Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang, Tiket Masuk, Sejarah + Jam Buka

Posted on
Pemandian air panas cangar batu malang tiket masuk wisata sejarah buka jam kecamatan alami alamat asal usul belerang hangat lokasi kota fasilitas foto gambar htm harga jawa timur jatim jalan menuju jadwal rute ke letak legenda peta mojokerto misteri pacet tempat tarif wikipedia
Kolam air panas, sumber: www.unsyarifa.blogspot.co.id

Alamat: Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Kota Batu, Jawa Timur 65336, Indonesia
Map: klik disini
HTM: Wisatawan lokal Rp 15.000,-/orang, wisatawan mancanegara Rp 25.500,-/orang, Kendaraan Rp 5.000,-/mobil, Rp 3.000,-/motor
Buka/Tutup: 06.00 – 18.00 WIB
Telepon:

Ketika kalian berkunjung ke Kota Wisata Batu yang sangat berkesan salah satunya adalah dinginnya udara di kota tersebut. Tetapi bagi kalian terasa dingin dan tidak cocok dengan udaranya, kalian pasti ingin mengunjungi wisata yang membuat kalian terasa hangat. Salah satu wisata nya adalah dengan menyempatkan ke tempat wisata Pemandian Air Panas yaitu Cangar.

Pintu masuk, sumber: www.walkinjava.id

Tempat obyek wisata letaknya terdapat di daerah lereng gunung Welirang ini merupakan tempat pemandian alami yang memiliki kandungan belerang lumayan tinggi. Jadi sangat tepat sekali untuk dijadikan sebagai tempat merendamkan tubuh kalian. Yang akan membuat kalian terasa enak dan dapat membuat kalian kembali segar bugar.

Merasakan tempat pemandian air panas yang letaknya terdapat di lereng gunung ini dapat menjadi salah satu alternative pilihan kalian agar dapat melepaskan kelelahan, kepenatan kalian dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan akan membuat kalian menjadi rileks. Kalau kalian merasa tertarik, pemandian air panas Cangar terdapat di Kota Malang ini bisa menjadi tempat yang cocok. Wisata pemandian ini memberikan kesegaran air hangat yang berasal dari mata air Gunung Welirang.

Pesona Keindahan Pemandian Air Panas Cangar

Gapura taman hutan, sumber: www.unsyarifa.blogspot.co.id

Tempat wisata ini ada di ketinggian 3.000 meter di atas dari permukaan laut, pemandian tersebut mempunyai suasana yang sejuk dan cukup nyaman. Lain dari itu, lebatnya pepohonan yang mengitari pemandian ini  menjadikan kesan terlihat asri dan permai di tempat wisata tersebut.

 Tempat pemandian air panas Cangar ini terletak di area Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Tak hanya menikmati hangat yang alami. Kalian juga dapat melihat bermacam – macam fauna yang hidup liar di area hutan ini. Salah satu fauna yang menempati dan tinggal di wilayah hutan ini yaitu Lutung Jawa.

Perasaan nyaman ketika kalian berendam akan terasa semakin nikmat, karena akan di temani dengan kicauan burung yang bersahutan satu dengan lainnya. Kalian pun otomatis akan merasa betah dan bertahan berendam dengan lama atau hanya untuk bermain – main air di tempat pemandian air panas ini.

Perjalanan ke goa Jepang. sumber: www.liburanko.com

Di tempat pemandian air panas Cangar ini telah disiapkan kolam – kolam akan dipakai untuk berendam para wisatawan yang datang. Ada bermacam – macam jenis kolam, Seperti kolam yang dikhususkan untuk wanita. Kolam ini dibuat tertutup sehingga privasi untuk wanita tetap terjaga, kolam khusus untuk berendam, juga terdapat kolam sengaja dibuat dan di desain seperti tempat sauna yang mempunyai nuansa sauna di Jepang.

Pemandian air panas nuansa Jepang, sumber: www.amabell.blogspot.com

Sehingga satu kamar mandi hanya dapat dipakai untuk satu orang tidak lebih. Sehingga kalian tidak perlu malu kalau berendam dengan orang lain yang tidak dikenal. Di area sumber mata air tersebut dikelilingi dengan pepohonan yang lebat dan hijau. Tidak hanya itu, disana terdapat gua – gua dari peninggalan penjajahan negara Jepang. Tempat tersebut masih alami, sehingga membuat banyak monyet – monyet yang bertahan hidup dan tinggal disitu. Sehinnga kalian tidak perlu kaget, kalau kalian tiba – tiba saja bertemu dengan monyet – monyet itu.

Goa Jepang, sumber: www.backpackerans.blogspot.com

Di area tempat pemandian air panas ini terdapat bermacam – macam goa buatan yang merupakan salah satu peninggalan pada masa kedudukan penjajahan Jepang, yaitu pada sekitar tahun 1942 sampai dengan tahun 1945. Goa jepang tersebut terdapat di atas dari pemandian air panas Cangar tersebut, yang kira – kira jaraknya sekitar 30 menit jika berjalan sampai goa tersebut. Sampai sekarang pun belum ada penjelasan mengapa disebut dengan nama goa Jepang, mungkin salah satu alasannya disebut dengan nama goa Jepang  dikarenakan pada saat itu buat oleh para tantara Jepang pada masa penjajahannya dahulu. Kedalaman goa jepang ini tidak terlalu dalam, bisa disebut juga dengan dangkal, karena kedalamannya hanya sekitar kurang lebih 10 meter kedalamannya.

Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas Cangar

Papan peringatan, sumber: setia1heri.com

Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Cangar ini masih belum ada kendaraan umum atau angkutan umum yang dapat mengantar dan menjemput kalian ke tempat tersebut. Sehingga untuk ke tempat pemandian air panas ini otomatis kalian harus membawa mobil atau motor pribadi, mungkin juga kalian dapat menyewa mobil dari kota Batu maupun dari kota Malang untuk menuju tempat tersebut.

Jarak dari pusat kota Batu Malang kurang lebih sekitar 20 km saja, waktu yang dibutuhkan dalam menempuh jarak tersebut hingga sampai ke tempat pemandian air panas tersebut kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Area pemandian air panas tersebut masih berada dalam satu area dengan wilayah Taman Hutan Rakyat Raden Suryo. Tempatnya merupakan perbatasan dengan Kabupaten Mojokerto. Dalam perjalanan menuju ke area pemandian air panas, kalian dapat melihat ladang dan kebun penduduk yang hijau. Yang nuansa pegunungannya masih terasa alami dan asri. Tetapi kalian harus hati – hati dikarenakan jalan untuk menuju tempat wisata ini begitu banyak jalanan yang berkelok, menanjak, menikung tajam, sering juga terdapat cerita – cerita mistis, horror dan angker. Terutama ketika kendaraan yang kalian gunakan tak kuat untuk menanjak jalan tersebut. Didaerah jalan itu yang menuju ke are pemandian air panas Cangar terdapat papan peringatan untuk hal tersebut. Tetapi kalian tidak usah khawatir tentang keadaan jalannya, karena semua jalan menuju tempat pemandian air panas sudah beraspal semua.

Tape ketan, sumber: www.naturalsunrisetour.com

Ada rute perjalanan untuk menuju tempat wisata pemandian air panas Cangar ini, banyak yang menyarankan untuk melalui rute alun – alun kota Batu Malang menuju ke arah barat lalu kemudian terdapat perempatan dan belok ke kanan. Obyek wisata pemandian air panas Cangar tersebut, satu jalur ke arah dengan Coban Talun dan Selecta Malang. Sehingga kalian tak perlu khawatir untuk tersesat, karena banyak wisatawan yang berada di rute tersebut. Kalian akan menikmati jalanan berkelak – kelok dengan disertai pemandangan yang indah dan kalian juga dapat merasakan makanan khas area tersebut, yaitu tape ketan. Makanan khas tape ketan tersebut sudah terkenal, disebabkan berjualannya dilaksanakan dengan cara turun menurun selama puluhan tahun, jadi dari nenek moyang hingga cicit – cicitnya didaerah Cangar ini.

Sejarah Pemandian Air Panas Cangar

Tempat pemandian air panas Cangar adalah sebuah nama dari dusun yang terletak di daerah kelurahan Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, dikota Batu. Desa tersebut terdapat tempat obyek wisata cukup terkenal dengan air panasnya walaupun di pegunungan yang cukup sejuk dan dingin.

Nama obyek wisata tersebut adalah pemandian air panas Cangar yang banyak orang menyebutnya dengan nama plesetan dari Cangar menjadi “sangar”. Ya bagaimana tidak, tempat ini kalian bisa merasakan hawa sejuk tetapi tetap bisa menikmati air hangat yang natural dan alami. Benar – benar mengagumkan bukan?

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

Vila penginapan, sumber: www.penginapan.net

Meskipun belum dikelola dengan cukup baik, tempat wisata pemandian air panas Cangar tersebut sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga di tempat tersebut kalian tak hanya menikmati berendam di air panas saja. Di tempat ini terdapat taman bermain kecil yang dapat dipakai untuk bermain anak – anak. Tidak hanya itu, disini juga terdapat tempat untuk bersantai, jika kalian hanya ingin duduk – duduk saja. Kalau kalian ingin tidur semalam atau lebih di tempat ini terdapat camping ground yang telah disediakan, sebelum itu kalian harus izin ke kantor Perhutani dahulu kalau ingin menginap dan mendirikan tenda. Kalau kalian ingin menginap tetapi tak ingin tidur di tenda, kalian bisa menyewa vila yang tersedia disini. Terdapat dua vila di area ini, dan harganya pun cukup terjangkau. Harga vila tersebut mulai dari Rp 500.000,-/malam, cukup terjangkau jika kalian menginap lebih dari satu atau dua orang. Di dekat vila tersebut terdapat aula yang dapat dipakai untuk sebagai gedung pertemuan. Tak hanya itu disini pun terdapat kamar mandi yang cukup bersih, toilet dan mushola.  Kalau kalian ingin merasa nyaman, kalian bisa datang pada hari weekdays karena saat liburan pemandian air panas Cangar ini sangat ramai dengan pengunjung.

Suasana saat weekend, sumber: www.youtube.com

Seperti yang sudah dibahas, untuk lebih mudah menuju tempat wisata pemandian air panas Cangar ini, kalian bisa meminjam atau sewa rental sebuah mobil di daerah Malang. Sehingga kalian tidak perlu khawatir waktu yang dihabiskan pada saat menikmati di tempat tersebut. Telah disampaikan sedikit informasi yang bisa disampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat berguna, selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *