10 Foto Pantai Watulawang Gunung Kidul Jogja, Rute Wisata + Harga Tiket Masuk

Posted on
Pantai watulawang watu lawang wonosari jogja goa yogyakarta rute lokasi resort restaurant tepus kabupaten gunung kidul daerah istimewa tunggal timur indonesia peta panorama pajak putih lengkap lebaran kota kuningan jalan menuju ke gunungkidul ganong ganool alamat semarang sewu paket wisata kecamatan imogiri nganjuk mangunan malang view kawasan map pasir batu karang berlibur sunset hotel dekat akomodasi timur pantai pulang sawal
Pantai Watulawang (foto: wisataku.net)

Lokasi:  Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55772
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000 (Satu Paket dengan Tiket Masuk Pantai Indrayanti)
Buka/Tutup: 24 Jam

Tidak dapat dipungkiri bahwa nama Jogja menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia karena keberadaan landmark-landmark kuna yang cukup fenomenal, seperti Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Istana Taman Sari, Istana Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Sambisari, Candi Plaosan, dan sejumlah bangunan candi yang lain.

Namun begitu kentalnya adat-istiadat dan budaya yang masih terjaga hingga detik ini ikut menambah daya tarik DIY. Begitu juga dengan potensi wisata yang lain, termasuk potensi wisata alam, salah satu diantaranya adalah wisata pantai yang banyak dijumpai di Yogyakarta.

Gardu Pandang di Atas Karang di Pantai Watu Lawang (foto: wisataku.net)

Besarnya potensi wisata pantai di Provinsi DIY, membuat sejumlah kawasan pesisir yang sebelumnya dibiarkan begitu saja, atau digunakan untuk aktifitas para nelayan serta difungsikan untuk kepentingan yang lain, kini banyak yang dialihfungsikan menjadi kawasan wisata. Tidak heran jika jumlah destinasi wisata di Jogja terus bertambah, utamanya di wilayah Kabupaten Gunung Kidul yang dikenal sebagai surganya wisata pantai.

Lihat Juga: 55 Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Sebanyak lebih dari lima puluh pantai berjajar dari ujung Barat hingga ujung Timur Kabupaten Gunungkidul, sebagian sudah dikenal sejak lama sebagai objek pariwisata, sebagian lainnya baru dalam tahap pengembangan, sedang sisanya masih dalam kondisi alami alias belum tersentuh industri pariwisata.

Dinding Karang yang Kokoh dan Indah di Pantai Watu Lawang (foto: rentalmobilyogyakarta.net)

Salah satu pantai yang baru dalam tahap pengembangan namun memiliki potensi yang besar untuk merebut hati para wisatawan adalah Pantai Watulawang. Pantai ini memang belum masuk daftar paket wisata Jogja yang ditawarkan jasa Tour & Travel, karena namanya masih cukup asing di telinga wisatawan. Tidak seperti Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo,  Pantai Sadranan, Pantai Baron, Pantai Wediombo, Pantai Drini, Pantai Nglambor, serta pantai lainnya yang ada di Jogja, termasuk dua pantai yang mengapit Pantai Watulawang, yaitu Pantai Pok Tunggal dan Pantai Pulang Sawal yang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Namun begitu indahnya panorama alam dan keunikan topografi kawasan pantai yang dimiliki Pantai Watulawang, membuatnya tidak butuh waktu lama untuk menjadi destinasi wisata favorit di Yogyakarta.

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Watulawang

Salah Satu Sudut Pantai Watu Lawang (foto: gunungkidulku.com)

Nama “Watulawang”, selain menjadi identitas dari pantai yang ada di wilayah Gunungkidul ini, juga menjadi nama beberapa tempat wisata lain yang ada di tanah air, yaitu Pantai Watulawang di Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, serta dua wisata perbukitan, yaitu Bukit Watulawang Nganjuk dan Perbukitan Watulawang yang ada di Desa Wisata Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Khusus untuk penggunaan kata Watulawang sebagai identitas dari pantai yang ada di Gunungkidul, diambil dari kosakata bahasa Jawa, yaitu “watu” yang artinya “batu” dan “lawang” yang artinya “pintu”. Pantai ini dinamakan Pantai Watulawang, karena pada bagian dinding karang yang sebagian menjorok ke laut terdapat sebuah goa dengan mulut goa berbentuk seperti pintu.

Deburan Ombak di Pantai Watu Lawang (foto: spadepicnic.wordpress.com)

Konon, goa tersebut dahulu digunakan sebagai tempat bersemedi oleh Prabu Brawijaya VI dan kesan mistis hingga sekarang masih terasa saat berada di area sekitar goa batu karang. Masyarakar setempat sendiri masih percaya dengan berbagai mitos dan cerita-cerita mistis, sehingga aktifitas yang berbau adat dan budaya hingga kini masih dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satu diantaranya adalah menggelar upacara nyadran atau Sadranan di setiap bulan Sya’ban pada kalender hijriyah, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang maha Esa dan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Penguasa Laut Selatan.

Selain kentalnya adat istiadat dan adanya upacara adat yang memberikan daya tarik tersendiri, pesona keindahan alam Pantai Watu Lawang memang layak untuk dijual. Pantainya yang berhias pasir putih dengan pagar bukit-bukit karst di sekelilingnya, menyuguhkan view yang sangat mempesona.

