10 Gambar Pasar Tanah Abang Blok A B F, Alamat Jakarta, Buka Tidak, Tutup Jam Berapa?

Posted on
Pasar tanah abang blok a b c e f g alamat jakarta online cipulir vs denah peta grosir buka tidak tutup jam berapa lokasi gambar foto hari ini sejarah metro semarang tempo dulu letak sekarang rute info regional celana jeans khusus reseller baju yang paling murah 2017 website asal usul terkini hari minggu sepi kebakaran menjelang lebaran
Suasana di Pasar Tanah Abang. Foto: grosir-kulakan.blogspot.com

Lokasi: Jl. Kebon Jati, Kebon Kacang, Tanah Abang, RT.1/RW.9, Petojo Sel., Gambir, Jkt Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10240, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 09.00 – 22.00 WIB
Telepon: +62 838-3911-8847

Jakarta memang pusatnya ekonomi di Indonesia. Tidak heran jika banyak para pendatang yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Dengan banyaknya penduduk dan pendatang, tentu saja semakin banyak tingkat kebutuhan hidup yang diinginkan. Oleh sebab itu banyak pusat perbelanjaan baik kelas atas hingga kelas bawah hadir di Jakarta. Hal ini tentu mendorong industri perekonomian di kalangan masyarakat.

Untuk mendukung kebutuhan hidup masyarakat, hadirlah pasar Tanah Abang yang terdiri dari beberapa gedung yaitu Gedung A, B, C, D, E dan juga gedung F dan G yang menyediakan aneka kebutuhan bagi masyarakat di Jakarta. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan. Berbelanja di Pasar Grosir Tanah Abang tentu saja sudah menjadi salah satu kegiatan bagi para masyarakat terutama ibu-ibu. Apalagi ketika menjelang Lebaran. Banyak masyarakat di sekitar Jakarta, Bekasi hingga Tangerang yang mengincar Pasar Tanah Abang ini untuk mendapatkan barang kebutuhan untuk Lebaran.

Gedung Pasar Tanah Abang. Foto: tempo.co

Mengenal Pasar Tanah Abang

Bagi masyarakat Jakarta, tentu saja sangat kenal dan juga tahu dimana dan bagaimana Pasar Grosir Tanah Abang. Dahulu pasar ini sangat macet dan juga penuh dengan pedagang kaki lima. Tentu saja perubahan di era pemerintahan sekarang sangat berbeda. Pasar Tanah Abang yang dulu vs sekarang memang sangat berbeda dan memberikan kenyamanan tersendiri.

Nama Pasar Grosir Tanah Abang sendiri sangat melegenda. Nama pasar ini sangat mirip dengan pasar Tanah Abang di Tlogosari Semarang. Pasar Tanah Abang ini bukan hanya terkenal di Jakarta saja. Akan tetapi di manca negara dan juga di Indonesia nama pasar ini sangat terkenal. Pasar Tanah Abang ini letak dan lokasi serta alamatnya berada di Jl. KH. Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

Lokasinya yang sangat strategis tentu saja memudahkan alat transportasi publik yang bisa digunakan untuk menuju ke Pasar Tanah Abang. Bisa menggunakan bus seperti Metro Mini atau Kopaja dan juga kendaraan pribadi. Hal ini tentu memudahkan para masyarakat untuk mengunjungi pasar grosir ini.

Pasar Tanah Abang ini memiliki saingan di daerah Cipulir. Pasar Grosir Cipulir juga memiliki fungsi yang sama dengan pasar Tanah Abang. Akan tetapi pasar Tanah Abang sekarang ini lebih terkenal sejak tempo dulu. Dan sudah mendarah daging di masyarakat Jakarta hingga hari ini.

Suasana di dalam Pasar. Foto: tempo.co

Sejarah Pasar Tanah Abang

Nama Tanah Abang sendiri merupakan cerita dario pengepungan tentara Kerajaan Mataram di Kota Batavia pada tahun 1628. Pada saat itu pasukan tentara Mataram ini melakukan penyerbuan ke Kota Batavia. Penyerbuan ini dilakukan dari berbagai penjuru. Dan kala itu menggunakan daerah Tanah Abang ini sebagai pangkalan militer dan markas dari pasukan Mataram.

Pada saat itu daerah Tanah Abang ini adalah tanah dengan perbukitan dan juga ada banyak rawa di sepanjang daerah Tanah Abang ini. Disebut sebagai Tanah Abang disebabkan tanah di sekitar area ini memiliki warna merah. Dalam bahasa Jawa merah memiliki arti “Abang.” Hingga akhirnya disebutlah sebagai Tanah Abang oleh pasukan Mataram tersebut. Inilah asal usul nama Tanah Abang ini

Pada tanggal 30 Agustus 1735, ketika itu Justinus Vinck yang merupakan saudagar kaya dari negeri Tulip Belanda ini mengajukan izin kepada Gubernur Jenderal Abraham Patram yang menjadi pimpinan di Batavia. Setelah izin dikeluarkan, Vinck akhirnya mendirikan dan membangun 2 buah Pasar di daerah Tanah Abang dan juga Senen. Ketika itu bernama Pasar Weltervreden.

Gedung Pasar Tanah Abang. Foto: tripadvisor.com

Pasar Tanah Abang ini bernama Pasar Weltervreden ketika pertama kali dibangun. Dan hari pasaran untuk Tanah Abang ini adalah Hari Sabtu. Pasar Tanah Abang ini dahulu hanya dikhususkan untuk menjual tekstil dan juga kelontong. Sementara di area Pasar Senen ini hanya khusus menjual sayuran.

Dan selang 5 tahun kemudian atau tepatnya di tahun 1740, Pasar Tanah Abang mengalami kebakaran hebat. Ditambah lagi dengan adanya peristiwa insiden pembantaian orang-orang Cina di Museum Fatahillah yang dahulu digunakan sebagai Balai Kota. Dan di tahun 1881 akhirnya pasar ini direnovasi dan juga dibangun kembali.

Setelah dibangun kembali hari pasaran di pasar Tanah Abang ini bukan hanya Hari Sabtu saja. Akan tetapi ditambah menjadi Hari Rabu. Dan pasar dibuka selama 2 kali dalam waktu seminggu. Dan di tahun 1926 renovasi kembali dilakukan di lingkungan pasar. Dan bangunan pasar ini berubah menjadi 3 los panjang dan ditambahkan dengan dinding bata serta adanya atap genteng

Renovasi besar-besaran dilakukan di era Indonesia merdeka. Tepatnya pada masa Gubernur Ali Sadikin memimpin kota Jakarta ini. Tepatnya pada tahun 1972. Pasar Tanah Abang ini dibangun menjadi 3 lantai dan juga ada 4 blok bangunan atau gedung yang sudah dilengkapi dengan AC di dalamnya. Tentu saja memberikan kepuasan tersendiri.

Kemudian di tahun 1990 akhirnya direnovasi kembali setelah terjadi kebakaran hebat yang membuat sebagian pasar hangus. Dan di tahun 2002 ini Pasar Tanah Abang dibangun dan juga mengalami perluasan serta dipercantik lebih indah lagi. Pasar Tanah Abang ini dibangun menjadi 6 blok mulai dari Blok A hingga F. Dan sudah ada 7.546 area kosong untuk usaha yang dipergunakan oleh pedagang hingga 4.648 orang. Luas dari pasar ini mencapai 82.385,5 meter persegi.

Peremajaan Pasar Tanah Abang kembali terjadi. Pemerintah kota Jakarta melakukan modernisasi dan juga membangun gedung perbelanjaan ini hingga bertingkat 10 yang sangat mewah dan juga modern. Ditambah lagi perluasan jumlah kios yang mencapai sekitar 10 ribuan kios yang bisa menampung para pedagang di sekitar Pasar Tanah Abang tersebut. Tentu saja hal ini bisa memudahkan para pengunjung untuk memilih barang yang diinginkan.

Gedung Blok A Pasar Tanah Abang. Foto: kompas.com

Rute dan akses menuju ke Pasar Tanah Abang

Lokasi dan letak serta alamat dari Pasar Tanah Abang ini di daerah KH Mas Mansyur. Lokasi dan juga letaknya yang berada di pusat kota, tentu saja akses menuju ke kawasan perbelanjaan ini sangat mudah. Jika menggunakan kendaraan umum bisa memakai bus kota yang melewati area Tanah Abang.

Jika berangkat dari terminal Lebak Bulus bisa menggunakan Kopaja S615 atau bisa juga mengunakan jalur P13. Sementara jika berangkat dari Kalideres bisa menggunakan Kopaja B93. Jika dari Ragunan bisa memakai Kopaja dengan jalur P19. Untuk area Kampung Rambutan sendiri bisa menggunakan Kopaja jalur T502.

