Relaksasi di Pemandian Air Panas Ciater Subang

Diposting pada
gambar by @nengfebrinaagungputri

Lokasi: Jalan Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40154
Map: Klik Disini
HTM: Rp.22.000 – 88.000 /Orang
Buka/Tutup: Buka 24 jam
Telepon: 0260 471700

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, banyak sekali pemandangan alam yang sangat memukau karena keindahannya.

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pesona alam yang indah sekali, karena keindahan alamnya tersebutlah maka tidak heran jika Jawa Barat memiliki banyak sekali tempat wisata.

Banyak sekali tempat wisata yang ada di kota-kota di Jawa Barat mulai dari yang buatan maupaun yang alami, salah satu tempat wisata alami yang dekat dari bandung adalah sebuah pemandian air panas ciater.

Foto: pegipegi.com

Pemandian air panas ciater yang berada di daerah subang jawa barat ini sangat terkenal.

Tidak hanya wisatawan lokal yang datang berjungkung ketempat ini, namun juga wisatawan dari luar negeri juga banyak yang datang ketempat pemandian air panas ini.

Hal ini karena pemandian air panas ciater merupakan pemandian air panas terbesar sejawa barat.

Ditambah lagi pengolahan lahan yang baik membuat pemandian air panas ini tertata dengan baik dan fasilitas yang lengkap juga menambah daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke pemandian ini.

Dengan mandi atau berendam di pemandian air panas ciater ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan otor-otot yang kaku akibat aktivitas sehari-hari menjadi lebih kendor.

Sejarah dan Keistimewaan

Suasana di Sekitar, Foto: hargatiketmasuk.info

Dulu kawasan objek wisata Pemandian Air Panas Ciater sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini merupakan hutan alami dan dianggap oleh warga sekitar merupakan hutan yang angker.

Di dalam hutan tersebut banyak didapati pohon ater dan menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat sekitar.

Pernah terjadi suatu kejadian di mana ada seseorang yang mencoba memotong pohon ater tersebut dan ternyata setelah pohon ater tersebut di potong keluar aliran air yang cukup deras.

Fenomena tersebut menjadi anugerah bagi warga sekitar yang pada masa itu mengalami kesusahan untuk mendapatkan air bersih.

Bahkan tidak sedikit warga yang percaya bahwa pancaran air yang keluar dari berkas pohon ater tersebut memiliki khasiat bisa mengobati beragam penyakit.

Namun ternyata keyakinan warga tersebut di perkuat dengan hasil penelitian oleh peneliti asal Belanda yang melakukan berbagi pengujian terhadap air tersebut dan hasilnya memang air tersebut memiliki khasiat.

gambar by @julzamabizaar26

Baru sekitar tahun 1960 ada salah satu tokoh masyarakat yang bernama Embah Eros membuka kawasan hutan rimba tersebut.

Dimana daerah yang tadinya dianggap angker diubah menjadi perkampungan yang padat penduduk dan diberi nama Ciater, yang berarti air yang memancar.

BacaJuga:  10 Foto Curug Putri Kencana Bogor Sentul, Harga Tiket Biaya Masuk + Akses Menuju Jalur Ke Air Terjun

Dari situ lah nama Ciater berawal dan kini menjadi pepuler dengan tempat wisata pemandian air panasnya.

Beberapa tahun kemudian potensi air panas yang ada di Kecamatan Ciater mulai dimanfaatkan oleh pemerintahan Kabupaten Subang yang bekerja sama dengan dinas pekerjaan umum untuk membangun sebuah wisata pemandian air panas yang kini kita kenal sebagai Pemandian Air Panas Ciater.

Pemandian Air Panas Ciater ini memiliki banyak sekali keistimewaan dan banyak sekali yang bisa anda rasakan ketika datang ke tempat wisata tersebut.

Mulai dari saat perjalan menuju lokasi tempat wisata, di mana anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan asri dengan hamparan hijau kebun teh di kanan kiri.

