10 Foto Pantai Widara Payung di Cilacap Jawa Tengah + Rute Jalan Menuju Ke Lokasi

Posted on

Alamat: Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
Koordinat Map: KlikDisini
Jam Operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 21.00 WIB
Nomor Telepon:
HTM: Rp 3.000 – Rp 5.000 perorang

foto by instagram.com/adi_nugroho94/

Tempat wisata di Indonesia sangat beragam mengingat banyak sekali kekayaan alamnya di jejeran pulau dari Sabang sampai Merauke. Kebanyakan objek wisata tersebut memiliki sejarah dan asal usul sendiri karena dipengaruhi oleh masyarakat di sekitarnya. Contohnya adalah deretan pantai di Jawa Tengah.

Masyarakat Jateng mempercayai legenda mistis, misteri dan mitos karena kepercayaan mereka akan Nyai Roro Kidul sangat kuat. Hal tersebut yang membuat obyek wisata berupa pantai di deretan sebelah selatan Jawa Tengah menjadi lebih menarik karena pelancong juga tertarik dengan sejarah dan mitosnya.

Karena sejarahnya yang dikaitkan dengan hal mistis membuat objek wisata pantai di Pulau Jawa dipercaya memakan korban tenggelam untuk tumbal dan sebagainya. Terlepas dari asal usul yang juga masih misteri, pingir pesisir di Jateng pun mampu memikat banyak pengunjung dan turis untuk datang.

foto by regional.kompas.com

Salah satu obyek wisata yang mengandung unsur legenda mistis tersebut adalah Pantai Widara Payung di sebelah selatan Kroya, Cilacap. Tempat ini menjadi sangat fenomenal setelah kejadian tsunami terjadi beberapa waktu lalu di pesisirnya, hingga banyak yang masuk berita, dijadikan video dan film.

Pantai Widarapayung tetap menjadi tempat wisata alam sekaligus air yang menarik karena keindahan alamnya, walaupun tidak terlalu terkenal seperti Pantai Teluk Penyu di daerah Cilacap juga. Objek ini pun terkenal sangat luas sehingga wilayahnya dibagi dalam empat bagian desa dengan nama berbeda.

foto by poskotanews.com

Namun desa yang paling terkenal di Pantai Widara Payung ini sendiri adalah Desa Widarapayung Wetan. Desa lainnya adalah Desa Sidayu, Desa Widarapayung Kulon, dan Desa Sidaurip. Inilah deskripsi lengkap mengenai fasilitas dan penginapan, gambar dan foto, jalan, peta, denah, dan rute menuju ke tempat ini.

BacaJuga:  10 Gambar Candi Cetho Karanganyar, Jalan Menuju Lokasi Dari Solo Tawangmangu, Harga Tiket Masuk + Sejarah Larangan

Fasilitas dan Akomodasi

Tidak terlalu banyak fasilitas yang ditawarkan disini, selain karena Pantai Widarapayung sendiri memiliki arus air laut yang cukup kuat sehingga menciptakan deburan ombak besar. Memang sudah menjadi ciri khas untuk objek wisata di pesisir Pulau Jawa memiliki arus air laut yang kuat, tak terkecuali tempat ini.

foto by kotawisataindonesia.com

Keindahan Pantai Widarapayung yang ditawarkan adalah pemandangan laut dan sunsetnya yang menyatu, matahari terbenam di pesisir selatan terkenal sangat indah. Selain itu, dengan arus ombaknya yang juga besar membuat objek ini banyak digunakan sebagai fasilitas arena berselancar atau surfing.

foto by my-cilacap.blogspot.co.id

Tempat ini pun memiliki pepohonan yang lebih lebat dikarenakan letaknya dikelilingi oleh 4 pedesaan tempat tinggal warga. Tetapi lagi-lagi disinilah letak keindahannya, jejeran pohon di belakang pantai menambah kecantikan alamnya sampai-sampai terdapat puisi menggambarkan Pantai Widarapayung.

Di dalam lokasi pantai terdapat tugu berbentuk payung dimana di area tersebut terdapat tempat-tempat duduk untuk para pengunjung bersantai. Letak tugu ini sendiri berada dekat dari arah pintu masuknya, lebih tepatnya pintu masuk utama tempat ini sendiri berada di Desa Widarapayung Wetan.

foto by abdillahtraveller.blogspot.co.id

Pasir pantai disini termasuk landai, tidak banyak memiliki batu karang atau batuan lainnya sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain di pinggiran. Beberapa binatang laut kerap ditemukan dibalik pasirnya yang putih dan halus, seperti kepiting kecil, bintang laut, hingga kerang yang bisa dikonsumsi.

foto by ksmtour.com

Di beberapa bagian pantai sendiri terdapat gazebo atau gubug-gubug kecil yang dapat disewa oleh wisatawan. Pelancong dapat menitipkan barang bawaannya disini atau sekadar beristirahat dan berteduh dari terik matahari panas sambil menikmati pemandangan Pantai Widarapayung dari jauh.

foto by wonderfulcilacap.wordpress.com

Sedangkan untuk fasilitas menginap, daerah terdekat untuk menemukan hotel, guest house, hostel, hingga homestay hanya ada di daerah Kroya saja. Karena terletak di pinggiran desa, pantai ini tidak memiliki penginapan terdekat di sekitarnya, jarak dari Kroya sendiri ke pantai ini berkisar sekitar 8 km.

BacaJuga:  Brown Canyon, Salah Satu Spot Prewedding Outdoor Terbaik di Semarang

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Widarapayung ini berkisar antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per-pengunjung, ada kemungkinan naik pada musim liburan ketika sedang ramai. Harga diterapkan berbeda-beda untuk pengunjung yang masuk melalui pintu masuk tertentu, karena ada 3 pintu masuk menuju tempat ini.

Melalui pintu masuk utama, wisatawan hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000 perorangnya sedangkan dari pintu lainnya yang terletak di desa lain akan dikenakan Rp 3.000. Para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat masuk dan memarkirkan mobil dan motornya di dalam tanpa pungutan biaya.

Letak dan Lokasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Widarapayung dikelilingi oleh empat desa berbeda sekaligus, sehingga pintu masuk menuju lokasi pantai ini juga banyak. Seperti letak pintu utama yang berada di Desa Widarapayung Wetan, sangat mudah untuk ditemukan karena letaknya di jalan utama.

Pintu masuk lainnya berada di dekat perbatasan Desa Sidayu dan Desa Widarapayung Wetan, jaraknya dari Desa Widarapayung Wetan ini sendiri berkisar 500 meter saja. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki, karena untuk pintu masuk kedua ini harga tiket masuknya lebih murah yakni hanya Rp 3.000 perorang.

Ada lagi pintu masuk ketiga yakni letaknya lumayan jauh dimana merupakan sebuah perbatasan antara Desa Widarapayung Kulon dengan Desa Sidayu. Harga tiketnya pun juga lebih murah karena sama dengan harga pada saat memasuki melalui pintu masuk kedua di Desa Sidayu dan Widarapayung Wetan.

Rute Menuju Pantai Widara Payung

Jalur menuju pantai ini cukup mudah diakses, terutama bagi yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika melalui Purwokerto, pengunjung bisa menuju kearah jalan Kroya dan masuk ke Desa Jepara Kulon, dari sini sendiri sudah dekat dengan lokasi Pantai Widarapayung berada.

BacaJuga:  Pantai Permisan, Surga Tersembunyi Nusakambangan, Ini Buktinya!
foto by kompasiana.com

Rute kedua ada yang dari arah Cilacap atau Kebumen dimana pengunjung dapat memilih kearah timur yakni di jalan Diponegoro. Dari jalan ini sendiri sudah memasuki Desa Widarapayung Wetan sehingga sudah lebih dekat, wisatawan dapat memanfaatkan Google Maps untuk menunjukan direksi selanjutnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
foto by teluklove.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.