Pantai Watu Lawang Saat Fajar (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Terlebih pantai ini masih belum begitu dikenal oleh para wisatawan, sehingga tidak banyak pengunjung yang datang dan membuat suasana pantai cenderung sepi dan tenang, kecuali pada saat libur lebaran. Suasana yang sepi dan tenang itulah yang menjadikan kawasan pantai menjadi sangat ideal sebagai tempat berlibur dan untuk sebuah resort. Selin itu, aktifitas apapun yang Anda lakukan di atas hamparan pasir, dipastikan bakal memberikan kesenangan.

Pantai Watulawang sendiri terbagi atas dua area, yaitu area yang berada di sebelah Barat batu karang besar yang salah satu dindingnya terdapat goa, dan area di sebelah Timur batu karang. Pantai yang berada di sebelah Barat batu karang ukurannya lebih kecil berbentuk cekungan, sedang pantai yang berada di sebelah Timur batu karang memiliki bentuk memanjang dengan ukuran yang lebih luas.

Pantai Watu Lawang yang Menawan (foto: jotuindonesia.com)

Sesuatu yang menarik dari pantai ini adalah adanya cekungan-cekungan pada bibir pantai. Cekungan-cekungan tersebut saat digenangi air laut menyerupai kolam atau bak mandi yang terkadang dihiasi ikan-ikan kecil di dalamnya. Itu sebabnya bagi pengunjung yang ingin menikmati segarnya air laut dengan mandi dan berenang, tidak perlu harus menuju ke lepas pantai, tapi cukup dengan berendam di cekungan karang, karena di tempat itupun akan dapat dinikmati sapuan ombak.

Puas beraktifitas Anda dapat beristirahat sambil menikmati keindahan pemandangan sekeliling dengan beristirahat di gazebo-gazebo yang telah disiapkan di pinggir pantai. Apabila ingin berburu spot menarik untuk latar belakang foto, Anda dapat menuju ke gardu pandang yang ada di puncak karang. Di sana juga terdapat gazebo dan untuk menuju ke gazebo yang berada di puncak karang tersebut, telah disiapkan sebuah jembatan yang terbuat dari bambu.

Di gardu pandang itulah dapat Anda nikmati deburan ombak dari atas ketinggian, termasuk juga indahnya sunrise dan sunset pada pagi dan sore hari yang sangat sayang jika tidak diabadikan dengan lensa kamera.

Hamparan Pasir Putih di Pantai Watulawang (foto: rentalmobilyogyakarta.net)

Rute Menuju Pantai Watulawang

Jika dilihat pada gambar peta atau melalui google map, Pantai Watulawang terletak diantara dua pantai yang lain, yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Ketiga pantai tersebut dipisahkan oleh dinding batu karst  yang memang banyak terdapat di daerah Gunung Kidul. Sedang untuk alamat lengkap dari pantai ini secara administratif berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55772.

Jarak antara pusat kota Jogja dengan Pantai Watu Lawang sekitar 70 km yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 1 jam 45 menit, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, wisatawan dapat memilih bus jurusan Jogja – Wonosari dan turun di terminal Wonosari. Setelah itu mencari angkutan umum yang menuju ke Pantai Watulawang.

Cekungan Karang di Pantai Watu Lawang (foto: spadepicnic.wordpress.com)

Perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat memilih 2 jalur, yaitu melewati jalur yang menuju Imogiri Barat melewati Panggang, Saptosari, Pantai Baron serta Pantai Kukup, berlanjut ke Tepus, Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti sebelum akhirnya masuk ke kawasan Pantai Watu Lawang. Jalur kedua dari Jogja langsung menuju ke wonosari, sesampai di kota Wonosari tinggal mengikuti papan petunjuk arah menuju ke Pantai Indrayanti yang dapat ditemui di sepanjang perjalanan. Sesampai di Pantai Indrayanti tinggal melanjutkan lagi perjalanan ke arah Timur sejauh kurang lebih 800 meter untuk dapat sampai ke Pantai Watu Lawang.

Akses jalan dari Jogja ke Pantai Watulawang, secara keseluruhan sebenarnya sangat baik, hanya saja pada saat akan memasuki lokasi wisata, jalan yang harus dilalui masih berupa tanah dan bebatuan kapur dengan lebar jalan yang hanya cukup dilewati satu mobil.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Watulawang

Gazebo di Pinggir Pantai Watu Lawang (foto: jotuindonesia.com)

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Watulawang, harga tiket masuk yang dikenakan dijadikan satu paket dengan Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti yang jaraknya memang cukup dekat. Harga tiket masuk untuk kedua pantai tersebut sebesar Rp.5.000 perorang belum termasuk pajak atau ongkos parkir. Karena di setiap lokasi wisata masih akan dikenakan ongkos parkir sebesar Rp.5000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 untuk mobil.

Karena merupakan objek wisata baru dan dengan harga tiket yang relatif murah, maka jangan terlalu berharap akan mendapatkan fasilitas yang berlebih di pantai ini. Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Watulawang diantaranya adalah area parkir, gazebo, kamar mandi dan toilet, serta mushollah.

Meski tidak terdapat restaurant mewah, namun Anda tidak perlu cemas jika hanya sekedar ingin mengisi perut atau menghilangkan rasa dahaga, karena di sekitar pantai terdapat beberapa warung sederhana yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Begitu juga untuk mereka yang ingin bermalam di kawasan pantai, di sekitar Pantai Watulawang tersedia fasilitas akomodasi yakni Watulawang Resort, atau bisa juga menuju ke Pantai Indrayanti, karena hotel dan penginapan yang ada disana lebih banyak, diantaranya adalah Joglo Watu Kelir, Griya Kusuma Bambu Lengkung, Rock Garden Homestay and Resto, Walet Guest House, Griya Pesisir, dan beberapa penginapan yang lain. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *