10 Gambar Pantai Tanjung Setia Beach Krui Lampung Barat + Lokasi Peta Wisata

Posted on
Gambar pantai tanjung setia beach krui lampung barat lokasi resort penginapan photos pesisir labuhan jukung liwa lambar surfing tentang peta wisata alamat jalan menuju rute harga tiket masuk letak google map
Pantai Tanjung Setia, Foto: detik.com

Lokasi: Desa Tanjung Setia, Krui, kabupaten Pesisir Barat, provinsi Lampung, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon:

Pantai dan provinsi Lampung. Sepertinya dua kata ini tidak dapat dipisahkan, karena Lampung yang berada di bagian selatan pulau Sumatera memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Oleh sebab itu, tidak heran jika Lampung sering dijuluki sebagai negeri seribu pantai. Jika Anda pernah berkunjung ke pulau Dewata, Bali, dan berselancar di sana, tidak ada salahnya jika Anda mencoba sensasi ombak di sebuah pantai yang terletak di desa Tanjung Setia, Pesisir Barat (dulunya Lambar atau Lampung Barat), yang bernama pantai Tanjung Setia atau Tanjung Setia beach.

Surga Bagi Para Peselancar, Foto: telusurindonesia.com

Pantai Tanjung Setia berada di jalur arus besar Samudera Hindia, dan hal ini menjadikan ombaknya cukup stabil. Tidak heran, pantai ini terkenal di antara para peselancar dari seluruh penjuru dunia. Biasanya, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan pada awal dan pertengahan tahun, karena ombaknya yang sedang berada dalam keadaan terbaik. Ombak pantai ini akan mencapai ketinggian tertinggi di sekitar bulan April hingga Agustus atau Juni hingga Agustus.

Pemandangan dari Atas, Foto: utiket.com

Keindahan pantai Tanjung Setia

Selain ombaknya, panorama alam yang disuguhkan pantai ini pun sangat memukau, menjadikannya salah satu tempat wisata yang menjanjikan. Bibir pantainya landai, pasirnya berwarna putih, dan air lautnya jernih. Berbagai jenis hewan laut terdapat di sini, serta hamparan terumbu karangnya sangat indah. It has a great view and a lot of good photos can be taken here. Suasananya pun tenang, karena belum banyak pengujung kecuali para peselancar yang mengincar ombaknya. Selain itu, letaknya jauh dari pusat kota, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari.

BacaJuga:  55 Tempat Wisata di Lampung Selatan Timur Tengah Barat Utara 2017 Yang Bagus Wajib Dikunjungi : Pesawaran Tanjung Karang

Selain itu, golden sunset-nya adalah hal yang tak boleh Anda lewatkan, karena pemandangan yang ditawarkannya akan membuat Anda seolah melihat sebuah gambar dalam lukisan. Jangan khawatir bila Anda tak bisa berselancar, karena di pantai ini, Anda pun bisa melakukan banyak aktifitas lain. Snorkeling misalnya, bermain voli pantai, atau olahraga lainnya yang tak kalah menyenangkan. Anda pun bisa menyewa guide bila benar-benar ingin mencoba berselancar. Anda hanya cukup berhati-hati jika ingin bermain di dekat air pantai agar tidak terseret arus ke tengah pantai.

Pinggir Pantai, Foto: telusurindonesia.com

Surganya para peselancar

Pantai ini memang terkenal akan ombak terbaiknya, yang tinggi, ganas, menantang, namun eksotis, karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Hal ini menjadi ciri khas dan daya tarik utama bagi para wisatawan penggemar olahraga surfing atau berselancar. Pada waktu tertentu, ombaknya bisa mencapai tinggi 7-10 meter, dengan panjang mencapai 200 meter. Tidak heran, banyak yang mengatakan kalau ombak pantai ini bukan hanya terbaik di Lampung, namun juga terbaik di dunia.

Ombaknya Sempurna, Foto: iradiofm.com

Ada beberapa bagian tempat berselancar di pantai ini, dan masing-masing memiliki ketinggian yang berbeda. Yang pertama adalah Ujung Bocor atau Karang Nimbor. Ombak di sini mirip dengan di Uluwatu, Bali, tinggi dan panjang. Yang ke-dua adalah Way Jambu (peselancar menyebutnya Pipeline, dan nelayan lokal menyebutnya Setan Sejati), yang memiliki ombak yang ganas, dan merupakan tempat favorit para peselancar. Yang ke-tiga adalah Jimmu, yang memiliki gelombang ombak yang sangat indah. Menyenangkan jika Anda berselancar di bagian ini, karena Anda pun bisa menikmati suasana pantai yang cantik.

Pada tanggal 15-20 April 2017 lalu, Kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro 2017 diadakan di pantai ini. Ini adalah kejuaraan selancar pertama bertaraf internasional di Lampung. Kejuaraan ini merupakan kerjasama antara kabupaten Pesisir Barat dangan berbagai organisasi selancar tingkat dunia, dan mengikutsertakan 1000 peserta pria dan wanita.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Laguna Kalianda Lampung Selatan, Nomor Telepon + Lokasi
Panorama Pantai Nan Indah, Foto: portalwisata.co.id

Rute menuju lokasi

Karena lokasinya terpencil, akses menuju pantai ini membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam dari pusat kota Bandar Lampung, dengan jarak sekitar 273 km bila dilihat dari peta. Namun, meskipun jauh dan jalanannya berupa lereng berliku dengan tanjakan dan turunan, kawasan ini dekat dengan kawasan lindung Bukit Barisan, jadi selama perjalanan Anda akan ditemani oleh keindahan Bukit Barisan. Jalanannya pun cukup mulus dan nyaman, tidak terlalu sulit ditempuh.

Sudah tersedia angkutan umum untuk menuju pantai ini. Anda bisa naik bus Krui Putra dari terminal Rajabasa, dan langsung turun di pantai Tanjung Setia. Ongkos yang harus Anda keluarkan pun relatif murah, sekitar Rp.50.000-60.000. Atau Anda bisa naik travel dengan ongkos sekitar Rp.80.000.

Tempat Rekreasi Yang Indah, Foto: panduanwisata.id

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ada dua rute yang cukup mudah ditempuh. Anda bisa menggunakan google map jika ingin melihat letak pantai ini dengan lebih jelas, dengan memasukkan alamat di atas. Rute pertama, dari pusat kota Bandar Lampung, Anda masuk ke jalan Trans Sumatera Lintas Barat, lalu ke Kota Agung Tanggamus, hingga berakhir di Tanjung Setia. Waktu tempuh dengan jalur ini adalah sekitar 5 jam. Rute ke-dua adalah dari jalan Trans Sumatera Lintas Barat, menuju ke Lampung Utara, lalu kota Liwa, kota Krui, dan sampailah Anda ke Tanjung Setia. Rute ini memakan waktu 6-7 jam.

Sunset Yang Indah, Foto: explorelampung.wordpress.com

Fasilitas dan biaya yang harus dikeluarkan

Fasilitas yang ditawarkan pantai Tanjung Setia sudah cukup lengkap dan memadai. Penginapan atau resort sudah banyak tersedia, dari mulai losmen, cottage, hingga hotel. Anda juga bisa berkemah di dekat pantai. Tidak perlu khawatir tentang makanan dan minuman, karena ada banyak warung makanan khas Indonesia di Krui. Untuk menu makanan internasional, biasanya disediakan oleh pihak hotel. Selain itu, di sekitar pantai pun sudah banyak warung yang menjual makanan ringan dan kuliner tradisional.

BacaJuga:  10 Foto Pulau Pisang Lampung Pesisir Barat, Terletak di Wilayah Wisata Krui
Surfing, Foto: ragamwisataid.blogspot.com

Toilet dan tempat bilas pun sudah tersedia, dan terdapat balai-balai berbentuk panggung yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk bersantai. Di sini, Anda pun bisa menyewa peralatan surfing. Harga tiket masuknya gratis. Untuk penginapan pun harganya relatif murah, berkisar antara Rp.50.000-300.000 per malam.

Jika Anda berkunjung ke Krui, Lampung, selain mengunjungi pantai ini, Anda pun bisa mengunjungi pantai Labuhan Jukung yang juga memiliki keindahan sunset tak kalah cantik dari pantai ini.

Surga Tersembunyi di Lampung, Foto: pedomanwisata.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *