Sejarah Misteri Pantai Trikora 3 4 Tanjung Pinang Pulau Bintan Island Kepri

Posted on
Sejarah misteri pantai trikora 3 4 tg tanjung pinang pulau bintan island kepri hotel kepulauan riau batam terkenal dengan villa gambar foto video asal usul terletak di jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi letak peta google map
Pantai Trikora, Foto: sportourism.id

Alamat: Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Kepulauan Riau.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

KepRi atau yang merupakan singkatan Kepulauan Riau dekat dengan empat negara tetangga dalam kawasan ASEAN sekaligus, yakni Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Malaysia. Maka dari itu, Kepulauan Riau sendiri sangat terkenal di kalangan turis mancanegara maupun pengunjung lokal akan kawasan pariwisatanya yang sangat indah. Kepulauan Riau memiliki ibu kota bernama Tanjung Pinang dan mempunyai kota terbesar yang sangat indah yakni Kota Batam. Sedangkan salah satu pulau di Kepulauan Riau yang juga tidak kalah terkenal dengan Kota Batam adalah Pulau Bintan. Disini terkenal dengan berbagai macam pantainya yang asri, indah, dan terkenal kealamiannya, seperti Pantai Trikora salah satunya.

Keindahan Pantai, Foto: anekatempatwisata.com

Pantai Trikora terkenal memiliki empat bagian, yakni Pantai Trikora 1, Pantai Trikora, 2, Pantai Trikora 3, dan Pantai Trikora 4, sedangkan yang paling terkenal di kalangan pelancong dan masyarakat lokal adalah Pantai Trikora 3. Asal usul awal sejarah Pantai Trikora merupakan nama dari Tri Komando Rakyat, dimana tempat ini menjadi sebuah batas terluar pertahanan Indonesia dari pihak Malaysia yang bersiteru. Namun sekarang, objek wisata Pantai Trikora ini menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki sebuah misteri. Konon nama Pantai Trikora juga merupakan pemberian wisatawan asing yang melihat Three Corra atau yang disebut sebagai Tiga Coral. Namun masih belum diketahui apakah yang dimaksud dengan tiga coral tersebut karena itulah sampai sekarang masih menjadi misteri.

Pemandangan Pantai dari Atas, Foto: anekatempatwisata.com

Riau Island sendiri masih terkenal di kalangan turis luar negeri karena keindahan wisata pantainya yang salah satu dari pantai-pantai tersebut adalah Pantai Trikora. Pantai ini memiliki banyak sekali daya tarik sehingga tidak sedikit beberapa pengunjungnya yang mengabadikan keindahan pantai dalam foto, gambar, bahkan video. Kecantikan pantai yang melandai ini terletak pada pasirnya yang putih, halus, dan bersih, sedangkan gradasi air lautnya sendiri sangat indah dengan dua warna biru kehijauan yang bening dan jernih. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini beserta fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap untuk objek wisata alam pantai. Berikut informasi mengenai fasilitas di Pantai Trikora, mulai dari penginapan, harga tiket masuk, lokasi persis, hingga jalan dan cara menuju ke tempat tersebut.

Gazebo di Pinggir Pantai, Foto: detik.net

Fasilitas dan Akomodasi

Di Pantai Trikora yang memiliki garis bibir pantai sepanjang hampir 25 KM terdapat banyak pepohonan pantai seperti pohon kelapa, pohon bakau, hingga pohon pinus yang menambah kecantikan pantai. Pengunjung biasanya bisa bermain air seperti berenang dan menyelam namun harus berhati-hati terutama saat air laut sedang bergelombang besar. Tetapi tak sedikit juga beberapa pihak yang menyediakan fasilitas menyelam untuk snorkeling atau diving. Sedangkan untuk fasilitas wahana air tersedia dengan lengkap seperti banana boat, perahu, kano, dan masih banyak lagi. Bahkan ada beberapa pihak nelayan yang menyewakan kapalnya untuk berwisata ke pulau tak berpenghuni yang sangat indah di area sekitar Pantai Trikora. Karena pantai ini memiliki beberapa bebatuan yang besar dan tersebar di beberapa wilayah pesisir pantai, tempat ini sering dijadikan spot memancing oleh para keluarga.

Paralayang, Foto: anekatempatwisata.com

Lalu untuk fasilitas penginapan disini terdapat hotel berbintang yang menyajikan paket wisata serta peralatan lengkap dan ada juga penginapan bertaraf villa dengan harga yang lebih murah. Tempat-tempat penginapan ini menyediakan paket wisata menuju pulau-pulau kecil tak berpenghuni di sekitar pantai. Selain itu tersedia juga kamar tidur yang menghadap ke pemandangan laut, untuk kisaran harga juga tergantung kelengkapan fasilitas kamar tersebut. Di area pantai pun terdapat beberapa pondok atau semacam saung kecil yang dapat dipakai oleh pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan pantai. Penyewaan saung dan pondok tersebut, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 dan dapat dinikmati seharian.

Fasilitas di Pantai Trikora, Foto: ghiboo.com

Membicarakan seputar kuliner dan tempat makan di Pantai Trikora, turis tak perlu khawatir akan hal tersebut karena di pantai sendiri tersaji warung makan, cafe, hingga restoran sekalipun. Wisata kuliner disini dapat dilakukan dengan mencicipi berbagai macam masakan khas Sumatera, santapan tradisional Indonesia, maupun makanan khas luar negeri. Kebanyakan kuliner yang disajikan adalah yang berbahan dasar ikan laut atau seafood, seperti otak-otak ikan, gurita asam pedas, hingga pempek khas Palembang. Pengunjung bahkan bisa membeli bahan olahan dari laut sendiri melalui nelayan dan membakarnya langsung di pinggiran pantai. Hal tersebut banyak dilakukan oleh beberapa wisatawan dan backpacker, bahkan ada beberapa spot untuk mendirikan kemah dan camping disini.

Papan Petunjuk Restoran, Foto: robbihafzan.wordpress.com

Harga Tiket Masuk

Liburan di Kepulauan Riau, terutama di Pantai Trikora ini tidak perlu repot-repot dan mahal-mahal karena pihak pengelola masih membebaskan harga tiket masuknya. Memasuki Pantai Trikora dari segi manapun mulai dari Pantai Trikora 1 hingga 4, pengunjung tidak akan dikenakan biaya retribusi apa-apa. Sedangkan untuk fasilitas lain seperti parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan dapat menitipkan mobil atau motornya di pelataran parkir pada tempat-tempat makan di sekitar sini. Pengunjung pastinya akan dikenakan biaya parkir sesuai dengan harga yang diberlakukan oleh masing-masing pihak. Sedangkan dari Pantai Trikora sendiri, pengunjung dapat memasuki kawasan pulau kecil lainnya dimana pelancong harus menyebrang menggunakan perahu.

Penyewaan Ban Renang, Foto: tanjungpinanginfo.wordpress.com

Letak dan Lokasi

Lokasi dimana Pantai Trikora ini berada sebenarnya sangat mudah dijangkau dari kota-kota di sekitar Kepulauan Riau seperti Batam dan Tg. Pinang. Jika dilihat dari peta Google, Pantai Trikora terletak di Pulau Bintan dimana berjarak 45 KM dari Kota Tanjung Pinang sendiri yang berada di pusat Riau. Sedangkan secara administratif, Pantai Trikora berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera. Karena berbatasan dengan negara Malaysia dan Singapura, sehingga akses untuk turis luar negeri datang ke Kepulauan Riau ini sangat mudah. Bahkan beberapa wisatawan lokal yang ingin berkunjung ke Singapura pasti akan menyempatkan diri terlebih dahulu di Batam.

Perahu untuk Mengelilingi Pantai, Foto: viva.co.id

Rute Menuju Pantai Trikora

Perjalanan menuju Pantai Trikora ini akan lebih mudah jika mengambil penerbangan menuju Batam, banyak sekali maskapai yang menawarkan pesawat dengan arah ke Batam. Salah satunya dari Bandara Soekarno Hatta di Jakarta ke Bandara Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau. Sedangkan setelah sampai di Batam, jangan dulu menghela nafas lega karena letak Pantai Trikora sendiri masih berada di pulau lain yang berada di seberang Kota Batam. Sampai di Kota Batam, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Telaga Punggur, ada baiknya pengunjung menaiki taksi atau menyewa kendaraan kesini. Karena transportasi umum menuju Pelabuhan Telaga Punggur di Batam ini masih sangat jarang dan tidak sering terlihat.

Tempat Istirahat di Pinggir Pantai. Foto: pariwisataluarjawa.wordpress.com

Sampai di Pelabuhan Telaga Punggur, pengunjung bisa menyewa kapal atau speed boat dengan variasi harga yang berbeda-beda. Dari Pelabuhan Telaga Punggur ini sendiri terdapat dua tujuan yang berbeda tetapi sama-sama menuju Pulau Bintan. Pelancong dapat memilih untuk menaiki perahu atau speed boat ke arah Tanjung Pinang atau Tanjung Uban, karena setelah sampai di salah satu kedua kota ini, wisatawan dapat menuju Pantai Trikora dengan lebih mudah. Dari Tanjung Pinang, perjalanan menuju Pantai Trikora dapat menyewa kendaraan, karena jaraknya sekitar 45 KM. Namun tidak perlu khawatir karena jalanan yang rata dan sudah bagus tidak akan membuat wisatawan menemukan kendala menuju Pantai Trikora ini.

Masih banyak lagi tempat-tempat wisata tersembunyi yang ada di Pulau Bintan ini, selain Pantai Trikora tentunya. Kepulauan Riau sendiri bahkan dijuluki sebagai rumah kedua orang Singapura dan Malaysia karena banyak sekali turis luar negeri yang berlibur disini. Berwisata ke Pulau Bintan, Batam, maupun Kepulauan Riau sendiri tidak akan lengkap bila tidak berkunjung ke Pantai Trikora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *