10 Foto Penangkaran Rusa Cariu Bogor Jonggol, Harga Tiket Masuk + Alamat Koordinat Lokasi

Diposting pada
4.7
03
Penangkaran rusa cariu bogor jonggol ciwidey lampung bawean ranca upas giri jaya kemiling 2019 bandung blitar api-api alamat bandar bnr jawa barat babakan kota balikpapan cileungsi cianjur & saung bagus buanajaya cisarua cifor pangalengan lembang bojonegoro foto gunungkidul situ gede bertujuan untuk wana wisata kec tanjungsari htm tujuan hutan wanagama harga ipb indonesia izin timur peta map tengah kertamanah west java kampung cai kaltim gunung kidul koordinat kontak lokasi laporan maliran medan maribaya maps tiket masuk puncak penajam paser utara dago pakar bali tempat sambar sentul sumatera sistem tahura tutul timor totol taman raya kabupaten pesawaran usu usaha video wan abdul rahman angkutan umum ke akses
Penangkaran Rusa Cariu Bogor, foto: wisatabogor.id

Lokasi: Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor.
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 10.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00 WIB
Telepon: 022-727-8341/022-6100-6009

Sebagian negara memiliki destinasi wisata dan keunikan masing-masing di dalam negara tersebut. Begitu juga dengan negara Indonesia dengan kekayaan akan budaya dan destinasi wisata yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Salah satunya mungkin ramah di kantong sekaligus menjadi tempat edukasi bagi anak ialah tempat-tempat penangkaran satwa seperti Rusa yang biasanya jinak bagi pengunjung.

Beberapa penangkaran rusa di Indonesia terdapat di Sumatera maupun Kalimantan, seperti Penangkaran Rusa USU Zoo & Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman (Pesawaran,Kemiling-Bandar Lampung) serta Penangkaran Rusa api-api di kabupaten Penajam di daerah Paser Utara (Balikpapan-Kaltim). Tak hanya dua itu, di pulau jawa sendiri terdapat banyak sekali tempat seperti ini.

para rusa yang ada di penangkaran, foto: ggpht.com

Beberapa yang terkenal di jawa timur seperti Penangkaran Maliran Blitar, ada pula penangkaran di kawasan bojonegoro, maupun di  gunung kidul dengan Penangkaran rusa GunungKidul wanagama.

Sementara untuk kawasan West Java sendiri ada Tahura Dago Pakar, Penangkaran rusa Kertamanah di kawasan Pangalengan (Lembang) serta Penangkaran Rusa Ranca Upas (Kampung Cai) yang terletak di Ciwidey (Bandung).

Namun bagi warga ibukota, tentunya tak perlu berkecil hati. Sebab di daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Hujannya ini memiliki sebuah wisata gak kalah hits dari daerah lainnya. Contohnya Penangkaran rusa Maribaya di kawasan sekitar Cisarua Puncak, penangkaran rusa Cifor di kelurahan Situ Gede Babakan-Dramaga & juga penangkaran rusa Cariu di kawasan desa Buanajaya, Kec.Tanjungsari, Bogor.

pintu masuk menuju penangkaran, foto: jurnalistikita.files.wordpress.com

Dari sekian penangkaran di Bogor, Penangkaran Cariu ini lah yang sering di kunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Tak jarang para orang tua mengajak anaknya untuk mengunjungi tempat ini, dikarenakan kita bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang menggemaskan dan jinak ini.

Tanpa ada pembatas pagar apapun yang menghalangi kita orang tua dan anak untuk bermain dengan hewan tersebut. Penasaran seperti apa? Simak terus ulasan salah satu destinasi wisata hingga selesai artikel ini yaa.!

Sekilas Sejarah Penangkaran Rusa Cariu

area bermain yang ada di sekitar penangkaran, foto: kakikelana.files.wordpress.com

Penangkaran rusa hits ini, dikenal pula dengan nama Penangkaran Giri jaya & rupanya telah berusia 24 tahun alias telah berdiri sejak tahun 1993 lalu dan berada dalam naungan Perum Perhutani Unit lll. Penangkaran Cariu sendiri, pada mulanya hanya bertujuan sebagai area penelitian tersendiri.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis Jonggol Bogor, Lokasi Penginapan + Misteri Air Terjun

Barulah di tahun 2003, diberi izin untuk tujuan wana wisata umum dan pada tahun 2006 Penangkaran ini masih dalam kawasan RPH Cariu, BKPH Jonggol dan KPH Bogor. Memiliki luas sekitar 8,4 Hektar dan masih berada dalam kawasan gunung Sanggabuana.

Lokasi Penangkaran Rusa Cariu

pengunjung yang sedang memberi makan rusa, foto: hargatiketwisata.xyz

Rute menuju lokasi mudah untuk dilalui, namun terdapat beberapa kondisi jalan kurang baik. Dari Bogor sendiri membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Sedang bagi anda warga ibukota, untuk menuju penangkaran ini, bisa melalui rute Cibubur-Mekarsari & lanjut ke Jonggol-Tamansari & tiba di Cariu. Bagi pengguna tol, bisa ambil exit di tol ciawi serta lanjut melalui Puncak-Cianjur & terakhir yakni Cariu.

  • Bagi kamu yang datang dari Depok maupun Bekasi, langsung saja menuju Jonggol atau cukup arahkan GPS ke alamat untuk lebih mudahnya. Cariu sendiri merupakan kawasan kecamatan kecil yang tentunya masuk Kabupaten Bogor.
  • Di rute tersebut, nantinya pengunjung akan melalui Taman Buah Mekarsari. Lebih kurang 30 km dari taman buah, lanjut saja mengikuti papan penunjuk hingga tiba di Cariu.
  • Nantinya anda akan menemukan Plang besar dengan tulisan “Wanawisata Penangkaran Rusa” berdekatan dengan pemakaman Heaven Memorial Park yang ada di Jonggol.

Dari Cibinong tidak perlu lurus melalui IPB karena bisa juga melalui jalur sentul-babakan madang & terus saja melalui rainbow hill hingga tembus di gadog & mengikuti jalur yang sama. Sementara bagi anda yang ada di kawasan empang Bogor & sekitar, tentu perlu melalui BNR & lanjut ke tajur hingga tiba di jalur puncak.

Untuk mudahnya, anda bisa menggunakan aplikasi peta yang biasanya telah tersemat di setiap android seperti Google Maps. Map ini sangat mudah untuk digunakan karena anda cukup memasukan koordinat tujuan saja.

Keunikan dan Keindahan Penangkaran Rusa Cariu

jembatan menuju penangkaran rusa, foto: kompasiana.com

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah alamnya, yang menawarkan berbagai keindahan alam yang asri, indah, sejuk dan cukup tenang. Selain itu anda juga dapat membeli makanan seperti ubi wortel dan sayur lainnya untuk anda berikan bagi para rusa disana secara langsung, meski sebagian besar sudah sangat jinak dan bersahabat dengan para pengunjung, namun anda juga harus tetap berhati-hati dan mematuhi peraturan yang sudah di terapkan disana.

BacaJuga:  15 Penginapan Murah di Bogor Dibawah 200 Ribu

Taman penangkaran ini menyediakan berbagai jenis rusa mulai dari rusa sambar, tutul/totol, timor dan juga bawean. Kebanyakan rusa diambil langsung dari Pulau Jawa – Bali. Tak hanya itu saja, pengunjung akan melewati lorong panjang dan jembatan gantung berbahan bambu sekitar 25 meter sebelum masuk padang rumput.

Lalu anda akan sedikit berjalan menanjak sekitar 200-250 meter untuk sampai penangkaran. Tak luput, banyak spot primadona bagi mereka yang gemar berfoto ataupun sekedar menikmati keindahan alam sekitar nan mempesona berpadu dengan udara sejuk.

salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di penangkaran rusa, foto: sewamobilandi.com

Bagi orang dengan hobi berfoto, Penangkaran ini bisa menjadi andalan hunting seru bareng teman-teman mu untuk hunting foto terbaik. Berbagai moment dapat kamu ambil dari sejumlah spot disana & pastinya tak kalah keren dari daerah lainnya.

Kalian akan melewati jalan setapak dengan pepohonan rindang di sekeliling sambil mengambil foto di jembatan gantung tersebut, dengan background aliran sungai di bawahnya.

Spot lainnya juga bisa kamu temukan di permainan outbound atau bisa juga di air terjun kecil tak jauh dari lokasi padang rumput & masih banyak lagi spot yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil foto terbaik. So jangan smpai ketinggalan tempat wisata Penangkaran Rusa Cariu yang lagi hits ini.!

Harga Tiket Penangkaran Rusa Cariu 2019

keindahan alam sekitar penangkaran, foto: twimg.com

Untuk memasuki kawasan Penangkaran ini, anda akan di kenakan biaya seperti tiket masuk, parkir dan bila anda ingin memberi makanan untuk para rusa disana, bisa juga dilakukan dengan membelinya on the spot dengan rincian biaya sebagai berikut : Htm yakni Rp 10.000, (Sewaktu-waktu bisa berubah, silahkan hubungi kontak). Harga Karcis / parkir Rp 10.000. Harga Ubi untuk Makanan Rusa Rp 5000 s/d Rp 10.000

Sedangkan untuk kamu yang belum tahu dengan jam buka Penangkaran Rusa Cariu Kabupaten Bogor ini, Jam operasionalnya sendiri dimulai dengan waktu dibuka yakni setiap hari mulai dari pukul 07.00 pagi hingga penutupan pada pukul 16.00 sore WIB. Kamu bisa berkunjung diwaktu tersebut untuk menikmati berdekatan dengan rusa lucu nan menggemaskan bersama sahabat, pasangan maupun sanak family.

Fasilitas Penangkaran Rusa Cariu

daya tarik yang dimiliki oleh Penangkaran Rusa Cariu, foto: liburananak.com

Beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola sejatinya sudah cukup lengkap, seperti area parkir, toilet, musholah, warung-warung, arena camping, taman bermain keluarga, outbound dan lainnya.

BacaJuga:  10 Tempat Foto Kece di Bogor Ini Cocok Untuk Kawula Muda Sepertimu, Coba Yuk!

Meskipun sejumlah fasilitas sudah terbilang lengkap, namun sayangnya fasilitas seperti area parkiran terbilang belum begitu tertata dalam sistem usaha. Sebab banyaknya laporan/video menunjukan akses area parkir di tempat ini masih berupa tanah & pastinya akan mengurangi rasa kenyamanan pengunjung untuk parkir di tempat ini, terutama saat musim hujan tiba.

Ditambah lagi area lain dengan potensi tergenang air, tentunya pengunjung harus berhati-hati saat turun atau naik kendaraan untuk sekedar menghindari area yang becek maupun tergelincir. Meski demikian, masih ada kegiatan lainnya yang tak kalah seru & tentunya juga bisa kamu nikmati disini seperti Outbound dan berkemah. Tak tanggung-tanggung, groundcamp di penangkaran Cariu ini diklaim dapat menampung hingga 200-250 orang.

Tips Berkunjung di Penangkaran Rusa Bogor

lokasi penangkaran rusa, foto: panduanwisata.id
  1. Jangan memakai sendal jepit

Bagi anda yang akan berkunjung ketampat wisata ini, dihapkan tidak mengunakan sendal jepit         dikarenakan medan yang akan di lalui cukup terjal. Jalanan tanah dan bebatuan pun terasa keras & berpotensi untuk melukai kaki kalau hanya menggunakan sendal jepit.

  1. Bawa Bekal secukupnya

Perjalanan yang cukup panjang pasti akan menguras tenaga dan akan lapar. Ga ada salahnya kan kita membawa beberapa makanan dari rumah baik makanan pokok maupun pengganjal perut sehingga setelah sampai disana kita tinggal mencari tempat sejuk untuk makan perbekalan yang sudah dibawa.

Supaya makan anda tambah asyik dan nyaman anda juga dapat memilih spot seru, seperti salah satunya di tepi Sungai Cibeet. Namun anda juga bisa menyantap makanan lezat khas sunda di Saung Bagus dengan rute sama menuju arah Jakarta melalui Heavens memorial park.

  1. Perhatikan jam kedatangan

Supaya bisa melihat rusa di Cariu, ada baiknya jika kalian datang pada pukul 7 ataupun pukul 10 pagi WIB. Bila tidak sempat, bisa juga datang pada pukul 3 maupun 5 sore WIB, sebab jam-jam segitulah biasanya rusa keluar untuk mencari makan. Selain jam tersebut mereka lebih cenderung bersembunyi di dalam hutan.

  1. Gunakan kendaraan pribadi

Untuk yang satu ini, sepertinya perlu di lakukan. Sebab untuk angkutan umum sendiri terasa sulit & terlalu memakan waktu untuk tiba ketempat tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “10 Foto Penangkaran Rusa Cariu Bogor Jonggol, Harga Tiket Masuk + Alamat Koordinat Lokasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.