10 Gambar Pasar Baru Karawang, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Jam buka tutup, Hotel Villa di Sekitar + Harga Sepatu Kaos Sembako Dll

Diposting pada

Lokasi : Jl. Tuparev No.21-85, Nagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41312
Map : KlikDisini
HTM :
Gratis
Buka/Tutup :
24 Jam
Telepon :
(0267) 405421

foto by jabar.pojoksatu.id

Pasar Baru Karawang merupakan tempat belanja favorit bagi masyarakat karena lokasinya sangat strategis di tengah kota dan dekat dengan alun-alun. Tentu saja pasar tradisional ini mudah dijangkau dari segala arah sehingga memudahkan transportasi masyarakat Jawa Barat.

Pasar Baru Merupakan Pusat Perbelanjaan Terlengkap di Karawang

Selain itu, harga dagangan di pasar tradisional ini relatif lebih murah dari pasar lainnya sehingga masyarakat bisa menghemat, terutama kalangan wirausaha. Banyak juga pemilik warung dan wirausaha catering melakukan belanja di pasar ini karena sudah langganan.

Hal ini menjadi sebuah pilihan terbaik bagi masyarakat dalam hal pengeluaran belanja yang akan dilakukan secara kontinyu. Sedangkan para wirausaha akan melakukan belanja setiap hari dan mendapatkan harga lebih murah akan membuat penghematan dalam pengeluaran modal.

foto by instagram.com/tyanopisial/

Sejarah Pasar Baru Karawang bediri sejak tahun 1950 sebagai classic market sehingga sudah mengakar di masyarakat sebagai trade center paling lengkap dalam berbelanja. Hampir semua barang kebutuhan dari make up dan whole sale bisa ditemukan dengan harga lebih murah.

Harga tersebut karena semua pemasok barang didapatkan dari produsen. Pasar Baru menjadi tujuan bagi pengusaha luar kota sebagai pemasok seperti Bandung, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Cikarang, Kuningan, Jonggol, Cilegon, Majalaya, Depok, Cileungsi, Garut, Jatiasih.

foto by rmoljabar.com

Pemasok barang juga dari luar propinsi seperti, Tuban, Magetan, Kudus, Malang, Yogyakarta, Jakpus, Gresik, Surabaya, Sematang, Lumajang, Pasuruan, Krian, Porong. Ada juga daerah luar pulau seperti Balikpapan, Padang, Banjarmasin, Kendari, Medan, Jambi, Porong, Makassar.

Bangunan pasar berwarna biru dengan lantai 2 dan sangat panjang, terdiri dari ratusan toko sebagai tempat penjual barang. Kondisi dan suasana di dalam pasar masih seperti dulu dengan keadaan utuh dengan nuansa tradisional seperti tahun 90an dan terpelihara sampai kini.

BacaJuga:  10 Travel Dari Bandung Ke Kuningan Jawa Barat, Ongkos Tiket Mulai Rp 65.000
foto by radar-karawang.com

Selain itu, jalan raya menuju pasar juga sangat lebar sebagai daerah metro sehingga jarang mengalami kemacetan dan bisa dilihat via Google Maps. Jalan utama juga tersedia banyak sarana hiburan seperti bioskop xxi opening hours dan dekat kawasan residence sehingga strategis.

foto by teluklove.com

Tempat parkir di depan pasar juga sangat luas dan bisa menampung ratusan mobil dan ribuan motor sehingga menjadi satu pertimbangan masyarakat dalam berbelanja. Bagaimanapun juga, Pasar Baru bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Lokasi Pasar Baru berada di Jl.Tuparev, Nagasari, kabupaten Karawang, Jawa Barat dan berada di jalan raya utama kota. Maka tidak heran jika kondisi pasar selalu ramai setiap hari, terutama pada pagi hari karena pembeli dari mana saja lebih banyak datang di waktu pagi.

foto by spiritjawabarat.com

Aktifitas pasar di pagi hari memang sudah dimulai sejak waktu subuh dan sudah menjadi budaya di seluruh pasar di Indonesia. Hal ini karena para produsen sayur dan ikan datang pada waktu pagi buta agar sayuran tidak layu dan bisa bertahan, setidaknya dalam satu hari.

Memasuki bagian dalam pasar, para pengunjung akan melihat pemandangan para pembeli dengan barang dagangannya yang siap jual. Para pengunjung bisa menemukan barang apa saja di pasar ini, dari barang baru maupun barang bekas dengan harga lebih murah dari lainnya.

Lorong pasar juga sangat lebar sehingga para pembeli tidak perlu berdesak-desakan ketika berkeliling untuk membeli barang. Meskipun kondisi bangunan pasar belum diperbarui, namun lorongnya sangat nyaman untuk pembeli yang berjalan kaki untuk berkeliling di setiap lorong.

foto by radar-karawang.com

Hal ini membuat para pembeli merasa nyaman berada di dalam pasar danketika berkeliling mencari barang untuk dibeli. Kondisi belakang pasa juga memiliki jalan yang lebar dan bisa dilewati sepeda motor dengan leluasa sehingga tidak perlu memarkir motor jika ingin berbelanja.

BacaJuga:  Suasana Tenang dan Santai di Pantai Karang Nini, Berlokasi Diantara Trayek Ciamis Pangandaran

Di dalam pasar yang paling bersih yaitu kios daging, namun baunya memang sangat menyengat sehingga banyak pembeli tidak kuat bertahan lama berada di situ. Pasar ini sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat Karawang tempo dulu, terutama penduduk di tengah kota.

Masyarakat menyebutnya sebagai Pasar Baru Traditional Market in Indonesia karena di pasar ini masih tersimpan sisi kebudayaan dan rasa persaudaraan antara penjual dan pembeli. Tentu saja pasar ini menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk bersinergi dengan orang lain.

foto by pasundanekspres.com

Untuk kondisi di sore hari juga sangat ramai dan banyak kios di depan masih buka untuk melayani para pembeli sampai malam. Sementara di depan kios atau area parkir banyak terdapat pedagang kaki lima untuk menjajakan sajian kuliner lezat dan warung mie kepada para pembeli.

Pada malam hari juga terlihat pintu utama pasar masih terbuka dan ada beberapa kios masih melayani pembeli. Kondisi malam hari dijadikan sebagai area nongkrong sambil bersantai untuk menyantap kuliner ataupun jalan-jalan sambil membeli nasi, mie ataupun jajanan lainnya.

Tentu saja kondisi pasar tidak hanya sebagai pelekat masyarakat di siang hari saja, namun juga bisa menyambung tali silaturahmi ketika malam tiba. Kebudayaan pasar di Indonesia memang jarang bisa ditiru negara lain karena memiliki etos dan nilai budaya bagi masyarakat.

Konsep tawar menawar untuk membeli barang merupakan salah satu kekayaan budaya yang jarang diaplikasikan oleh orang-orang modern. Hal ini akan tercipta sebuah chemistry diantara penjual dan pembeli sehingga suasana di dalam pasar seperti berinteraksi kepada saudara sendiri.

foto by potretkarawang.com

Tampaknya Pasar Baru Karawang tidak pernah tutup karena pintu utama pasar selalu terbuka di malam hari dan terdapat satpam penjaga. Kondisi ini karena banyak juga pemasok barang dari luar kota datang pada waktu dini hari dan langsung menuju pasar untuk membongkar muatan.

BacaJuga:  7 Pilihan Tempat Belanja Terbaik di Bogor yang Tidak Boleh Terlewatkan

Para pengunjung bisa menginap di hotel dan villa terdekat bagian dari HMD associates seperti FaveHotel dan Mansion Square serta bisa pesan via online. Terdapat 3 hotel di Jl. Tuparev, yaitu Shandy Hotel, Fajar Indah Hotel dan Bestin Hotel and Edotel serta Restaurant.

Setiap menjelang bulan Ramadhan, harga sembako selalu mengalami kenaikan, terutama pada komoditas sayuran seperti cabe dan bawang. Untuk cabe rawit memang mengalami kenaikan hingga 100% dengan harga 50 ribu per kilo, namun akan mengalami penurunan secara perlahan.

Untuk bawang merah juga sempat mengalami kenaikan, namun segera turun pada angka 30 ribu perkilo dikarenakan cuaca yang tidak menentu. Sedangkan harga bawang putih memang selalu naik karena komoditas ini agak sulit dicari dan banyak juga produk impor.

foto by jawapos.com

Biasanya hal ini juga disusul dengan naiknya harga daging sapi dan daging ayam ketika pertengahan bulan Ramadhan. Hal ini sudah menjadi agenda tahunan dan pedagang serta pembeli memang tidak terlalu kaget akan hal ini karena terbiasa dengan naik turun harga.

Sementara harga kosmetik dan alat salon untuk make up memang lebih murah dari pasar lainnya di Karawang karena pedagang Pasar Baru sudah mendapatkan barang dari produsen langsung. Sedangkan harga kaos juga lebih murah dibanding dengan toko dan mall dengan kualitas sama.

Baju muslim serta fashion terbiasa mengalami kenaikan harga menjelang lebaran dan suasana pasar selalu padat siang dan malam. Tersedia pakaian merk populer seperti Elzatta, Vamosh, Zoya dan seperti Pasar Senen dan grosir internasional seperti market Geylang Serai Singapore.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.