10 Gambar Pantai Widarapayung Cilacap, Tiket Masuk Wisata, Rute Jalan Menuju Lokasi + Penginapan Hotel Belum ada Bintang

Posted on

Lokasi : Kecamatan binangun, kabupaten cilacap, jawa tengah 53281
Map : KlikDisini
HTM : Rp. 5000 / Rp. 3000 (per orang)
Buka/Tutup : Setiap hari 24 jam
Telepon :

foto by instagram.com/inatahara/

Selain pantai teluk penyu yang bisa kita temukan dengan menyisir bagian selatan kabupaten cilacap. Ada satu pantai lagi yang bisa kita jumpai di kabupaten ini dengan mengarahkan langkah sejauh kira-kira 35 kilometer ke arah timur.

Di sebuah desa bernama widarapayung wetan, terdapat sebuah objek wisata indah bernama pantai widarapayung.

Selain sebagai lokasi wisata, pantai ini juga terkenal sebagai lokasi perlombaan selancar dan juga bumi perkemahan.

Meski tidak seheboh ketenaran teluk penyu, pantai widarapayung nyatanya masih memiliki pengujung setia yang selalu datang setiap akhir pekan dan hari-hari libur lainnya.

Dan walaupun tidak sebanyak pengunjung teluk penyu, namun kedatangan para wisatawan tersebut, sudah cukup menjadi bukti keeksisan tempat ini sebagai sebuah objek wisata.

foto by instagram.com/vidar_aji7/

Jika diamati lebih jauh, menurut kami pribadi. pantai ini sebenarnya memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri yang bahkan tidak dimiliki atau tidak dijumpai di teluk penyu sekalipun.

Selain ciri khas pantai daerah selatan jawa yang melekat padanya, ia juga memiliki kelebihan-kelebihan lain.

Salah dua kelebihan tersebut ialah pantai ini memiliki pasir yang bersih dan disekitarnya di tumbuhi oleh berbagai jenis pepohonan.

Ya. Berbeda dengan kebanyakan pantai lain yang biasanya hanya ditumbuhi oleh satu jenis pepohonan saja. Di pantai widarapayung ditemukan beragam jenis pepohonan dan tumbuhan.

foto by instagram.com/netizencilacap/

Beberapa diantaranya ialah pohon pandan, dukut gulung serta tanaman liar berduri.

Lebih dekat dengan pantai widarapayung

Kawasan pantai widarapayung memang tidak seluas teluk penyu. Namun, kawasannya ternyata membentang di 3 desa sekaligus. 3 desa tersebut ialah desa widarapayung wetan, desa sidayu dan desa widarapayung kulon.

Karenanya, untuk memasuki pantai inipun bisa melalui salah satu dari ketiga desa tersebut. Namun pintu masuk utama yang sekaligus menjadi gerbang utamanya berada di desa widarapayung wetan.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Klenteng Sam Po Kong Semarang + Hotel Dekat Sampokong Temple Kuil Vihara

Pertama kali memasukinya, kita akan disuguhi panorama alam yang begitu memukau. Di sepanjang garis pantai, hamparan pasir hitam yang terlihat sangat bersih menjadi pemandangan pertama penyejuk mata.

foto by instagram.com/rizky.prasetya0002/

Sedangkan di bagian pinggir, terlihat puluhan jenis pepohon dan tumbuhan dibalik rindangnya pohon kelapa. Sementara di beberapa titik, terdapat bangunan pondok dari daun kelapa kering sebagai tempat istirahat bagi pengujung.

Di sini juga terdapat sebuah tugu yang bernama tugu payung. Selain bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk, tugu ini juga menjadi simbol peringatan terhadap bencana tsunami.

Jika anda mengikuti perkembangan berita di tahun 2006. Maka anda pasti sudah mendapat kabar bahwa tsunami pernah melanda kawasan ini pada 17 Juli 2006 silam.

foto by instagram.com/wahyu.wina0/

Akibat bencana tersebut, beberapa infrastruktur mengalami kerusakan yang cukup parah, namun kemudian pemerintah cilacap dengan sigap segera melakukan pembenahan secara bertahap.

Aktivitas wisata

Ada beragam hal yang bisa dilakukan di pantai widarapayung sebagai pengisi waktu liburan anda. selain menjadi lokasi yang menantang bagi para peselancar. Ia juga merupakan tempat yang sangat menarik untuk melakukan aktivitas-aktivitas berikut ini.

• Bermain pasir

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan saat berlibur di sini ialah bermain pasir. Dengan pasirnya yang bersih, anda bisa membuat berbagai karya seni dengan sangat nyaman di atas hamparan pasir tersebut.

foto by instagram.com/papa_belfin86/

Selain itu, mengubur diri di dalam pasir juga kerap dilakukan oleh para pengunjung.

• Berburu kepiting

Selain bisa digunakan layaknya kanvas untuk membuat berbagai macam karya seni. Pasir pantai widarapayung juga menjadi habitat bagi kepiting pantai .

