Pemandian Air Panas Ciwalini, Serunya Berenang di Sumber Alami

Diposting pada

Alamat: Jalan Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, West Java, Indonesia 40972
Google Maps: KlikDisini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 20.000/ Orang
Jam Buka: Senin – Kamis Pukul 06.00 – 18.00 WIB; Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional 06.00 – 18.00 WIB
Nomor Telepon: 0821-1546-9863

Pemandian air panas ciwalini walini bandung ciwidey jawa barat indonesia patenggang 2019 40972 di selatan west java tutup jam berapa alamat tempat tiket masuk kolam gambar harga penginapan dekat fasilitas foto buka lokasi nomor telepon review rute sejarah singkat teh tarif wisata
foto by instagram.com/fannie_moeharam/

Ada yang berkata bahwa Tuhan menciptakan Bumi Priangan ketika sedang tersenyum. Inilah gambaran betapa indahnya Tanah Pasundan, termasuk Bandung di dalamnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya objek wisata di Bandung yang begitu indah.

Ciwidey, adalah daerah di Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan dan bukit. Tak heran, daerah ini begitu sejuk dan pemandangan di sekitarnya pun sangat mempesona.

Ditambah lagi, ada sebuah mata air panas yang alami. Sumber mata air panas ini pun kemudian dimanfaatkan sebagai objek wisata alam, yaitu Pemandian Air Panas Ciwalini.

Sejarah Singkat Pemandian Air Panas Ciwalini

foto by instagram.com/elma_gomax/

Pemandian Air Panas Ciwalini di Jawa Barat ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1937. Jika dihitung di tahun 2019 ini, usianya sudah mencapai 82 tahun. Namun hingga saat ini, objek wisata dikelola dengan sangat baik.

Dulunya, pemandian air panas ini hanya diperuntukkan bagi pekerja perkebunan. Lalu di tahun 1993 barulah dikelola secara serius. Kemudian dikembangkan menjadi objek wisata oleh Pusat Koperasi Karyawan PTPN VIII (Puskopar).

BacaJuga:  Berwisata Ke Kebun Raya Cibodas, Kepoin HTM dan Cara Menuju Kesana Yuk!

Daya Tarik Pemandian Air Panas Ciwalini

foto by instagram.com/agisa_5482/

Pemandian Air Panas Ciwalini berada di ketinggian 1.550 mdpl. Oleh karena itu, berada di sini sangatlah sejuk, bahkan terkadang dingin dan turun kabut.

Selain itu, adanya pemandangan yang menakjubkan begitu melengkapi Panorama Pemandian Air Panas Ciwalini. Hamparan sawah dengan aliran sungai yang indah. Mengalir membawa air jernih ke segala penjuru.

Ditambah lagi, wisata ini dikelilingi dengan kebun teh yang begitu indah. Berkelak – kelok mengikuti jalan, dimana pengunjung dapat mengambil gambar di tengah perkebunan teh tersebut.

foto by instagram.com/abah.oi/

Jalan yang berkelok ketika menuju ke objek wisata pun tidak terasa membosankan. Karena di kanan kiri jalan, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah pegunungan dan rimbunnya pepohonan di dalam hutan.

Kolam Air Panas di Ciwalini

Air Panas Ciwalini ini berasal dari sumber mata air Pegunungan Patuha. Airnya kemudian ditampung pada bak khusus, baru kemudian dialirkan pada kolam.

foto by instagram.com/sity.halimah.7792/

Kolam di sini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu kolam untuk anak – anak dengan kedalaman 0,5 meter. Kemudian ada kolam dewasa dengan kedalaman 1 – 1,5 meter. Serta yang ketiga masih kolam dewasa, yang hampir sama dengan kolam kedua, namun tidak dilengkapi dengan waterboom.

Selain ketiga kolam tersebut, ada juga kolam lain yang dikhususkan untuk berendam. Yaitu kolam rendam, dimana tempatnya cukup dekat dengan kolam lain, namun lebih tertutup dan tidak ramai.

foto by instagram.com/cimot_15/

Tempat ini tepat bagi pengunjung yang ingin berendam dengan santai dan lebih privat. Selain itu, ada juga kolam terapi ikan. Dimana pengunjung cukup menceburkan kaki ke dalam kolam, lalu ikan – ikan terapi akan memakan sel kulit mati yang ada pada kulit. Rasanya geli – geli asyik.

BacaJuga:  6 Alasan Paling Tepat Mengapa Kampung Wisata Ciangsana Wajib Masuk Dalam Daftar Liburan

Selain kolam air panas, ada juga kolam air biasa. Di sini terdapat wahana waterboom yang begitu seru. Ada seluncuran yang berlika – liku, ditambah lagi wahana ember tumpah yang siap menumpahkan air segar dari dalam ember.

Menikmati Serunya Wahana Walini Adventure

foto by instagram.com/umi_supentri/

Selain kolam, di sini juga terdapat wahana permainan bernama Walini Adventure. Di sini ada flying fox yang mana dibagi menjadi dua, yaitu flying fox mini dan extreme. Flying fox yang extreme jaraknya mencapai 300 meter.

Ada juga wahana lain seperti ATV, trampoline, serta boogie yang merupakan rumah yang dapat disewa. Tentunya, wahana permainan ini snagatlah seru. Pengunjung juga dapat berfoto sambil melakukan aktivitas permainan.

Tarif Wahana Wisata

foto by instagram.com/ellamulyawan/

Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar tarif kembali ketika ingin menikmati wahana lainnya.

Wahana ATV 90 CC : Rp 50.000
ATV Tea Tour 260 CC : Rp 100.000
Flying Fox Mini : Rp 15.000
Flying Fox Extreme 300 m : Rp 50.000
Motor Cross Mini 30 CC : Rp 20.000
Sepeda Tour : Rp 25.000
Trampoline : Rp 20.000
Boogie : Rp 100.000
Gazebo Besar : Rp 300.000 (weekend), Rp 100.000 (weekday)

Fasilitas di Pemandian

foto by instagram.com/ayuwulandarlia88/

Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, diantaranya toilet, kamar ganti, lahan parkir, warung makan, dan gazebo. Ditambah lagi penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung.

Rute Menuju ke Lokasi

foto by instagram.com/hasnakuu/

Dengan kendaraan pribadi, pengunjung dapat menuju ke Jalan Kopo. Lalu dilanjutkan menuju ke Jalan Cilampeni, setelah itu dilanjutkan ke arah Katapang. Setelah itu, perjalanan dilanjut ke Soreang dan terakhir ambil jalan ke Ciwidey.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.