10 Foto Pondok Kopi Umbul Sidomukti Malam Hari + Harga Penginapan Villa Bandungan Ungaran Semarang Jawa Tengah

Posted on
 Pondok kopi umbul sidomukti semarang jawa tengah harga penginapan villa malam hari ungaran bandungan wisata di tutup jam berapa buka menu hotel daftar foto gambar makanan indonesia jalan menuju ke rute lokasi tiket masuk peta tarif pemandangan sewa sunset
pondok kopi sidomukti, foto: yukpiknik.com

Lokasi:  Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-24.00
Telepon: 0828-9203-1261

Suasana kota yang panas dan macet, pasti membuat bosan seluruh warga indonesia. Khususnya masyarakat kota-kota besar seperti semarang. karena kota semarang dekat dengan deretan pegunungan, sehingga untuk masyarakat sekitar yang merasa bosan dan ingin mencari tempat refreshing bisa langsung pergi ke salah satu wisata  di sekitar daerah puncak. Salah satunya adalah dengan pergi ke pondok kopi sidomukti. Kafe atau warung kopi sidomukti terletak di kaki gunung ungaran, lebih tepatnya berada di pintu gerbang pendakian menuju puncak. Karena letaknya tersebutlah, membuat kafe ini sangat cocok dijadikan tempat menghabiskan weekand bersama orang terdekat.

bangunan pondok kopi dari depan, foto: hellosemarang.com

Dimana hawa dingin yang ada di sekitar lokasi, membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di pondok kopi sidomukti. Tentu saja pemandangan yang disuguhkan dari tempat tersebut sungguh indah sekali, seperti rawa pening, gunung merbabu dan lanskap kota semarang. Apalagi pada saat menikmati pemandangan tersebut dengan ditemani secangkir kopi panas dan cemilan lainnya. Selain itu masih banyak lagi hal yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke tempat ini. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

Daya Tarik Pondok Sidomukti

tempat duduk untuk pengunjung, foto: indonesia-tourism.com

Pondok Kopi Sidomukti merupakan tempat wisata kuliner yang berada di dalam area umbul. Meskipun hanya berupa wisata kuliner saja, namun keberadaan tempat ini cukup dikenal karena tidak hanya menjual makanan dan minuman saja tapi juga beberapa wahana permainan serta panorama alam. Sama seperti namanya, dimana untuk menu utama yang ditawarkan kedai ini tentu saja berupa sajian beraneka ragam macam kopi dan beberapa daftar menu hidangan pendamping seperti pisang bakar, roti bakar, dan sebagainya.

Model bangunan pondok kopi sidomukti ini menggunakan desain minimalis modern. Dimana bangunan yang terdiri dari dua lantai dan semi terbuka dapat memberikan suasana sejuk karena sirkulasi udara menjadi lancar, apa lagi letaknya sendiri berada di lereng gunung angaran. Selain itu dengan terbukanya ruangan yang ada di kedai ini akan mempermudah para pengunjung untuk menikmati pemandangan alam sekitar dari dalam gedung. Untuk menyelaraskan bangunan dengan alam sekitar, pihak pengelola sengaja menggunakan meja kursi dengan bahan kayu dan diwarnai coklat.

keseruang di sekitar lokasi pondok, foto: mytrip123.com

Di kawasan pondok kopi sidomukti, para pengunjung bisa menikmati sajian kopi dengan makanan pendamping sembari menikmati indahnya alam pegunungan dan panorama kota Semarang dari ketinggian. Apalagi untuk anda yang datang pada malam hari, dimana kerlap kerlip lampu perkotaan menjadi satu dengan pemandangan alam sekitar pondok kopi akan memanjakan mata para pengunjung. Angin gunung yang sejuk dan lembut juga akan menambah perasaan yang benar-benar beda dengan suasana di area perkotaan.

daftar menu, foto: tesyasblog.com

Namun sayang cita rasa sajian kopi yang disajikan pondok kopi sidomukti kurang istimewa. Dimana sajian kopi yang ada di kedai ini jauh beda dengan sajian di Banaran Coffe. Bahkan banyak yang bilang, sajian kopi ditawarkan oleh pondok bukan hasil perkebunan di sekitar argowisata umbul sidomukti melainkan menggunakan kopi instan. Hal tersebut membuat para pecinta kopi sedikit kecewa ketika datang ke tempat ini, mereka bertanya-tanya kenapa pihak pengelola tidak menggunakan bahan kopi yang ditanam di daerah sekitar pondok. Sedangkan untuk sajian makanan sendiri sudah cukup lezat dan sesuai dengan standar makanan kedai kopi di Indonesia.

ramenya pengunjung yang datang, foto: bakpiamutiarajogja.com

Jika dinilai dari keseluruhan konsep yang digunakan oleh pondok kopi sidomukti sudah cukup menarik dengan konsep minimalis. Meskipun daya tarik kopinya masih kurang, namun hal tersebut sudah tertutupi dengan keindahan pemandangan alam disekitar lokasi tempat ini. Selain itu harga yang ditawarkan oleh pondok kopi sidomukti cukup murah dan terjangkau untuk ukuran hidangan makanan dan minuman di kawasan wisata. Karena hal itu membuat para pengunjung dapat berlama-lama berada di tempat ini sambil menikmati suasana dan pemandangan yang ditawarkan.

Lokasi dan Rute Menuju Pondok Kopi Sidomukti

suasana sore hari di sekitar pondok, foto: trivindo.com

Masih satu manajemen dengan pengelolaan tempat wisata umbul sidomukti, dimana lokasi pondok kopi ini hanya berjarak kurang lebih 1 km dari tempat wisata tersebut. Lokasi tepatnya dari pondok kopi ini berada di Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai lokasi pondok kopi ini para pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, karena memang akses menuju ke lokasi sudah sangat mudah dijangkau.

Nah untuk anda yang ingin pergi ngopi ke tempat pondok kopi sidomukti dan tidak tahu jalan menuju ke sana, tenang saja. Karena disini kami akan memberikan beberapa rute jalan yang bisa anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi pondok.

A. Yang pertama dari dari arah Semarang

keindahan alam sekitar pondok kopi, foto: trivindo.com

Untuk anda yang memulai perjalanan dari kota semarang bisa melewati jalan menuju samsat ungaran. Setelah melewati kantor samsat Ungaran, masuk ke gapura kampung Sambang yang berada di sebelah kanan jalan yakni sebuah jalur alternatif menuju Jimbaran. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Pasar Jimbaran, setelah itu  dari pasar belok kiri ke arah Bandungan. Sekitar 100 meter anda akan menemukan gang di sebelah kanan, dimana rute tersebut merupakan jalan arah ke basecamp pendakian gunung Ungaran. Dari situ anda akan menemukan sebuah papan petunjuk menuju ke daerah wisata umbul sidomukti. Ikuti saja petunjuk tersebut, maka anda akan sampai dilokasi pondok kopi sidomukti.

B. Yang kedua Dari Salatiga, Surakarta dan Magelang

Untuk para pengunjung yang memulai perjalanan dari luar kota, seperti salatiga, surakarta dan magelang bisa memulai perjalanan hingga Sampai di terminal Bawen.

Setelah itu dari terminal bawen belok kiri ke arah magelang hingga sampai di pasar Ambarawa, ambil kanan menuju ke Bandungan. Ikuti saja jalan tersebut hingga anda sampai di pasar jimbaran, dimana perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit. Setelah sampai di pasar jimbaran langsung saja belok kiri ke arah umbul sidomukti. Dari situ anda tinggal mengikuti papan petunjuk arah hingga sampai di lokasi pondok kopi sidomukti.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pondok Kopi Sidomukti

keindahan pemandangan sekitar pada pagi hari, foto: trivindo.com

Untuk jam operasional dari pondok kopi sidomukti buka selama 24 jam, sehingga untuk anda yang ingin menikmati pemandangan kota semarang dari ketinggian bisa kapan saja datang ke tempat ini. Dikarenakan lokasinya berada dalam satu kawasan dengan wisata umbul sidomukti, maka para pengunjung dikenakan beberapa tiket masuk karena melewati dua portal. Dimana pada portal pertama ini, para pengunjung bisa memilih untuk lanjut naik ke kawasan panorama pondok kopi sidomukti.

Dimana untuk tiket masuk weekday atau hari biasa, untuk mobil dikenakan biaya Rp.5.000,- dan sepeda motor sebesar Rp.2.000,- . Sedangkan untuk akhir pekan atau weekend, kendaraan mobil dikenakan biaya Rp.8.000,- dan sepeda motor Rp.5.000,-.

Fasilitas di Pondok Kopi Umbul Sidomukti

keindahan pemandangan pondok kopi pada malam hari, foto: ngopidisemarang.blogspot.co.id

Pondok kopi sidomukti yang berada di kawasan wisata umbul memiliki beberapa fasilitas umum untuk bisa dinikmati pada saat ngopi ditempat ini. Seperti koneksi internet wifi secara gratis, hanya saja para pengujung yang ingin menggunakan wifi tersebut harus minta username dan password terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Selain itu terdapat juga beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti.

  • Tempat Parkir : untuk anda membawa kendaraan pribadi tidak usah khawatir, karena di pondok kopi sidomukti terdapat lahan parkir yang bisa digunakan oleh para pengujung
  • Toilet : Tentu saja kedai kopi ini juga memiliki beberapa toilet umum yang aman dan bersih.
  • Musholla : untuk para pengunjung yang beragama muslim juga tidak usah khawatir, karena terdapat musholla  bisa mereka digunakan untuk menjalankan ibadah shalat.
  • Penginapan : nah untuk para pengunjung yang masih belum puas menikmati keindahan alam sekitar desa sidomukti, maka pihak pengelola pondok kopi menyediakan beberapa villa dan Homestay bagi pengunjung dengan tarif sewa terjangkau sebagai penganti karena tidak adanya hotel.

Tips Berwisata ke Pondok Kopi Sidomukti

Karena lokisanya berada di kawasan lereng pegunungan, tentu saja jalan menuju pondok kopi sidomukti sedikit terjal dan naik. Untuk itulah berikut beberapa tips yang dapat digunakan pada saat anda ingin pergi ke tempat ini.

  1. Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam keadaan siap untuk mendaki medan terjal. Dimana tingkat kemiringan jalan menuju ke lokasi pondok kopi cukup terjal. Untuk itu pastikan rem kendaraan bisa berfungsi dengan baik.
  2. Bagi kaum wanita, sebaiknya menggunakan alas kaki atau sandal ati slip dan Jangan gunakan alas kaki ber-high heel, karena lokasinya sendiri dapat menyusahkan anda nantinya.
  3. Jika Anda ingin mengeksplorasi banyak tempat di lokasi ini, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang hari.
  4. Dikarenakan udara disekitar pondok kopi ini sangat dingin dan berkabut. Untuk itu jangan lupa membawa pakaian hangat
  5. Waktu yang paling baik dan tepat untuk mengunjung tempak ini adalah di pagi hari untuk pada saat sunrise dan sore melihat sunset. Sedangkan pada malam hari Anda bisa melihat kemerlip lampu kota dari atas ketinggian. Dengan begitu ada bisa berfoto dan mengambil gambar sepuasnya

Demikianlah ulasan singkat tentang tempat wisata pondok kopi umbul sidomukti Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *