditampilkan dalam event internasional. Contohnya Global Week International yang berlangsung di York Student Union di Central Hall, The University of York, Helsington, Inggris.

Dengan latar belakang yang kuat Tanah Lot seringkali dijadikan sebagai bahan artikel, karya tulis dan makalah baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Keistimewaannya dideskripsikan sebagai anugerah dari para Dewa yang sulit didefinisikan. Dengan pengertian tersebut membuat Tanah Lot menjadi destinasi wisata bertaraf dunia.

Pura Tanah Lot, Foto: wisatatok.blogspot.com

Rute Peta Jalan Menuju Lokasi

Ada banyak cara untuk sampai ke lokasi. Anda bisa menggunakan mobil sewaan agar memudahkan sampai di tujuan. Secara Geografis letak Pantai Tanah Lot ini cukup dekat dengan Bedugul, Tabanan, kota Denpasar dan pantai Kuta, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan saja. Gunakan aplikasi peta online untuk membantu menemukan lokasi termasuk restaurants dan hotel lengkap dengan description, penjelasan, fasilitas, alamat dan nearest location.

Lokasi Pura Tanah Lot Di Tengah Laut, Foto: rentalmobilbali.net

Harga Tiket Masuk

Harga tiket terbaru 2017 untuk masuk ke dalam kawasan ini ialah sebesar 20 ribu rupiah per orang dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak-anak.

Salah Satu Destinasi Favorit di Bali, Foto: infoobjek.wordpress.com

Mumpung anda berada di Bali tak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Batu Bolong, Besakih Temple, Mount Agung dan tempat wisata lain di sekitarnya. Di Bali tak akan lengkap bila anda tak membeli oleh-oleh dan makanan khas yang dijual hampir di sepanjang lokasi wisata.

Wisata lain yang tak kalah indahnya dengan Bali ada Provinsi Yogyakarta, banyak pantai yang tersebar di kota pelajar tersebut seperti di kabupaten Gunungkidul. Anda juga bisa menikmati keindahan alam lainnya di kota Malang yang terkenal akan Gunung Bromo-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *