10 Gambar Pantai Teluk Penyu Cilacap, Harga Tiket Masuk, Jalan Menuju Lokasi + Penginapan Hotel Belum ada Bintang

Posted on

Lokasi : Kecamatan cilacap, kabupaten cilacap, jawa tengah 53211
Map : KlikDisini
HTM : Rp. 5000 per orang
Buka/Tutup : Setiap hari (08.00-19.00)
Telepon :

foto by instagram.com/dwi.handoko.9693/

Cilacap yang merupakan salah satu kabupaten di jawa tengah ternyata memiliki banyak sekali objek wisata pantai.

Salah satunya yang menarik untuk dibahas, adalah pantai teluk penyu, yang semakin kesini, semakin populer dikalangan para traveller.

Pantai teluk penyu tepatnya berada di cilacap bagain selatan, di pesisir selatan jawa.

Dan sebagaimana kebanyakan pantai di kawasan tersebut, ombak besar dan pasir hitam adalah ciri khasnya.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, pantai ini dulunya menjadi tempat tinggal penyu dengan populasi yang cukup besar.

foto by instagram.com/fanifadilah08/

Hal itulah kemudian, yang menjadi cikal bakal dinamainya pantai ini dengan nama teluk penyu.

Namun karena mulai banyaknya aktivitas orang-orang di pantai ini, ditambah banyaknya kapal tangker serta perahu nelayan berlalu lalang di sekitaran pantai, membuat penyu-penyu tersebut akhirnya mencari habitat lain.

Menurut kabar, penyu-penyu tersebut kini telah berpindah ke beberapa pantai di pulau bali dan pulau lombok.

Daya tarik pantai teluk penyu

Banyak hal menarik yang bisa dijumpai oleh para pelancong ketika berkunjung ke objek wisata teluk penyu.

Selain pesisirnya yang terlihat eksotis dengan hamparan pasir berwarna hitam. Gulungan ombaknya yang tinggi juga menjadi daya pikat tersendiri dihati sebagain orang.

foto by instagram.com/achiokta/

Selain itu, keberadaan benteng pendem yang tidak jauh dari lokasi teluk penyu juga menjadi objek wisata tambahan yang bisa disinggahi oleh para pelancong ketika dihinggapi rasa bosan.

Hanya dengan mengeluarkan biaya pembelian tiket masuk sebesar Rp. 5000, para pelancong bisa menapak jejak sejarah di dalam benteng yang dulunya menjadi basis pertahanan tentara belanda tersebut.

FYI, benteng pendem adalah sebuah benteng pertahanan yang berdiri di atas tanah yang menjorok ke laut. Dibangun pada tahun 1861-1871 masehi, dengan luas area sekitar 10,5 hektar.

BacaJuga:  10 Foto Bukit Gombel di Semarang, Misteri + Alamat Hotel Bukit Asri Permai Sari Sky Garden
foto by instagram.com/devinalintang/

Selanjutnya di teluk penyu juga terdapat sebuah jembatan panjang yang mengarah ke tengah laut. Jembatan ini biasanya digunakan sebagai lokasi pemancingan oleh para nelayan.

Jika anda suka memancing, maka anda juga bisa mencoba berburu ikan di lokasi tersebut.

Sedangkan bagi para pelancong yang suka berfoto atau selfie. Jembatan tersebut juga cukup menarik untuk dijadikan spot.

Dengan memilih lokasi di ujung jembatan, foto anda akan terlihat sempurna dengan latar belakang air laut berwarna biru.

Dan ketika hari telah sore, jembatan ini juga menjadi pusat berkumpulnya para wisatawan untuk melihat dan mengabadikan detik-detik tenggelamnya matahari.

foto by instagram.com/wachyudin18/

Fasilitas di pantai teluk penyu

Seperti objek-objek wisata pantai lainnya. Pantai teluk penyu juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pelancong untuk kemudahan dan kenyamanan mereka.

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya ialah lahan parkir, kamar mandi plus toilet, gazebo, musholla, water sport, lapangan voli, kolam pemancingan, kios penjual makanan dan menimuman serta perahu penyeberangan ke pulau nusakambangan.

Untuk menyeberang ke pulau nusakambangan menggunakan perahu, anda akan dikenai biaya sekitar Rp. 10000 sampai Rp. 20000 per orang sekali jalan. Sedangkan di lahan parkir, anda mungkin akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Aktivitas wisata di pantai teluk penyu

Untuk mengisi waktu liburan di teluk penyu, ada beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa anda lakukan. Aktivitas-aktivitas tersebut diantaranya.

• Bermain pasir

foto by instagram.com/devinalintang/

Pasir pantai biasanya menjadi sasaran empuk bagi para wisatawan untuk menuangkan ide dan kreativitas mereka. Di atas hamparan pasir, anda bisa menggambar ataupun membangun replika bangunan istana bersama pasangan atau buah hati anda.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan lembutnya pasir pantai teluk penyu sebagai media penghangat badan. Anda bisa mengubur sebagian tubuh di dalam pasir tersebut sembari menikmati hembusan angin yang sejuk.

BacaJuga:  Curug Winong Wonosobo, Air Terjun Tersembunyi yang Menghadirkan Nuansa Hutan dan Pegunungan

• Bermain air

Meskipun tidak dilarang, para pengunjung yang datang ke teluk penyu sebaiknya tidak berenang ke tengah laut. Hal ini, dimaksudkan untuk menghindari kejadian-kejadian buruk yang bisa diakibatkan oleh gelombang ombaknya yang sangat besar.

Sebagai gantinya, anda bisa mengajak pasangan atau buah hati bermain air di sepanjang bibir pantai. Namun tetaplah berhati-hat dan menjaga jarak agar tidak terkena hempasan ombak.

foto by instagram.com/devinalintang/

• Memancing

Aktivitas satu ini menjadi aktivitas yang lazim dilihat ketika kita berkunjung ke teluk penyu.

Di pinggir pantai atapun di jembatan yang mengarah ke tengah laut, ratusan nelayan dan wisatawan biasanya menghabiskan waktu bersama pancing-pancing mereka.

Nah jika andapun menyukai aktivitas ini, maka anda juga bisa mencobanya. Bilapun lupa membawa pancing, para nelayan dan wisatawan lain, mungkin akan bersedia meminjamkan salah satu alat pancing mereka untuk anda.

• Berburu sunset

Berlibur di teluk penyu belumlah lengkap tanpa menyaksikan indahnya detik-detik matahari tenggelam atau biasa disebut sunset.

foto by instagram.com/gung_lesmana/

Karena itu bila memungkinkan, tinggallah di sini sampai sore atau sampai selesainya momen sunset tersebut.

Selain menyaksikannya secara langsung, anda juga bisa menjadikan sunset ini sebagai objek foto. Atau yang lebih kekinian, momen tenggelamnya matahari tersebut, bisa anda jadikan latar belakang ketika berselfie.

• Berburu cinderamata

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan sebagai penutup kunjungan anda di pantai ini ialah berburu cinderamata khas teluk penyu.

Beberapa cinderamata seperti gelang, hiasan kerang dan cinderamata lainnya bisa anda beli di beberapa penjual di sekitaran pantai.

Cinderamata ini selanjutnya bisa anda jadikan oleh-oleh ataupun hiasan rumah.

Lokasi dan rute menuju pantai teluk penyu

foto by instagram.com/rijati_agrp/

Pantai teluk penyu terletak di bagian selatan pulau jawa. Tepatnya di kecamatan cilacap, kabupaten cilacap, jawa tengah.

Untuk sampai di pantai ini, rute termudah dan terdekat yang bisa dilalui, ialah rute dari terminal cilacap yang langsung mengarah ke lokasi pantai.

BacaJuga:  10 Foto Curug Gomblang Purwokerto, Harga Tikek Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Artinya jika anda memilih rute tersebut, perjalanan bisa anda mulai dari terminal cilacap dengan menaiki bus ataupun angkutan umum yang akan langsung membawa anda hingga ke lokasi terdekat dengan pantai.

Sementara bagi para pengguna kendaraan pribadi, anda juga bisa menjadikan terminal cilacap ini sebagai patokan awal perjalanan.

Dari terminal tersebut, silahkan lanjutkan perjalanan anda dengan melewati jalan utama yang mengarah ke pantai teluk penyu.

Tidak perlu khawatir, akses jalan sepanjang terminal sampai lokasi pantai rata-rata sudah diaspal. Jadi meskipun hanya menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan anda tidak akan terlalu melelahkan.

Selain itu jarak dari terminal cilacap ke pantai teluk penyu juga tidak terlalu jauh. anda hanya akan menghabiskan waktu sekitar 12 menit untuk sampai di lokasi pantai.

Jam buka tutup dan harga tiket masuk

foto by instagram.com/rizkyputraramadhan27/

Pantai teluk penyu dibuka setiap hari dari pukul 08.00-19.00. Untuk bisa masuk dan menikmati segala keindahannya, anda akan dikenai biaya pemeliharaan berupa pembelian tiket masuk seharga Rp. 5000.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Besaran harga tersebut tentunya sangat murah bila dibandingkan dengan apa yang akan anda dapatkan ketika sudah berada di dalam.

Namun sepertinya, harga tiket tersebut belumlah satu paket dengan biaya kunjungan ke benteng pendem. Jadi jika anda juga berencana untuk mengujungi benteng pendem, maka siap-siap saja untuk membeli tiket tambahan.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.