Sementara dari arah Blok M bisa menggunakan Kopaja S608. Untuk daerah Kampung Melayu sendiri bisa menggunakan Kopaja 502. Bisa juga menggunakan Trans Jakarta yang sudah memiliki jalur busway atau koridor ke arah Tanah Abang. Tentu saja semakin memudahkan para pengunjung.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalan tol dalam kota dan keluar di arah Semanggi. Selanjutnya menuju ke pasar Tanah Abang melalui jalan Jend. Sudirman dan berbelok kiri setelah Bunderan HI ke arah Mas Mansyur atau naik fly over Casablanca. Bisa menggunakan aplikasi Google Map untuk memberikan denah atau peta Jakarta untuk mengetahui info kemacetan dan juga regional dan area mana yang lebih cepat untuk dilewati.

Pusat Grosir Textile Blok A. Foto: liputan6.com

Kios di Pasar Tanah Abang

Sekarang ini semakin gencarnya dunia online. Apalagi di tahun 2017 ini dunia online makin merebak membuat banyak para pedagang yang memanfaatkan situs atau website dan bisa dibeli secara online dan juga dengan mudah. Tidak heran banyak reseller yang mengambil barang mereka di Pasar Tanah Abang ini. Di Pasar Tanah Abang ini setiap lantai menjual aneka barang-barang yang berbeda. Tentu saja memudahkan para pengunjung untuk memilih langsung barang yang diinginkan.

Di Lantai B1 ini biasanya dijual aneka gorden dan juga berbagai macam bahan serta kain dalam bentuk meteran. Di sini para pengunjung bisa memilih aneka jenis gorden yang sesuai dengan selera dan juga budget. Sementara untuk kios lainnya yang bisa ditemukan di sini adalah penjual celana jeans yang sangat banyak dan juga memiliki banyak pilihan. Selain itu ada kebaya, batik, serta sprei dan juga aneka macam bad cover dan juga bantal.

Bergerak ke lantai SLG atau Semi Lower Ground, para pengunjung bisa menemukan aneka jenis baju wanita dari segala tipe dan juga merk. Semuanya memiliki harga miring dan juga diskon. Di lantai ini pula para pengunjung juga bisa menemukan kebaya, hijab atau jilbab, pashmina, gamis, mukena hingga blouse dan dress serta mukena yang sangat cantik untuk para wanita.

Sementara di lantai LG atau Lower Ground ini banyak ditemukan aneka jenis baju anak-anak yang lucu. Mulai dari baju untuk bayi dan juga keperluan bayi yang sangat lengkap. Baju anak-anak dengan sablon khas superhero banyak ditemukan di lantai LG ini.

Bergerak ke lantai Ground atau G, para pengunjung bisa menemukan banyaknya kios dengan menjajakan pakaian untuk para pria atau cowok. Di sini para pengunjung bisa menemukan aneka kaos, kemeja, polo shirt, tas hingga sepatu untuk pria yang sangat banyak variannya. Begitu pula dengan lantai 1 yang masih dikhususkan untuk pakaian pria. Semuanya tersaji dengan sangat lengkap di kedua lantai ini. Tentu saja harga masih bisa ditawar dengan murah.

Kios Baju di Tanah Abang. Foto: bisnisbajumu.com

Sedangkan di lantai 2 ini dikhususkan untuk para pedagang pakaian wanita. Ada banyak jenis pakaian untuk wanita mulai dari tank top, dress hingga celana jeans untuk wanita yang sangat lengkap dan juga murah. Tentu saja sudah bisa memberikan sisi menarik tersendiri.

Bergerak ke lantai 3, di sini para pengunjung bisa menemukan aneka jenis tas dan juga sabuk serta aksesoris wanita yang bervariasi. Mulai dari kalung, cincin, gelang, bross hingga dompet yang tentu saja bervariasi. Lantai ini memang dikhususkan untuk memanjakan para wanita.

Di atas lantai 3 yaitu Lantai 3A ini menjadi pusat untuk para penggemar sepatu. Di sini sudah ada sepatu untuk para pria dan wanita mulai dari sneakers, sepatu kulit hingga sepatu formal dan outdoor. Semuanya tersaji dengan sangat lengkap.

Sementara di lantai 5 ini tidak ada kategori khusus. Di sini para pengunjung bisa menemukan kios pakaian untuk wanita, anak-anak, hingga pakaian untuk pria yang digabung menjadi satu. Tentu saja variasinya juga tidak kalah banyak. Sedangkan di lantai 6 dikhususkan untuk pusat baju anak muda yang sedang trend terkini. Semuanya tersaji dengan mudah. Lantai 8 dikhususkan untuk area Foodcourt dan juga makanan. Di sini ada Fast Food seperti KFC hingga restoran tradisional seperti warung rames hingga Padang. Semuanya tersaji dengan lengkap.