Dan kesejukan udara khas pengunungan akan menambah rasa nyaman anda di sepanjang jalan menuju tempat pemandian ini.

Foto: anekatempatwisata.com

Setelah sampai di tempat wisata ada banyak sekali penginapan yang di olah banyak pihak yang berbeda, tentu saja di dalam penginapan tersebut juga memiliki fasilitas air hangat.

Dengan adanya fasilitas tersebut anda bisa berendam hingga puas tanpa perlu merasa malu dilihat oleh orang disekitar anda.

Selain menikmati pemandian air panas, di tempat wisata ini anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun diselimut uap yang berasal dari uap air di sekitar kompleks Pemandian Air Panas Ciater.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas tadi bahwa air panas yang ada di pemandian ini memiliki banyak khasiat.

Hal tersebut dibuktikan dengan uji coba secara klinis yang menghasilkan bahwa air panas di tempat wisata ini mengandung kalsium, mineral, magnesium, sufat dan cloride yang cukup tinggi.

Air panas yang ada di pemandian ini berasal dari aliran mata air Ciater yang memiliki suhu sekitar 46 derajat celcius. Namun ketika sampai di area pemandian, suhu air tersebut menjadi hanya 37 derajat celsius, sehingga panasnya pas digunakan untuk berendam.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berendam di pemandian air panas ini.

Selain dapat menghilangkan penyakit kulit, air panas sari Ater ini bisa mengobati penyakit lainnya seperti rematik, darah tinggi dan bahkan stroke ringan bisa di sembuhkan dengan berendam di Pemandian Air Panas Ciater.

Tentu saja khasiat air panas yang ada di pemandian ini dapat dirasakan jika anda rutin berendam di pemandian ini. Karena khasiat air panas Sari Ater ini, pihak pengelolah menyediakan fasilitas terapi pengobatan.

Lokasi dan Rute

photo by @andikaprsetyo

Dikarenakan lokasi pemandian air panas ini dekat dengan kota Bandung, banyak sekali wisatawan yang mengatakan bahwa pemandian air panas ciater berada di dekat Bandung.

Padahal secara peraturan pembagian wilayah provinsi Jawa Barat, Kecamatan Ciater berada di Kabupaten Subang, sehingga otomatis pemandian air panas ciater ini berada di Kabupaten Subang bukan Bandung.

BacaJuga:  10 Foto Sapu Lidi Resort Lembang Bandung, Review, No Telepon + Harga Promo

Ada rute yang bisa anda ambil ketika ingin berkunjung ke pemandian air panas ciater ini, di mana lokasi bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Selain itu perjalanan menuju ke lokasi tidak akan membosankan, karena di sepanjang jalan nanti anda akan disuguhi pemandangan kebun teh yang hijau dan kesejukan udara pegunungan membuat perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan.

Meskipun pemandian ini berada di kabupaten subang, namun jarak dari kota Bandung sangat dekat hanya sekitar 30 kilometer, untuk itulah bagi anda yang dari arah Bandung tidak perlu takut jauhnya lokasi.

Bahkan jika anda yang saat ini berada di Lembang, maka anda hanya butuh 15 menit saja untuk bisa sampai ke pemandian air panas ciater ini.

Karena dekatnya jarak tersebutlah banyak sekali warga Bandung yang menghabiskan waktu liburannya di pemandian air panas ciater ini, hanya untuk berendam di air panas untuk melepas capek yang mereka rasakan.

Salah satu fasilitas yang ada di kawasan wisata, Foto: vebma.com

Sedangkan untuk anda yang berangkat dari Jakarta memiliki dua opsi rute untuk bisa sampai ke pemandian air panas ciater.

Pertama melalui jalur puncak yang sejauh 212 Km atau melalui jalur tol cikampek bekasi yang hanya 185 Km anda sudah bisa sampai ke pemandian air panas ciater.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan umum dari kota Bandung, bisa menaiki angkot atau bis yang menuju terminal Ledeng. Dari situ anda bisa naik angkot lagi jurusan Ledeng – Lembang.

Kemudian dari terminal Lembang anda bisa menaiki angkutan umum dengan jurusan Lembang – Subang, dari sini anda akan menempuh perjalanan sekitar 25 menit.

Anda harus turun di jalan Cagak, Kecamatan Cianter dan anda telah sampai di lokasi pemandian air panas ciater.

Harga Tiket Masuk

Kegiatan yang bisa dilakukan. gambar by @vinaghnat

Udara dingin yang ada di sekitar Ciater membuat siapa saja ingin menghangarkan diri mereka dengan pergi kepemandian air panas ini.

Namun sebelum anda bisa menikmati hangatnya berendam di Pemandian Air Panas Ciater, terlebih dahulu anda harus membayar tiket masuk yang sudah di tetapkan olah pihak pengelolah pemandian ini.

Di mana untuk tiket masuk area pemandian, anda harus membayar Rp.22.000 per orang, sedangkan untuk tiket masuk kolam air panas utama dikenakan biaya Rp.88.000 per orang.

Untuk tiket masuk kolam pemandian sederhana anda dikenakan biaya sebesar Rp.50.000 per orang.

Memang tergolong mahal hanya untuk sebuah pemandian air panas. Namun meskipun mahal, sensai dan manfaat yang bisa anda dapatkan ketika berendam, tidak akan membuat anda kecewa.

BacaJuga:  11 Rental Sewa Mobil di Cirebon Yang Harganya Murah

Jika anda yang memiliki keinginan untuk pergi ketempat ini, namun bingung mencari waktu yang pas ? Anda tidak perlu khawartir, karena Pemandian Air Panas Ciater buka setiap hari 24 jam. Sehingga para pengunjung bisa kapan saja datang ke tempat ini.

Fasilitas Pemandian

Suasana Malam Hari, Foto: gamaholiday.com

Pemandian Air Panas Ciater merupakan pemandian air panas terbesar se Jawa Barat ini, di mana pemandian ini memiliki luas lahan hingga 30 hektar yang bisa menampung pengunjung sebanyak 6000 orang.

Tentu saja sebagai pemandian terbesar membuat Pemandian Air Panas Ciater harus memiliki fasilitas yang dapat memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini.

Berikut adalah daftar fasilitas yang dimiliki oleh Pemandian Air Panas Ciater ini.

1. Area Bersepeda : Di mana para pengunjung bisa meminjam sepeda yang bisa digunakan untuk berkeliling memutari area.

2. Main Parahu : Di dalam area pemandian terdapat sebuah sungai yang di lengkapi oleh perahu. Di mana selain anda bisa berkeliling menggunakan sepeda, anda juga bisa berkeliling menggunakan perahu.

3. Lapangan Olahraga : Untuk para wisatawan yang ingin menginap beberapa hari di tempat ini dan ingin melakukan aktivitas olahraga, maka anda tidak perlu khawatir.

Karena Pemandian Air Panas Ciater ini memiliki fasilitas lapangan bola voli, lapangan tenis, golf dan bola basket yang bisa digunakan oleh seluruh para pengunjung.

4. Ada juga penginapan berupa hotel dan villa murah yang menyediakan pemandian air panas private.

5. Outbound : Untuk anda yang datang bersama dengan keluarga atau orang terdekat, bisa mencoba fasilitas Outbond yang telah di sediakan oleh pihak pengelola.

6. Dan fasilitas penunjang lainnya seperti Wc Umum, Parkiran dan Mushola.

Foto: jurnalwisata.com

Bagaimana fasilitas yang dimiliki oleh Pemandian Air Panas Ciater? Sangat lengkap bukan? Maka tidak heran jika banyak wisatawan manca negara yang datang ketempat ini.

Nah itu lah informasi yang dapat kami berikan mengenai Pemandian Air Panas Ciater, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda yang sedang merencanakan liburan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “Relaksasi di Pemandian Air Panas Ciater Subang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.