10 Gambar Pantai Watu Lawang Malang + Rute Alamat Denah Wisata

Diposting pada
Pantai watu lawang malang BUKAN goa watulawang gunung kidul wonosari imogiri mangunan limbangan air terjun rute alamat gambar foto wisata denah jalan menuju harga tiket masuk lokasi letak akses peta google map sejarah misteri mitos
Pantai Watu Lawang (foto: klubbunga.com)

Lokasi: Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur 65167
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000
Buka/Tutup: 24 Jam

Nama Watulawang tidak hanya dimiliki pantai yang ada di kecamatan Tepus kabupaten Gunung Kidul yang jika ditempuh dari kota Yogyakarta dapat melewati Wonosari atau Imogiri. Nama Watu Lawang juga disematkan pada salah satu pantai yang ada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Meski Pantai Watu Lawang yang ada di Malang berada di kecamatan yang sama dengan Pantai Jonggring Saloka, namun akses jalan yang ada di tempat wisata ini berbeda jauh. Jika Pantai Jonggring Saloka medannya sangat ekstrim dan tidak ada satupun angkutan umum yang menuju ke pantai ini, tidak demikian halnya dengan Pantai Watu Lawang.

Formasi Batu Karang di Pantai Watu Lawang (foto: whiempy.blogspot.co.id)

Kapanpun Anda berkunjung ke Pantai Watu Lawang, selama dilakukan pada pagi hingga  sore hari, angkutan umum bisa dengan mudah didapatkan. Akses jalan yang menuju lokasipun sudah halus dan beraspal. Hal ini disebabkan karena letak pantai ini sangat dekat dengan Pantai Ngliyep yang terkenal, dengan jarak hanya sekitar 600 meter.

 Rute Menuju Pantai Watu Lawang

Untuk berkunjung ke Pantai Watu Lawang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, sebab trayek angkutan umum sudah ada yang melewati lokasi wisata, karena pantai ini jaraknya memang cukup dekat dengan Pantai Ngliyep yang namanya sudah sangat populer.

Besarnya Ombak Pantai Watu Lawang (foto: soboalam.blogspot.co.id)

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi perjalanan dapat diawali dari pusat kota Malang atau Kepanjen serta dari kota Blitar. Untuk perjalanan yang berangkat dari kota Malang, tidak perlu menggunakan bantuan peta atau membuka google map, karena selain cukup dekat, rute yang harus ditempuh juga cukup mudah. Arahkan kendaraan menuju ke jurusan Pagak – Sumbermanjing Kulon dan Kedung Salam. Sesampai di desa Kedung Salam, ikuti petunjuk arah yang menuju ke Pantai Ngliyep. Sebelum sampai di Pantai Ngliyep, Anda akan menemukan petunjuk arah yang menuju ke Pantai Watu Lawang.

BacaJuga:  Rafting Kaliwatu, Pacu Adrenalin di Kota Wisata Batu Jawa Timur
Hamparan Pasir Putih di Pantai Watu Lawang (foto: whiempy.blogspot.co.id)

Untuk perjalanan yang berangkat dari kota Blitar, tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu membuat denah, mengingat jaraknya yang lumayan jauh. Perjalanan dari Blitar dapat diawali dengan mengambil jalan yang menuju pertigaan Pasar Buah Brongkos. Sesampai di pertigaan berbeloklah ke kiri atau ke arah Selatan yang menuju Pantai Jolosutro. Saat tiba di pertigaan beringin Banyuurip, berbeloklah ke kiri yang menuju ke arah Wates. Setelah melewati Pasar Wates, Anda akan menjumpai sebuah pertigaan yang memiliki tugu. Di pertigaan itulah kendaraan harus diarahkan ke kanan hingga tiba di Pasar Ngelih yang ada di Desa Sumberoto.

Hamparan Batu Karang di Pantai Watu Lawang Saat Air Laut sedang Surut (foto: soboalam.blogspot.co.id)

Di Pasar Ngelih Anda akan kembali menjumpai pertigaan, kali ini belokkan kendaraan ke kiri hingga sampai di pertigaan Donomulyo. Di sini ada lagi pertigaan, dan Anda harus membelokkan kendaraan hingga melewati Puskesmas Donomulyo. Setelah Puskesman akan ada pertigaan dan arahkan kendaraan hingga menjumpai pertigaan Ndawung yang ada di Desa Kedungsalam. Di pertigaan tersebut tinggal berbelok ke kiri untuk menuju jalan ke Pantai Ngliyep, dan sebelum sampai Pantai Ngliyep akan Anda menemukan petunjuk arah yang menuju alamat atau lokasi wisata yang Anda tuju.

Perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jika dari kota Malang atau dari Kepanjen bisa menggunakan mikrolet jurusan Ngliyep. Di sini terdapat 2 rute mikrolet yang dapat dipilih, karena keduanya menuju ke Pantai Ngliyep, yaitu jalur yang lewat Barat dengan melewati Donomulyo dan jalur yang lewat Timur dengan melewati Sumbermanjing Kulon dan Pagak. Untuk yang berangkat dari Blitar, bisa naik bus yang menuju ke Malang dan turun di pertigaan sebelah Barat Waduk Karangkates. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan mikrolet jurusan Pantai Ngliyep yang melewati Donomulyo.