Karenanya saat bermain pasir, anda pasti akan menemukan banyak sekali kepiting yang juga disebut jingking, berhamburan keluar dari dalam pasir ketika anda menggalinya.

Kepiting-kepiting ini meskipun ukuran tubuhnya rata-rata sangat kecil, namun sangat lezat ketika dimakan. ya tetapi anda perlu memasaknya terlebih dahulu sebelum disantap. Jangan dimakan mentah-mentah 🙂

BacaJuga:  10 Gambar Bukit Watu Meja Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Nah jika anda tertarik, anda bisa berburu jingking di pantai ini. Untuk mempermudah proses perburuan, maka anda bisa menggunakan cangkul atau skop untuk menggali dan membongkar sarang-sarangnya.

• Menunggang kuda

foto by instagram.com/netizencilacap/

Keunikan tersendiri dari pantai widarapayung yang mungkin tidak akan kita temukan di pantai lainnya ialah adanya para pemilik kuda yang menyewakan kuda-kuta mereka untuk para pengujung.

Kuda-kuda ini biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berkeliling mengitari sekitaran pantai. Jika anda ingin mencobanya, maka anda bisa menyewa ke pemilik dengan biasay Rp. 5000 saja.

• Berfoto atau selfie

Suasana yang bersih dan banyaknya tetumbuhan di sekitarnya memuat pantai ini cukup layak untuk dijadikan spot berfoto ataupun selfie.

Anda bisa memainkan imajinasi atau pun mencari angle yang paling pas untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

foto by instagram.com/sael_saa/

Tugu payung adalah salah satu lokasi yang biasanya sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk aktivitas ini. Selain itu, mereka juga kadang memanfaatkan momen saat menunggang kuda untuk berfoto dan berselfie.

Fasilitas penunjang

Semua keindahan dan keunikan di atas tidak akan ada artinya tanpa adanya fasilitas yang memadai. Karenanya, pihak pengelola pantai widarapayung, sudah menyiapkan beberapa fasilitas umum untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya :

• Area parkir
• Kamar mandi/WC
• Musholla
• Gubuk pantai
• Gazebo
• Warung penjual makanan dan minuman

Lokasi dan rute menuju ke sana

foto by instagram.com/cuplis_su76/

Seperti dituliskan sebelumnya. Kawasan pantai widarapayung ini membentang diantara 3 desa sekaligus. Jadi agak kurang pas kalau kami hanya menuliskan satu desa saja sebagai lokasinya. yang jelas, ia berada di kecamatan binangun, kabupaten cilacap, jawa tengah.

Untuk sampai di lokasi, maka anda bisa melewati 2 rute berikut ini.

• Dari arah purwokerto

Apabila anda datang dari arah purwokerto, maka anda bisa menuju desa jepara kulon dengan melewati jalan buntu kroya.

Lalu di pertigaan jepara kulon, silahkan ambil jalur kanan menuju perempatan binangun. Di perempatan ini, belokkan kendaraan ke arah kiri kemudian lurus terus hingga sampai di desa widarapayung.

BacaJuga:  Tempat Pemandian Air Panas di Semarang : Gonoharjo, Wisata Umbul Sidomukti Bandungan, Diwak, Derekan

• Dari arah kebumen atau cilacap

Dari kebumen atau cilacap kota anda bisa langsung ke arah timur melalui jalan diponegoro. Jalan ini merupakan penghubung antara cilacap kota dan kebumen bagian selatan.

Selain itu, jalan ini juga akan langsung membawa anda menuju desa widarapayung yang menjadi lokasi pantai widarapayung.

Harga tiket masuk dan jam buka tutup

foto by instagram.com/hunaefimusyafa95/

Anda bisa datang ke pantai widarapayung kapan saja. pantai ini dibuka setiap hari 24 jam.

Untuk harga tiket masuknya sendiri bermacam-macam tergantung dari desa mana anda memasukinya.

Jika melalui pintu masuk di desa widarapayung wetan. Maka anda akan dikenakan harus membeli tiket masuk seharga Rp. 5000. Sementara jika melalui pintu masuk di perbatasan widarapayung wetan dan desa sidayu, maka harga tiket masuknya adalah Rp. 3000. Begitu juga jika melalui pintu masuk yang ada di perbatasan sidarapayung kulon dan sidayu.

Penginapan dan hotel

Jika anda ingin berlibur di pantai widarapayung selama 2 hari atau lebih, maka anda bisa menyewa penginapan atau hotel yang ada di kroya.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Jarak dari kroya ke lokasi tidak terlalu jauh, anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer saja.

Sementara di ketiga desa yang menjadi lokasi pantai, sampai saat ini masih belum ditemukan adanya penginapan ataupun hotel. Sehingga mau tidak mau, anda harus bermalam di daerah kroya.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.