10 Foto Pantai Teluk Awur Jepara, Lokasi Peta Wisata Sejarah + Keindahan Sunset

Posted on
Ocean view beach resort hotel bayfront villa kecamatan kabupaten jawa tengah indonesia pantai teluk awur di jepara lokasi wisata sejarah dinamika sunset keindahan jalan menuju rute harga tiket masuk alamat letak akses peta google map foto gambar denah misteri mitos
Teluk Awur. Foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com

Lokasi: Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 291 591219

Jepara memiliki pesona tersendiri yang siap memanjakan para wisatawan. Salah satu keindahan dan juga pesona yang ditawarkan adalah kawasan wisata pantai. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan di Jepara ini adalah Pantai teluk Awur. Pantai ini letak dan lokasinya berada di Desa Telukawur kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jaraknya hanya sekitar 4 kilometer saja dari kota Jepara. Sangat mudah untuk diakses.

Pantai. Foto: wisataterbaru.com

Menilik Keistimewaan Pantai Teluk Awur

Di Pantai Teluk Awur ini terdapat keindahan hutan mangrove dengan adanya pohon mangrove yang bisa memberikan keindahan dan juga pesona tersendiri. Apalagi fungsinya sebagai penahan abrasi serta tempat peneduh. Pantai Teluk Awur ini sebagai sarana objek wisata yang cukup murah. Apalagi harga tiket masuk ke pantai ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Gazebo. Foto: wikipedia.com

Pantai Teluk Awar ini memiliki air yang sangat bersih dan juga jernih. Ditambah lagi dengan keindahan pasir pantai yang menggoda. Berbeda dengan pantai-pantai di sekitar Jepara. Di pantai ini jarang terdapat kapal dan juga perahu nelayan. Oleh sebab itu Pantai Teluk Awur kerap dijadikan tempat untuk menggelar event tradisional. Di sini kerap diadakan pesta serta lomba pantai yang tentu saja bertujuan untuk menarik para wisatawan. Ketika menjelang akhir pekan atau hari Minggu, biasanya para wisatawan akan banyak mengunjungi Pantai Teluk Awar ini.

Pantai. Foto: republiku.com

Aktifitas di Pantai Teluk Awar

Pantai Teluk Awur ini sangat jernih dan juga bersih. Tentu saja para wisatawan bisa berenang dan mandi di seputar pantai. Apalagi Pantai Teluk Awar ini memang tidak memiliki ombak yang berbahaya. Praktis bisa memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk mandi dan berenang di sini.

Pantai. Foto: asiawisata.com

Selain itu para wisatawan bisa menikmati aneka wahana permainan dan aktifitas yang menyenangkan. Seperti Banana Boat, Flying Fish Boat, Jet sky hingga snorkeling. Tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri ketika berlibur ke pantai ini. Sayangnya pantai ini sedikit kotor. Pasalnya para wisatawan kerap membuang sampah sembarangan meski sudah disediakan tempat sampah. Praktis membuat keindahan pantai Teluk Awur sedikit tercemar.

Pantai Teluk Awur ini memang sangat pas dikunjungi bersama keluarga. Apalagi dengan banyaknya pilihan wahana permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga di sini. Meski di akhir pekan pantai Teluk Awur cukup ramai, tetapi tidak meninggalkan pesona yang ditampilkan oleh pantai ini. Apalagi ketika sore hari, saat matahari tenggelam membuat panorama di pantai ini cukup menawan. Memberikan dinamika kehidupan yang pas.

Teluk Awur. Foto: pinterest.com

Sejarah pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur memiliki cerita sejarah yang turun temurun. Arti nama dari Teluk Awur sendiri berasal dari kata teluk yang memiliki arti yaitu takluk dan juga ngawur atau asal yang disebutkan oleh Joko Wongso. Joko Wongso sendiri merupakan raja yang kala itu menyamar menjadi seorang nelayan. Dan dia tewas dibunuh oleh pengawal kerajaannya yaitu Den Ayu Roro Kuning yang memiliki paras cantik. Dan pembunuhan ini diprakarsai oleh sang suami yaitu Syeikh Abdul Aziz. Hal ini disebabkan Joko Wongso hendak mempersunting Roro Kuning.

Dan kabarnya makam Joko Wongso ini berada di sekitar kawasan Pantai Teluk Awur tersebut. Sementara sejarah lain yang membuat Teluk Awur ini cukup terkenal adalah Ajeng Ngasirah yang juga merupakan ibu kandung dari pahlawan wanita R.A Kartini juga berasal dari Desa Telukawur juga.

Pantai. Foto: mlancong.com

Lokasi pantai

Pantai Teluk Awur ini berada di Desa Telukawur, Tahunan, Kec. Jepara Kab. Jepara. Lokasi pantai ini sekitar 4 km dari pusat kota Jepara. Sementara jika dari Semarang berjarak sekitar 80 Km. Sementara dari Kudus sekitar 40 KM. Dengan jaraknya yang cukup dekat dengan pusat kota, tentu saja membuat akses ke pantai ini cukup mudah. Pantai Teluk Awur ini bisa diakses dari arah timur seperti Kudus dan Pati. Apalagi letaknya berdekatan dengan pantai-pantai lainnya yang cukup memudahkan untuk menuju ke sini.

Sunset. Foto: tripadvisor.com

Fasilitas pantai Teluk Awur

Ada banyak fasilitas yang bisa ditemukan di pantai ini. Salah satunya adalah tempat bermain air yang memiliki pasir berwarna kuning. Selain itu ada banyak kamar bilas yang menyediakan air bersih dan juga warung makan yang menyediakan aneka makanan dan hidangan laut yang spesial. Fasilitas untuk anak-anak seperti Duck Buoy atau pelampung berbentuk bebek serta Donut Buoy pelampung ban dalam tersedia juga dilokasi ini.

Pantai. Foto: yasiryafiat.wordpress.com

Sementara yang gemar memancing, di kawasan wisata pantai Teluk Awur ini juga menyediakan aneka fasilitas memancing yang siap memanjakan para pengunjung. Para turis bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam di sekitar pantai dan juga menunggu kail pancingannya mengenai sasaran.

Untuk penginapan, tentu saja pantai Teluk Awur ini menyediakan aneka penginapan yang komplit. Mulai dari Ocean View Beach Resort hingga Jepara Beach Hotel dan juga The Bayfront Villa yang menyajikan aneka fasilitas yang memadai.

Pantai. Foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com

Mitos di pantai Teluk Awur

Kawasan wisata pantai Teluk Awur ini memang tidak lepas dari hal-hal mitos dan spiritual. Menurut kabar dan juga penjelasan dari masyarakat sekitar, pantai Teluk Awur ini mempunyai air yang menyajikan daya spiritual yang tinggi. Kabarnya dengan mandi dan berenang di sekitar Teluk Awur bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Meski sulit untuk dipercaya, tidak ada salahnya mandi dan berenang di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *