10 Gambar Pantai Ungapan Malang, Letak Peta Lokasi + Tiket Masuk

Diposting pada
Kabupaten gunung getun lokasi gambar peta letak pantai ungapan malang harga tiket masuk bajul mati jelangkung ngebros baru 2019 jawa timur jalan menuju rute alamat akses google map foto denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Ungapan (foto: surabaya.panduanwisata.id)

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur 65167
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000
Buka/Tutup: 24 Jam

Dengan garis pantai sepanjang 105 km, kawasan Malang Selatan memiliki lebih dari 20 tempat wisata pantai. Jumlah tempat wisata yang tidak sedikit tersebut masih belum seluruhnya tergarap dengan baik, mengingat konsentrasi Pemerintah Kabupaten Malang sampai dengan tahun 2019 ini masih terpecah dengan tempat-tempat wisata yang ada di kawasan lain, baik yang ada di area pegunungan maupun perkotaan, baik pembangunan tempat wisata baru maupun pengembangan wisata yang sudah ada. Disamping itu, keterbatasan anggaran serta investor menjadikan pengembangan tempat wisata pantai yang ada di Pesisir Pantai Selatan harus dilakukan secara bertahap.

Namun demikian tekad untuk mengembangkan kawasan pantai sebagai lokasi wisata sudah menjadi bagian dari program jangka menengah dan jangka panjang Pemkab Malang, karena salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui industri pariwisata, baik pada sektor pembuatan souvenir, bidang kuliner, menyediakan rumah tinggal atau homestay, dan sebagainya.

Pantai Ungapan yang Eksotis (foto: lihat.co.id)

Langkah untuk mengembangkan kawasan pantai tersebut, selain dianggarkan lewat APBD, juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan pemerintah Propinsi dan Pusat maupun dengan pihak swasta. Adapun langkah yang telah diambil diantaranya adalah memperbaiki infrastruktur dan menambah fasilitas yang ada di kawasan pantai seperti memperbaiki dan memperlebar badan jalan, menambah Penerangan Jalan Umum, menambah pusat-pusat perbelanjaan dan pusat-pusat keramaian, memberikan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat melalui program sadar wisata dan sebagainya.

Program pengembangan kawasan pantai tersebut sebagian sudah berjalan meskipun belum begitu maksimal. Salah satu pantai yang telah mendapat sentuhan dari Pemda yang bekerjasama dengan Perum Perhutani adalah Pantai Ungapan. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Goa China dan Pantai Bajul Mati ini jika dilihat di google map, berada di wilayah administratif Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur 65167.

Salah Satu Sudut Pantai Ungapan (foto: lihat.co.id)

Pantai Ungapan sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Pantai Bajulmati, disebabkan karena Pantai Bajulmati memiliki garis pantai yang sangat panjang, sehingga dibagi menjadi tiga kawasan atau tiga pantai yaitu Pantai Bajulmati, Pantai Jelangkung dan Pantai Ungapan.

Rute Menuju Pantai Ungapan

Dengan jarak hanya sekitar 64 km dari pusat kota Malang tidak sulit untuk mencari alamat atau lokasi dari Pantai Ungapan. Sehingga tidak butuh peta ataupun denah untuk menuju ke lokasi, karena lama perjalananpun hanya sekitar 2 jam. Terlebih akses jalan yang harus dilalui semuanya sudah halus dan beraspal, meski penuh dengan  tikungan.

BacaJuga:  5 Kolam Renang di Bojonegoro yang Dapat Menjadi Pilihan Liburan Anda
Pantai Ungapan di Sore Hari (foto: malang-guidance.com)

Perjalanan dari kota Malang menuju Pantai Ungapan bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena jika naik angkutan umum, Anda harus siap untuk naik turun dan berganti kendaraan. Perjalanan dengan angkutan umum dapat diawali dari Terminal Arjosari menuju ke Terminal Gadang dengan naik angkot AG atau GG. Sesampai di Terminal Gadang Anda harus turun dan berganti Angkot Bison yang menuju ke Sumbermanjing Wetan atau Sendang Biru. Di tempat pemberhentian terakhir inilah perjalanan ke Pantai Ungapan dapat dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek hingga tiba di tempat tujuan.

Untuk perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi, ada dua jalur yang bisa dilewati. Rute pertama dengan membawa kendaraan dari kota Malang  menuju ke arah Turen dan berbelok ke arah Selatan menuju Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Teruslah lurus mengikuti jalan yang menuju Pantai Sendangbiru, dan sebelum memasuki kawasan Pantai Sendang Biru, Anda akan menjumpai pertigaan JLS (Jalur Lintas Selatan) serta plakat petunjuk arah.

Pantai Ungapan yang Sepi dan Tenang (foto: wikimapia.org)

Ikuti plakat petunjuk arah tersebut dengan berbelok ke kanan mengambil arah yang menuju Pantai Goa China dan Pantai Bajumlati. Selanjutnya Anda akan bertemu dengan Jembatan Bajulmati dan terus saja berjalan lurus sampai menemukan plakat petunjuk arah yang mengharuskan Anda belok ke kiri untuk menuju Pantai Ungapan dan berjalan lurus jika ingin ke Pantai Bajulmati. Setelah berbelok ke kiri, tidak lama kemudian Anda akan tiba di tempat tujuan.

Rute kedua jaraknya sedikit lebih jauh yakni dengan mengikuti arah yang menuju Pantai Balekambang. Selanjutnya Anda akan bertemu dengan perempatan yang jika berjalan lurus  akan tiba di Pantai Balekambang namun jika berbelok ke kiri akan sampai di Pantai Bajulmati dan Pantai Ungapan. Setelah tiba di tempat tujuan, Anda tinggal berjalan sebentar, karena letak tempat parkir kendaraan berada di bibir pantai.

Pesona Keindahan Pantai Ungapan

Panorama Alam Dilihat dari Puncak Gunung Getun (foto: lihat.co.id)

Karena Pantai Ungapan relatif baru dikelola dan dikembangkan sebagai tujuan wisata, maka hampir tidak ada sejarah, mitos maupun cerita-cerita misteri yang terkait dengan keberadaan pantai ini. Namun istilah Pantai Ungapan sendiri diserap dari Bahasa Jawa “Ungapan” yang artinya muara sungai atau tempat bertemunya laut dengan sungai. Hal ini merujuk pada keberadaan muara Sungai Panguluran yang ada di kawasan Pantai Ungapan.

BacaJuga:  6 Rental Sewa Kamera Sidoarjo 2019 Harga Murah; DSLR Underwater, GoPro Dll

Pantai ini juga kerap disebut “Pantai Seribu Gubuk” karena banyaknya gubuk yang dibangun dipinggir pantai. Sehingga bagi wisatawan yang ingin beristirahat usai beraktifitas di pesisir atau mereka yang ingin menikmati pemandangan dan mencari ketenangan tanpa harus terpapar sinar matahari dapat memanfaatkan salah satu gubuk yang ada di pinggir pantai.

Memilih Pantai Ungapan sebagai tempat untuk mencari ketenangan memang merupakan keputusan yang tepat, karena suasana pantai masih natural dan relatif sepi dari pengunjung. Sepi yang dimaksud tidak seperti Pantai Jonggring Saloka atau Pantai Ngebros yang ada di kecamatan Donomulyo. Jika di Pantai Ngebros setiap harinya hanya ada 1 – 2 orang atau bahkan tidak ada sama sekali wisatawan yang datang berkunjung, sementara Pantai Unggapan selalu saja ada wisatawan yang datang, meski tidak seramai pantai-pantai lainnya yang lebih dahulu terkenal.

Gubuk-gubuk di Pantai Ungapan (foto: ngalam.co)

Keindahan pantai ini juga tidak perlu diragukan lewat pesisirnya yang lebar, air lautnya yang kebiru-biruan dengan ombak yang besar, serta barisan karang yang membentuk formasi indah. Bukit-bukit yang memagari kawasan pantai menjadikan keindahan Pantai Ungapan menjadi semakin sempurna. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa keindahan pantai ini tidak kalah dari Pantai Kuta yang ada di Bali.

Dengan bibir pantai yang lebar, berbagai aktifitas dapat dilakukan para wisatawan di atas hamparan pasir. Namun jangan sekali-kali mengarungi lautnya, karena selain memiliki ombak besar dan karang yang tajam, bentuk kawasan pantai hanya pada bagian pinggir saja yang landai, sementara pada bagian yang sedikit ke tengah kondisinya curam sehingga sangat berbahaya jika dipakai untuk mandi dan berenang.

Tapi jangan kecewa dulu, keinginan Anda untuk menikmati segarnya air di kawasan pantai  akan terobati dengan menuju ke muara Sungai Panguluran yang ada di kawasan pantai. Muara yang memiliki air payau ini lebarnya sekitar 100 meter dengan kedalaman hingga 2 meter. Karena muara ini masih belum tersentuh aktifitas para nelayan, pengunjung dapat bebas mandi dan berenang. Bahkan pemerintah setempat kini mulai menjadikan kawasan muara sebagai tempat untuk aktifitas olahraga jet ski.

Bermain Jetski di Muara Sungai Panguluran (foto: travel.kompas.com)

Bagi pengunjung yang menyukai aktifitas tracking, menyusuri muara hingga tiba di hulu Sungai Panguluran sejauh sekitar 6 – 7 km akan memberikan kenikmatan tersendiri, karena di sepanjang jalan yang dilalui, akan dijumpai spot-spot menarik yang asri dan alami dengan jalan yang berkelak-kelok diwarnai kicauan burung yang sekali waktu terdengar memecah kesunyian.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Sendiki Beach Malang Selatan, Harga Tiket Masuk 2019 + Camping

Aktifitas lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan saat berada di Pantai Ungapan adalah menjelajah dan mendaki bukit-bukit di kawasan pantai yang oleh masyarakat setempat dinamakan Gunung Getun. Tidak sulit dan tidak butuh banyak waktu untuk dapat sampai di puncaknya, karena ketinggian bukit ini hanya sekitar 50 meter dpl dengan medan yang tidak terlalu ekstrim.

Begitu sampai di puncak bukit, akan Anda saksikan keindahan Pantai Ungapan dan alam di sekelilingnya dari atas ketinggian. Panorama yang sangat cantik tersebut dipastikan akan menjadi gambar yang menarik jika diabadikan lewat lensa kamera. Jangan lupa mencari spot-spot cantik saat berada di atas bukit untuk dijadikan latar belakang foto selfie maupun wefie.

Mandi dan Berenang di Muara Sungai Panguluran (foto: pideosovrano.blogspot.co.id)

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Ungapan

Keindahan Pantai Ungapan dapat Anda nikmati dengan terlebih dahulu membayar tiket masuk seharga Rp.5.000. Jika Anda membawa kendaraan, akan dikenai tambahan ongkos parkir sebesar Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil, sehingga uang yang harus dikeluarkan jatuhnya masih tetap saja murah.

Tempat Parkir Pantai Ungapan (foto: lihat.co.id)

Karena pantai ini masih terbilang baru, fasilitas umum yang disediakan bagi para wisatawanpun baru sebatas fasilitas untuk memenuhi standard minimum pelayanan berupa tempat parkir, kamar mandi dan MCK, mushollah serta gubuk-gubuk yang banyak ditemui di pinggir pantai.

Beberapa rumah makan dan warung juga siap melayani para pengunjung meski jumlahnya tidak terlalu banyak dan hanya buka pada pagi hingga sore hari. Sedang untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai pada malam hari, satu-satunya jalan harus mendirikan tenda dan camping di atas pasir, sebab di kawasan Pantai Ungapan tidak ada satupun penginapan. Karena itu, untuk pengunjung yang datang dari luar kota, jika butuh tempat bermalam, tidak ada jalan lain kecuali menuju ke kawasan wisata Sendangbiru yang memiliki beberapa penginapan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.