Pasar Tanah Abang ini buka sejak pukul 9 pagi WIB. Dan akan tutup pada pukul 10 malam WIB. Dan hari Minggu buka seperti biasa. Dan di akhir pekan ini pasar Tanah Abang tidak akan sepi oleh pengunjung. Apalagi banyak yang berbelanja di sini. Tidak heran memang. Pasalnya pasar ini memang paling murah diantara pasar lainnya. Berapapun selisihnya pasar Tanah Abang memang cukup diincar.

Gedung Pasar Tanah Abang. Foto: kompas.com

Tips berbelanja ke Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang ini memiliki luas yang cukup besar. Tentu saja tidak mungkin membutuhkan waktu sehari untuk mengelilingi dan menelusuri pasar ini untuk mencari-cari dan juga menawar serta membeli barang yang diinginkan. Tentu membutuhkan waktu yang lama. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk berbelanja di pasar Tanah Abang ini.

Sebelum mengunjungi pasar Tanah Abang, ada baiknya untuk menulis semua barang yang akan dibeli. Tulis dengan lengkap dan jangan sampai ada yang terlewat. Pasalnya jika para pengunjung sudah berada di pasar Tanah Abang ini, dijamin akan tergiur untuk membeli barang-barang yang sebelumnya tidak ingin dibeli. Apalagi jika budget dan juga dana pas-pasan. Usahakan jangan mudah tergiur.

Tips berikutnya adalah perihal waktu. Biasanya pada hari-hari kerja atau weekdays ini Pasar Tanah Abang akan dipenuhi oleh para pedagang grosir. Sementara di akhir pekan atau weekend ini akan dipenuhi dengan para pembeli yang bertindak sebagai konsumen pribadi. Tentu saja sikap para pedagang akan berbeda.

Pusat Grosir Blok A. Foto: tempo.co

Usahakan untuk mengunjungi pasar ini sejak pagi hari semenjak pukul 9 pagi. Tentu saja hal ini untuk memudahkan para pengunjung memilih barang yang diinginkan. Jika datang pada siang hari terutama pada saat weekend, pasar Tanah Abang akan sangat ramai dan juga penuh sesak. Para pengunjung harus rela berdesak-desakan dan berebutan untuk memilih barang. Terutama menjelang Lebaran.

Pasar Tanah Abang ini merupakan Pasar Grosir, sehingga disarankan untuk membelil dalam jumlah yang sangat besar. Cara ini untuk mendapatkan harga yang sangat murah. Jika membeli satuan, harga yang dipatok cukup mahal. Bisa berbeda 20 ribu untuk satuannya. Jadi disarankan membeli minimal 3 biji untuk mendapatkan harga miring. Jika membeli lusinan tentu saja harga akan jauh lebih murah.

Pasar Tanah Abang ini bukanlah mall yang sudah memiliki harga tetap. Di sini para pengunjung bisa menawar barang yang diinginkan. Oleh sebab itu jangan takut atau segan untuk menawar. Di sini para pedagang sudah terbiasa dengan tawar menawar harga. Asalkan harga yang ditawar masih wajar dan juga pantas. Bisa juga dengan melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan kios-kios lainnya. Apalagi di sini banyak kios-kios yang menjual dagangan serupa.

Perlu diingat pula bahwa kualitas dan harga berbanding lurus. Jika harga murah, tentu saja kualitas barang yang didapatkan tentu saja tidak sepadan dengan harga yang mahal. Jika ingin membeli barang pastikan dulu kualitasnya. Jangan langsung tergiur dengan harga murah. Pasalnya harga yang murah tentu saja diragukan kualitasnya. Disarankan untuk membeli barang dengan harga yang relatif wajar atau sedikit mahal. Karena bisa ditawar. Asalkan kualitas terjamin.

Suasana di dalam Pasar. Foto: liputan6.com

Berbelanjalah di gedung Blok A atau B. Pasalnya di sini harga sedikit lebih murah dan bisa ditawar. Sedangkan di gedung F sendiri harganya jauh lebih mahal. Pasalnya sebagian pedagang di blok F ini mengambil barang dari gedung Blok A dan B. Sehingga sangat wajar jika harga barang jauh lebih mahal.

Jika para pengunjung ingin mengambil barang dalam bentuk lusinan atau kodian dan ingin menjalin kerja sama, disarankan untuk membuat janji dengan si pedagang tersebut. Bisa meminta kartu nama atau nomor hape sehingga memudahkan berkomunikasi. Hal ini juga untuk memudahkan para pengunjung untuk melakukan reklaim atau penukaran jika barang yang dibeli ternyata rusak sebelum digunakan atau tidak sesuai dengan penjelasan si pedagang. Hal ini memudahkan untuk berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *