Nikmati Pesona Pulau Air, Pulau yang Gak Kelihatan di Peta!

Posted on
foto by instagram.com/adipulomanan/

Lokasi: Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp 50.000 – Rp 250.000 / kapal boat
Jam Operasional:
08.00 – 13.00 WIB
Nomer Telepon: ­-

Keindahan alam yang ada

Untuk mencari lokasi wisata yang nyaman dan indah memang bukanlah hal yang sulit saat ini. Apalagi di jaman yang sudah berkembang dengan teknologinya. Salah satu yang wajib kamu datangi adalah Kepulauan Seribu di Jakarta.

Di Kep Seribu banyak sekali pulau-pulau kecil yang wajib dikunjungi dan salah satunya adalah Pulau Air ini.

Menurut sumber di situs terkenal seperti Wikipedia secara administratif pulau ini masuk di kawasan kelurahan Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia.

foto by instagram.com/dimasrismanto/

Banyak sekali destinasi wisata yang memiliki pemandangan yang wajib dikunjungi di Kep Seribu mulai dari yang berpenghuni hingga yang tak berpenghuni.

Bahkan saat ini juga banyak jasa yang menawarkan paket liburan ke Pulau Seribu dengan harga yang sangat murah. Karena letak antar pulau di Kep Seribu sangat dekat, kamu bisa langsung mengunjungi beberapa pulau lainnya.

Pulau Air ini merupakan tempat spot camping favorit bagi para wisatawan. Apalagi bagi kamu yang memiliki jiwa backpacker maka di sini adalah tempat yang cocok.

Bahkan banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di pulau ini, seperti snorkeling atau mancing mencari ikan di laut. Air laut yang ada di pulau ini sangat bersih dan jernih, kamu pasti akan sangat betah saat berada di pulau ini dan tentu saja ingin kembali lagi.

foto by instagram.com/wildatuss/

Pulau Air ini terbagi menjadi dua pulau dan memberikan pesona yang tidak akan bisa kamu temukan di tempat lain. Air yang ada di pulau ini cukup tenang dan sangat indah. Kamu bisa berenang dan bermain air di pulau ini.

BacaJuga:  10 Foto Patung Jenderal Sudirman Jakarta, Ambruk Jatuh Roboh?

Bahkan tak jarang wisatawan yang pulang dari pulau ini merasa kulit mereka gosong karena berjemur di Pulau Air. Saat kamu melintas di bagian dalam pulau ini maka akan melihat pepohonan yang rindang dan berwarna hijau akan menambah suasana kamu semakin nyaman.

Sebenarnya pulau Air ini awalnya adalah satu pulau. Tetapi semenjak pulau ini dimiliki oleh pribadi maka pulau ini dibelah menjadi dua, yaitu Pulau Air Besar dan Kecil.

Belahan pulau ini membentuk seperti aliran sungai dengan air yang berwarna biru serta kehijauan yang jernih. Air tersebut berasal dari air laut di sekitarnya.

Kedua sisi pulau ini juga menciptakan pemandangan yang sangat indah serta udara yang menyejukkan. Di sekitar pulau ini juga ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang.

foto by instagram.com/mahendrakhuseni/

Awal mula pulau ini bernama Pulau Air juga memiliki cerita tersendiri yaitu karena di sekitar datarannya dikelilingi oleh airdan bisa terendam sepenuhnya dengan air laut saat pasang tiba.

Di saat – saat tertentu pulau ini pun ditutupi oleh air sehingga tidak terlihat adanya pulau. Banyak sekali warga sekitar dan wisatawan melihat hal ini, tentu saja ini juga sudah bukan hal yang aneh bagi para nelayan yang setiap hari melewati pulau ini.

foto by instagram.com/dnpstu/

Di Pulau Air disediakan penginapan atau hotel untuk para pengunjung yang ingin bermalam. Tetapi meski demikian banyak wisatawan yang lebih memiliki untuk mendirikan tenda dan berkemah di Pulau Air.

Konon katanya Pulau Air memang sangat cocok untuk dijadikan tempat camping. Banyak sekali wisatawan yang memang datang ke pulau ini hanya untuk menghabiskan malam dengan berkemah. Meski terbilang kecil pulau ini bisa untuk mendirikan beberapa tenda.

BacaJuga:  10 Gambar Museum Wayang Jakarta, Tiket Masuk Lokasi, Jam Buka + Sejarah Misteri
foto by instagram.com/kepulauseribu/

Berkemah di Pulau Air ini memang pilihan yang tepat bagi para backpacker. Kamu tidak perlu mengeluarkan budget atau biaya tambahan untuk menginap di sini, hanya saja harus meminta ijin saat ingin menyeberang kepada warga sekitar agar data diri kamu tercatat oleh petugas setempat.

Untuk persiapannya kamu harus membawa sendiri dari rumah, mulai dari tenda hingga makanan karena di sekitar pulau tidak disediakan peralatan kemah.

Pengalaman seru dan unik akan kamu rasakan saat berkemah di Pulau Air. Listrik di pulau ini juga belum tersedia sehingga kamu juga perlu membawa alat penerangan dan membangun api unggun saat malam hari.

Sebelum malam datang, kamu bisa menghabiskan sore di pulau ini dengan bermain pasir dan berenang di laut. Bahkan saat senja datang, kamu bisa melihat pemandangan sunset yang begitu indah di Pulau Air.

Suasana ini akan terasa romantis jika kamu rasakan bersama orang terdekat dan tersayang.

foto by instagram.com/edorinandi_chaniago/

Suasana malam hari di Pulau Air nampak indah. Ketika waktu malam semakin larut, pemandangan langit di Pulau Air nampak indah. Kamu akan melihat berbagai pertunjukkan angkasa langit yang sangat mempesona.

Langit terlihat bersih karena jauh dari polusi udara dan cahaya sehingga menampilkan bintang-bintang dan benda langit lainnya dengan sangat jelas. Jangan lupa untuk membawa kamera mengabadikan moment ini dengan berfoto.

Ketika hendak meninggalkan pulau ini jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan. Jangan meninggalkan sampah dan bekas apapun saat pergi untuk pulang.

Meski terbilang gratis menginap di pulau ini kamu tetap harus menjaa kebersihan agar pulau ini tetap terawat dan tidak tercemar oleh sampah dan kotoran lainnya.

foto by instagram.com/afitrih1303/

Keseruan bermain di Pulau Air ini membuat para pengunjung tak bosan untuk datang kembali. Banyak sekali pengunjung yang sudah datang berkali-kali ke Pulau Air.

BacaJuga:  10 Gambar Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Tiket Masuk + Angkutan Umum Ke Lokasi

Mereka merasa tempat ini adalah salah satu desyinasi wisata yang wajib dikunjungi di dekat Kota Jakarta. Selain transportasi mudah untuk dijangkau juga biaya yang diperlukan tidak menguras di kantong.

Rute dan Jalan Menuju Lokasi

Untuk menuju Pulau Air tentu saja kamu harus menggunakan kapal boat. Nah, untuk dapat naik kapal boat ini kamu harus berangkat dari Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol. Banyak sekali alternatif untuk dapat sampai di Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol.

foto by instagram.com/elisabethtobing/

Untuk bisa sampai ke pelabuhan Muara Angke kamu harus melewati beberapa rute jalan yaitu kawasan Kota Tua dan Pluit. Ketika sampai di pintu gerbang Kampung Nelayan Muara Angke kamu akan menemui kepadatan jalan hingga kurang lebih 500 meter.

Dan jika kamu berangkat ke Muara angke dengan transportasi umum maka bisa dengan naik Busway kemudian turun di Pluit atau juga bisa dari kawasan Grogol.

Setelah sampai di Grogol kamu harus naik angkutan kota berwarna merah dengan nomor B 01 yang memiliki rute Grogol-Muara Angke.

Jika kamu masih kesulitan dengan transportasi umum, mungkin lebih mudah menggunakan uber atau grab yang bisa langsung sampai di pelabuhan.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/wulan_nixie/

Tidak ada tiket masuk untuk dapat berkunjung ke Pulau Air di Kepulauan Seribu ini, hanya saja kamu perlu menyewa armada kapal untuk menyeberang dari pelabuhan ke Pulau Air.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Untuk harga kapalnya juga berebda-beda, biasanya berkisar antara 50 ribu hingga 250 ribu rupiah tergantung jenis kapal dan banyaknya penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.