 Sejarah dan Asal-usul Nama Pantai Lawang

Formasi Batu Karang yang Menyerupai Pintu di Pantai Watu Lawang (foto: topsy.one)

Lawang dalam bahasa Indonesia memiliki arti pintu. Pantai di Gunung Kidul diberi nama Pantai Watu Lawang karena di kawasan pantai ada bukit karang yang memiliki goa dan di goa tersebut terdapat bagian yang menyerupai pintu. Sedang untuk Pantai Watu Lawang yang ada di Malang, disebabkan karena di kawasan pantai terdapat formasi batu karang yang memiliki rongga berbentuk kerucut yang mirip dengan pintu.

BacaJuga:  6 Air Terjun di Nganjuk Ini Pas Banget Buat Basah-Basahan

Karena merupakan bagian dari pesisir Pantai Selatan, selain memiliki ombak yang besar, berbagai mitos dan kisah-kisah misteri juga menjadi bagian dari keberadaan pantai ini dan bukan hal yang asing bagi penduduk setempat. Terlebih di atas Gunung Kombang yang ada di kawasan pantai ini terdapat sebuah bangunan berbentuk sanggar yang kerapkali digunakan untuk menyepi bagi para penganut tradisi Kejawen.

Masih kuatnya kepercayaan masyarakat setempat terhadap kekuatan dan kekuasaan Penguasa Ratu Selatan juga ditandai dengan ritual larungan di Gunung Kombang yang digelar setiap bulan Maulud. Tujuan utama dari ritual tersebut memang untuk mengungkapkan perasaan syukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan, namun selain itu juga ada semacam pengakuan akan eksistensi dari Penguasa Laut Selatan.

 Pesona Keindahan Pantai Watu Lawang

Salah Satu Sudut Pantai Watu Lawang (foto: soboalam.blogspot.co.id)

Keindahan yang disuguhkan Pantai Watu Lawang kepada para pengunjung adalah pesona pantainya yang berwarna putih dan lembut, serta ombak lautnya yang besar dan gugusan karang serta pulau-pulau kecil yang ada di kawasan perairan. Salah satu dari pulau tersebut jaraknya cukup dekat dengan pantai dan digunakan untuk beraktifitas, baik oleh para pengunjung maupun mereka yang ingin melakukan ritual. Pulau tersebut diberi nama Gunung Kombang.

Untuk menuju ke Gunung Kombang, telah disiapkan jembatan kayu, sehingga tidak perlu bersusah payah melawan arus air atau menyeberanginya dengan menggunakan perahu. Di atas bukit karang inilah dapat Anda saksikan pemandangan yang indah, mulai dari hamparan pasir di Pantai Watu Lawang, hingga pemandangan dari 2 pantai yang ada di kejauhan, yaitu Pantai Gua Patuk dan Pantai Teluk Putri.

Pada saat menyusuri jembatan kayu maupun ketika berada di puncak Gunung Kombang, akan Anda temukan spot-spot menarik untuk dijadikan background foto. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkan momen sekaligus gambar yang menarik meskipun hanya bermodalkan kamera ponsel.

Jembatan Kayu yang Menghubungkan Kawasan Pantai dengan Gunung Kombang (foto: soboalam.blogspot.co.id)

Daya tarik lainnya dari pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 250 meter ini adalah formasi batu karang yang menghampar di pinggir pantai. Pada saat air laut sedang surut, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan, kepiting, udang, lokan, bintang laut, serta makhluk laut lainnya yang terjebak di sela-sela batu karang.

BacaJuga:  Kenapa Harus Ke Pantai Prigi? Simak 8 Alasannya Dibawah Ini

Hamparan karang itu pula yang menjadikan pengunjung dilarang berenang di kawasan pantai, disamping juga karena ombaknya yang besar. Jika ingin mandi dan menikmati segarnya air laut, dapat dilakukan pada saat air laut sedang surut. Itupun tidak di kawasan perairan, melainkan di laguna yang ada di balik bukit karang.

Laguna di Pantai Watu Lawang (foto: soboalam.blogspot.co.id)

Satu lagi yang menjadi kelebihan dari Pantai Watu Lawang adalah suasana sekitar yang masih sepi kecuali pada hari-hari libur. Bahkan pada hari libur pun jumlah pengunjung juga tidak seramai Pantai Ngliyep atau pantai-pantai lainnya yang sudah ternama, sehingga suasana yang tenang dan nyaman akan dapat dapat dinikmati di pantai ini.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Watu Lawang

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Lawang, harga tiket masuk perorang sebesar Rp.5.000. Jika Anda membawa kendaraan, masih ditambah lagi dengan biaya retribusi sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 untuk mobil. Biaya retribusi ini belum termasuk ongkos parkir yang nilainya sama dengan biaya retribusi.

Pintu Gerbang Gunung Kombang (foto: soboalam.blogspot.co.id)

Jika dilihat dari fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Lawang, harga tiket sebenarnya cukup sepadan. Namun dengan banyaknya pungutan, sehingga jatuhnya relatif mahal, membuat fasilitas yang ada bisa dibilang kurang sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengunjung, karena fasilitas yang tersedia di pantai ini hanya sebatas kamar mandi, WC dan tempat parkir, serta warung-warung yang ada di sekitar pantai.

Bagi yang ingin bermalam di kawasan pantai, satu-satunya cara adalah dengan mendirikan tenda di atas hamparan pasir, karena di sekitar Pantai Watu Lawang tidak ada satupun penginapan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.